Family, Health, Tips

Sehat Tanpa Anyang-anyangan Bersama Prive Uri-cran

Hellooo
akhirnya ada waktu nulis lagi. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang
menjalankan yaa! Kali ini saya akan membahas salah satu masalah yang sering
banget menimpa wanita. Sedihnya lagi salah satu istri artis ternama di
Indonesia harus kehilangan calon buah hatinya karena penyakit ini. Apa sih
emang penyakitnya? Kok bahaya ya?

Penyakit
Infeksi Saluran Kemih (ISK) atau anyang-anyangan atau jeungjeriheun adalah
penyebabnya. Menurut alodokter.com ternyata risiko seorang wanita terkena anyang-anyangan sepanjang hidupnya
mencapai 50 persen! Kebanyakan perempuan juga berisiko mengidap kondisi ini
berulang kali bahkan hingga bertahun-tahun. Penyakit ini juga tidak selalu
menunjukkan gejala loh. Meskipun kadang gejalanya tidak keliatan, namun gelaja
ISK secara umum adalah :

  1. Hasrat
    berlebih untuk buang air kecil.
  2. Buang
    air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit.
  3. Nyeri
    pada panggul pada wanita dan nyeri pada anus pada pria..
  4. Sakit
    buang air kecil.
  5. Urine
    berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.
  6. Merasa
    lelah dan kurang sehat.
  7. Demam


Apa
sih penyebab anyang-anyangan atau penyebab sakit saat buang air kecil?
Salah
satu faktor penyebab penyakit ini adalah sering membilas kemaluan dari belakang
ke depan setelah buang air. Bakteri Escherichia coli atau E. coli yang hidup di
dalam saluran cerna jadi pindah deh ke saluran uretra. Ini bisa terjadi ketika
kita kurang baik dalam melakukan pembersihan setelah buang air besar maupun
kecil. Selain itu, iritasi setelah berhubungan seksual dan akibat terganggunya
kinerja pengosongan urin juga bisa menyebabkan ISK. Makanya kita sebagai wanita
harus hati-hati dalam merawat daerah kewanitaan yaa, noted!

Sehat Tanpa Anyang-anyangan Bersama Prive Uri-cran

Setelah
ditelusuri, ternyata ga hanya wanita loh yang bisa menderita penyakit ini.
Laki-laki bahkan bayi juga bisa menderita penyakit ini. Bayi?! Iya, bayi. Salah
satu ibu di group perkumpulan emak-emak menyusui di FB (yes, ini ada loh!
Hehehe) curhat kalau bayi laki-lakinya kena ISK. Duh kasian banget yaaa. Ga
kebayang deh gimana rasanya jadi bayi yang buang air kecilnya sakit dan bisa
protes hiks. Meskipun penyakit ini bisa diderita siapa saja, tapi ada kelompok
orang yang lebih berisiko menderita ISK yaitu:

  1. Wanita
    karena saluran kencingnya lebih pendek, sehingga bakteri lebih mudah mencapai
    kandung kemih.
  2. Wanita
    yang aktif secara seksual lebih berisiko mengidap anyang-anyangan.
  3. Wanita
    yang menggunakan alat kontrasepsi, terutama kontrasepsi diafragma dan spermisida.
  4. Memiliki
    kelainan saluran kemih bawaan sejak lahir yang menyebabkan urine tidak dapat
    keluar dari tubuh secara normal atau mengalir kembali ke kandung kencing
    sehingga meningkatkan risiko ISK.
  5. Wanita
    pada masa menopausekarena kurangnya kadar estrogen mengubah keadaan imun
    kandung kemih sehingga lebih rentan untuk terinfeksi.
  6. Orang
    yang menderita penyakit seperti diabetes, sehingga sistem kekebalan tubuh menurun.
  7. Orang
    yang mengalami penumpukan urine pada kandung kencing akibat sumbatan pada
    saluran kencing (akibat dari pembesaran prostat yang menekan saluran kencing
    atau batu ginjal).
  8. Orang
    yang menggunakan kateter untuk buang air kecil.

Saya
sendiri alhamdulillah tidak pernah mengalami anyang-anyangan serius. Tapi waktu
itu pernah sih sebentar karena sering menahan pipis hahahahaha. Duh sepele
banget sih ya karena alesannya geli pakai toilet umum. Selain itu dulu saya ga
terlalu suka minum air putih hm hm hmmm. Sekarang sih sudah agak toleran
terhadap toilet umum dan minumnya seperti onta hahahaha (maklum ibu menyusui).
Untung cepet sadar yaa karena ternyata kalau anyang-anyangan sudah serius bisa
membahayakan loh. Apalagi sekarang kan bulan puasa dan mau menjelang agenda
mudik tahunan. Harus ada perhatian ekstra untuk urusan buang air kecil ini.

Nah,
cara mengatasi anyang-anyangan atau mengatasi susah buang air kecil gimana sih?

  1. Jangan
    menahan pipis! Noted!
  2. Bersihkan
    organ intim dari depan ke belakang agar tidak terhindar dari perpindahan
    bakteri jahat.
  3. Hindari
    penggunaan produk pembersih organ intim yang mengandung wewangian.
  4. Biasakan
    BAK setelah melakukan hubungan seksual. Gunanya untuk membantu menghindari
    saluran kemih teriritasi oleh bakteri
  5. Minum
    air putih yang cukup. Banyak minum = banyak pipis dan bakteri jadi ikut keluar
    bersama pipis deh.
  6. Konsumsi
    buah cranberry yang secara alami terbukti memiliki antioksidan yang disebut proanthocyanidins.
    Antioksidan ini dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab ISK dan memiliki
    sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih,
    sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi.

Salah
satu produk andalan yang memiliki ekstrak buah cranberry adalah Prive Uri-cran.
Uri-cran ini merupakan ekstrak cranberry berbentuk kapsul. Jadi gampang banget
diminum hehehe ga perlu dilarutkan air, pokoknya tinggal hap telan. Nah
komposisinya adalah 250 mg ekstrak cranberry yang mengandung 18 mg PAC
(Proanthocyanidin). Kita cukup meminum 1-2 kapsul/hari guna mencegah terjadinya
ISK. Kan mencegah lebih baik daripada mengobati ya (kata-kata andalan tokoh
legendaris di IPB Dramaga hahaha). 

Sehat Tanpa Anyang-anyangan Bersama Prive Uri-cran

Bagi yang ga mau ribet-ribet minum kapsul, tesedia juga Prive Uri-Cran Plus. Bentuknya serbuk jadi tinggal dilarutin ke air dan langsung diminum. Satu box berisi 15 sachet  dengan dosis rekomendasi minum 1-2 sachet per hari. Ya lumayanlah ya bisa untuk setengah bulan hehehehe. Kenapa plus? Di dalamnya mengandung 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus achidopillus dan 0.1 mg Bifidobacterium bifidum. Nah, lebih banyak nih kandungan cranberrynya plus ditambah vitamin C dan bakteri baik lainnya. Super!

Sehat Tanpa Anyang-anyangan Bersama Prive Uri-cran

Photo courtesy of 

Kangagos – blogger

Harga satu dus berisi 30 kapsul berkisar
sekitar Rp. 141.000,-. Malah sering ada promo loh, kemarin liat di Guardian si
cantik Uri-Cran masuk ke promo nambah Rp. 1.000,- dari harga asli malah dapat 2
box. Love! Untuk Uri-cran Plus sendiri, saya belum melihatnya di toko (karena kurang teliti mungkin ya hahahaha). Nanti akan saya update lagi disini 🙂

Kok mahal? Yaaa relatif sih yaa. Tapi menurut saya untuk satu bulan
persediaan sih sudah cukup terjangkau. Apalagi klo dibandingin harga pengobatan
jika kita kena ISK. Kan jauuuh lebih murah mencegah yaa. Semoga kita semua
selalu sehat!

Sehat Tanpa Anyang-anyangan Bersama Prive Uri-cran

PS
: Uri-cran ternyata punya My Uri-cran Loyalty Gift loh! Bagi yang senang borong
Uri-cran bisa redeem hadiah berupa panci, pressure cooker dan bahkan microwave!
Emak-emak mulai tergoda nih hehehe.


UPDATE : REVIEW URICRAN PLUS!

Sehat Tanpa Anyang-anyangan Bersama Prive Uri-cran

Please excuse my shameless selfie hahahahahaha

Sehat Tanpa Anyang-anyangan Bersama Prive Uri-cran

Akhirnya bisa juga nyobain Uricran Plus hehehe. First impression with the packaging? Simple dan sleek. Clean cut. Saya suka banget design pouch kecilnya yang memudahkan kita untuk merobeknya di bagian pojok kanan atas. Setelah dibuka dan dicampur dengan air, ternyata warnanya berubah jadi pink lucu! Wanginya juga harum buah, jadi ga sabar kan nyicipin.

Sehat Tanpa Anyang-anyangan Bersama Prive Uri-cran

Foto before and after dicampur dengan air 

Terus gimana rasanya? ENAK. Sumpah enak. Nagih malah hahahahaha. Tapi inget dosis maksimal 2 sachet/hari, Faradila. Kalau ada yang pernah nyobain Cranberry Juice, kan rasanya sepet sepet gimana gitu ya. Nah, Uricran Plus ini rasanya jauuuuh dari kecut! Mungkin karena sudah ditambah vitamin C kali ya. Jadinya enak, manis dan seger kalau diminum dengan air dingin. Duh, jadi kepengen lagi! Bagi yang penasaran, yuk segera cobain Uricran. Saluran kemih sehat dan hati menjadi tenang!

Sehat Tanpa Anyang-anyangan Bersama Prive Uri-cran

RELATED POST

1 Comment

  1. Sehat tuh awalny dari niat kita mau atau tidak mau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.