Event, Home & Decor, Tips

Personalisasi Rumah dengan AvatarOn dari Schneider Electric

Semenjak mulai pandemi, kita semua lebih sering menghabiskan waktu di rumah. Lalu liat-liat sekeliling, eh kayanya oke deh kalau membeli dekorasi ini itu, sambil redecor rumah. Malah sempat liat cara personalisasi rumah dengan AvatarOn dari Schneider Electric yang ternyata lucu banget! Jadi pengen kan rombak semuanya hahaha.

Beruntung saya menjadi salah satu peserta acara launching kampanye #RumahAdalah oleh Schneider Electric beberapa minggu yang lalu. Di acara yang berjudul “Wujudkan Tiap Ide #RumahAdalah Bagi Anda dengan Personalisasi”, hadir pula beberapa narasumber seperti :

  • Rina Renville (Chairman Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta)
  • Nike Prima (Co-Founder & Creative Director Living Loving)
  • Niken Widyasti (Operational Offer Manager Schneider Electric Indonesia)

yang semuanya membahas tentang bagaimana kita bisa mendekor dan mempersonalisasi rumah. Wah menarik nih! Soalnya pengen deh punya rumah yang interiornya bagus dan ada Instagramable corner juga hihi. Walaupun sekarang masih didominasi mainan anak wkwk, tapi lumayan nih tips-tipsnya untuk nanti mulai decluttering dan redecor lagi.

Personalisasi Rumah dengan AvatarOn dari Schneider Electric

Personalisasi Rumah dengan AvatarOn dari Schneider Electric

Penasaran apa saja tips dan kiat untuk personalisasi rumah? Plus apa itu AvatarOn dan bagaimana bisa membuat rumah kita tambah homey? Silakan baca terus di bawah ini ya.

Tantangan Punya Rumah Sendiri

Alhamdulillah 1.5 tahun setelah nikah, rumah perdana saya dan Arga sudah bisa ditempati. Iya sebelum itu, kami pernah tinggal di Lombok dan tentu nebeng masa kehamilan dan awal kelahiran anak di rumah Mama yang sama-sama di Bogor. Selama masa hamil Rio, memang kita sudah mulai hunting perumahan dan alhamdulillah nemu yang cocok.

Personalisasi Rumah - rumah pertama
Our first house 🙂

Cuman karena Rio masih bayi saat kita pindah, maka semuanya dibuat baby friendly hehehe. Yang pengennya punya lemari buku gede, dipending dulu. Semua colokan listrik, ditutup oleh furniture. Pokoknya semuanya ramah bayi dan anak deh.

Baca   Ciri-ciri Rumah Idaman untuk Generasi Milenial

Lama-lama pas pengen mendekor rumah, lebih banyak mainan Rio ternyata hahaha. Berarti harus decluttering dulu. Oiya, belum soal budgeting yang pas diawal pindahan, semuanya hampir habis untuk membeli perabotan rumah. Plus, harus ada budgeting juga untuk biaya perawatan rutin dan juga asuransi.

Personalisasi Rumah - rumah pertama
Sebelum di dekor, bersiiih karena ga ada apa-apa HAHAHA

Hmm, memang harus pintar-pintar sih memiliki rumah sendiri. Meskipun bebas melakukan apa saja (alias mau jebol tembok sana, paku tembok sini, ganti jendela di sono), tapi tetap memerhatikan kebutuhan masing-masing anggota keluarga menurut Mbak Nike Prima, Co-Founder & Creative Director Living Loving.

#RumahAdalah…

Mbak Nike juga menambahkan bahwa rumah adalah tempat tumbuh dan tempat untuk menjadi diri sendiri. Kalau ga sesuai diri sendiri atau kepribadian kita, maka kita ga akan merasa nyaman untuk lama-lama berada di rumah.

Hal ini juga sejalan dengan campaign #RumahAdalah yang diinisiasi oleh Schneider Electric Indonesia. Menurut Ibu Niken Widyasti, Operational Offer Manager Schneider Electric Indonesia, kampanye ini adalah ajakan dari Schneider Electric untuk menjelaskan apa arti rumah buat kita. Schneider Electric Indonesia juga ingin menghidupkan kembali tempat-tempat di rumah yang menunjukkan jati diri kita.

Personalisasi Rumah dengan AvatarOn dari Schneider Electric

Beberapa influencer seperti Living Loving, Rumah Nano, Nana Mirdad, Dr. Agnes, Ellyse Sinsilia juga berbagi kisah tentang bagaimana mereka memaknai arti rumah bagi dirinya dan keluarganya. “Kami juga mengajak masyarakat untuk mengekspresikan dan mewujudkan ide-ide menghidupkan kembali rumah yang mungkin selama ini terkubur karena kesibukannya yang padat.”

Ibu Rina Renville, Chairman Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta, mengatakan bahwa semuanya balik lagi ke rumah di masa pandemi Covid-19 dan awal-awal WFH ini. Pokoknya dari pagi sampai sore di rumah. Oleh karena itu perlu untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman agar dapat membangun energi positif untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup.

Personalisasi Rumah dengan AvatarOn dari Schneider Electric

Begitupula dengan trend interior yang menekankan terhadap konsep home = personal experience. Caranya adalah dengan mendesain interior rumah yang lebih personal, unik dan dekat dengan alam. Selain itu bisa mencerminkan nilai-nilai hidup dan memiliki hal-hal yang dapat membuat kita merasa gembira dan terinspirasi.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Mbak Nike yang juga membagikan foto desain interior rumahnya. Super clean cut dan terasa hangat karena didominasi oleh warna putih dan elemen kayu. Pengen kan yaa punya rumah seperti ini juga 😍😍😍

Rumah Nike Prima Living Loving

Cara Dan Tips Personalisasi Rumah

Karena kita mupeng melihat rumah Mbak Nike, maka Mbak Nike juga mulai membagikan tips untuk kita agar bisa mempersonalisasi rumah sesuai dengan keinginan. Faktor pertimbangan dalam mengisi rumah menurutnya adalah di faktor kebutuhan dan kenyamanan.

Baca   Tips Agar Betah WFH di Rumah

Personalisasi Rumah dengan AvatarOn dari Schneider Electric

Kita perlu membuat kebutuhan masing-masing personel keluarga menjadi prioritas dalam memilih dekorasi rumah. Seperti kebutuhan orang tua baru dengan anak bayi, tentu beda dengan yang single dan tinggal sendiri, pasangan lansia atau orang tua dengan remaja.

Oleh karena itu, penting banget untuk tau kebutuhan dan selera masing-masing anggota keluarga yang tinggal di rumah tersebut. Konsepnya juga harus jelas yaa untuk masing-masing kamar. Hal ini akan berpengaruh juga di budgeting dan pemilihan komponen untuk mendukung desain.

Ibu Rina Renville - Personalisasi Rumah dengan AvatarOn dari Schneider Electric
Courtesy of Rina Renville

Sementara kenyamanan adalah gaya atau style yang sesuai sama karakter kita. Dengan adanya unsur nyaman, kita akan semakin betah di rumah dan merasa I belong to this place. Seperti suami saya yang suka barang-barang serba teratur dan rapih, jadi kita banyak memiliki lemari tertutup karena dia ga nyaman melihat tumpukan barang.

Kalau berbeda selera antar anggota keluarga, bagaimana?

Compromise alias berunding untuk menemukan jalan tengah. Seperti kata Ibu Rina yang mengatakan bahwa pengguna harus tau apa yang diabutuhkan dan yang sesuai dengan personalitynya. Tentukan tema dan susun-susun sesuai ruangan di rumah, apakah sesuai dengan seluruh konsep dan kebutuhan?

Bagaimana kalau budgetnya terbatas?

Nah inilah pentingnya mengetahui kebutuhan vs. keinginan. Apalagi soal barang printilan yang kecil-kecil hehehe. Apakah kita butuh atau apa kita hanya ingin? Ibu Rina juga menambahkan bahwa penting untuk mengatur budget.

Kita harus merencanakan dulu secara detail dan rinci apa saja yang diperlukan. Dengan pertimbangan  semua harus sesuai dengan fungsi yaa. Apalagi kalau budget kita terbatas. Jangan sampai overbudget dan malah membeli barang yang fungsi belum diperlukan sekarang. Be wise.

Baca   Tips Mengelola Keuangan Saat Pandemi Covid-19
Personalisasi Rumah dengan AvatarOn dari Schneider Electric
Mood board by Ibu Rina Renville

Saklar Membosankan? Ganti dengan AvatarOn!

Kadang salah satu hal kecil yang bisa agak menganggu adalah saklar lampu. Pilihan warnanya juga sangat terbatas jadi terkesan membosankan. Apalagi kalau ingin memiliki suasana ruangan dengan warna tertentu. Misalnya kamar tidur anak semuanya serasi dengan warna biru ala outer space, eh saklarnya hanya ada warna putih gading. Bingung deh jadinya hahahaha.

Schneider Electric memperkenalkan sebuah terobosan terbarunya yang dapat menjawab kebutuhan personalisasi desain interior, yaitu sakelar AvatarOn dari Schneider Electric. AvatarOn memungkinkan sakelar menjadi satu kesatuan konsep interior rumah yang semakin memperkuat kesan stylish, personal, dan multifungsi.

Personalisasi Rumah dengan AvatarOn dari Schneider Electric

Yes, AvatarOn adalah saklar yang memiliki pilihan warna dan desain yang beragam! Jadi cocok untuk dipakai mempercantik desain interior dan mood sebuah ruangan. Selain itu, saklar AvatarOn ini juga memiliki beberapa fitur lain seperti lampu LED, gantungan kunci hingga tempat HP! Not your normal light switch, eh?

Personalisasi Rumah dengan AvatarOn dari Schneider Electric
Courtesy of Schneider Electric
Personalisasi Rumah dengan AvatarOn dari Schneider Electric
Courtesy of Schneider Electric

AvatarOn juga pernah meraih penghargaan iF Design Award 2017 dan hadir dengan teknologi “Slim Rocker, Sure Click”. Desainnya berbentuk kotak yang tipis dan halus, dan juga dapat meminimalisir resiko percikan api untuk memastikan penggunaan yang aman dan andal. Cocok ya untuk kita yang memiliki anak yang suka cetak cetek saklar. Karena sudah melalui tes klak klik sebanyak 40000 kali (setara 5 tahun) dan lolos, maka saklar dari Schneider Electric cukup tahan lama.

Bisa dilihat di katalog ini bahwa desain AvatarOn hadir dalam beberapa pilihan warna yang menarik. Jadi bisa dipilih yang lebih sesuai dengan desain ruangan yang ada di rumah kita. Hmm, masih bingung dengan warna yang terbatas? Kita bisa mengganti covernya kok sesuai dengan keinginan.

Personalisasi Rumah dengan AvatarOn dari Schneider Electric
Courtesy of Schneider Electric

Cover AvatarOn dari Schneider Electric Bisa Diganti!

YES IT CAN! Bentuknya yang ramping dan tanpa bingkai menjadikan sakelar AvatarOn pas menempel di dinding, dan memungkinkan personalisasi tampilan perangkat dengan mudah.

Gemes banget kan kalau liat berbagai desain AvatarOn yang bisa kita buat. Bahkan bisa foto keluarga juga loh. Yakin ga ada saklar yang sama seperti ini di seluruh dunia, it’s very personalized to our taste.

Baca   Tips Memilih Cat untuk Kamar Anak

Cara Memesan AvatarOn Schneider Electric

Bagaimana cara memesan AvatarOn dari Schneider Electric ini? Ibu Niken menyampaikan, “Para pemilik rumah dapat membeli sakelar AvatarOn di pusat elektronik maupun marketplace seperti Tokopedia. Untuk personalisasi desain penutup sakelar AvatarOn, Anda dapat membeli dan mencetak penutup sakelar AvatarOn di Snappy terdekat sebagai vendor percetakan resmi kami.”

Untuk lebih jelasnya bisa menonton video di bawah ini ya.

Secara singkat, langkah-langkah yang dilakukan agar bisa mendapatkan AvatarOn adalah :

  1. Buka browser dan buka tokopedia.com/schneiderel atau buka aplikasi Tokopedia dan cari toko official Schneider Electric
  2. Klik AvatarOn di pilihan etalase toko
  3. Lanjut transaksi dan tunggu kehadiran saklar AvatarOn di rumah.

Jika ingin mempersonalisasi cover AvatarOn menjadi foto sendiri atau foto keluarga, bisa melakukan langkah ini :

  1. Buka browser dan masuk ke situs snapy.id/avataron
  2. Pililh tipe sakelar AvatarOn yang ada di rumah ” Switch Cover 1 Gang/2 Gang/3 Gang/4 Gang”
  3. Upload gambar yang diinginkan atau buat desain di software editor yang tersedia
  4. Klik Checkout
  5. Lanjutkan transaksi dan tunggu cover AvatarOn yang sudah dipersonalized sampai ke rumah

Cukup mudah kan? FYI selama masa kampanye #RumahAdalah, Schneider Electric bekerjasama dengan Tokopedia memberikan promo diskon 16% + cashback 5% untuk pembelian sakelar AvatarOn selama Bulan September loh!

Hmm jadi langsung memilah foto mana yang mau dipasang di AvatarOn nanti hihihi. Jika butuh informasi lebih lanjut, bisa langsung melihat social media Schneider Electric di

IG: @schneiderelectric_id
FB: @SchneiderElectricID


Sekian blog post soal cara personalisasi rumah dan juga bagaimana rumah bisa lebih personalized dengan kehadiran AvatarOn dari Schneider Electric. Semoga bermanfaat ya bagi yang lagi mencari inspirasi untuk mendekor rumah. Thanks for reading!

RELATED POST

2 Comments

  1. Hastira says:

    saklarnya keren2 ya, bikin rumah jadi cantik

  2. Ya ampuuuuuun lucu amaaaaat :D. Ini niiih yg bikin budget renov biasanya nambah, Krn tertarik Ama aksesoris yg kayak gini hahahaha. Aku EMG ada plan mau renov rumah mba. Udh kepikir tuh mau ganti suasana, dan perabot. Dan liat ini jd kepengen juga, untuk dikamar trutama :D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.