Family, Health, Products

Cara Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok & Biang Keringat dengan Mustela

Last Updated on February 20, 2024

Selama kurang lebih 7 tahun perjalanan menjadi Ibu, salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan sejak dini adalah kondisi kulit anak. Jangan sampai anak tidak nyaman beraktivitas karena masalah pada kulit seperti ruam popok dan biang keringat. Untuk itu, saya mau bagikan beberapa cara mencegah dan mengatasi ruam popok serta biang keringat dengan beberapa produk dari Mustela (one of my favorites!) untuk anak. 

Dan bagi yang memperhatikan IG stories saya, tentu ada poin-poin penting dari acara talkshow Mustela di acara Wikibex yang mengupas tuntas tentang permasalahan kulit si Kecil. Penasaran? Yuk silakan simak terus blog post ini. 

Apa Jenis Kulit Bayimu Mustela Indonesia

Pengalaman Ruam Popok dan Biang Keringat

Selama mengurus Rio dan Dewo, alhamdulillah tidak pernah ada masalah kulit yang berarti. Namun karena mereka berdua adalah anak diapers (yes, saya ga sanggup dengan popok kain hahaha), jadi memang terkadang suka ada sedikit bekas kemerahan di bagian kulit yang bersinggungan dengan diapers. Ya namanya juga anak cowo, pasti super aktif dan tanpa disadari, bagian kulit bergesekan dengan diapers. Untung langsung ditangani sebelum menjadi lebih parah dan membuat anak tidak nyaman.

Cara Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok & Biang Keringat dengan Mustela

Selain bagian nappy area, kadang timbul juga kemerahan di bagian leher. Wah, cikal bakal biang keringat nih. Apakah kemerahan tersebut dibiarkan saja? Tentu tidak. Setelah itu saya sibuk memakaikan lotion, bedak atau barrier cream. Apakah langkah ini benar? Hmm, ternyata tidak sepenuhnya benar loh setelah saya ikuti Talkshow Mustela di acara Wikibex pada tanggal 3 Februari 2024 kemarin.

Lantas langkah-langkah apa yang sebenarnya harus dilakukan untuk menjaga kulit bayi atau kulit anak?

Talkshow – “Tips Cegah dan Atasi Ruam Popok & Biang Keringat Si Kecil”

Awal Februari kemarin, saya berkesempatan untuk datang ke acara Wikibex Baby Mama Festival dan mendengarkan langsung beberapa tips untuk mencegah dan mengatasi ruam popok & biang keringat dari dr. Melia Yunita, M.Sc., Sp.A bersama dengan Mbak Indira, brand manager dari Mustela Indonesia.

Cara Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok & Biang Keringat dengan Mustela

Mustela sendiri merupakan brand skincare ibu dan bayi yang sudah menemani sejak tahun 1950. Mustela telah melakukan penelitian untuk umur 0- 2 tahun dan menghasilkan “E.V.E.I.L.S : EValuation of the Early Infant Life: the Skin“. Jadi memang informasi yang didapatkan pada saat talkshow kemarin, dan juga narasumber yang dihadirkan tidak main-main ya, daging semua!

Baca   Apa Jenis Kulit Bayimu? Cari Tau Disini!

Di talkshow tersebut, dr. Melia atau dr. Lia menjelaskan lebih dalam tentang pentingnya merawat kulit bayi sejak hari pertama, karena ternyata banyak stem cell di kulit bayi, terutama pada usia 0-2 tahun. Stem cell ini bisa membantu sistem regenerasi kulit pada bayi dan juga mempertahankan kualitas kulit hingga dewasa.

Cara Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok & Biang Keringat dengan Mustela

Masalahnya adalah semua kulit bayi sensitif sehingga mudah mengalami iritasi. Selain itu, kulit bayi cenderung kering karena tingkat penguapan air pada kulitnya cenderung tinggi. Bahkan, stem cell, atau sel punca, yang ada di kulit bayi ini mudah hilang padahal sangat  bermanfaat untuk regenerasi kulitnya di masa mendatang. 

Oleh karena itu, kita sebagai main caregiver dari anak-anak kita harus melindungi kulit mereka sejak dini. Apakah kita mengerjakannya sendiri? Tentu tidak dong, karena bikinnya berdua ya harus dikerjakan berdua (seperti konsep dari Mustela, which I love!), plus dibantu dengan produk berkualitas dari Mustela. 

Ngurus anak Pakai Mustela ala Ringgo Agus dan Sabai Dieter

Mbak Indira menjelaskan juga tentang salah satu kandungan sudah dipatenkan oleh Mustela yaitu Avocado Perseose yang memiliki struktur biomimetik yang serupa dengan kulit bayi sehingga dapat menjaga kekayaan stem cell kulit bayi. Tiga manfaat kandungan Avocado Perseose ini adalah : 

  • Melindungi dan menguatkan kulit bayi
  • Melembapkan kulit bayi yang cenderung kering, dan
  • Menjaga kekayaan stem cell sel punca agar regenerasi kulitnya tetap terjaga hingga dewasa

Ini sudah terbukti yak arena sebelum sebuah produk Mustela dilaunching, telah dilakukan pengujian sebanyak 450 kali sebelum sampai ke tangan konsumen.

Cara Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok & Biang Keringat dengan Mustela

Oya, saya juga dikenalkan dengan Metode ABCDE untuk mencegah dan mengatasi ruam popok juga. Metode ABCDE ini adalah singkatan dari : 

  1. A (Air) : Pastikan area yang terkena popok mendapatkan udara sesering mungkin
  2. B (Barrier) : Gunakan barrier cream di area nappy dengan mengoleskan pada area nappy setiap kali mengganti popok dalam keadaan area nappy sudah bersih dan kering, oleskan hingga terbentuk lapisan putih sehingga dapat lebih efektif untuk melindungi area nappy. 
  3. C (Cleansing Water) : Bersihkan menggunakan cairan pembersih yang sudah teruji klinis
  4. D (Dry Diaper) : Ganti popok sesering mungkin, minimal 2 3 jam sekali
  5. E (Education) : Edukasi mengenai merawat area nappy Si Kecil, misalkan mencuci tangan sebelum ganti popok

Nah ternyata menggunakan barrier cream atau krim popok/diapers ini penting dilakukan SETIAP KALI mengganti popok ya. Bukan hanya pada saat mulai muncul kemerahan saja (my bad), karena mencegah kulit bayi dari iritasi ini lebih baik daripada mengobatinya. Jangan sampai sakit dulu kan baru diobati, harus kita lindungi sejak dini.

Cara Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok & Biang Keringat dengan Mustela

Tahapan Mencegah Ruam Popok 

Ternyata ada beberapa produk andalan Mustela yang memang cocok untuk mencegah ruam popok sesuai dengan kaidah metode ABCDE tersebut. Untuk Cleansing bisa menggunakan No Rinse Cleansing Water yang super praktis dan untuk Barrier juga bisa menggunakan Barrier Cream dari Mustela.

Untuk tahapannya sendiri adalah : 

  1. Bersihkan bagian nappy dengan menggunakan No Rinse Cleansing Water yang sudah dituangkan ke tissue, kapas atau waslap.
  2. Seka area yang ingin dibersihkan dengan lembut, tidak perlu dibilas.
  3. Gunakan Barrier Cream di area yang terkena popok dengan mengoleskannya setiap kali mengganti popok dalam keadaan area nappy sudah bersih dan kering
  4. Oleskan hingga terbentuk lapisan putih sehingga dapat lebih efektif untuk melindungi area nappy dari urin dan feses.
Baca   Ibu vs. Ruam Popok? Perlukah Kita Khawatir?

Mustela No Rinse Cleansing Water

Ini adalah salah satu produk favorit Mustela versi saya. Kenapa? Karena sangat praktis untuk digunakan. Produk ini merupakan micellar water untuk membersihkan area wajah, badan & diaper area sekaligus melembutkan & melindungi kulit bayi. Cocok untuk dipakai kapan saja dan selalu ada saat mudik, hehehe it’s a lifesaver!

No Rinse Cleansing Water ini juga mampu membersihkan kotoran dengan deep cleansing tanpa merusak keseimbangan alami lapisan kulit. Hadir dalam kemasan pump sebanyak 300 ml, teksturnya cair dan memiliki wangi khas Mustela.

Mustela No Rinse Cleansing Water - Cara Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok & Biang Keringat dengan Mustela

Mustela No Rinse Cleansing Water - Cara Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok & Biang Keringat dengan Mustela

Kandungannya mengandung 98% bahan alami termasuk Avocado Perseose. Sudah bebas SLS, paraben, alcohol dan bahan kimia berbahaya lainnya sehingga aman digunakan dari bayi baru lahir dan tidak perlu dibilas. Karena tidak perlu dibilas, cara pakainya cukup mudah. Tuang produk ke tissue, kapas atau waslap lalu seka area yang ingin dibersihkan dengan lembut. Selesai deh dan tidak perlu dibilas!

Mustela No Rinse Cleansing Water - Cara Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok & Biang Keringat dengan Mustela

Mustela Barrier Cream

Barrier Cream adalah krim ruam popok yang wajib digunakan setiap kali mengganti popok untuk mencegah dan mengatasi ruam popok. Tersedia dalam ukuran 50 ml dan 100 ml, krim ini memiliki teksturnya yang cukup thick atau tebal sehingga tidak mudah hilang oleh urin dan feses. Kulit tetap terlindungi!

Mustela Barier Cream - Cara Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok & Biang Keringat dengan Mustela

Mustela Barier Cream - Cara Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok & Biang Keringat dengan Mustela

Barrier Cream sendiri memiliki 3 bahan alami utama yang hanya dimiliki oleh Mustela, yaitu : 

  1. Avocado Perseose : menguatkan kulit Si Kecil yang masih rapuh
  2. Oxeoline of Alcacea : untuk menenangkan kulit yang kemerahan
  3. Sunflower Oil Distillate : untuk memperbaiki lapisan pelindung

ditambah dengan Zinc Oxide. Kandungannya sudah fragrance free, bebas alcohol, paraben dan bahan kimia berbahaya lainnya serta sudah hipoalergenik teruji klinis dan dermatologis. Jadi jelas aman untuk dipakai sejak bayi baru lahir dan cocok untuk semua jenis kulit. 

Baca   Mencari Sabun untuk Kulit Bayi Sensitif & Bayi Baru Lahir

Cara pemakaiannya juga sangat mudah. Gunakan barrier cream di area nappy dengan mengoleskannya setiap kali mengganti popok dalam keadaan area nappy sudah bersih dan kering. Oleskan hingga terbentuk lapisan putih sehingga dapat lebih efektif untuk melindungi area nappy.

Mustela Barier Cream - Cara Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok & Biang Keringat dengan Mustela

Produk Andalan untuk Biang Keringat

Biang keringat juga sempat dibahas oleh dr. Lia pada saat talkshow. Biang keringat dapat disebabkan oleh fungsi kelenjar keringat di bayi belum sempurna. Biang keringat diawali dengan bruntusan, dan jika tidak ditangani maka akan menjadi bernanah dan infeksi (kalau sudah tahap ini harus segera ke dokter anak ya). 

Jadi pastikan kondisi kulit anak selalu bersih, terutama pada tempat yang rentan terjadi biang keringat seperti di lipatan kulit. Jika cuaca panas, pastikan sering ganti baju dan gunakan baju yang menyerap keringat. Setelah mandi, jangan lupa keringkan kulit dengan benar dan memakai handuk lembut. 

Mustela Cicastela Moisture Cream

Mustela Cicastela Moisture Cream - Cara Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok & Biang Keringat dengan Mustela

Ternyata Mustela juga mempunyai krim untuk membantu meredakan kulit yang terkena biang keringat dan gigitan serangga, bahkan bekas cacar air! Sebanyak 98% responden setuju bahwa krim ini dapat membantu memperbaiki ketidaknyamanan kulit secara efektif.

Baca   Cara Tepat Menjaga Hidrasi Pada Kulit

Cicastela Moisture Cream ini tersedia dalam ukuran 40 ml dan memiliki ujung tip sehingga sangat mudah untuk mengoleskan hanya di daerah kemerahan. Teksturnya cukup ringan, mudah untuk diratakan dan cepat menyerap. Cara pakainya adalah cukup oleskan pada area yang kemerahan dan dapat dioleskan lagi sesuai kebutuhan.

Mustela Cicastela Moisture Cream - Cara Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok & Biang Keringat dengan Mustela

Mustela Cicastela Moisture Cream - Cara Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok & Biang Keringat dengan Mustela

Moisture cream ini memiliki kandungan :

  • Avocado Perseose : melindungi dan menguatkan lapisan pelindung kulit
  • Hyaluronic Acid : Membantu memperbaiki kulit dengan memberikan kelembapan ke kulit
  • Panthenol : Kelembapan untuk menenangkan ketidaknyamanan kulit dengan segera

Kandungannya memiliki kombinasi 91% bahan alami dan organic dan aman untuk semua jenis kulit. Sudah teruji klinis, dermatologis dan hipoalergenik, serta bebas SLS, paraben, alcohol, dan bahan kimia berbahaya lainnya.

Semua produk Mustela ini dapat dapat dibeli secara offline di Reseller Resmi Mustela maupun Online di Official Store Mustela. Jadi bagi yang ingin mencoba, bisa cus langsung beli. Tapi lebih enak pas saat pameran kemarin sih, karena bisa uji coba langsung semua produk Mustela, bahkan dapat diskon dan penawaran khusus, hihi.

 Cara Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok & Biang Keringat dengan Mustela

 

Cara Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok & Biang Keringat dengan Mustela

Sekian edukasi singkat mengenai cara mencegah dan mengatasi ruam popok serta biang keringat langsung dari ahlinya, serta beberapa review singkat produk Mustela yang dapat melindungi kulit bayi dan anak sejak dini. Thank you for reading!

RELATED POST

22 Comments

  1. Udah nggak punya bayi lagi. Tapi produk mustela ini bagus juga ya buat kado teman yang baru melahirkan.
    Karena namanya ruam popok dan biang keringat itu pasti bikin bayi jadi rewel

    1. Sama mba..
      Yang terima kado pasti senang ya dapat produk berkualitas yang bakalan berguna banget ketika adek baby terkena ruam. Saya penasaran, ada nggak ya baby yg bener2 tidak pernah mengalami ruam?

  2. Mustela emang rekomen bgt ya, pas anakku yg ketiga lahir pun pake sabun dan baby cream mustela, ampuh banget lawan ruam popok dan biang keringat, anakku jd tenang dan tidur nyenyak tiap hari

  3. Anakku pernah ini ruam popok, sedih banget waktu itu karena dia jadi gak nyaman terus rewelkan. Tapi si anakku pun sekarang masih pakai ini lotionnya Mustela karena kulitnya dia berjodoh sama Mustela. Jadi tuh pernah kondisi kulit anakku kering banget, dan memerah ya terus ku bawa ke dokter dan sama dokternya disuruh kasih lotion itu.

  4. Teringat saat anak saya kena ruam popok atau biang keringat…duh kasihan banget. Produk seperti Mustela akan membantu ibu untuk merawat kulit bayi sejak hari pertama, apalagi mengingat banyak stem cell di kulit bayi, terutama pada usia 0-2 tahun.

  5. Kasihan kalau anak sampai kena ruam popok dan biang keringat, pasti tersiksa ya.. tertarik banget dengan produk Mustela yang aman dan dari bahan berkualitas jadi ampuh melindungi anak dari gangguan kulit

  6. sekarang enak banget ya banyak pilihan buat menjaga kulit bayi, zaman anak 1 dulu belum banyak ilmunya. Bakal stok deh Mustela Cicastela Moisture Cream biar kulit bayi semakin sehat, cocok juga ya buat kado nih.

  7. Mustela emang senyaman itu sih buat anak.
    Keponakanku kan pakai cream buat ruam diaper. Anaknya seolah ngga ada keluhan apa-apa lho

  8. sedih tau kalo misal anak ruam popok dan biang keringat, jadi rewel trus tumbuh kembangnya terhambat deh, tapi sekarang mah udah tenang karena ada produk perawatan kulit dari mustela

  9. Kebetulan 3 anak saya punya kulit badak seperti ibu-bapaknya sehingga tak pernah ada masalah ruam. Atau memang tak banyak pemicunya. Tapi saya paham banget kalau ada banyak anak yang kulitnya mudah memerah kena ruam. Pernah bantu juga karena saya suka mengurus bayi. 3 produk Mustela ini sangat dibutuhkan mereka. Bisa bersihkan ruam tanpa bilas sehingga selalu kering dan ada untuk skin barriernya juga.

  10. Aku juga pernah menghadapi masalah ruam sihhh, nah jadinya aku selang seling ama popok kain. Ya gimana kana nak jadinya riwil ya mbaa. Soalnya jadi ngga nyaman. Baru tahu juga ada metode ABCDE ini buat mencegah dan mengatasi ruam popok. Dibantu ama produk2 Mustela jadi makin yakin bye ruam popok.

  11. Masalah iritasi kulit bayi bikin panik yah, soalnya kasian bikin bayi rewel. Untung saja ada produk yang paham banget sama kulit bayi, melindungi dan juga merawat kulit bayi

  12. Mustela memang yang terbaik untuk kulit bayi, ya. Karena salah satu kandungan sudah dipatenkan oleh Mustela yaitu Avocado Perseose yang memiliki struktur biomimetik yang serupa dengan kulit bayi sehingga dapat menjaga kekayaan stem cell kulit bayi

  13. Lutunaaa.. Gemeessh liat wajahnya dedek yang bahagia gituu..
    Kalau ngobrolin masalah ruam nih seru banget.
    Aku pernah ngalamin pas anak pertama. Awalnya aku gatau tuh.. kayak gini tuh kenapa yaa.. mana zaman dulu kan yaa.. inet masih cuma buat buka milist.

    Alhamdulillah, kini sudah ada rangkaian produk Mustela.
    Yang pasti ibu-ibu zaman sekarang lebih cerdas dalam merawat anak karena sumber informasinya lebih cepat dan terpercaya seperti dalam talkshow Mustela Wikibex.

  14. Erin Friyana says:

    Kalau bayi sudah kena ruam popok itu suka tidak tega. Selain kulit jadi kemerahan tentunya pasti gatal. Begitu juga dengan biang keringat. Ternyata mengatasi permasalahan tersebut bisa pakai Mustela saja ya, Mba.

  15. Cute banget sih dedek, memang ya stem cell si kecil harus dijaga dengan baik, gak hanya stem cell mamanya ya, hehehe. Aku pun percaya sama produk mustela karena aman banget dan nyaman, meski lumayan ya harganya heheheehe

  16. Aku di rumah juga pakai mustela, mba.. Alhamdulillah cocok. Emang sebagus itu sih produknya ❤ yahh ada harga ada kualitas lah ya

  17. Hempas jauh biang keringat & ruam popok pake Mustela. Kualitasnya selalu ok

  18. Agatha Revindra Widori says:

    Rangkaian produk Mustela memang jadi andalan Mama untuk menjaga kulit si kecil agar bebas ruam popok dan biang keringat ya Mam..

  19. kebetulan banget anak ku jg sempet ruam popok berkali – kali, susah nemu produk yg cocok. kebetulan ketemu mustela jugaaaa…. dan ternyata cocok juga pake mustela.

  20. Sudah gak punya bayi lagi tapi senang banget lihat produk-produk bayi gini. Cocok nih buat kado kalau ada yang melahirkan, jadi ada pilihan hantaran nih buat weekend besok, pas mau nengok bayi

  21. Wah sangat cocok nih ya bund untuk yang lagi punya bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.