Beauty, Giveaway, Health, Tips

Cara Tepat Menjaga Hidrasi Pada Kulit

Last Updated on February 12, 2021

Beberapa tahun yang lalu, saat saya mulai belajar soal basic skincare, ada satu hal yang paling saya
ingat. Hydration is key. Ternyata memiliki kulit terhidrasi adalah kunci dari wajah glowing! Kok bisa?
Bagaimana cara tepat menjaga hidrasi pada kulit kalau begitu?

Cara Tepat Menjaga Hidrasi Pada Kulit
Courtesy of Pixabay

Ternyata memiliki kulit wajah dan badan yang terhidrasi dengan baik membawa banyak manfaat bagi kita. Di blog post ini, saya bahas secara tuntas ya pentingnya memiliki kulit terhidrasi dan juga beberapa tips serta produk yang dapat membuat kulit wajah terhidrasi dengan baik. Please read along 😊

Pentingnya Hidrasi Kulit Wajah dan Badan

Saking pentingnya hidrasi pada kulit wajah dan badan, banyak yang bilang bahwa hydration is key! Saya juga setuju sih karena secara pribadi, kalau muka terlalu kering atau tidak terhidrasi dengan baik, muka saya malah jerawatan! Selain jerawatan, muka terlihat kusam dan kulit juga pecah-pecah kering gitu. Ga enak dilihat dan dirasa tentu, gatel huhuhu.

Baca   Review Bio Oil Gel - Solusi Praktis untuk Kulit Kering

Padahal sekarang lagi ngehits yaa trend “glass skin” & “glowing skin” yang terlihat sehat dan moist itu. Memang sih banyak yang jadi membeli skincare, tapi ternyata menghidrasi kulit dari dalam juga penting loh. Anjuran meminum minimal 2 liter air dalam sehari (selain skincare-an) juga ternyata mempunyai efek positif pada kulit dan kondisi tubuh secara umum. Beberapa keuntungannya antara lain adalah :

  • Meningkatkan elastisitas kulit – semakin elastis, semakin jarang terlihat kerutan dan kita terlihat lebih muda
  • Kulit terlihat lebih glowing
  • Mengurangi produksi minyak pada kulit
  • Membuang racun dalam tubuh
  • Dan masih banyak lagi.

Cara Tepat Menjaga Hidrasi Pada Kulit Aqua Reflections x Sociolla

Semenjak hamil sih saya juga disarankan mengonsumsi air yang banyak agar kondisi kandungan bagus. Nah, ternyata ada efeknya juga. Memang kulit terlihat lebih glowing dan kalau bangun, kulit juga tidak terlalu berminyak. Yeay!

Hydrating vs. Moisturizing

Lalu apa sih bedanya hydrating (hidrasi) dengan moisturizing (melembapkan)? Kan sering tuh kita dengar hydrating products atau moisturizing products. Harus pilih yang mana? Pelembab masuk kemana?

Hydrating products adalah produk pelembab berjenis humectant yang dapat menyerap air ke kulit atau menghidrasi kulit. Fungsi utama produk hydrating adalah meningkatkan water content atau kandungan air di kulit. Hydrating products ini biasanya memiliki kandungan glycerin, hyularonic acid, AHA, dan lain-lain.

Sementara moisturizer adalah produk yang mencegah atau mengunci kelembapan di dalam kulit. Fungsinya tentu adalah menghambat terjadinya penguapan air pada permukaan kulit. Beberapa produk memiliki kandungan mineral oil, beeswax, silicones, lanolin dll.

Cara Tepat Menjaga Hidrasi Pada Kulit
Courtesy of Pixabay

Lalu pelembab masuk kemana? Sebenarnya pelembab merupakan istilah untuk kedua jenis produk. Namun sekarang sudah banyak produk yang mendiferensiasi menjadi hydrating atau moisturizing. Silakan pilih sesuai kebutuhan ya. Kalau merasa kulit kurang terhidrasi, ya pilihlah hydrating products dan dikunci dengan moisturizer.

Tips Menjaga Kulit Tetap Terhidrasi

Mengutip dermwt.com, ternyata ada beberapa tips dalam menjaga kulit kita tetap terhidrasi dengan baik. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Minum air yang cukup – sekitar 6-8 gelas perhari atau 2 liter per hari
  2. Gunakan skincare yang menghidrasi dan melembabkan – terutama jika terpapar AC seharian.
  3. Memakan makanan yang kaya akan essential fatty acids – seperti salmon, olive oil, kacang-kacangan, dll.
  4. Gunakan suhu air yang pas untuk mandi – tidak boleh terlalu panas yaa. Dan jangan lupa setelah mandi langsung aplikasikan lotion/moisturizer di badan
Baca   Review Vaseline Superfood Skin Serum – Untuk Kulit Lebih Sehat

6 Produk untuk Menjaga Hidrasi pada Kulit

Sudah tau kan pentingnya menjaga hidrasi pada kulit. Sekarang saya sharing nih beberapa produk yang cocok untuk menjaga hidrasi pada kulit baik dari dalam maupun dari luar. Karena tentu “Hydration All The Way, Inside and Outside” itu penting!

Cara Tepat Menjaga Hidrasi Pada Kulit Aqua Reflections x Sociolla

1. Air Minum Sociolla x Aqua Reflections

Yes, yang paling penting adalah air minum. Kurang efektif kayanya kalau skincare-an aja tanpa memerhatikan kebutuhan air dari dalam tubuh. Hidrasi kulit yang baik dan seimbang alangkah baiknya dari luar dan dalam.

Oleh karena itu, Sociolla bersama Aqua berkolaborasi mengeluarkan edisi spesial Aqua Reflections x Sociolla. Kolaborasi Aqua Reflections x Sociolla ini ada  untuk menunjukkan pentingnya rutin minum air berkualitas agar kulit dapat memancarkan kecantikan alaminya.

Cara Tepat Menjaga Hidrasi Pada Kulit Aqua Reflections x Sociolla

Aqua Reflections ini cocok untuk menambah hidrasi pada tubuh karena berasal dari sumber yang murni dan berkualitas tinggi. Termasuk kandungan mineral yang seimbang yang didapatkan melalui ekosistem yang seimbang pula.

Di botol aqua edisi khusus ini terdapat design yang dibuat oleh Sociolla yang memiliki ciri khas Sociolla.Ada warna pink berupa gambar XOXO yang terinspirasi dari simbol “Batik Kawung” yang dipercaya memiliki makna sebagai “Hati yang Murni”.

Cara Tepat Menjaga Hidrasi Pada Kulit Aqua Reflections x Sociolla

FYI setelah mendapatkan botol limited edition AQUA Reflections x Sociolla ini,silakan scan QR code pada botol untuk mendapatkan kejutan spesial. Dari QR code tersebut, kita bisa langsung log in atau sign up SOCO ID dan mendapatkan e-voucher senilai Rp25.000 yang berlaku sampai 31 Desember 2021. NICE!

2. Ariul Smooth & Pure Micellar Water

Ini adalah salah satu pembersih wajah yang saya gunakan untuk tahap pertama double cleansing. Micellar water ini cukup lembut dan tidak perlu dibilas. Ringan juga dan aman bagi kulit untuk pemakaian sehari-hari. Efektif untuk membersihkan kotoran, debu dan riasan dari wajah. Ada Micellar Plus Solution yang melindungi kulit sekaligus menyediakan kelembapan penuh.

Ariul Smooth & Pure Micellar Water

3. Fleur de Cupuacu Ultra Nourishing Body Lotion

Tidak hanya kulit wajah saja yang diperhatikan, tapi kulit badan juga. Saya biasanya sih memakai lotion segera setelah mandi, agar penyerapannya maksimal saat kulit lembab. Memang sih terbukti, jadinya saya selalu menaruh body lotion atau cream di dalam kamar mandi hehehe.

Fleur de Cupuacu Ultra Nourishing Body Lotion

Jika butuh yang paraben-free, MIT-free, phenoxyethanol-free, alcohol-free, BHT-free dan EDTA-free, bisa mencoba produk Fleur de Cupuacu Ultra Nourishing Body Lotion. Dia mengandung Cupuacu Butter yang diproduksi secara organik. Cocok untuk kulit kering dan sangat kering. Formulanya melembabkan dan menutrisi kulit hingga 24 jam.

4. AHC Hyaluronic Cleansing Foam

Sekarang lagi hits ya Hyaluronic Acid di serum. Ternyata bahan ini juga terkandung di cleansing foam dari AHC loh. AHC Hyaluronic Cleansing Foam ini merupakan pembersih wajah dalam bentuk gel-to-foam yang diperkaya dengan Hyaluronic Acid yang membersihkan sekaligus melembapkan kulit.

AHC Hyaluronic Cleansing Foam

Terdapat micro Hyaluronic Acid dan Moringa Seed, berfungsi mengangkat residu dan kotoran pada wajah dan membantu mengembalikan kondisi kulit sehat. Jadi pembersih wajah ini dapat membersihkan wajah secara optimal tanpa meninggalkan rasa kering dan ketat.

Baca   Skincare Selama WFH #dirumahaja - AM and PM Routine

5. Sukin Signature Original Hydrating Mist Toner

Saya pribadi suka deh hydrating mist yang bisa dibawa kemana-mana. It hydrates my skin on the go! Sama seperti Sukin Signature Original Hydrating Mist Toner ini yang tersedia dalam ukuran 50 ml dan 125 ml. Cocok untuk dibawa kemana-mana. Hydrating mist ini juga merupakan toner yang cocok untuk semua jenis kulit.

Sukin Signature Original Hydrating Mist Toner

Produk ini dapat menyegarkan, melembapkan dan menenangkan kulit yang lelah. Tidak mengandung alkohol juga loh. Bahan utamanya ada chamomile yang bisa berfungsi untuk calming kulit wajah, serta Rosa damascene flower water (atau rose water).

6. Mediheal N.M.F AQUAring Ampoule Mask EX

Last but not least, holy grail sheetmask yang kemampuan menghidrasi kulitnya patut diacungi jempol. Ada Mediheal N.M.F AQUAring Ampoule Mask EX dari Mediheal Korea. Produk ini berfungsi melembapkan, mengontrol produksi sebum dan merawat pori-pori wajah.

Mediheal N.M.F AQUAring Ampoule Mask EX

Sistem air dari N.M.F (Natural Misture Factor) membantu memberikan dan menambahkan kelembaban yang melimpah ke kulit sehingga kulit menjadi lembab seketika. Oiya produk ini diklaim dapat mengatasi alergi yang disebabkan oleh kulit kering loh jika dipakai secara jangka panjang.

Baca   Kode Voucher Sociolla Big Sale & Sociolla Blogger Network

Giveaway Sociolla x Aqua Reflections

Ingin punya hydration box lengkap dari Sociolla? Yuk ikuti kompetisinya yang berlangsung hingga Februari 2021! Caranya :

  • Beli produk AQUAxSociolla di Sociolla Offline Store. Cari di halaman list offline store ini yaa.
  • Minum & tunjukan botol AQUA sambil menggunakan Instagram filter AQUA x Sociolla yang bisa kamu temukan di Instagram @sociolla
  • Peserta yang mengikuti challenge harus follow IG @sociolla, @beautyjournal, dan juga @aqua_reflections
  • Simpan postingan kamu di IG Story Highlight dengan judul “AQUAxSociolla” dan jangan lupa & Comment “DONE” di postingan Giveaway AQUAxSociolla di Instagram @beautyjournal

Giveaway Aqua Reflections x Sociolla

Sekian blogpost tentang pentingnya menjaga hidrasi pada kulit wajah dan juga tubuh. Plus sedikit info giveaway dari Sociolla hihi. Semoga bermanfaat ya 😊 Dan ingat, bagi yang mau belanja di Sociolla, jangan lupa sertakan kode voucher SBN04AF91 ya untuk mendapatkan potongan harga yang lebih banyak. Happy shopping and stay hydrated!

RELATED POST

27 Comments

  1. Makasih kak sangat bermanfaat informasi dan tipsnya

  2. minum air putih setiap hari manfaatnya sangat luarbiasa buat kulit tubuh apalagi kulit wajah ya.. bikin lebih hidrasi dan lembab juga

    1. btw beberapa produk skincare yang kamu sebutkan di atas aman buat bumil dan busui ya?

  3. Oh Mpo jadi mengerti Sekarang produk moisturizer dan hydrating produk. Kaya mpo butuh keduanya itu karena kulit Mpo kering banget

  4. aku kepo sama AHC sama sukinnya, soalnya belum pernah pakai keduanya dill, kayaknya bagus buat jenis kulit kering kayak aku 🙂

  5. Kemasannya unik dan cakep bgt ya Air minumnya, aku sampai pengen buru-buru beli dan cobain, plus sama skincarenya dong

  6. Nomer satu yang paling penting ya mba.. yakni air minum yang cukup. Tapi justru ini yang sering diabaikan sehingga menjadi dehidrasi.
    Padahal ketika dehidrasi yang paling merana adalah kulit kita ya..

  7. aku udah cobain juga nih aqua reflection x sociolla ini, suka banget sama design batik di botolnya, pinknya tu beneran sociolla banget kalo diliat liat hehehehe

  8. Menghidrasi kulit memang sangat penting ya, mbak. Karena manfaatnya banyak banget. Jadi perawatan wajah dan tubuh tdk hanya dr luar tapi harus dr dalam juga ya 😊

  9. Tahapan produknya banyak ya untuk menjaga nggak dehidrasi
    jadi semangat nerapin juga ini diriku Mbak. Makasih tipsnya mbak

  10. Aku dulu sempet pake sukin waktu hamil anak pertama, enak sih emang. suka juga krn dia bahannya natural. bumil hrs banyak minum air putihh yaa, wajibbb tuhh.. sehat2 ya mba lancar nnti bersalinnya

  11. Minum air putih merupakan yang paling ampuh bila mengalami dehidrasi, begitu juga dengan kulit harus segera diolesi dengan cream agar tidak berkelanjutan dehidrasi kulit

  12. Kulitpun ternyata butuh ‘minum’ ya mbak. Minggu lalu baru aja ke Sociolla offline store dan aku lihat ada Aqua Reflections ini. Tau ada GA-nya kemarin ku beli tuh hehe.

  13. Manteb banget aku nih belakangan mager merawat wajah jd jerawatan lg deh, trus berasa minumnya kurang emang huhu.
    Mulai hari ini kudu rajin lagi nakar2 air hehe.
    Itu aqua sampai collabs gtu ya sama brand skincarenya. Enak kalau punya lengkap 😀

  14. Aku penasaran banget sama bahan Hyaluronic Acid, kak Fara…
    Sebagus apa untuk kulit yang masalahnya sama niih…kaya aku. Keriiing..

  15. Bumil emang glowing banget nih. Aku memang sering lupa minum air putih 2 liter sehari. Soalnya jadi sering pipis. Padahal bagus ya untuk hidrasi kulit.

  16. Hidrasi emang penting banget. Gak cuma buat kulit tp buat seluruh organ tubuh kita. Btw, botol kolabnya aqua yg ini emg cakep banget ya 😍

  17. Setuju banget mbak emang terpenting menghidrasi kulit dari dalam ya, dengan banyak minum air mineral yang cukup, sebelum skincare sana sini, aku suka lupa nih kalo udah fokus kerja di depan komputer untuk banyak banyak minum jadi kulitnya suka kering deh huhu

  18. Memang benar, kurang minum bisa bikin kulit jadi kering dan nggak sehat. Makanya aku suka pakai pengingat minum gitu biar ketahuan sudah minum berapa gelas. Soalnya bikin badan nggak enak juga kalau kurang minum.

  19. Saya pun terbiasa menaruh lotion di kamar mandi agar segera bisa dikenakan sehabis mandi. Memang lebih terasa hasilnya

    Nah ternyata urusan minum air putih ini penting ya.

    Design botolnya lucu. Suka lihatnya.

  20. Iya nih sempat mengalami masalah kulit yang nganggu banget salah satunya karena kurang minum air putih dan kelihatan sepele tapi penting banget, karena itu disarankan menggunakan skin care yang banyak mengandung air agar kulit kembali segar.

  21. wajah Juga perlu dijaga hidrasinya ya mbak
    biar tetap lembab dan terawat
    minum banyak air putih jadi salah satu cara terbaik

  22. Eh aku baru tau nih ada air dari AQUA & Sociolla, manfaatnya udah pasti terjamin kan, secara brand besar. Pgn coba ah

  23. minum air putih tuh penting banget. kerasa bedanya kalau gak minum air putih kulit terasa banget keringnya. jadi skincare yang paling murah dan mudah adalah rutin mengonsumsi air putih

  24. Setuju banget nih kalau kulit tidak terhidrasi bikin kusam dan jerawatan soalnya itu juga yang aku rasakan minum air putih adalah salah satu cara buat bikiin kulit terhidrasi naksir sma packagingnya air putih Aqua dan sociolla nih jadi mau beli dan merasakan manfaatnya

  25. keren loh kolaborasinya aqua ini, mengingatkan akan hal yang paling dasar dalam menjaga kecantikan diri yaitu terhidrasi. mau pakai skincare dan make up kayak gimana kek kalau nggak doyan air putih ya susah juga yaaa

  26. Sementara ini aku cukup minum air putih dan selalu menjaga wudhu, yg penting muka kena air terus
    nah kalau malam, pakai serum. Yang penting muka selalu fresh ,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.