Family, Health, Pregnancy, Products

Apa Jenis Kulit Bayimu? Cari Tau Disini!

Hello moms and dads! Sudah pada tau jenis kulit bayi atau anak Anda kah? Ternyata bayi juga memiliki jenis kulit yang berbeda dengan bayi lain sejak lahir loh. Setelah saya mengikuti acara Peluncuran Kampanye Kenali Jenis Kulit Bayimu yang diselenggarakan oleh Mustela Indonesia pada tanggal 8 Agustus 2018 yang lalu, banyak hal baru yang saya dapatkan mengenai kondisi kulit bayi.

Apa Jenis Kulit Bayimu? Cari Tau Disini!

Penasaran kulit bayi atau anak Anda masuk ke kategori apa? Serta apa saja yang bisa dilakukan untuk merawatnya? Silahkan baca lebih lanjut dibawah ini ya ­čÖé


Mustela menghadirkan 3 narasumber di acara peluncuran kampanye Kenali Jenis Kulit Bayimu. Narasumber tersebut diantaranya Ms Kenny Ng selaku Regional Marketing Manager Mustela Asia-Pasifik, Bapak Mohamad Nurhadi selaku Brand Manager Mustela Indonesia dan dr. Reisa Broto Asmoro selaku brand ambassador Mustela.

Apa Jenis Kulit Bayimu? Cari Tau Disini!

Acara dimulai dengan penjelasan singkat, padat dan jelas oleh Ms Kenny Ng mengenai Mustela. Beliau menjelaskan mengenai sejarah dan latar belakang Mustela. Taukah kalian kalau Mustela adalah bahasa lainnya stoat atau hewan kecil yang memiliki bulu yang putih seputih salju. Coba di google deh, lucu dan menggemaskan banget! Nama ini dipilih untuk melambangkan kelembutan dan kesucian yang diwakilkan di produk-produk Mustela.

Mustela adalah brand skincare khusus bayi dan ibu yang memahami bahwa kulit bayi itu sangat unik dan membutuhkan perawatan khusus. Mustela melakukan kerja sama dengan dokter spesialis kulit, anak, toksikologi, alergi, ginekolog dan apoteker, untuk melakukan terobosan terbaru melalui riset terhadap kulit. Riset yang dilakukan sudah lebih dari 60 tahun, sehingga produknya pun sangat dipercaya, bahkan sekarang merupakan the number one baby and mom skin care brand in Europe. Ada beberapa fakta yang ditemukan dari riset yang telah dilakukan, yaitu :

  • Kulit bayi┬áberumur 0-2 tahun memiliki beberapa perbedaan utama dibandingkan kulit dewasa (dipublikasi di British Journal of Dermatology)
  • Lapisan pelindung kulit bayi masih belum matang dan sangat rapuh, sehingga harus dijaga kelembabannya.
  • Kulit bayi dibawah 2 tahun juga cenderung kering, sehingga perlu terus dijaga kelembabannya sejak lahir.
  • Kulit bayi menyimpan kekayaan stem cell yang berperan untuk regenerasi kulit dan menentukan kualitas kulit bayi hingga dewasa
  • Jumlah stem cell kulit menurun drastis sejak bayi lahir hingga usianya 2 tahun karena polusi, sinar UV dan bahan kimia.
  • Bayi terlahir dengan jenis kulit yang berbeda-beda.

Fakta terakhir ini menarik sekali karena saya merupakan anggota dari sebuah birth club (perkumpulan ibu dengan anak yang lahir di bulan yang sama). Di dalam group chat birth club tersebut, problematika kulit kadang menjadi topik obrolan yang seru. American Academy of Family Physicians (AAFP) juga menyatakan bahwa gangguan kulit adalah salah satu keluhan yang dialami bayi dengan prevalensi mencapai 70%. Beberapa keluhan antara lain adalah ruam popok, ruam karena alergi, iritasi dan kemerahan. Jadi memang cukup mengganggu kententraman hati orang tua dan membuat khawatir.

Baca List Perlengkapan Bayi ala Faradila Danasworo Putri

Apa Jenis Kulit Bayimu? Cari Tau Disini!

Kondisi kulit satu bayi dengan yang lain ternyata bisa sangat berbeda, perlakuannya pun harus berbeda.”Kenali Jenis Kulit Bayimu adalah kampanye persembahan Mustela yang bertujuan mengajak orang tua untuk belajar mengenali jenis kulit sang buah hati agar bisa memberikan perlindungan dan perawatan kulit yang sesuai,” ujar Bapak Mohamad Nurhadi. Kampanye ini memberikan edukasi mengenai 3 jenis kulit bayi. Yuk silahkan tonton video di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut ­čÖé

 

Baby skin type

Bayi terlahir dengan tiga jenis kulit yang berbeda, yaitu: kulit normal, kulit kering, kulit dermatitis atopik (eczema). Jika Precious Mom masih bingung mengenai #ApaJenisKulitBayimu tonton video di atas ini saja, yuk. Karena Mom Reisa Broto Asmoro akan bantu menjelaskannya untuk Anda. ­čÖé
Jadi apakah Precious Mom sudah tahu #ApaJenisKulitBayimu ? ­čśŐ share yuk di kolom komentar.
.
#Mustela #MustelaIndonesia #MustelaBabySkinType #MustelaFact #MustelaVideo #MustelaNormalSkin #MustelaDrySkin #MustelaAtopicSkin #MustelaKulitNormal #MustelaKulitKering #MustelaKulitAtopik

Posted by Mustela Indonesia on Tuesday, August 21, 2018

 

Nah sudah ketebak kan jenis kulit apa saja? Secara singkat, tiga jenis kulit yang diperkenalkan di kampanye ini adalah :

  1. Kulit Normal – tekstur kulit lembut, lembab dan bersih. Halus ketika disentuh.
  2. Kulit Kering – tekstur kulit cenderung kasar, bersisik dan kadang mengelupas. Dapat muncul karena faktor genetik, lingkungan yang tidak bersih atau penggunaan produk yang tidak cocok
  3. Kulit Dermatitis Atopi atau Eksim – tekstur kulit sangat kering, sering muncuk bercak merah yang gatal. Ada faktor genetik, sitem imun yang rendah, lebih sering terjadi di daerah perkotaan dengan kelembaban yang renah dan umumnya terjadi pertama kali saat bayi berusia 2 bulan hingga 1 tahun.

Apa Jenis Kulit Bayimu? Cari Tau Disini!

Dr. Reisa Broto Asmoro menjelaskan bahwa kedua anaknya memang memiliki jenis kulit yang berbeda. Anak pertamanya memiliki kulit normal, sehingga memakai Mustela Bebe untuk kulit normal. Sementara anak keduanya memiliki jenis kulit dermatitis atopik, sehingga memerlukan perawatan yang lebih spesifik. “Untuk itu saya pakai Mustela Stelatopia yang hipoalergenik dan teruji klinis dalam memperbaiki kerusakan kulit serta mengatasi gatal dan kemerahan,” tambah dr. Reisa. Satu bapak dan satu ibu pun kondisi kulitnya berbeda-beda yaaa.


Saya setuju dengan pernyataan dr. Reisa pada saat acara, yaitu dalam menentukan jenis perawatan kulit bayi, harus menggunakan produk yang telah teruji klinis. Kalau bisa ya disesuaikan dengan jenis kulit. Kita saja yang orang dewasa memiliki jenis kulit dan perawatan yang berbeda, masa bayi kita tidak dilakukan hal yang sama? Tidak bisa dipukul rata begitu saja sih menurut saya untuk masalah kulit bayi.

Apa Jenis Kulit Bayimu? Cari Tau Disini!

Beruntung Mustela menghadirkan produk mandi dan perawatan kulit yang spesifik untuk masing-masing jenis kulit. Produk yang tersedia memiliki kandungan yang sudah diformulasi khusus untuk masing-masing jenis kulit, yaitu kulit normal, kulit kering dan kulit dermatitis atopik.

Kulit Normal

Untuk semua jenis kulit termasuk kulit normal, Mustela menggunakan Avocado Perseose sebagai salah satu kandungannya. Avocado Perseose merupakan bahan aktif yang dipatenkan Mustela. Bahan ini merupakan bahan alami yang telah teruji klinis efektif melindungi kulit dari gangguan lingkungan, melembabkan dan mendukung pertumbuhan kulit, serta menjaga kekayaan sel unik pada kulit bayi.

Mustela Bebe Kulit Normal Apa Jenis Kulit Bayimu? Cari Tau Disini!

Varian Mustela untuk kulit normal berguna untuk menjaga kelemababan dan kelembutan kulit. Produknya terdiri dari perlengkapan mandi :

  • 2 in 1 Cleansing Gel
  • Foam Shampoo for Newborns
  • Gentle Cleansing Gel
  • Gentle Shampoo
  • Multi-sensory Bubble Bath

Mustela Bebe Kulit Normal Apa Jenis Kulit Bayimu? Cari Tau Disini!

dan juga perawatan kulit bayi berupa :

  • Hydra Bebe Body Lotion
  • Hydra Bebe Facial Cream
  • Massage Oil – MY FAV! namun tidak mengandung Avocado Perseose
  • Soothing Chest Rub

Rio sendiri mempunyai kulit normal, sehingga saya menggunakan varian ini sebagai toiletriesnya sehari-hari. Hasilnya kulit Rio tetap terjaga kelembabannya dan halusss sekali. Jadi pengen ndusel-ndusel terus hihihi. Selain rangkaian ini, Rio juga memakai 1 2 3 Vitamin Barrier Cream yang merupakan diaper cream dari Mustela yang berfungsi untuk mencegah iritasi pada setiap pergantian diapers.

Baca Kulit Bayi yang Istimewa Dijaga Oleh Mustella

Apa Jenis Kulit Bayimu? Cari Tau Disini!

Meskipun Rio tidak mengalami ruam popok, namun mencegah lebih baik daripada mengobati kan ya? Malah kalau sudah muncul kemerahan, jika langsung dipakaikan popok ini, akan langsung membaik.  Produk ini aman digunakan sejak lahir karena 98% bahan berasal dari bahan alami, tidak mengandung fragrance yang kerap membuat iritasi dan tidak mengandung pengawet.

Apa Jenis Kulit Bayimu? Cari Tau Disini!

Apa Jenis Kulit Bayimu? Cari Tau Disini!

Kulit Kering

Selain menggunakan Avocado Perseose, Mustela juga menambahkan Dermo-Nutrition Complex ke dalam varian untuk kulit kering. Fungsinya adalah untuk mengembalikan kelembaban dan kelembutan kulit bayi.

Mustela Bebe Kulit Kering Apa Jenis Kulit Bayimu? Cari Tau Disini!

Jenis-jenis produk yang ada untuk varian kulit kering antara lain adalah perlengkapan mandi yang terdiri dari :

  • Gentle Soap with Cold Cream ÔÇô Nutri-protective
  • Nourishing Cleansing Gel with Cold Cream

sementara lini skincarenya terdiri dari :

  • Nourishing Cream with Cold Cream – untuk bagian muka
  • Nourishing Lotion with Cold Cream

Kulit Dermatitis Atopik

Khusus untuk kulit ini, Mustela mengeluarkan lini Mustela Stelatopia yang selain menggunakan Avocade Perseose juga menggunakan Sunflower Oil Distilate yang teruji klinis aman dan efektif untuk merawat kulit atopik. Produk Mustela Stelaropia memperbaiki kerusakan kulit serta mengatasi gatal dan kemerahan. Lini ini juga tidak mengandung parabens, phtalates, phenoxyethanol, alcohol chlorphenesin, essential oils, fragrance, dan pewarna.

Mustela Stelatopia Apa Jenis Kulit Bayimu? Cari Tau Disini!

Jenis produk Mustela Stelatopia antara lain adalah perlengkapan mandi yang terdiri dari :

  • Stelatopia Cleansing Cream
  • Stelatopia Milky Bath Oil – ampuh dipakai saat dermatitis atopik atau eksim sedang menyerang

dan juga rangakaian skincare berupa :

  • Stelatopia Emollient Balm
  • Stelatopia Emollient Cream

Teman saya yang anaknya menderita eksim ringan juga menggunakan lini produk ini karena dapat meringankan dan memperbaiki kondisi kulitnya dengan segera. Hmm, patut dicoba dan jadi salah satu referensi perawatan kulit anak dengan dermatitis atopik nih.


Selain perawatan khusus spesifik tipe kulit, Mustela juga mempunyai produk lainnya yang dapat dinikmati oleh semua bayi (bahkan Ibunya juga). Produk lainnya adalah :

  • Mustela Nourish Cleansing Water – pembersih yang dapat diaplikasikan tanpa harus dibilas air setelahnya. WOW! Perlu beli ini sepertinya untuk traveling, cocok!
  • Musti Eau de Soin Spray – parfum dengan bau khas Mustela yang wangiii
  • Soothing Comfort Balm – Pelembab gosok untuk dada untuk meringankan ketidaknyamanan bernapas dan menenangkan serta membuat bayi tidur dengan rileks
  • Series Sun Care – yang berfungsi untuk melindungi bayi dan anak dari sinar UV dan serangan sinar matahari. Terdiri dari After Sun Spray, Very High Protection Sun Face Lotion dan Very High Protection Lotion.

Mustela Sun Care Apa Jenis Kulit Bayimu? Cari Tau Disini!


Buat anak sudah ada? Nah buat Ibu bagaimana? Mustela juga tidak melupakan untuk merawat para Ibu yang perannya juga tidak penting dalam merawat anak. Untuk itu, Mustela mengeluarkan rangkaian Mustela Maternity yang menjawab kebutuhan perawatan kulit di masa kehamilan dan pasca-kelahiran.

Mustela Maternity Apa Jenis Kulit Bayimu? Cari Tau Disini!

Dari pengalaman saya, perawatan untuk ibu yang sedang mengalami fase kehamilan adalah mengatasi strechmarks dan juga mengatasi pegal-pegal di kaki dan badan. Dr. Reisa juga menyampaikan bahwa 8 dari 10 wanita beresiko mengalami stretch mark selama masa kehamilan. Selain mencegah, Mustela juga mengeluarkan produk untuk menyamarkan stretch mark dan juga untuk mengencangkan kulit paska kehamilan.

Mustela Maternity Apa Jenis Kulit Bayimu? Cari Tau Disini!

Berikut produk-produk Mustela Maternity yang tersedia :

  • Stretch Marks Serum – dulu dinamakan Mustela Stretch Marks Intensive Action. Digunakan untuk memudarkan stretch mark yang sudah ada.
  • Strech Marks Cream – dulu dinamakan Mustela Strecth Mark Double Action. Digunakan untuk mencegah stretch mark.
  • Body Firming Gel
  • Bust Firming Gel
  • Light Legs Gel

Semua produk Mustela Maternity sudah teruji secara klinis pada ibu hamil dan terjamin keamanannya untuk ibu dan janin. Selain itu, ada kadungan Avocado Peptides sebagai bahan aktif yang berfungsi memberikan sensasi kencang, menambah elastisitas kulit, mengenyalkan kulit dan memberikan kenyamanan yang dibutuhkan seorang Ibu.

Baca Throwback of My Pregnancy Story; Satrio Razendria Pradana

Mustela Maternity Apa Jenis Kulit Bayimu? Cari Tau Disini!
Kiri : Tampilan Baru, Kanan : Tampilan Lama

Pengalaman saya memakai Mustela SANGAT MEMUASKAN ­čśÇ Saya memakai┬áMustela Stretch Marks Intensive Action (sekarang┬áStretch Marks Serum) karena ternyata stretch mark terbentuk sangat cepat dan tiba-tiba di bulan terakhir kehamilan. Nah saya baru rutin pakai beberapa bulan terakhir. Nah ternyata memang benar stretch mark saya memudar semua!!! Nanti dibahas di blogpost lain yaa.

Cara pemakaiannya adalah :

  1. Saya pakai langsung setelah mandi, jadi kulit masih lembab dan mampu menerima perawatan dengan baik.
  2. Tuangkan serum dan oleskan dalam gerakan memutar searah jarum jam.
  3. Lakukan secara RUTIN dua kali sehari (ini yang susah hahaha- makanya saya simpan di kamar mandi disebelah sabun :D). Dalam sebulan hasilnya sudah terlihat.


Bagi yang ingin mencoba juga, silahkan┬ádapatkan produk Mustela di berbagai marketplace online maupun toko offline. Produk Mustela sudah dapat ditemukan di Mothercare, Guardian, Viva Generic, Century, Watsons, Baby Shop terdekat, orami.com dan juga JDID. Di pameran Ibu & Bayi juga sering ada, dan harganya juga miring karena banyak diskon ­čśÇ

Untuk info lebih lanjut, silahkan kunjungi sosial media Mustela di :

Website : www.mustela.co.id
Instagram : @mustelaindonesia
Facebook : Mustela Indonesia

Jadi, #ApaJenisKulitBayimu? Kalau sudah tau, yuk silahkan share di komen ­čÖé

Mustela Apa Jenis Kulit Bayimu? Cari Tau Disini!

 

 

Mom Blogger - Apa Jenis Kulit Bayimu? Cari Tau Disini!
Kami sudah tau jenis kulit bayi kami, kalau kamu?

Apa Jenis Kulit Bayimu? Cari Tau Disini!

You may also like...

2 Comments

  1. terimakasih telah membagikan page ini

  2. Terima kasih infonya sangat membantu.
    Btw,, ada gak cara menjaga kesehatan kulit bayi aecara alami ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.