Beauty, Review

Review Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion

Hai girls! Beberapa waktu yang lalu, Wardah membuat heboh dunia kecantikan Indonesia dengan mengeluarkan lini makeup Instaperfect yang hanya dijual di Lazada. Saking hebohnya, pasti saya selalu kehabisan hahahaha. Pokoknya wanita-wanita Indonesia luar biasa gercepnya. Tapi memang tampilannya menggoda sih dan claimnya juga membuat kita penasaran. Salah satu barang inceran saya adalah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion karena memang ingin mencoba BB cushion lokal.

Review Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion
Courtesy of Lazada

Saya saja belinya setelah jam 12 malam beberapa hari setelahnya (karena katanya restock), dan itupun melalui proses pemikiran yang sangat mendalam. Barang ini khusus dijual di Lazada sehingga tidak ada di offline store, sehingga tidak bisa dicoba dulu shadesnya secara langsung. OMG tebak-tebak buah manggis banget kan yaaa.

Awalnya saya galau mau warna 13 Beige atau 14 Creme. Hm, secara kulit saya tidak masuk ke kategori light, kan takut ga masuk atau membuat muka jadi terlihat abu-abu…. Wardah hanya menyediakan swatch seperti dibawah ini jadi ya memang para buyer BB cushion ini harus mengira-ngira warna apa yang cocok dengan kulit mukanya. Patokan saya adalah pemakaian produk Wardah sebelumnya. Biasanya yang beige atau natural beige cocok di muka saya. Yowes jadilah mantap pilih nomer 13 Beige.

Review Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion
Courtesy of Lazada

Baca Rangkaian Acara H-1 Pernikahan : Pengajian, Siraman & Midodareni


Kemasan

Ketika kemasannya datang. WOW. Premium sekali dengan kotak yang holografic dan mengkilap. Warnanya mayoritas dusty pink dengan warna turqoise khas Wardah. Di bagian depan tertera SPF 29 PA +++. Di bagian belakang tedapat keterangan shade, keterangan singkat mengenai produk, cara pakai dan juga bahan. Berikut bagian kanan kiri serta atas bawah dari kotak. Ada keterangan tanggal kadaluarsa meskipun tidak terbaca jelas.

Review Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion

Review Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion

Review Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion

Review Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion

Ketika kemasan dibuka, WOW LAGI. Ternyata bagus! Kemasannya jelas kemasan premium yang mengingatkan saya pada lini produk punyanya Rihanna. Kemasannya lagi-lagi berwarna dusty pink seperti box dengan bagian atas berupa mirror. Hm, kekurangannya sih kita mesti apik ya kalau memegangnya. Kalau tangannya kotor nanti ngecap hahaha. Tapi ga susah kok membersihkannya. Lap pakai tissue aja hihi.

Bagian bawah tertera keterangan shades, tanggal kadaluarsa dan ukuran cushion yaitu 15 g. Cukup suka sih expired date ditulis di kemasan, jadi tidak perlu bingung jika boxnya tidak sengaja terbuang.

Review Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion

Review Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion

Ketika dibuka terdapat kaca dan cushion. Cushionnya cukup tipis yaa IMHO. Ketika diaplikasikan juga sangat kurang mengangkat produk jadi jika kita hanya memakai cushion bawaan ini, harus ekstra keras dan sabar mengaplikasikan produk, Apabila kita buka lagi, maka akan ditemukan bagian cushion yang tertutup rapih dengan stiker film. Silahkan liat foto di bawah untuk melihat bagian dalamnya. Ternyata warna beige cukup gelap yaaa.

Review Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion

Review Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion

Review Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion

Review Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion

Baca My Bold Dramatic Eyes 


Isi & Kandungan

Kelebihan Wardah Mineralight Matte BB Cushion dengan SPF 29 PA++ menurut claimnya di Lazada adalah :

  1. Memiliki Smart High Coverage Technology – menyempurnakan kulit wajah dengan optimal
  2. Mineralight Fix – kandungan mineral aktifnya membantu menjaga kelembapan kulit dengan efek matte yang bertahan sepanjang hari.
  3. SPF 29 PA+++ – Perlindungan komplit dari make-up ini siap melindungi kulit dari buruknya sinar matahari.

Kandungan bahan yang ada di dalam BB Cushion ini adalah :

Water, Cyclopentasiloxane, Ethylexyl methoxycinnamate, Butylene glycol, Isodecyl, Neopentanoate, PEG-10 dimethicone, Polymethylsilsesquioxane, Glycerin, Octyldodecyl stearoyl stearate, Lauryl PEG-9 Polydimethylsiloxyethul dimethicone, Disteardimonium hectorite, Trimethylsiloxysulicate, Sodium chloride, Magnesium sulfate, Propanediol, Ethylhexyl palmitate, Polsorbate 80, Zinc oxide, Poluhudroxystearic acid, Propylene carbonate, Phenoxyethanol, 1-2 Hexanediol, Hexyl laurate, Aluminum hydroxide, Acrylates/Steraryl Acrylate/Dimethicone methacrylate copolymer, Acrylaes/ Ethylhexyl Acrylate/Dimethicone methacrylate copolymer, Triethoxycaprylysilane, Stearic acid, Alumina, Caprylhydroxamic acid, HDI/Trimethylol hexyllactone crosspolymer, Sodium PCA, Urea, Trehalose, Silica, Polyquarternium-51, Triacetin, Sodium hyaluronate, CI 77891, CI 77492, CI 77491, CU 77499

Menurut skincarisma.com, bahan yang ada di atas bebas dari paraben, sulfat dan alkohol. Terdapat Zinc oxide dan Ethylhexy methoxycinnamate yang berfungsi sebagai pelindung dari UV. Namun ternyata beberapa bahan adalah bahan comedogenic yang perlu diperhatikan untuk dipakai apabila kulit kita cenderung berminyak. Ethylhexy methoxycinnamate dan Tridecyl neopentanoate juga berpotensi mengiritasi kulit yang sensitif. Tapi secara umum, produk ini baik untuk kulit kering karena mengandung bahan yang melembabkan kulit, sesuai dengan claimnya.

Review Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion

Saya mencoba shade 13 Beige di tangan dan memang cukup terang. Ya memang kulit tangan saya lebih gelap dari muka. Memang begini adanya tanpa make-up juga hihihi. Ketika saya coba di muka, ALHAMDULILLAH PAS! Sepertinya prediksi saya bahwa produk Wardah berbau beige akan cocok di muka saya adalah benar. It flawlessly matches my skin.

Review Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion

Menurut saya, BB cushion ini membuat kulit tampak sehat dan tidak telalu berminyak. Pertama kali saya memakainya, sepertinya tidak terlalu membuat efek matte, malah ada efek glowing yang sehat. Memang sih jika di foto, akan terlihat matte karena memang kulit terlihat lebih cerah. Malah beberapa kali saya lupa memakai bedak tabur diatasnya karena udah cerah hihihi. Mungkin ini adalah efek dari Smart High Coverage Technology yang diclaim ada pada produk ini.

Untuk coveragenya, BB cushion tidak full coverage. Di muka saya (yang ada bekas jerawat hiks) cenderung light to medium coverage. Berikut tampilan muka saya tanpa pemakaian BB cushion, pemakaian 1 layer, 2 layer hingga 3 layer.

Review Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion
Maafkan mukanya begini hahahaha

Masih terlihat beberapa bekas jerawat masih terlihat ya. Ini saya hanya aplikasikan menggunakan applikator bawaan BB cushion Wardah Instaperfect Mineralight. Memang agak susah dan tidak menutup bekas jerawat jika hanya dipakai satu atau dua lapis. Mungkin akan lebih baik 3 lapis keatas atau menggunakan applikator lain. Saya pernah menggunakan jari saya dan memang lebih bagus coveragenya. So, the applicator is barely functional. Mending pakai yang lain saja.


Saya pakai BB cushion ini di beberapa acara blogger. Jadi kinerja BB cushion ini telah diuji dengan perjalanan panjang menggunakan gojek, mobil dan bahkan kereta. Hasilnya saya sukaaa! Saya cukup puas karena memang tahan lama di muka saya yang berminyak ini. Muka saya tidak mengeluarkan kesan kucel dan berminyak sepanjang perjalanan dan balik dari acara. Jadi ga usah touch up touch up lagi sebelum event hehehe. Setelah event juga masih rapih dan glowing meskipun coveragenya sudah tidak maksimal di area T-zone saya.

Baca Pemilihan Vendor: Perias di Bogor & Jakarta (with Pricelist!)

Satu hal yang saya rasa penting adalah produk ini tidak waterproof. Jadi sebaiknya diaplikasikan lagi setelah wudhu atau setelah sholat jika ingin tahan seharian. Oiya, katanya ada claim cooling sensation, namun tidak terasa sama sekali ada efek cooling di muka saya. Ini beberapa foto saya saat event menggunakan BB cushion ini. Di saya tidak ada efek whitecast, khusus untuk warna 13 Beige ini. Karena sekali lagi, pas banget dengan warna muka.

Review Mutouch – MUI Halal Certified!
Ibu ditemplokin bayi terus 😐
Review Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion
After event

Review Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion

I would recommend this product to you die-hard Wardah fans. Selain pastinya halal, kualitas produk ini (diluar applicator ya) bagus dan worth the price. Nah salah satu hal yang bikin kaget adalah betapa mahalnya lini Instaperfect ini dibandingkan produk Wardah lainnya. BB cushion ini saja dibandrol seharga Rp. 175.000,-, sudah mendekati harga BB cushion luar. Tapi menurut saya cukup affordable sih untuk ukuran BB cushion dengan packaging yang super mewah. Sebagus ini harganya dibawah Rp. 200.000,- is awesome!

Plus :

+ Packagingnya mewah dan bagus!
+ Ada SPF 29 PA  +++ jadi bisa langsung pakai kalau lupa tidak ada sunscreen/sunblock
+ Ukurannya cukup compact dan beratnya ringan. Bisa dibawa kemana-mana.
+ Efeknya tidak terlalu matte tapi membuat kulit terlihat glowing a healthy glow
+ Membuat kulit lebih lembab
+ Tahan lama (jika tidak terkena air)
+ Halal MUI certified!

Minus :

– Pemilihan shadenya tebak tebak buah manggis, alias ga bisa dicoba langsung!
– Hanya light to medium coverage
– Applikatornya tidak terlalu bagus, better change it!
– Tidak waterproof
– Harganya relatif lebih mahal dibandingkan produk Wardah lainnya

Overall, I like this product. Repurchase? Hmm, jika produknya sudah habis DAN masih ada di Lazada. Karena dengar-dengar hanya akan ada selama beberapa bulan saja. Plus ini limited edition jadiiii better get yours fast! 

Sekian review kali ini, jika ada yang sudah pakai, silahkan komen dibawah ini ya! Thanks for reading <3

You may also like...

3 Comments

  1. Dalamnya ternyata gak penuh, ya. Maksudnya kirain saya bakal sampai pinggir wadah gitu. Tapi, penasaran juga buat dicobain 🙂

  2. lidya aribi says:

    Th reviewnya mba. Membantu ku tuk pilih warna secara beli online hehe

  3. Masih maju-mundur mau coba cushion Wardah atau Pixy, sama-sama terjangkau sih. Jadi makin bingung mau beli yang mana, hehehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.