Family, Products, Review

Mencari Sabun untuk Kulit Bayi Sensitif & Bayi Baru Lahir

Last Updated on April 26, 2021

Ahh, tinggal menghitung hari saja nih menunggu anak kedua lahir. Yap, yang tadi niatnya VBAC tapi ternyata karena agak riskan, akhirnya dokter memutuskan untuk SC kedua. Mohon doanya yaa. Nah, sambil menunggu lahiran anak, saya mulai mencari perlengkapan bayi termasuk mencari sabun untuk kulit bayi sensitif dan bayi baru lahir.

Kenapa memilih untuk mencari sabun untuk kulit bayi sensitif bagi bayi yang baru lahir? Ternyata, kulit bayi baru lahir itu masih delicate dan rentan terhadap gangguan eksternal. Jelas beda banget dengan kulit orang dewasa.

Mencari Sabun untuk Kulit Bayi Sensitif & Bayi Baru Lahir
Coutesy of Pixabay

Nah bagaimana mencari peralatan bayi maupun toiletries bayi yang cocok? Bisa disimak di blog post di bawah ini yaa.

Mencari Peralatan Bayi yang Cocok

Memang mencari peralatan bayi yang cocok sebelum lahiran adalah sebuah perjuangan hahaha. Waktu anak pertama, I am so type A that I wrote down lists on what to buy for the baby and bring to the hospital. Ga percaya? Monggo baca dua blog post di bawah ini.

Baca   List Perlengkapan Bayi ala Faradila Danasworo Putri
Baca   List Perlengkapan Persiapan Melahirkan ala Faradila

Kadang hit or miss juga sih, karena bayi juga berbeda-beda. Ada yang cocok dengan produk A, ada yang malah lebih cocok dengan produk B. Ada yang cocok dengan semuanya, malah ada yang super sensitif hingga kita, sebagai orang tua, harus cermat memilih produk yang akan digunakan.

Hal ini juga berlaku untuk toiletries atau perlengkapan mandi bayi. Setelah beberapa kali menghadiri seminar dan webinar tentang kulit bayi, oh ternyata memang lebih rentan daripada kulit orang dewasa. Kita juga harus lebih memerhatikan komposisi dan reaksi kulit bayi jika diberikan suatu produk.

Kulit Bayi Berbeda Dengan Orang Dewasa

Kenapa kulit bayi berbeda dengan orang dewasa? Menurut hellosehat.com, selama kurang lebih9 bulan di kandungan, kulit bayi dilindungi oleh lapisan zat lemak yang berfungsi untuk melindungi dan menjaga kelembapan kulit. Pas bayi lahir, perubahan suhu lingkungan jelas memengaruhi kulitnya yang masih tipis.

Mencari Sabun untuk Kulit Bayi Sensitif & Bayi Baru Lahir
Coutesy of Pixabay

Bahkan, struktur jaringan kulit bayi yang baru lahir ternyata masih longgar sehingga partikel asing apa pun yang ada di udara sekitar bisa masuk dengan mudah dan mengiritasi kulit. Ditambah sistem perlindungan kulit bayi juga belum terbentuk sempurna untuk melawan zat-zat asing yang masuk tersebut.

Baca   Kondisi Kulit Bayi yang Istimewa Dijaga Oleh Mustella

Makanya penting banget memilih sabun, shampoo, lotion dan peralatan kulit lainnya yang sesuai dengan kondisi kulit bayi. Terutama pada bayi baru lahir.

Memilih Sabun untuk Kulit Bayi Sensitif & Bayi Baru Lahir

Ada beberapa kiat memilih sabun menurut hellosehat.com. Dalam hal memilih sabun untuk kulit bayi sensitif maupun bayi baru lahir, tentu kita harus memerhatikan komposisi yang terkandung di dalamnya. Pilih produk perawatan kulit bayi baru lahir yang mengandung bahan-bahan yang tidak menyebabkan alergi ataupun iritasi pada kulit bayi. Untuk hal ini, pilihlah produk yang berlabel hypoallergenic dan memiliki pH netral dan dibawahnya.

noted

Hindari juga produk yang menggunakan wewangian atau fragrance. Menurut penelitian, banyak produk yang menggunakan wewangian menjadi penyebab teratas atas reaksi kulit yang alergi dan iritasi, terutama untuk kulit sensitif.

Hindari juga sabun yang mengandung bahan kimia berbahaya, termasuk hindari produk mandi yang berwarna, berpewangi, dan memproduksi banyak busa. Biasanya sabun seperti ini mengandung bahan kimia yang bisa mengiritasi kulit.

Oiya sabun yang membuat kulit menjadi kesat juga tidak direkomendasikan loh. Artinya kulit menjadi lebih kering setelah mandi. Justru kita harus memilih sabun yang membuat kulit terasa licin karena biasanya mengandung banyak pelembab.

Baca   Kebiasaan Sehat untuk Kulit Sehat Bersama Bio-Oil & C Channel

Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash

Mempertimbangkan penjelasan diatas, saya akhirnya memilih untuk mencoba Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash. Produk sabun dan shampoo 2in1 dari Mama’s Choice ini memang diformulasikan untuk kulit bayi yang sensitif maupun kulit bayi baru lahir.

Mencari Sabun untuk Kulit Bayi Sensitif & Bayi Baru Lahir

Kemasan

Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash dikemas dalam kemasan plastik berwarna putih dengan aksen berwarna kuning. Warna khasnya Mama’s Choice baby series hehehe. Terdapat nomor BPOM dan juga logo halal MUI di depan. Wah, karena sudah halal, jadi lebih tenang pakainya.

Mencari Sabun untuk Kulit Bayi Sensitif & Bayi Baru Lahir

Di bagian belakang kemasan, terdapat keterangan singkat, komposisi, cara pemakaian dan juga keterangan produksi. Terdapat tanggal kadaluarsa sekalius tanggal manufacturing dan juga batch number. PAO atau period after openingnya adalah 12 bulan, jadi pastikan sabun ini habis sebelum setahun ya.

Mama's Choice Baby Hair and Body Wash

Tutupnya seperti ini, dimana lebih mudah untuk mengeluarkan isi sabun. Kalau mau habis, tinggal dibalik aja hehehe. Produk ini juga dikemas dengan sangat baik oleh pihak Mama’s Choice, jadi tidak ada tumpahan waktu dikirim. Nice!

Mama's Choice Baby Hair and Body Wash

Komposisi & Tekstur

Adapun komposisinya adalah :

Aqua, Disodium Cocoyl Glutamate, Sodium Cocoyl Glutamate, Disodium Lauroyl Glutamate, Lauramidopropyl Hydroxysultaine, Sodium Chloride, Citric Acid, Simmondsia Chinensis Seed Oil, ,PEG-40 Hydrogenated Castor Oil (100% pure), Propanediol, Silicone Quaternium-18, 1,2-Hexanediol, Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Parfum, Butylene Glycol, Deceth-7, Trideceth-6, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Caprylhydroxamic Acid, Chamomilla Recutita (Chamomile) Flower Extract, Cocamidopropyl Betaine, Dipropylene Glycol, Acer Saccharum Extract, Portulaca Oleracea Extract

Ketika dilakukan running di skincarisma.com, produk ini sudah bebas paraben, sulfat, alkohol dan juga silicone. Karena bebas sulfate, jadi dipastikan tidak ada SLS/SLES yang terdapat pada sabun dan shampo bayi ini. Pada umumnya, kedua kandungan bisa menyebabkan alergi, iritasi, dan kemerahan pada kulit bayi yang sensitif.

komposisi Mama's Choice Baby Hair and Body Wash

Menurut claimya, produk ini juga tear free, pH balanced (pH di sekitar 5.5) , hypoallergenic, dermatologically Tested dan juga pediatrician approved. Terdapat beberapa bahan seperti :

  • Chamomile – menutrisi dan melindungi kulit si kecil dari iritasi dan sel-sel kulit mati
  • Lavender – merawat rambut agar tumbuh sehat serta memberikan sensasi relaks setelah mandi
  • Sugar Maple Extract – memberikan kelembaban dan menjaga elastisitas kulit

Tekstur sabun dan shampoo 2in1 Mama’s Choice ini cukup cair. Dia berwarna bening dan tidak memiliki wangi yang menyengat. Tentu karena tidak ada tambahan parfum. Oiya, busa yang dihasilkan juga cukup banyak. Hal ini disebabkan oleh formula Natural Bubble-Rich yang aman dan lembut di kulit bayi baru lahir.

 

Mama's Choice Baby Hair and Body Wash
Sabun berwarna bening dan bertekstur cair

Mencari Sabun untuk Kulit Bayi Sensitif & Bayi Baru Lahir

Cara Pemakaian

  1. Kocok sebelum digunakan
  2. Usapkan pada badan dan juga rambut yang basah hingga berbusa
  3. Bilas dengan bersih

Pengalaman Mencoba Mama’s Choice Baby Hair & Body Wash

Sebelum dicoba ke adiknya, saya coba dulu ke Rio hahaha. Ya namanya juga test drive kan ya. Sejauh ini, Rio suka sih teksturnya. Karena dia gampang berbusa, jadi Rio senang bermain-main dengan busa di badannya hehehe.

Baca   Cara Tepat Menjaga Hidrasi Pada Kulit

Memang harus hati-hati menuang karena teksturnya yang cair. Takutnya terlalu banyak yang keluar dan bisa tumpah juga. Karena teksturnya cair, jadi mudah untuk dibalurkan di seluruh tubuh dan dibilas dengan bersih.

Setelah dibilas dan dikeringkan, kulit tidak terasa kering dan ketarik. Hal ini umum terjadi pada sabun yang mengandung SLS/SLES. Tapi karena produk ini bebas sulfate, we don’t have to worry. Wanginya juga  cukup enak meskipun tidak terlalu menyengat. Agak kesat sedikit sih, jadi jangan lupa untuk memberikan lotion ke anak setelah mandi.

Mencari Sabun untuk Kulit Bayi Sensitif & Bayi Baru Lahir

Untuk harga, Mama’s Choice Baby Hair & Body Wash ini adalah Rp. 109.000,- untuk kemasan 200 ml. Tapi jangan khawatir, Mama’s Choice ini suka banyak diskon! Apalagi kalau pakai kode

MAMAFARA

tentu bisa dapat diskon tambahan lagi. Jadi super hemat! Barusan check juga di online marketplace Shopee dan juga di situs resmi (dimana Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash lebih hemat di sini!), harganya diskon loh..

Sekian sekilas curhat soal mencari sabun untuk kulit bayi sensitif & bayi baru lahir. Sekaligus sedikit review soal Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash. Semoga bisa membantu ibu dan bapak semua yang membaca ini ya 🙂 Thanks for reading!

RELATED POST

13 Comments

  1. tenang ya udah nemuin sabun untuk kulit bayi yang sensitif terutama bayi baru lahir

  2. Mbaak, dirimu baru banget melahirkan yaa sewaktu WA-WAan itu … di dalam tulisan ini masih nunggu lahiran. Masya Allah, sehat selalu ya dengan debay. Alhamdulillah tenang ya sekarang ada Mama’s Choice. In syaa Allah aman.

  3. Wiwin | pratiwanggini.net says:

    Benar sekali. Musti pilih produk yang tepat untuk kulit bayi. Bersyukur sih anak-anak saya sewaktu bayi kulitnya pada aman tanpa masalah, tetapi tidak demikian dengan anak-anak teman-teman saya. Sejauh ini saya juga merekomendasikan produk-produk dari Mama’s Choice.

  4. Recomended ya mom.. Pas juga nih kalau buat kado keluarga atau teman yang baru lahiran.. ^^

  5. Produk Mama’s Choice tak perlu diragukan lagi memang bagus untuk kulit sensitif anak mba.

  6. Congrats for your newborn, mom ^^ Duh jadi pengen nyusul nih Hahahaha udahlah pakai produk mama’s choice aja udah terjamin untuk baby ya kan 🙂

  7. wahh Selamat atas kelahiran bayinya ya mbak
    Setuju mbak, kulit bayi itu beda dgn kulit orang dewasa,makanya penting untuk memilih produk yang tepat, seperti produk dari Mama’s Choice ini

  8. Produk Mama’s choice memang terpercaya deh. Oya, selamat atas kelahiran baby-nya ya…:)

  9. Iya nih karena kulit anak msh sangat sensi sebaiknya sih jangan memakai sabun sembarangan. Kudu cek kandungannya dan pastikan pakai sabun yang diformulasikan khusus buat bayi terutama yang newborn ya mbak.

  10. Kalau ngomongin produknya mama choice emang selalu the best sih
    Semua rangkaian produknya tuh kaya mengerti banget kebutuhan ibu dam bayi. Lengkap lagi..

  11. Rani Provitasari says:

    terima kasih infonya mba, kebetulan saya lagi mencari sabun untuk anak saya yang eczema nya sedang muncul. ada diskonnya pula ya

  12. aku suka banget sama produk mama’s choice. soalnya kualitasnya bagus dan harga terjangkau, uda gitu cocok di kulit baby L. Memang ga bisa sembarang ya untuk memberikan produk pada bayi, apa lagi yang kulitnya sensitif kaya baby ku, huhuhu

  13. Kalau Mama’s Choice produknya udah ga diragukan lagi deh. Emang sesuai untuk bayi ya. Harus hati-hati pilih produk untuk bayi karena kulitnya masih sensitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.