Family, Health, Pregnancy

Tanda Tanda Kehamilan Awal – My Experience

Last Updated on March 2, 2021

Hello hello para bumil, pamil dan parents to be! Kali ini saya mau membahas beberapa tanda tanda kehamilan awal yang saya alami, baik di kehamilan pertama maupun kehamilan kedua. Kenapa PD nulis soal ini? Karena sudah mengalami dua kali kehamilan, jadi ya ternyata ga semuanya sama plek ya hihi.

Baca   My Pregnancy Diary II - Masuk Two Stripes Club Lagi!

Nah seperti apa tanda tanda kehamilan awal itu? Apa yang dirasakan oleh saya yang sudah dua kali hamil anak cowo? Apakah beda dengan anak cewe (yang pernah hamil anak cewe, please comment too hihi)? Silakan baca tulisan saya di bawah ini ya.

Mencoba untuk Hamil

Cerita dikit soal kegiatan mencoba untuk hamil. Jadi memang beda sih anak pertama dan anak kedua, dimana untuk anak pertama, saya lebih ke serahkan saja kepada Allah kapan waktu yang tepat. Waktu itu udah berdua sama suami dan ditempatkan di Lombok. Jadi kita legowo banget kapan dikasih anak. Langsung ya tidak apa-apa, kalau masih nanti-nanti ya kita jalan-jalan dulu *tetep.

Sementara untuk anak kedua, memang ada rencana penjarakan usia di family planning saya dan Arga. Pertama agar anak pertama udah cukup mandiri (jadi ga repot banget saya-nya wkwk) dan juga memikirkan faktor biaya pendidikan hahaha. Jadi lebih matang lah persiapannya.

Tanda Tanda Kehamilan Awal - My Experience
Courtesy of Pixabay

Nah sebelum mencoba untuk hamil, ada beberapa hal penting yang saya lakukan, yaitu :

  • Mengetahui siklus haid beberapa bulan terakhir – akhirnya saya tau kenapa ibu saya suruh saya catat semua tanggal mulai dan berakhirnya haid dari awal pertama haid dulu. Ya biar kita bisa melihat dan menilai siklus hamil kita itu normal atau tidak. Ternyata ngaruh juga ke masa subur, mengenal hari pertama haid terakhir, dsb.
  • Jika ingin mengatur jenis kelamin, bisa lakukan beberapa tips yang beredar. Bisa dari mengatur hari berhubungan, jenis makanan yang dikonsumsi, pakai kalender cina, dll. Saya sih coba tapi ga terlalu serius hahaha jadinya mungkin dapat jenis kelamin yang sama lagi wkwk.
  • Pastikan siap lahir batin. Pregnancy is a big change and so does having kids! Yuk didiskusikan lagi dengan pasangan. Apakah sekarang waktu yang tepat? Soalnya kalau sudah ada isinya, pertumbuhan dan perkembangan janin tidak bisa di pause~

Tanda Tanda Kehamilan Awal

Berdasarkan dari beberapa sumber, ada beberapa tanda tanda kehamilan awal yang kerap terjadi di ibu hamil. Nah realitanya bagaimana? Nanti dibahas satu satu yaa.

1. Kram dan timbul bercak

Mulai usia kehamilan 1 sampai 4 minggu, perut suka kram dan timbul bercak darah. Saya akui sih memang perut jadi kram dan tidak nyaman. Semacam kembung. Tapi untuk bercak darah, adanya pas di kehamilan pertama. Awalnya dikira karena mens lebih cepat (maklum awal-awal nikah hihi).

2. Payudara bengkak

Payudara jadi lebih sensitif. Ini pas kehamilan pertama tidak terlalu berasa, tapi pas kehamilan kedua sangat berasa! Duh kalau disenggol jadi ngilu huhuhu. Mungkin otw terisi lagi yaa kelenjar susunya. Mungkin loh.

3. Sering buang air kecil dan konstipasi

Kalau buang air sih berasa banget di trimester kedua. Tapi di awal memang jadi agak susah BAB. Ya mungkin karena perut kembung dan ga nyaman kali yaa.

4. Kelelahan

THIS IS VALID! Kerasa banget lebih cepat lelah dan pengennya rebahan aja. Pas hamil pertama sih enak karena kalau mau tidur, ya tidur aja. Kalau di kehamilan kedua, ya harus nemenin anak balita main. Kalau nggak dia protes hehehe. Pokoknya pengen rebahan aja deh di awal-awal.

Tanda Tanda Kehamilan Awal - My Experience
Courtesy of Pixabay

5. Mual

Mual ini bisa disebabkan meningkatnya hormon kehamilan atau Human chorionic gonadotropin (hCG). Sekitar 80 persen wanita merasakan morning sickness di awal kehamilan. Termasuk saya. Di kedua kehamilan, ada rasa mual yang terjadi di awal kehamilan. Apalagi pas nyium bau nasi huhuhu sebel.

Namun pas hamil pertama, karena barengan sama puasa, saya jadi ikutan puasa karena tidak merasa mual kalau tidak makan. Pas kehamilan kedua sama sih, mualnya kalau makan aja. Jadi makannya jadi sangaaat sedikit. Hampir kaya puasa huhu. Untung ada buah yang bisa dicemil~

Baca   Cara Mudah Untuk Makan Buah Bersama Milna

6. Indera penciuman sensitif

Hanya kepada bau nasi hahaha. Langsung hoek hoek mual deh kalau bau-in nasi. Jadi di rumah cuman masak aja. Ngambil nasi minta tolong yang lain hahaha. Ini terjadi di trimester awal kehamilan pertama dan kedua. Setelah itu aman.

7. Perubahan mood

Hmm, ga terlalu sih tapi inget pas kehamilan kedua ini awalnya lebih sering emosian sama Rio huhu. Maafkaaaan. Tapi pas tau hamil, jadi lebih chill sih. Karena ga mau anak di perut juga ikut-ikutan jadi pemarah hihi.

8. Pusing & Sakit Kepala 

Pusing dan sakit kepala ini bisa disebabkan oleh perubahan hormon dan juga akibat detak jantung meningkat. Saya ingat sih lebih pusing di kehamilan pertama. Mungkin karena faktor ga enak badan juga. Jadi pengennya tiduuur melulu.

9. Cepat Lapar

Nggak juga saat awal kehamilan. Karena sering mual, jadi saya sebenarnya tidak ingin makan hahaha. Tapi pas trimester 2 menuju trimester 3, wah kudu ada cemilan. Apalagi kalau lagi nulis dikejar deadline wakakak.

10. Jerawatan

IYA BANGET. Karena hormonal kali ya. Kulitku kalau sudah hormonal, ya tiarap deh. Pasti jerawatan huhu. Pas kehamilan pertama itu saya kira ga cocok sama makeup pas nikahan. Karena jadi bruntusan di bagian pipi dan jidat. Tapi abis hamil menjelang trimester 2 jadi hilang sih.

Tanda Tanda Kehamilan Awal - My Experience
Courtesy of Pixabay

Nah pas kehamilan kedua ini parah banget huhuhu. Ada dimana-mana, sampai Arga concern dan suruh ke dokter kulit! Awalnya bruntusan, terus jadi jerawat gede di bagian jidat, pipi, dagu, omg banyak banget! PR banget sih karena nanti bekasnya jadi lamaa hilang. Untung sekarang ada skincare yang ramah bumil, jadi bisa dirawat.

Tapi tenang, di trimester kedua ini jadi shining shimmering splendid kok hahaha, jadi ga ada jerawat dan bekasnya lumayan cepat hilang. Semoga konsisten begini yaaa aamiin!

Baca   My Pregnancy Diary II - Perjalanan Trimester Pertama

11. Tidak Enak Badan

Ini sih sebenarnya kombinasi dari semua gejala hehehe. Ini juga disebabkan oleh diturunkannya imunitas tubuh karena ada benda asing di dalam tubuh yang harus tumbuh kembang dengan baik, yaitu si janin.

Di kehamilan pertama, saya mengalami batuk parah. Dikira gara-gara pindah ke Lombok yang lebih kering dan berdebu daripada di Bogor. Eh tapi ternyata hamil hehe. Di kehamilan kedua ini, bawaannya lemes dan seperti masuk angin. Teman juga mengalami beberapa gejala yang serupa pas awal kehamilan, tapi secara umum, tubuh rasanya ga karuan huhu.

12. Terlambat Haid

Nah ini pentingnya mencatat kapan haid terakhir kali dan haid-haid sebelumya. Jadi kita tau berapa lama siklus kita dan berapa lama bisa maju atau mundur. Ketika haid tidak kunjung datang, saya sih beranggapan antara stress atau hamil hahaha. Tapi hamil ini bisa langsung dideteksi dengan testpack. Klo hasilnya negatif, ya berarti waktunya rileks karena terlalu stress~

Langkah Berikutnya Setelah Tau Hamil…

Tanda Tanda Kehamilan Awal - My Experience
Courtesy of Pixabay

Setelah testpack dan positif hamil, maka lebih baik langsung periksakan kehamilan ke dokter maupun ke bidan. Kenapa? Biar kita segera bisa diatur nutrisinya, pola hidupnya dan juga diberikan multivitamin yang bisa mendukung tumbuh kembang janin. Apalagi masa diawal kehamilan itu paling berpengaruh yaa.

Baca   Check Kandungan di Apotik Yasa Bogor

Di kala pandemi ini, memang agak was-was kalau harus menunggu lama di rumah sakit dan klinik. Tapi untung di jaman serba digital ini, kita bisa konsultasi dengan ahlinya langsung dari rumah, seperti yang bisa kita lakukan di aplikasi Halodoc.

Banyak sekali dokter kandungan yang bisa kita ajak konsultasi online via app. Harga konsultasinya juga sangat terjangkau. Sebelumnya sih pernah pakai saat anak demam, dan memuaskan! Psst, bisa pilih dokter untuk konsultasi berdasarkan rating juga loh. Tapi jangan lupa untuk lakukan konsultasi langsung ya (bisa booking juga di Halodoc, nice!) setidaknya satu kali di trimester awal.

Halodoc Dokter Kandungan Bogor dan Online

Kalendar Kehamilan di Halodoc

Selain konsultasi dengan dokter, ternyata ada fitur kalendar kehamilan dan juga kalendar menstruasi yang bisa membantu kita yang promil maupun yang sedang hamil. Plus, beli multivitamin juga bisa langsung disini. Makin lengkap aja deh fiturnya, jadi nyaman meskipun di rumah aja.

Sekian tanda tanda kehamilan awal yang saya alami di kedua kehamilan ini. Memang serupa tapi tak sama. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat ya 🙂 Thanks for reading!

RELATED POST

1 Comment

  1. Alhamdulillah sekarang semakin mempermudah banget ya. Buat konsultasi kehamilan tinggal chat di halodoc aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.