Family, Health, Tips

Tips Membawa Anak ke Dokter Gigi

Last Updated on February 20, 2024

Bagi sebagian orang tua, membawa anaknya ke dokter gigi merupakan sebuah tantangan yang cukup meyulitkan. Apalagi kalau kita ternyata memiliki trauma tersendiri ketika bertemu dengan dokter gigi yaa hehe. Alhamdulillah dewasa ini, sudah banyak materi edukasi yang beredar, termasuk beberapa tips membawa anak ke dokter gigi yang dapat diikuti jika ingin sesi kunjungan yang minim drama.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Menurut Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kesehatan gigi pada anak sangatlah penting dijaga sejak dini. Hal ini disebabkan oleh kondisi email gigi anak sangat rentan terhadap kerusakan karena tidak sekuat email pada gigi dewasa.

Baca   Cara Mudah Mendapatkan Asuransi Kesehatan untuk Penyakit Kritis

Padahal, gigi anak atau yang lebih kita kenal dengan gigi susu memiliki beberapa fungsi penting yaitu :

  1. Membantu kelancaran pertumbuhan gigi permanen. Gigi susu akan memberikan ruang kepada gigi permanen yang akan tumbuh dibawahnya. Kondisi gigi susu yang dirawat dengan baik juga akan membantu merangsang perkembangan rahang.
  2. Membantu proses pengunyahan pada anak. Kebutuhan akan nutrisi pada anak dapat terpenuhi dalam masa tumbuh kembangnya dengan kekuatan mengunyah.
  3. Mempengaruhi perkembangan wajah dan otot rahang.
  4. Menjaga rasa percaya diri pada anak. Siapa sih yang tidak senang dengan kondisi gigi yang bersih, tidak berlubang dan cerah?
Tips Membawa Anak ke Dokter Gigi
Courtesy of Pixabay

Jadi sangat penting untuk melakukan kunjungan rutin ke dokter gigi untuk anak. Bahkan ketika anak sudah mulai muncul gigi pertamanya, itulah saat yang tepat untuk memperkenalkan anak ke dokter gigi. Menurut Stanford Children Health, kunjungan dokter gigi pertama direkomendasikan pada usia 12 bulan atau dalam 6 bulan sejak gigi pertama tumbuh.

Kenapa Ada Rasa Takut ke Dokter Gigi?

Tapi jujur nih, siapa yang takut ke dokter gigi? Ternyata kalian tidak sendiri. Cukup banyak anak-anak dan juga orang dewasa yang takut untuk mengecek kondisi gigi dan gusinya ke dokter gigi. Kok bisa ya? Memang kenapa bisa sampai ada rasa takut?

Baca   Review Sasha Pasta Gigi Halal Bersiwak

Menurut klikdokter, ternyata beberapa alasan itu adalah ada rasa trauma karena sakit atau kurang nyaman, takut dengan setting atau alat yang ada di dokter gigi, bahkan sampai takut biayanya setinggi langit ketika harus berkunjung ke dokter gigi.

Tips Membawa Anak ke Dokter Gigi
Courtesy of Pixabay

Tips Membawa Anak ke Dokter Gigi

Untuk mengurangi kejadian anak takut diajak ke dokter gigi, ada beberapa tips membawa anak ke dokter gigi yang bisa kalian terapkan. Apa saja?

1. Ajak ke dokter gigi sejak kecil

Agar anak tidak takut dengan dokter gigi, kita bisa coba mengajak  ke dokter gigi sedini mungkin. Bahkan disarankan saat gigi pertama sudah mulai keluar. Jangan tunggu sampai ada sakit atau masalah pada gigi dan gusi, baru ke dokter. Justru itu yang akan membuat anak mengingat dan mengkorelasikan dokter gigi dengan rasa sakit, dan berakhir dengan trauma. Jika dilakukan pemeriksaan rutin, anak juga akan semakin rileks dan terbiasa untuk mengunjungi dokter gigi.

Baca   Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini

2. Perkenalkan dengan Dokter Gigi dari Buku, Video & Bermain Peran

Salah satu cara yang saya lakukan adalah memperkenalkan profesi dan kegiatan yang dilakukan di dokter gigi melalui buku, video bahkan bermain peran. Kita bisa membacakan buku atau menunjukkan video tentang berkunjung ke dokter gigi berulang-ulang kali.

Tips Membawa Anak ke Dokter Gigi - ruangan dokter gigi
Courtesy of Pixabay

Agar anak makin nyaman, kita juga bisa ajak anak untuk bermain peran sebagai dokter dan kita sebagai pasien. Dengan begitu, anak semakin mengenal dan tidak takut lagi untuk bertemu dengan dokter gigi.

3. Ciptakan Image yang Positif

Usahakan menciptakan image yang positif ke dokter gigi (dan dokter lainnya ya hehe) dan juga dalam kegiatan berkunjung ke dokter. Kita bisa menjelaskan bahwa dokter gigi sosok yang membantu menjaga kesehatan dan kekuatan gigi kita sehingga kita terbebas dari masalah sakit gigi. Jangan sampai ditakuti-takuti ya (sambil mengacam gitu, hayo loh nanti kalau nakal akan disuntik, dsb), yang ada malah kapok lihat dokter!

Tips Membawa Anak ke Dokter Gigi
Courtesy of Pixabay

4. Orang Tua Tetap Tenang dan Tidak Cemas

Ini ternyata salah satu faktor anak juga “bertingkah” loh menurut salah dokter dokter gigi, yaitu orang tua ikutan cemas dan deg-degan! Pernah dengar kan kalau kita gelisah, anak juga ikut gelisah. Yap, hal yang sama juga akan terjadi ketika orang tua cemas dan deg-degan ketika mengantar anak ke dokter gigi. Yang tadinya anak santai, malah ikut cemas juga hehe.

Baca   Cara Memutihkan Gigi dengan Makanan Sehari-hari

Jadi pastikan kita tetap tenang dan tidak cemas ya saat proses anak bertemu dengan dokter gigi, meskipun kita dalam hati udah deg-deg ser. Ikuti kata dokter dan jangan membuyarkan konsentrasi pasien dan dokter di dalam ruang praktek. Ya namanya juga jadi orang tua, kita juga harus mampu mengendalikan emosi hehe.

5. Berikan Semangat & Pujian

Jika anka mampu bersikap positif dan mengikuti petunjuk dokter dengan baik, tentu kita dapat memberikan pujian. Namun jika anak terlihat cemas, takut dan tidak dapat mengikuti arahan dokter dengan baik, nah kita juga perlu terus menyemangatinya, jangan ikut memarahinya. Jangan kendor kasih semangat ke anak ya pokoknya. Boleh juga memberikan hadiah kecil setelah selesai bertemu dengan dokter loh.

Tips Membawa Anak ke Dokter Gigi - ruangan dokter gigi
Courtesy of Pixabay

6. Pilih Dokter Gigi yang Ramah Anak

Ini juga tidak kalah penting, jangan lupa untuk pilih dokter gigi yang memiliki pengalaman dan keahlian dalam merawat anak-anak. Sudah banyak referensi dokter gigi yang ramah dan sabar dapat membuat anak merasa nyaman dan percaya diri selama kunjungan. Yaa meskipun kadang trial dan error, tapi usaha mencari dokter gigi yang sreg dan pas, akan membuahkan hasil yang baik.

Tips Membawa Anak ke Dokter Gigi - ruangan dokter gigi
Courtesy of Pixabay

Perawatan Gigi Anak di Damessa Family Dental Care

Salah satu tempat dengan dokter gigi ramah anak dan berpengalaman adalah Damessa Family Dental Care. Damessa, klinik gigi anak, sendiri telah dipercaya selama 15 tahun lebih dan memiliki pengalaman yang profesional dalam menangani anak-anak. Bagi yang tinggal di daerah Jabodetabek, ternyata mudah kok mencari dokter gigi anak terdekat di Damessa.

Perawatan Gigi Anak di Damessa Family Dental Care
Courtesy of Damessa Family Dental Care

Selama sesi konsultasi dan perawatan, berikut hal-hal yang akan didapatkan, yaitu :

Damessa Family Dental Care berkomitmen memberikan pengalaman positif sejak dini, membantu mengurangi ketakutan anak terhadap dokter gigi di masa depan. Di Damessa klinik gigi anak juga tersedia ruang tunggu yang luas dan nyaman, playground agar anak tidak terlalu cemas dan deg-degan saat menunggu, ruang perawatan khusus anak, dental raport hingga gift setelah anak selesai perawatan. Lengkap kan? Bagi yang tertarik, yuk silakan berkunjung!

Perawatan Gigi Anak di Damessa Family Dental Care
Courtesy of Damessa Family Dental Care

Sekian tips membawa anak ke dokter gigi serta penjelasan singkat mengenai Damessa Family Dental Care yang memiliki dokter gigi ramah anak yang profesional. Semoga bermanfaat yaa bagi para orang tua yang ingin membawa anaknya ke dokter gigi. Thanks for reading!

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.