Event, Family, Health, How To, Products, Tips

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Respimer

Memasuki musim pancaroba berarti memasuki musim batuk-pilek-ingusan, betul betul? Salah satu hal yang penting adalah menemukan cara untuk mengatasi hidung tersumbat. Karena hidung tersumbat ini adalah salah satu hal yang paling ngeselin dalam hidup hahaha.

Kita sebagai orang dewasa aja kesel kan yaa kalau hidung tersumbat. Mau nafas ga maksimal, malah kadang ingusnya mengalir terus, yuck. Belum lagi kalau mau tidur. Haduuuh harus bolak balik badan biar dapat posisi yang nyaman dimana kita bisa bernafas dengan lega. Itu aja terjadi ke orang dewasa, gimana kalau anak-anak yang ngalamin yaa?

Pengalaman Anak Hidungnya Tersumbat

Rio tuh paling rewel dan berisik kalau hidungnya mampet. Jadi itu adalah salah satu motivasi saya dan Arga untuk senantiasa menjaga kesehatan Rio agar tidak sampai batuk-pilek-hidung mampet hahahaa. Soalnya yampun penuh perjuangan bangeeet untuk menenangkan anak yang hidungnya tersumbat.

Baca Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak di Musim Pancaroba

don't cry

Dulu waktu bayi sih masih nangis-nangis aja pas malam kalau tiba-tiba ga bisa nafas dan hidungnya tersumbah. Cara paling ampuh nenangn ya dengan cara digendong dan berakhir tidur di pelukan. Nah sekarang sudah balita, ngomongnya sudah banyak banget kan ya hahaha. Jadi minta ini itu deh, minta tissue, minta dibantu keluarin ingusnya, minta tidur di sofa, banyaaaak!

Jaga-jaga biar hal seperti ini tidak terulang, kebetulan saya ikut talkshow mengenai Tips Mengatasi Hidung Tersumbat pada Si Kecil saat IMBEX tanggal 1 Desember 2019 yang lalu. Menghadirkan dr. Intan Diana Sari sebagai narasumber, saya mendapatkan banyak tips dan cara untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak. Saya share di bawah ini ya 😀

dr. Intan di talkshow Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Respimer

Penyebab Hidung Tersumbat

Di talkshow tersebut, dibahas tentang beberapa penyebab hidung tersumbat. Dokter Intan menjelaskan bahwa hidung tersumbat adalah sebuah kondisi yang diawali dengan pilek dan biasanya berhubungan dengan batuk. Kondisi ini memang menyerang daerah telingga-hidung-tenggorokan atau THT.

Hidung tersumbat disebabkan oleh penumpukan cairan atau ingus pada hidung. Penumpukan ingus ini dapat terjadi karena pilek (infeksi virus atau bakteri) atau alergi terhadap hal tertentu. Penumpukan ini menyebabkan pembuluh darah dan sel-sel yang ada di permukaan dalam hidung bengkak.

Penumpukan ini menyebabkan hidung mengeluarkan cairan, dimana ini adalah mekanisme untuk mengeluarkan benda atau cairan kotor di hidung. Makanya biasanya hdung tersumbat diawali oleh bersin-bersin yang berlanjut ke pilek. Yang ditakutkan dari pilek ini adalah daya tahan tubuh menurun sehingga kita bisa sakit di kemudian hari.

Baca Waspada Flu Singapura, Begini Cara Pencegahannya!

Bitmoji Image

FYI kalau pilek baru berlangsung satu hari, kita tidak perlu panik yaa. Kalau sudah menginjak hari 5 dan juga disertai demam, baru perlu pertolongan karena pilek sudah masuk ke sesuatu rangkaian infeksi, menurut dr. Intan. Secara singkat, bayi atau anak perlu dibawa ke dokter kalau :

  • Pilek yang disertai demam lebih dar 39 derajat celcius.
  • Mata berair dan merah
  • Rewel berlebihan sehingga sulit tidur dan sulit menyusui/makan
  • Pilek yang tidak membaik lebih dari 5 hari.

Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat

Nah, apabila masih di tahap awal, dr. Intan menyarankan untuk dirawat sesuai dengan kebiasaan sehari-hari, tapi tentu dengan lebih perhatian + tender loving care. Beberapa tips yang saya dapat dari talkshow kemarin adalah :

  • Atur suhu ruangan di sekitar bayi dan anak agar tidak terlalu dingin.
  • Bersihkan cairan atau lendir pada hidung bagian luar dengan kapas yang dibasahkan dengan air hangat.
  • Hangatkan dada dan punggung anak dengan cream/minyak penghangat.
  • Jemur pada panas matahari sekitar pukul 07.30-08.30 dalam waktu singkat
  • Menggunakan nasal spray atau larutan cuci hidung.
  • Menggunakan alat penyedot ingus bayi.

Penggunaan Nasal Spray pada Bayi dan Anak

Nasal spray merupakan salah satu pertolongan pertama untuk hidung mampet atau tersumbat, baik pada bayi, anak-anak maupun dewasa. Nasal sprat atau larutan cuci hidung ini dapat membantu membershkan hidung dan membantu meredakan sumbatan lendir dan kotoran dari dalam hidung.

Sebaiknya memang diberikan nasal spray terlebih dahulu sebelum dilakukan sedot ingus atau cairan dalam hidung. Soalnya kalau mampet, apa yang bisa disedot? Hehehe. Oiya, diharapkan nasal spray juga aman dan tanpa efek samping yang berbayaha. Dan tentu mudah digunakan hehehe. Saya termasuk ibu yang anti ribet ribet 😀

Respimer – Nasal Spray untuk Bayi dan Anak

Logo RespimerCara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Respimer

Salah satu nasal spray yang ada di Indonesia adalah Respimer. Respimer sendiri adalah cairan cuci hidung atau nasal spray yang kandungan adalah air laut alami dalam konsentrasi tertentu, untuk membantu membersihkan hidung sehari-hari. Selain aman digunakan sehari-hari, Respimer juga dapat membantu melegakan hidung tersumbat dan membantu mengeluarkan ingus.

Air laut yang ada di dalam Respimer berasal dari St. Malo Bay, Perancis yang merupakan kawasan lindung UNESCO. Sehingga sudah dipastikan kebersihan dan juga kualitasnya. Selain air laut, terdapat juga 80 mineral yang menolong meremajakan bagian dalam hidung. Nilai pH Respimer juga berkisar di antara 7.6 hingga 8.4 dimana merupakan pH yang ideal untuk meningkatkan frekuensi gerakan silia.

dr. Intan di talkshow Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Respimer

Terdapat dua varian Respimer, yaitu :

  1. Respimer Baby Nasal Hygiene (warna pink) 115 ml- cairan isotonik untuk mencuci hidung sehari-hari karena mengandung air laut dengan konsentrasi 0.9% NaCl (cairan isotonik). Ideal untuk digunakan sehari-hari untuk membersihkan hidung baik dalam keadaan sehat maupun saat awal flu. Berguna untuk mencegah terjadinya infeksi.
  2. Respimer Babby Decongestant (warna oranye) 60 ml – cairan hipertonik yang mengandung air laut dengan konsentrasi 2.2% NaCl (cairan isotonik). Ideal untuk membersihkan dan melegakan hidung bayi yang tersumbat akibat alergi, flu atau infeksi. Cocok digunakan untuk mencairkan ingus saat flu berat.

Respimer Nasal Spray

Respimer Nasal HygieneRespimer Decongestant

Selain isinya yang berguna untuk melegakan hidung tersumbat, beberapa kelebihan Respimer antara lain adalah :

  • Tidak menggunakan gas propilen di dalam tabung/kemasannya
  • Daya semprot lebih lembut dan pas untuk bayi dan anak
  • Terdapat tip khusus pada nozzle untuk kenyamanan bayi dan anak – masuk ke hidung dengan lebih lembyt
  • Nozzle lebih higienis karena mudah dibersihkan
  • Isi tidak tumpah ketika tipnya dilepas
  • Tanpa pengawet dan tetap steril meskipun digunakan berulang-ulang
  • Kemasan botol plastik yang tidak percah dan aman untuk bayi dan anak-anak
  • Mudah digunakan

Cara Menggunakan Respimer

Cara menggunakan Respimer bisa dilihat di video di bawah ini yaa.

  1. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir
  2. Siapkan Respimer dan tisu
  3. Letakkann bayi dalam posisi tidur. Agar posisi bayi tidak berubah-ubah, letakkan selimut atau handuk di kaki bayi.
  4. Miringkan kepala bayi dan masukkan ujung tip Respier ke dalam lubang hidung dengan lembut.
  5. Semprotkan selama 2-3 detik
  6. Miringkan kepala bayi ke sisi sebaliknya dan masukkan ujung tip Respier ke dalam lubang hidung dengan lembut.
  7. Semprot selama 2-3 detik.
  8. Bersihkan hidung bayi dari ingus yang keluar dari hidung
  9. Bersihkan dan cuci tip Respimer dengan air (kalau bisa air hangat) agar kembali steril. Simpan kembali.

Nozzle Tip Respimer

Yang perlu diperhatikan adalah dosis pemberian nasal spray. Untuk varian Baby Nasal Hygiene, anjuran pakainya boleh maksimal 4 kali dalam 1 hari. Namun idealnya digunakan setelah mandi. Sementara untuk varian Baby Decongestan hanya digunakan maksimal 3 kali sehari.

Kedua varian bisa dicampur penggunaannya, tapi harus diperhatikan juga karena dosisi NaCl lebih tinggi pada varian decongestan. Kalau bingung, silakan konsultasi dengan dokter sebelumya yaa.

Bolehkah Digunakan Oleh Orang Dewasa?

Tentu boleeeh! Kalau aman digunakan untuk bayi dan anak, Respimer juga aman digunakan pada orang dewasa. Hanya jangan lupa untuk menggantikan tipnya dan juga lebih lama menahan semprotan selama 5 detik ketika berada di dalam hidung.

Baca 5 Kemudahan dari Aplikasi SehatQ untuk Orang Tua Millennial

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Respimer

Karena boleh digunakan oleh orang dewasa, Respimer ini jelas penting dan wajib ada di kotak P3K. Who knows when you might need it right? Sekian blog post tentang cara mengatasi hidung tersumbat dengan Respimer. Semoga bermanfaat! Anyway, ada yang sudah coba juga?

RELATED POST

56 Comments

  1. kayanya aku juga harus punya ini nih di rumah, soalnya para keponakan aku juga suka nginep berhari hari di rumah, kalo lagi kena flu itu kayanya kasian banget

  2. Kasihan kalau anak flu, apalagi anak yang masih kecil banget ya, belum tahu gimana buang ingus atau kalo mampet. Respimer pas banget jadi solusinya

  3. dulu tuh aku sempat mau beli ini dil trus parno sendiri takut perih kena idung lah, puji Tuhan anakku kotoran hidungnya ga keras dan kalau pilek dia bisa buang ingus sendiri 🙂

  4. RACHMANITA says:

    Aku suka banget sama kemasan respimer ini…bentuknya unik warna pink sama orange bungkusnya..kayaknya perlu buat jaga2 buat anak

  5. Wah ternyata bisa dipake org dewasa juga yaa.. bagus nih produknya.

  6. Hidung tersumbat emang ganggu banget ya, apalagi anak2. Untungnya sekarang ada Reprimer, membantu para moms buat mengatasi hidung tersumbat, lendir bisa keluar dengan mudah ya.

  7. Hidung tersumbat memang mengganggu banget yaa makanya kasian kalo liat anak bayi sakit ini, untung sekarang ada Respimer Baby solusi yang aman

  8. Biasanya anakku sebelum pilek, demam tinggi dulu..huuhu…lalu mamak panik.
    Soalnya jadi ga nyaman ke semua badan yaa..

    Respimer ini bisa mengatasi saat flunya belum parah-parah banget kah?
    Kaya masih gejala flu gitu..

    1. Oke banget infonya….
      Kemarin juga dapet testimoni dari salah satu sahabat yang sudah pakai Respimer ini duluan.
      Wajib ada di kotak obat di rumah niih…

  9. Bener tuh kita aja yg dewasa susah klo lg bapil apalgi klo anak kecil. Kayaknya emg butuh bgt respimer ini ada di rumah

  10. Sekarang makin canggih ya, udah ada alat yang bisa bantu ngluarin ingus baby dan aman. Jd saat anak rewel krn hidungnya tersumbat lendir dan membengkak krn flu kita mom bisa langsung semprot respimer aja 😀

  11. jafi kalah pilek udah 5 hari dan badan demam, kudu waspada betul ya. segera diperiksakan ke dokter lebih baik. tapi sebelumnya alangkah baiknya bs cuci hidung dan perbaiki gizi si kecil agar tidak sampai terjadi infeksi

  12. Susah emang kalau anak kecil, hidung tersumbat tuh bikin dia juga nggak nyaman mba. Aku baru tahu produk ini dan pas buat rekomendasikan ke saudaraku

  13. Pas baca kata jemur jadi ingat memang enak kalau pilek menjemurkan diri di matahari, badan jadi hangat.

    Kalau kita yang sakit pilek susah tidur apalagi anak anak, perjuangan banget tenangin anak. Respimer bantu para bunda

  14. Nolong banget nih respimer buat bayi yang suka kasian kalau kena pilek ya huhuh, ku rekomendasikan ke temen ah yang punya anak bayi.

  15. Ga cuma pas flu, kalau dingin juga aku tuh suka mampet. Ini harus punya banget, karena pasti bakal kepake dari mulai anak sampe orangtua.

  16. Waktu bayi, baby lim pilek disaranin pakai respimer sama dsa nya dan sampai sekarang umur 3th juga selalu ku sediakan respimer buat bersihin hidung nya

  17. sebuah ilmu untuk anak gadis yg belum punya anak nih kak, makasih aku jd paham dikit(?) wkwk

  18. nah ini kalau anak-anak udah bapil tuh kasian suka ingusnya buanyak dan ga bisa tidur jadi pengen stock respimer deh mba baru tahu juga

  19. Hidung tersumbat emang ga enak banget sih. Jangankan untuk anak-anak, untuk orang dewasa juga

  20. Musim hujan seperti ini anak mudah terkena flu dan batuk. Tidur mereka tidak nyenyak, apalagi kalau hidungnya tersumbat. Semoga dengan adanya respimer ini bisa membantu segera memulihkan kondisi anak ya.

  21. Memang hidung tersumbat itu sangat mengganggu. Sampai sekarang saya belum nemu cara yang ampuh untuk mengatasinya. Untung saya baca artikel ini. jadi pengin cari Respimer untuk persediaan di rumah.

  22. Biasanya kalau aman buat orang dewasa belum tentu aman buat bayi atau anak2… ini aman buat bayi..juga aman buat dewasa… kapan2 coba…idung mampet dimusim panca roba gini sering… tapi perlu resep dokter ga utk bisa dapetin respimer ini?

  23. Memang kasihan banget deh kalau bayi dan anak lagi kena pilek. Jadi serba salah. Untung sekarang ada Respimer, ya

  24. Orang dewasa aja kalau hidungnya tersumbat bikin uring-uringan, apalagi anak bayi yang pasti bikin tidur mereka jadi gak nyenyak. Kayaknya memang ini tuh wajib banget punya untuk pertolongan pertama pada hidung tersumbat.

  25. Pas banget respimer harus sedia di saat musim hujan begini. Anak-anak meler terus nih di rumah. Kasian banget kalo bobok jadi susah nafas

  26. Aku belum pernah menggunakan masak spray mbak, bahkan baru tahu ini bentuknya seperti ini. Rupanya nasal spray merupakan salah satu pertolongan pertama untuk hidung mampet atau tersumbat, baik pada bayi, anak-anak maupun dewasa ya.

  27. Aku baru tau mba kandungan resprimer ini dari St. Malo Bay yg tentu konsentrat dari NaCl nya harus terstandardisasi dan pas untuk melegakan saluran pernapasan

    1. Iya mbak kalau di St Malo setauku tu area laut yang dikonservasi sehingga bener2 bersih air lautnya utk dipakai sebagai bahan respimer ini

  28. Pas banget resprimer disaat musim hujan, buat anak anak yg flu berat

  29. Saat hidung anak tersumbat, ibu pasti cemas ya mbak..
    Apalgi klo masih bayi..
    Tapi klo ada respimer gini jadi nggak khawatir lagi

  30. Wajib nih buat keponakan aku juga nih mba yang maish kecil. Dan memang soalnya kalau hidung tersumbat tuh bikin anak kecil nggak nyaman

  31. Nanik Nara says:

    Iya kalau anak hidungnya tersumbat itu memang ujian kesabaran juga buat orang tuanya. Anak merengek terus, begini salah begitu salah. Untung jaman sekarang ada respimer, membantu banget

  32. Buat yang punya baby dan anak kecil di rumah, perlu banget ini. Kasihan kalau bocil hidungnya tersumbat. Bikin engga bisa tidur deh…

  33. Yang nama nya hidung tersumbat,bikin nggak nyaman.
    Terlebih lagi pada anak-anak,tentu jadi rewel.
    Makanya buat para ibu yang punya balita dirumah buat selalu sedia Respimer

  34. Untungnya ini bisa jg digunakan untuk orang dewasa ya ..jadi harus nyetok nih..sehubungan sdh mulai dtg musim hujan dan virus flu ada dimana2 . Btw sudah dijual di toko sekelas a…mart atau i..mart blm ya kak..krna kedua toko itu yg ada di seputar tmpt tinggal sy

  35. Produk recommended nih Respimer, keren pisan bisa buat anak-anak dan dewasa. Bisa nih beli buat persiapan aja. Tahu belakangn ini hawa gk mesti kdg panas n dingin. Jd rentan flu…

  36. Sudah semingguan ini Kenzo pilek dan hidungnya mampet, jadi rewel anaknya 🙁 aku semprotin respimer, bisa membantu banget untuk lancarkan pernapasan dia

  37. Musim hujan gini wajib banget dong ya nyetok respimer dirumah buat jaga jaga semisal ada yang pilek

  38. Dulu waktu si kembar usia sebulan tapi udah kena pilek, dokte pernah meresepkan nasal spray sejenis, tapi beda merek. Memang terasa manfaatnya.

  39. Wah makasih banget tipnya
    Bermanfaat
    Secara anakanakku juga punya maslaahdengan hidung tersumbat
    Turunan balpaknya yg kena rinitis alergika

  40. Respimer memang ampuh bikin hidung tersumbat jadi lancar seperti jalan tol ya mbak hehee pasti ga nyaman kalau anak pilek soalnya

  41. Jemur pada saat mentari pagi mulai bersinar bagus banget ya Mbak buat ngurangi bapil pada anak. Tp untung deh ada Respimer Baby Nasal ini ya,, jd lbh praktis membantu meredakan pilek anak.

  42. Kasian juga ya kalau bayi tersumbat hidungnya. Mereka gak bisa bilang kalau dirinya sedang sesak gara-gara hidung tersumbat. Untung saja ada sprimer untuk atasi hidung tersumbat

  43. Bayi kalo lagi pilek trus hidungnya mampet kasian bngt jadi rewel deh jaman anakku kecil aku sedot2 hehhe skrang ada respimer jadi mudah yaa smuanyaa

  44. Fadli Hafizulhaq says:

    Mengatasi hidung anak tersumbat dengan Respimer jadi lebih mudah ya, Mbak. Kalai cara konvensional nya dihisap dengan mulut ingus bayinya

  45. Bener banget musim pancaroba itu musim batuk-pilek-ingusan hehehe. asli hidup mampet itu enggak enak banget. Orang dewasa aja repot apalagi anak bayi dan anak-anak. Seneng ih Respimer tanpa bahan pengawet ya dan bisa digunakan untuk orang dewasa juga 🙂

  46. Alhamdulillah, anak2ku Aria dan Arka nggak ngalami hidung tersumbat yang berat selama ini. Noted untuk respimer-nya. Insya Allah berguna saat ada kenalan atau tetangga saya yang memerlukan. 🙂

  47. Penggunaan Respimer ini apakah juga boleh digunakan untuk penderita sinusitis? Karena biasanya penderita sinusitis juga mengalami hidung tersumbat.

  48. www.fennibungsu.com says:

    Hidung kalau lagi tersumbat, nggak enak banget buat bernapas. Itu yang daku rasakan, gimana kalau anak-anak ya. Pasti kasihan banget buat mereka karena masih kecil.

  49. Ini namanya sekali dayung 2-3 pulau terlampaui. Wajib bgt ada di box obat ya jd bisa dipake si kecil dan ortunya juga.

  50. Visya Al Biruni says:

    Indeed. Hidung tersumbat momok banget yaah mom, ngga hanya anaknya, ibunya juga kepikiran. Udah mana bocah belum bisa mengeluarkan lendir, Duuh tersiksa 🙁 alhamdulillah ada respi.er. Bakal masuk list kotak obatku nih

  51. Anakku lagi mampet nih kebetulan baca blog mbak fara, jadi kepikiran buat beli si respimer ini. Kasihan lihatnya jadi susah nafas.

  52. anak-anak apalagi yang masih bayi memang susah yaa buat ngebersihin hidungnya terutama ketika hidungnya tersumbat. untung sekarang ada respimer yang dapat membantu

  53. paling gak tega kalau ada baby lagi pilek trs hidung tersumbat. bisa nih rekomendasiin respimer ke bu ibu nanti

  54. Respimer ini cuma bisa dipakai oleh 1 orang saja ya? Apa bisa dipakai lebih dari 1 orang?
    Suka kasihan bila anak anak hidung tersumbat, tidurnya jadi terganggu, ngga nyenyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.