Family, Home & Decor, Products, Tips

Tips Memilih Cat untuk Kamar Anak

Ga kerasa sebentar lagi Rio bakal sekolah huhuhu, so fast! Oleh karena itu, saya sibuk mentata ulang kamarnya agar meja belajar pun bisa ditempatkan dengan rapih. Sampai-sampai saya juga mencari dan membaca beberapa tips memilih cat untuk kamar anak loh, jaga-jaga Rio mau warna tertentu hehehe. Nanti saya share apa saja tipsnya di bawah ini yaa.

Tips Memilih Cat untuk Kamar Anak
Kondisi lemari di kamar Rio hehehe, mumpung lagi rapih ya di foto

Eh, Anak Punya Kamar Sendiri?

Sejak awal membuat rumah, saya dan Arga setuju kalau Rio dan adik-adiknya perlu kamar sendiri. Jadi di kamar tersebut, ada semua barang mereka mulai dari kasur sendiri, lemari, meja belajar hingga mainan semua tertata rapih.

Ya idealnya sih begitu ya hahaha. Kaya di American Style house, setiap anak punya kamar yang mencerminkan kepribadian dan juga merupakan their personal space. Gemes juga kan yaa kalau liat contoh seperti dibawah ini hihihi.

Tips Memilih Cat untuk Kamar Anak
Courtesy of Pixabay

Lagian, saya membaca dan ternyata ada beberapa keuntungan anak memiliki kamar sendiri, yaitu :

  1. Anak belajar mandiri
  2. Anak belajar bertanggung jawab unntuk barangnya sendiri
  3. Self concept dan otonomi diri – anak bisa memilih dan mengatur barang di kamarnya, yang akan meningkatkan rasa percaya diri anak
Tips Memilih Cat untuk Kamar Anak
Diam diam foto Rio yang lagi sibuk sendiri di kamarnya. Gemas!

Memilih Cat untuk Kamar Anak

Nah untuk masalah cat dinding, awalnya kita mau ikut aja dengan yang sudah ada oleh developer. Namun seiring bertambah usianya Rio, takutnya dia mau warna dindingnya berubah. Saya awam banget soal cat dan sebagainya, jujur hahaha. Jadi pengen baca baca juga dong cat apa yang merupakan cat yang cocok untuk kamar anak.

Ternyata ada beberapa pertimbangannya loh! Apa saja?

1. Warna Cat

Nah ini poin yang paling penting sih untuk anak hahaha. Ternyata ada hubungannya juga jenis warna di dalam kamar anak dan pengaruhnya terhadap mood anak. Sebenarnya tergantung masing-masing sih, tapi memang sudah ada studi tentang bagaimana warna dapat mempengaruhi badan dan juga perasaan seseorang.

Sebagai contoh, warna merah dapat membuat badan dan otak lebih berenergi, tapi kurang cocok untuk anak yang aktif. Sementara warna hijau memiliki efek menenangkan pada anak. Ternyata warna hijau juga dapat meningkatkan kemampuan membaca anak loh! Menarik kan? Yuk di cari dulu efek warna tertentu terhadap anak.

cat anti bakteri

2. Jenis Cat yang Digunakan

Ternyata jenis cat juga sangat beragam loh. Perlu diperhatikan bahwa terdapat jenis matte, flat, eggshell, satin, semi-gloss dan gloss. Untuk kamar anak sendiri, jenis satin dan semi-gloss merupakan pilihan yang cocok. Hal ini disebabkan oleh kemampuan kedua jenis cat ini

3. Waktu Pengeringan

Waktu pengeringan juga sangat penting, karena kita tidak mau dong menunggu seharian hehehe. Nanti yang ada malah anak kepo kepo ke dalam kamar, eh kegores. Belum lagi nanti pas menata barangnya kembali ke dalam kamar. Lebih cepat kering, lebih baik πŸ™‚

4. Keamanan Bahan yang Terkandung di Dalam Cat

Siapa yang mabok kalau mencium cat? Nah ternyata banyak cat di pasaran yang masih memilikii VOC atau volatile organic compounds. Bahan inilah yang menimbulkan bau yang memabukkan itu plus termasuk bahan yang berbahaya.

Jadi kalau ingin mengecat kamar anak, lebih baik membeli cat yang eco-friendly atau yang tidak bau. Jelas hal ini lebih baik juga untuk lingkungan.

Tips Memilih Cat untuk Kamar Anak
Courtesy of Pixabay

5. Anti Bakteri, Kuman, Jamur dan Lumut

Kita tentu pengen dong cat di kamar anak termasuk cat anti bakteri dan kuman. Kalau bisa sekalian anti jamur dan lumut. Hal ini akan membuat kita lebih nyaman dengan kondisi kamar anak yang senantiasa bersih dan aman dari hal-hal yang berbahaya. Bayangkan kalau kita mengecat sembarangan dan malah berlumut, hiiii kasian dong ya anak kita nanti.

Apalagi di jaman pandemi Covid-19 seperti ini. Kebersihan tentu nomor satu. Jadi diharapkan cat untuk kamar anak merupakan cat yang berkualitas baik sekaligus dapat melindungi keluarga. Banyak maunya ya? Gpp dong kan mau yang terbaik buat anak. Betul betul betul?

Cat Tembok Lenkote No Odor Medicare

Melihat beberapa kriteria di atas, saya mengenal cat tembok Lenkote No Odor Medicare dari Avian Brands. Lenkote No Odor Medicare merupakanΒ  cat tembok premium dengan formulasi anti bakteri dan anti kuman sehingga menciptakan ruangan yang aman dari pertumbuhan bakteri dan higienis bagi keluarga. Jadi cocok banget untuk kamar anak maupun bayi.

cat anti bakteri

Yang menarik dari cat ini adalah Lenkote No Odor Medicare diproses dengan teknologi tinggi sehingga cat tembok ini tanpa bau dan ramah lingkungan. Beberapa keunggulan lainnya adalah :

  • Anti bakteri dan kuman.
  • Aman untuk anak & bayi.
  • Mudah di bersihkan dengan air.
  • Tanpa bau.
  • Anti jamur & lumut.
  • Warna tidak mudah pudar.
  • Waktu pengeringan 2-4 jam
  • Hasil akhir semi gloss.
  • Tanpa merkuri & timbal.
  • Bersertifikat Green label Singapore

FYI, sertifikat Green Label Singapore merupakan sertifikasi produk ramah lingkungan dengan kadar VOC -Volatile Organic Compound rendah. Jadi jelas bahwa kadar VOC di cat ini rencah dan juga tidak ada kandungan zat berbahaya seperti merkuri dan juga timbal.

cat anti bakteri

Lapisan anti bakterinya juga dapat membunuh 3 bakteri berbahaya yaitu : MRSA, E-coli dan Staphylococcus Areus. Jadi selain cocok untuk kamar anak dan bayi, cat ini juga dapat digunakan untuk kamar orangtua yang sudah lanjut usia, kamar orang yang sedang dalam pemulihan kesehatan, kamar mandi, dapur, atau ruangan lainnya yang membutuhkan suasana sehat dan bersih.

Untuk pilihan warnanya cukup beragam, bisa langsung dilihat di situs Avian Brands yaaa. Disana juga ada informasi tentang cara mengecat ruangan. Apa perlu dibahas di blog post berikutnya? Boleh juga yaa kayanya.

Sekian tips memilih cat untuk kamar anak. Semoga bisa membantu dalam memilih cat yang tepat dan sehat (plus anti bakteri, kuman, jamur dan lumut) agar anak bisa nyaman di kamarnya sendiri. Siapa yang siap mendekor ulang kamar anak? πŸ˜€

#NoOdorMedicare #TanpaBaudanAntiBakteri #AvianBrands #AvianUntukIndonesia

RELATED POST

1 Comment

  1. kalo saya cat kamar anak saya dengan warna esk krim strawberry hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.