Family, Health, Pregnancy, Review

Pengalaman Senam Hamil di RSIA Nuraida Bogor

Last Updated on March 9, 2021

Jangan lupa olahraga ya bumil! Ini selalu terngiang-ngiang di kepala wkwkwk. Karena sekarang sedang pandemi, jadi ga bisa bohong kalau gerak jadi semakin minim. Yaa soalnya di rumah saja sih huhuhu. Tapi untung ada beberapa RSIA di Bogor yang memfasilitasi para ibu hamil untuk olahraga. Salah satunya saya ceritakan di blog post pengalaman senam hamil di RSIA Nuraida Bogor ini ya.

Pengalaman Senam Hamil di RSIA Nuraida Bogor

Oiya, bagi ibu hamil yang ingin senam hamil atau prenatal yoga, pastikan kondisi kalian fit ya dan kehamilan tidak ada komplikasi. Bisa dikonsultasikan juga ke dokter kandungan atau bidan yang menangani. Pengennya abis senam hamil atau yoga kan kita semakin sehat, bukan malah tambah sakit.  And remember to always listen to your body and your baby.

Apa Itu Senam Hamil?

Senam hamil adalah salah satu olahraga yang dianjurkan dilakukan oleh ibu hamil. Biasanya olahraga ini diperbolehkan di akhir trimester kedua sekitar 24-26 minggu kehamilan. Pada senam hamil ini, biasanya kita diajarkan gerakan yang dapat mendukung proses persalinan.

Tidak hanya belajar soal gerakan, tapi para ibu hamil juga dibekali edukasi soal masa kehamilan, tahap persalinan hingga masa menyusui. Selama hamil Rio pun, saya juga beberapa kali ikut senam hamil dan memang materinya cukup bermanfaat. Intinya, senam hamil lebih ditujukan sebagai persiapan mental dan fisik seorang ibu untuk menghadapi persalinan.

Baca   Persiapan Penting Saat Menjalani Kehamilan

Senam Hamil di RSIA Nuraida Bogor

Salah satu lokasi yang menyediakan kelas senam hamil secara offline pada masa pandemi ini adalah RSIA Nuraida Bogor. Bagi yang penasaran dengan RSIA baru ini (iya gedungnya baru, nyaman dan super bersih!), lokasinya ada di Jl. Bangbarung Bogor, skitar 150 meter dari gedung Klinik Nuraida yang lama.

Dapat info soal senam hamil ini juga dari Instagramnya RSIA Nuraida @rsianuraida yang cukup aktif. Tiap hari ada info soal jadwal dokter dan suka ada IG Live yang berbobot isinya. Jadi waktu itu saya DM admin soal kelas senam hamil dan ternyata cukup responsif.

Senam hamil di Bogor

Saya kemudian dimasukkan ke grup WA yang nanti digunakan sebagai media untuk booking tempat di kelas senam hamil. Kelasnya berlangsung setiap hari Sabtu pukul 09.00 hingga selesai Oiya, peserta senam hamilnya dibuat terbatas ya, maksimal 15 orang untuk 1 kelas. Selebihnya waiting list. List dibuka hari Senin, jadi jangan sampai terlewat.

Akhirnya Mendapatkan Slot untuk Senam Hamil!

Setelah booking tempat, saya datang ke lokasi sekitar 10 menit sebelum jam 9 pagi. Ada screening kesehatan juga di lobby, jadi sebelum masuk kita di check suhu dan juga ditanyakan tujuan ke RS. Jadi pastikan alokasikan waktu lebih ya, takutnya ada antrian.

Lokasi tempat dilakukannya senam hamil ada di aula lantai 3. Ternyata aulanya cukup luas dan bersih! Alas olahraga dengan bantal juga sudah disediakan. Saya lihat ada pojok untuk mengecheck kesehatan ibu dan janin, sekaligus ada tempat menyimpan peralatan untuk olahraga seperti gym ball. Di bagian depan ada proyektor dan screen. Lalu tentu ACnya adem dan ada lagu instrumental yang menenangkan.

Pengalaman Senam Hamil di RSIA Nuraida Bogor

Kita kemudian diabsen dan dipersilakan untuk menunggu giliran mengukur tekanan darah dan detak jantung janin dengan doppler oleh bidan. Alhamdulillah tekanan darah normal dan detak jantung bayi juga normal. Kemarin check kondisi ibu bayi serta senam hamil dilakukan oleh Bidan Dika yang super duper baik! Seneng deh dibilang jahitan SC rapih hihi~

Baca   My Pregnancy Story – I’m Giving Birth!!

Setelah semuanya selesai ditensi dan dicheck, mulainya senam hamilnya. Ada beberapa gerakan yang saya cukup familiar, karena telah melakukan itu 4 tahun sebelumnya. Ada juga gerakan yang menyerupai yoga prenatal, dimana tujuannya adalah untuk memperbaiki letak janin dan juga memastikan janin masuk panggul.

Pengalaman Senam Hamil di RSIA Nuraida Bogor
Tempat mengecheck tensi dan detak jantung bayi

Pengalaman Senam Hamil di RSIA Nuraida Bogor

Saya senam hamil di minggu ke 29 dan ternyata banyak juga yang sudah minggu 32 plus plus. Jadi kami juga diajarkan posisi untuk melahirkan. Intinya sih untuk memperkuat otot lengan, otot kaki, serta memperbaiki pernafasan juga. Meskipun soal pernafasan tidak seintens yoga prenatal.

Kita juga sempat berolahraga dengan gym ball hihi that is my favorite part! Seru juga punya gym ball di rumah, jadi abis itu langsung cuss checkout di Shopee hahaha. Untuk link peralatan senam hamil/yoga prenatal ada di link ini ya :

Baca   RACUN SHOPEE ALA @FARADILADPUTRI

Pengalaman Senam Hamil di RSIA Nuraida Bogor

Setelah selesai, selama kurang lebih 1 jam, kami dipersilakan untuk duduk, mengambil minum dan menikmati snack yang ada. Yeay, dapat snack juga berupa chocolate pastry yang enak. Sembari istirahat dan makan, kami juga mendengarkan penjelasan tentang tanda-tanda persalinan dan beberapa materi promosi dari RSIA Nuraida. Ada quiz juga plus semuanya dibagikan voucher Cetaphil, hore!

Pengalaman Senam Hamil di RSIA Nuraida Bogor

Pengalaman Senam Hamil di RSIA Nuraida Bogor

Doorprize senam hamil

Harga untuk satu kali senam hamil adalah sebesar Rp. 50.000,- jika transfer sebelumnya atau Rp. 60.000,- jika dibayarkan langsung on the spot hari H. Ada beberapa paket juga seperti untuk 4x pertemuan dan 8x pertemuan. Emang harus rajin olahraga ya para bumil ini pas pandemi.

Biaya senam hamil di Bogor

Promo Senam hamil di Bogor

Secara umum, saya cukup puas dengan fasilitas dan layanan senam hamil di RSIA Nuraida. Dengan harga yang ditawarkan, cukup worth it dan saya juga mendapatkan insight langsung soal persalinan. Ya secara langsung ketemu bidan, jadi bisa langsung tanya-tanya hehehe.

Apa yang Dibawa Saat Senam Hamil?

Oiya beberapa hal yang saya pakai dan bawa untuk senam hamil kemarin adalah :

  • Kaos kaki + sneakers – meskipun nanti juga dilepas wkwk
  • Handuk kecil
  • Air minum
  • Alas sendiri – optional sih, kalau saya di rumah sih langsung ganti baju dan mandi, protokol kesehatannya begitu wkwk
  • Uang cash – jaga-jaga
  • List pertanyaan untuk bidan dan marketing RS

Kemungkinan saya akan senam lagi disana kalau memungkinkan. Karena memang enak dan menyenangkan hehehe. Tapi sejauh ini, cukup aman dan nyaman tempatnya dan fasilitasnya untuk melakukan senam hamil offline.

@faradiladputri

Pertama kali #senamhamil di tahun 2021 #hamil #pregnancy #senamhamilbogor #bogor #rsia #fyp #fypシ #foryoupage

♬ Baby – Sfera Ebbasta & J. Balvin

 

Sekian pengalaman saya senam hamil di RSIA Nuraida Bogor. Semoga bisa membantu para ibu hamil yang mencari tempat senam hamil offline ya. Thanks for reading!

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.