Family, Parenting, Products, Review

Kondisi Kulit Bayi yang Istimewa Dijaga Oleh Mustella

Hello moms and dads! Pernah ga sih khawatir soal kondisi kulit bayi? Apalagi pada bayi baru lahir. Apalagi kita posisinya sebagai orang tua baru. Kayanya kalau ada yang merah sedikit atau ada yang mencurigakan, kita langsung mulai panik menghubungi DSA atau paling cepat ya bertanya kepada Google. Bener ga nih para orang tua millenials? Hahahaha. Tenang, sama kok seperti saya pas awal-awal Rio lahir.

Kondisi Kulit Bayi

Wajar jika orang tua sangat peduli dengan kondisi kulit bayi. Pada usia 0-2 tahun, lapisan pelindung kulit bayi belum berfungsi dengan baik sehingga perlu dilindungi dan diperkuat.

Lapisan epidermis atau lapisan paling luar kulit, ditutupi dengan campuran keringat dan sebum yaitu hydrolipidic film, yang berfungsi menjaga kelembaban kulit dan membentuk penghalang dari bakteri dan jamur. Nah pada bayi, lapisan ini lebih tipis daripada orang dewasa.

Makanya kulit bayi itu rentan terhadap kekeringan dan dehidrasi, bahkan kurang efektif untuk melindungi kulit dari bakteri dan jamur. Tugas orang tua nambah deh selain ganti popok, yaitu memastikan kulit bayi sehat dan terawat.

Kondisi Kulit Bayi yang Istimewa Dijaga Oleh Mustella
Courtesy of Pixabay

Rahasia di Balik Kulit Bayi

Siapa sih yang tidak gemes sama bayi gembil nan lucu yang berkulit halus dan lembut? Ternyata dibalik kulit yang cubit-able dan menggemaskan ini menyimpan rahasia yang istimewa loh!

Untuk pertama kalinya di dunia, Mustela mempelajari kandungan sel dari lapisan kulit epidermis bayi. Riset menunjukkan penemuan besar yang baru, yaitu bahwa lapisan kulit bayi memiliki kekayaan stem cell yang sangat besar.

Saat baru lahir, sel-sel ini justru memiliki kekuatan yang maksimal, namun sangat rentan terhadap perubahan pada bulan-bulan awal kelahiran. Stem cell pada kulit bayi sangat unik dan berharga untuk kesehatan kulit sampai dewasa.

Bila tidak dijaga, kekayaan stem cell ini akan langsung berkurang drastis saat kulit bayi mengalami perubahan di usia 0-2 tahun. Alhasil, kelak pas dewasa nanti, kulitnya tidak akan memiliki perlindungan yang maksimal seperti yang seharusnya.

Untuk membantu menjaga kulit bayi, kita harus ketahui dengan baik beberapa masalah kulit yang sering
menyerang bayi. Apa saja? Bisa dilihat di bawah ini ya!

Masalah Kulit Pada Bayi

Kondisi kulit pada bayi

Menurut alodokter.com, biang keringat adalah ruam kecil berwarna merah dan menonjol yang terasa gatal dan bisa menyebabkan sensasi menyengat atau perih, seperti menusuk-nusuk kulit. Hal ini disebabkan keringat yang terjebak di balik kulit dan tidak bisa menguap akibat kelenjar keringat tubuh yang terhambat.

Bayi dan anak-anak lebih berisiko terkena ini karena kelenjar keringat mereka belum sepenuhnya berkembang. Faktor lain juga bisa disebabkan oleh kepanasan, iklim tropis dan juga bed rest yang terlalu lama. Newborn baby always sleeps on their back, right? Makanya rentan terkena biang keringat apalagi di cuaca panas ala Indonesia.

Selain biang keringat, ternyata jerawat juga bisa muncul pada bayi loh! Biasanya merupakan bintik bintik kecil. Penyebab Jerawat pada bayi ini adalah karena pengaruh hormon androgen ibu pada waktu melahirkan.

Intertrigo atau yang lebih dikenal dengan ruam adalah suatu peradangan pada lipatan tubuh. Kadang di bayi suka terjadi di lipatan paha, ketiak, perut, dan umunya terjadi pada bayi yang gemuk.

Hal ini disebabkan lembab yang berlebihan pada lipatan sehingga akan berwarna merah dan sakit bila terjadi gesekan. Seringkali muncul di daerah yang selalu ditutupi popok dan menjadikannya ruam popok.

Masalah yang terakhir adalah kulit yang kering. Kadang terlihat bersisik dan tidak halus & kenyal. Kalau hal ini terjadi, bisa dipastikan kelembaban kulit kurang.


Kondisi kulit Rio bagaimana?

Alhamdulillah Satrio tidak muncul bakat alergi yang biasanya berupa kemerah-merahan di sekitar mulut bekas ASI atau muncul eksema/eksim. Tapi bukan berarti Rio bebas dari gangguan kulit begitu saja ya. Jelas kondisi kulit bayi berbeda dengan kondisi kulit orang tua.

Pas awal lahir Rio punya beberapa jerawat kecil hahaha. Gemes sih liatnya pengen dipites tapi kan nanti sakit, masih bayi loh. Pada sekitar umur 1 dan 2 bulan, kaki Rio kering. Kalau dipegang agak kasar, pokoknya ga seperti kulit bayi yang kenyal deh hiks.

Ternyata kelembaban kulit bayi berusia 0-2 tahun juga ternyata sangat rendah, sehingga kulit bayi yang
rapuh dan kering ini perlu terus diperkuat dan dilembabkan sejak lahir. Makanya sejak itu saya rajin mengoleskan baby lotion ke bagian yang kering. Eh ternyata kembali lembab dan kenyal setelah beberapa hari saja. Memang benar ya recovery kulit bayi itu sangat cepat!

Baca   Apa Jenis Kulit Bayimu? Cari Tau Disini!

Selain itu, Rio keringatnya banyak! Gerak dikit eh banyak keringat. Rentan terkena biang keringat kalau tidak rajin di bersihkan dan dikeringkan. Karena hobi berkeringat itu, kata orang bisa gampang attract nyamuk. Dan itu benar dong. Rio selalu jadi sasaran nyamuk nyamuk nakal.

Untungnya ga digaruk sih, tapi kadang bekasnya masih tetap ada, seperti di tangan kirinya. Hiks, sedih deh liat bekas kehitaman habis digigit nyamuk. Pengennya kan nanti sampai besar kulitnya bersih dan terawat ya meskipun laki-laki.

Mencoba Produk Mustela Bebe untuk Bayi

Akhirnya saya mencoba Mustela, brand Mother and Baby Skincare nomor 1 di Eropa yang didistribusikan di Indonesia oleh PT. Interbat. Mustela Bebe merupakan lini produk Mustela yang khusus untuk bayi.

Kondisi Kulit Bayi yang Istimewa Dijaga Oleh Mustella

Produknya mengandung bahan aktif alami Avocado Perseose untuk memperkuat kulit bayi sehingga lebih tahan terhadap iritasi/kemerahan dan menjaga kekayaan stem cell yang berperan dalam menjaga kualitas kulit, sekarang & seterusnya.

Seperti kampanye dan taglinenya Mustela Bebe #MustelaTodayForTomorrow, masa depan memang ditentukan oleh apa yang kita lakukan hari ini. Jadi ga mau salah pilih dong ya.

Produk Mustella untuk kulit bayi

Dengan formulasi hypoallergenic & teruji secara klinis, Mustela bebe menggunakan bahan alami, dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya seperti alcohol & paraben sehingga Mustela Bebe aman dipakai dari bayi baru dilahirkan (newborn). Gimana rangkaian perawatan kulit Rio sekarang? Yuk simak dibawah ini.

Rutinitas Mandi Bayi dengan Produk Mustela

Produk Mustella untuk kulit bayi

Rio itu suka sekali dipijat. Apalagi sama Ibunya hahahaha jadi lelah. Jadi sebelum mandi, kadang saya memijat Rio terlebih dahulu. Kalau pakai baby oil biasa, kadang terasa licin. Nah, pakai Mustela Bebe Massage Oil malah beda!

Oilnya meresap ke kulit bayi dan Rio juga lebih nyaman pakai ini karena terasa hangat. Ternyata selain Avocado Perseose, terdapat Pomegranate Seed Oil dan Sunflower Oil yang berfungsi menenangkan, memperbaiki dan menutrisi kulit serta merestruktur ulang, memperbaharuhi dan melembabkan. Kaya akan Vitamin E, Omega 5, Omega 6 dan Omega 9 loh.

Setelah pijat, kemudian Rio mandi menggunakan Mustela Bebe Dermo-Cleansing. Enaknya sabun ini adalah sabun ini mengandung Vitamin B5 dan Gentle surfactants yang berfungsi menjadi bahan pelindung permukaan kulit yang lembut, membersihkan tanpa menghilangkan minyak alami di kulit. Busanya juga tidak terlalu banyak dan tidak terlalu licin. Wanginya juga bikin tenang. Pas banget dikombinasikan dengan air hangat. Ahhh, enaknya jadi bayi!

Baca   List Perlengkapan Bayi ala Faradila Danasworo Putri

Nah saya sertakan video dari Mustela yaaa cara memandikan bayi. Bisa dilihat di bawah ini nih. Jangan takut buat memandikan bayi sendiri ya mommies! Saya juga terpaksa mulai memandikan Rio 10 hari setelah dia lahir secara SC. Duh keinget banget rasa deg-degannya. With practice and the right help, lama lama jadi biasa kok. Pasti nanti bakalan kangen mandiin bayi deh *kemudian baper*.

Setelah mandi, Rio menggunakan Mustela Barrier Cream untuk mencegah ruam. Kandungan Alcacea Oceoline dan Sunflower Oleodistillate dapat memperbaiki lapisan pelindung kulit dan meningkatkan pembentukan lipid kulit bagian luar. Ada tambahan zinc oxide juga sebagai pelindung kulit ekstra dari infeksi.

Ga lupa tubuhnya dibalur minyak telon dan Mustela Hydra Bebe Body Lotion. Saya suka baunya, tahan lama pula. Awet banget meskipun Rio tidur dan main hehehe. Khas bayi deh baunya. Ada kandungan Jojoba Oil, Vitamin E, Vitamin F dan Shea Butter untuk menjaga lemak dalam kulit dan mempertahankan kelembaban kulit. Selain itu juga berfungsi untuk memulihkan dan menjaga keseimbangan air di kulit.

Last but not least, dipakaikan Mustela Hydra Bebe Facial Cream biar mukanya halus dan bersih. Diformulasi khusus untuk kulit muka, langsung melembabkan kulit dan bertahan lama, memperkuat lapisan pelindung kulit serta menjadikan kulit muka lebih halus, kenyal dan lembut. Jadi pengen dicium-cium terusssss (sama keluarga yes, no girls allowed yet! hahaha).

Produk Mustella untuk kulit bayi
Rangkaian perlengkapan mandi Rio

Memang ribet ya ternyata mengurus bayi. Ini baru kulitnya aja loh. Tapi jika kita ingat bahwa bayi itu 100% tergantung dengan orang tua, terutama ibu atau pengasuh utamanya, maka kita akan lebih semangat lagi. Well at least that is according to me since that is how I feel.

Tentunya apa yang saya lakukan sekarang, saya harapkan akan membawa kebaikan bagi Rio di masa depan. Terutama jika saya yakin, saya berusaha sebaik mungkin memberikan yang terbaik buat dia. Semua rasa lelah terbayarkan jika nanti anak kita tumbuh sehat dan kuat. Betul ibu-ibuuuu?

Baca   Bisakah Kita Mencegah Diare Pada Bayi?

Seperti hashtag #MustelaTodayForTomorrow, yuk mari wujudkan hari esok yang lebih baik dan lebih sehat melalui apa yang kita lakukan hari ini. Bagi yang penasaran dengan Mustela dan produknya (ada produk buat ibu hamil dan pasca persalinan loh!) bisa kunjungi social media Mustela di bawah ini :

Website : www.mustela.co.id
Facebook : mustelaindonesia
Instagram : @mustelaindonesia

Semoga kita bisa menjaga kondisi kulit bayi kita dengan baik ya, ibu-ibu dan bapak-bapak 🙂

Kondisi Kulit Bayi yang Istimewa Dijaga Oleh Mustella
Rio doyan nyodorin produk Mustela ke Ibunya dengan muka serius…..

 

RELATED POST

1 Comment

  1. Untuk kulit bayi yang biang keringat lagi banyak banyaknya bisa gak sis?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.