Family, Health, Parenting, Tips

Hal yang Diajarkan Kepada Anak Agar Terhindar dari Covid-19

Setelah pandemi Covid-19 terjadi dan Indonesia menjadi salah satu negara dengan cukup banyak penderita Covid-19, saya mulai was-was. Apa saja sih hal yang dapat diajarkan agar anak terhindar dari Covid-19? Apakah akan berhasil?

Awalnya sih pernah baca kalau anak hampir semuanya sembuh. Justru yang beresiko tinggi meninggal dunia adalah yang lanjut usia dan mempunyai penyakit bawaan. Tapi ternyata ada kasus virus ini menjangkit anak balita bahkan anak bayi. Langsung mulai deg-degan, jangan sampai anak kita sendiri sakit yaa huhuhu.

Bitmoji Image

Mana mutasi virus ini ternyata cukup cepat! Kita ga akan tau yaa apakah karakteristik dan juga gejala penyakit yang dihasilkan oleh coronavirus tipe Covid-19 ini tetap sama seperti sekarang, atau lebih mematikan (jangaaan huhu) atau malah lebih lemah. Semoga sih lebih lemah, but we can only hope.

Oleh karena itu, saya mulai menerapkan beberapa hal agar anak mengerti tentang Covid-19 dan juga peduli dengan kebersihan. Apa saja?

Memberi Pengetahuan Dasar Tentang Covid-19

Awal Covid-19 muncul di Indonesia, ada beberapa social media platform yang memberikan materi untuk diunduh dan dibacakan ke anak tentang virus ini. Dan semuanya dalam ilustrasi dan narasi yang  mudah di mengerti oleh anak.

Saya sendiri menggunakan beberapa ebook untuk anak. Dari situ Rio mengerti tentang coronavirus jenis Covid-19 dan juga apa yang akan terjadi. Dia juga mengerti kalau sekarang playground dan mall tutup karena orang bisa tertular Covid-19. Bahkan dia bilang ga boleh deket deket, karena ada virus corona HAHAHA. 🤣

Baca   Apa Itu Covid-19? - Menurut Jurnal Ilmiah

Mengajarkan Cara Mencuci Tangan dengan Benar

Di dalam ebook untuk anak, diberi tahu cara-cara untuk menjaga diri dan juga menjaga kebersihan. Salah satu yang paling pertama saya ajarkan ke Rio adalah cara mencuci tangan dengan benar. Tentu dengan langkah yang telah dianjurkan WHO selama kurang lebih 20 detik.

Hal yang Diajarkan Kepada Anak Agar Terhindar dari Covid-19
Courtesy of WHO

Awalnya sih Rio lupa lupa tahapannya hehehe. Tapi ya namanya anak kecil, ternyata cepat banget meniru dan menghafal. Alhasil sekarang sudah bisa meskipun kadang suka terburu-buru kalau mau makan snack hehehe.

Yang paling penting, kita selalu mengingatkan anak untuk mencuci tangan :

  1. Sebelum dan sesudah makan
  2. Sesampainya di rumah setelah pergi ke luar rumah
  3. Menyentuh paket
  4. Menyentuh uang

Kalaupun tidak ada air mengalir, saya menyuruh Rio untuk menggunakan hand sanitizer (kita selalu bawa di tas atau di mobil) atau dengan tissue basah.

Hal yang Diajarkan Kepada Anak Agar Terhindar dari Covid-19

Membiasakan Menggunakan Masker Ketika Keluar Rumah

Sekarang memang ada anjuran untuk selalu menggunakan masker kalau keluar rumah. Bisa dengan medical grade mask maupun dengan masker kain. Yang penting bisa mengurangi penyebaran droplets yang (mungkin) mengandung virus Covid-19.

Baca   Cara Membantu Sesama dalam Pandemi Covid-19

Untuk Rio sendiri, saya ingat akhir 2019 sempet  beli masker anak dengan harga Rp. 2500,- per pack isi 3. IYA MURAH BANGET. Sekarang sih harganya ga mungkin segitu lagi ya huhuhu. Sekarang kalau keluar, saya memberikan itu ke Rio untuk dipakai.

Hal yang Diajarkan Kepada Anak Agar Terhindar dari Covid-19
Courtesy of Pixabay

Responnya? Nurut aja karena dia senang semua orang pakai masker hahahaha. Yaudah alhamdulillah dia juga nyaman memakai masker. I think this mask wearing thing will be the new normal. Jadi mari biasakan memakai masker kemana-mana.

Menjaga Kebersihan

Ini standar sih ya, cuman ada beberapa hal yang saya beritahu Rio dan saya contohkan untuk lakukan, yaitu :

  • Ketika pulang dari luar rumah, cuci tangan dan cuci kaki terlebih dahulu. Ganti baju sebelum masuk ke kamar atau main.
  • Lap belanjaan (biasanya kalau keluar kita kan belanja) dengan tissue basah.
  • Mengajari cara batuk dan bersin dengan benar (dengan menggunakan siku atau vampire style)
  • Beritahu untuk menjaga jarak ketika bertemu dengan orang lain
  • Mengajari salam jarak jauh
Hal yang Diajarkan Kepada Anak Agar Terhindar dari Covid-19
Courtesy of

Ada lagi yang mau menambahkan? Silakan tulis juga di bagian komen yaaa. Dan yang terakhir yang tidak kalah penting adalah…

Mengajari Untuk Betah #DiRumahAja

Iya, memang sepertinya ini akan menjadi rutinitas normal kita, setidaknya sampai semester kedua tahun ini. Kita harus sanggup beraktivitas dan membuat kegiatan yang membuat keadaan di rumah aja tidak membosankan.

Baca   Kegiatan Selama Pandemi Covid-19

Hal yang Diajarkan Kepada Anak Agar Terhindar dari Covid-19

Untung banyak yang merilis printables, mempost kegiatan bersama anak di rumah, bahkan banyak sale buku-buku anak juga. Lumayan lah daripada rewel, kita tambahkan aktivitas di rumah. Semoga para Ibu dan Bapak tetap sabar dan waras yaa (ini sih #selfreminder hahaha).

Sekian beberapa hal yang diajarkan kepada anak agar terhindar dari Covid-19. Ada yang punya tambahan lagi? Silakan tulis di kolom komentar yaaa. 😀 Thanks for reading!

RELATED POST

1 Comment

  1. bukan hal yang mudah untuk mengajarkan hal tsb, namun sebagai ibu kita harus berusaha sekuat tenaga demi kesehatan mereka. Keep strong all moms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.