Family, Products

Perlengkapan Untuk Ibu Baru Melahirkan

Last Updated on July 19, 2021

Congratulations, you made it this far! Setelah 9 bulan mengandung, akhirnya ya bisa ketemu dengan bayi yang selama ini kita bawa bawa di perut. Setelah sibuk mempersiapkan lahiran, jangan lupa juga selain fokus ke bayi, kita juga harus fokus ke diri sendiri. Makanya, saya buat blog post tentang perlengkapan untuk ibu baru melahirkan, dari 2 kali pengalaman melahirkan.

Perlengkapan Untuk Ibu Baru Melahirkan

Sebenarnya apa yang dibutuhkan oleh ibu baru? Apa sih yang penting dimiliki di rumah maupun untuk berpergian? Silakan baca blog post ini ya!

Congrats, New Mom!

Selamat memasuki fase ibu bayi newborn! Memang masa ini termasuk yang menantang, karena kita harus menjaga bayi yang baru lahir, menyusuinya plus juga harus mengurus badan sendiri yang rasanya mau rontok hahaha.

Apalagi saya yang baru saja mengalami operasi SC kedua. YAMPUN KOK LEBIH SAKIT huhuhu. Bukannya nakut-nakutin yaa, sebenarnya prosesnya sama sih. Saat operasi saya tidak merasakan sakit. Setelahnya juga jahitan tidak terlalu nyeri saat batuk atau tertawa, karena sudah siap kali ya.

Baca   What to Expect After Birth : WHAT DO I DO NOW?

Yang paling sakit sih kontraksi rahim! This definitely caught me off guard. Saat rahim berkontraksi kembali, duh rasanya kaya sakit perut saat mens. Dikali 10. 😭😭😭 Memang setiap orang beda-beda, tapi menurut saya, ini yang paling menyiksa. Setiap pipis kan juga kontraksi, jadi sakit nyeri perut huhuhu.

Nah, karena kondisi fisik dan mental ibu juga kemana-mana kan ya setelah melahirkan, ada beberapa perlengkapan yang sebaiknya dipersiapkan sebelum lahiran. Sehingga ketika lahiran, perlengkapan untuk ibu baru melahirkan yang menurut saya cukup membantu ini, sudah siap sedia. Tinggal dipakai deh! Apa saja?

1. Breast Pad

Ketika ASI sudah keluar, kita bisa sedikit lega karena bisa menyusui anak. Tapiii yang suka kita lupa adalah ketika ASI keluar, ya dia akan keluar semaunya hahaha. Kadang kalau anak nangis, ASI suka merembes dan membasahi baju yang kita pakai.

Untuk mencegah baju bau susu dan basah (ini ga enak banget huhu), silakan persiapkan breast pad. Ada beberapa jenis breast pad yang tersedia. Ada yang sekali pakai atau disposable. Ada juga yang bisa dipakai berulang kali dengan dicuci terlebih dahulu.

Pilih yang menurut kalian nyaman dan praktis untuk digunakan. Karena di awal-awal, wah lumayan sibuk kita karena menyusui anak setiap 2 jam dan mengganti diapers setiap kali dia BAK & BAB. Which is a lot hehehe.

2. Korset / Bengkung / Belly Binder

Merasa perut bergelambir dan dalamnya kemana-mana saat miring pas tidur? Sama. Mungkin kita butuh korset, bengkung atau sejenis belly binder lainnya yang bisa membuat otot perut lebih kencang.

Baca   Menuju Body Goals! Review Korset Pasca Melahirkan dari MOOIMOM

Bagi yang lahiran normal, bisa tunggu beberapa hari dan langsung memakainya. Karena pernah baca bahwa 30 hari setelah melahirkan adalah masa yang optimal untuk mengembalikan badan menjadi kencang kembali.

Menuju Body Goals! Review Korset Pasca Melahirkan dari MOOIMOM

Bagi yang melewati operasi SC, ada beberapa pendapat dimana bisa langsung dipakai atau harus menunggu 4-6 minggu terlebih dahulu. Silakan konsul ke dokter kandungan yaa untuk hal ini. They know your condition best!

3. Massage Oil / Minyak Balur

Setelah seminggu pertama menyusui, yampun badan rasanya rontok semua. Pegel, capek dan kurang tidur menjadi satu. Massage oil atau minyak balur yang ampuh bisa sangat membantu ibu menyusui dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Hmm, makanya orang dulu suka mengaplikasikan parem di bagian kaki. Ternyata hangat dan super nyaman! Alhamdulilah dibawakan oleh mertua setelah lahiran hihi, jadi bisa dipakai deh. GPU atau Counterpain juga jadi sahabat dekat di saat ini hehehe. Tapi pastikan tidak mengenai payudara atau bagian yang bisa dijilat oleh bayi yaa.

4. Bra Menyusui yang Nyaman

Posisi menentukan prestasi. Dalam hal ini, bra menyusui yang aman bisa membantu kita dalam menyusui, sekaligus membantu kita memperoleh bentuk payudara yang oke selama menyusui.

Biasanya bra menyusui memiliki tali yang lebih lebar, lapisan katun yang lembut, set pengait ekstra dan juga tanpa kawat. Bra menyusui atau nursing bra juga memiliki kancing, jepitan atau kaitan yang memungkinkan kita untuk menyusui tanpa melepas bra tersebut. Kaitan tersebut biasanya ada di bagian tengah atau di bagian tali atas.

Tips Memilih Maternity dan Nursing Bra - Mooimom

Merk mana yang paling baik? Silakan pilih sesuai ketersediaan ukuran dan kenyamanan ya. Bagi yang butuh tips, bisa lihat blog post di bawah ini.

Baca   Tips Memilih Maternity dan Nursing Bra

5. Hair Serum

Tahukah kalian ada beberapa perubahan pada ibu pasca melahirkan yang menyebabkan rambut rontok atau yang lebih dikenal dengan postpartum hair loss? Yap nanti sekitar 3-4 bulan setelah melahirkan, rambut kita bakal rontok, rontok, rontok!

Pas jaman Rio, lumayan banyak nih rontoknya huhuhu. Jadi sekarang setelah melahirkan untuk kedua kalinya, mulai mencari-cari produk yang bisa membantu mengurangi rontok pas masa menyusui ini. Salah satu produk yang aman untuk dipakai ibu menyusui adalah Mama’s Choice Strengthening Hair Serum.

Mama’s Choice Hair Strengthening Serum adalah serum untuk mengatasi rambut rontok parah, sekaligus serum untuk menyuburkan rambut. Dia berbahan dasar tumbuhan, sehingga cukup aman untuk ibu hamil dan menyusui. Oiya, sama seperti produk Mama’s Choice lainnya, produk ini juga bebas paraben, silikon, pewarna, alkohol dan phthalates.

Mama’s Choice Strengthening Hair Serum Untuk Menyuburkan Rambut Setelah Melahirkan

Mama’s Choice Strengthening Hair Serum Untuk Menyuburkan Rambut Setelah Melahirkan

Untuk review lengkapnya bisa baca blog post di bawah ini ya. Sejauh ini sih saya masih rutin memakainya dan rambut tidak terlalu banyak yang rontok. Semoga bisa meminimalisir rontok yaa sampai nanti beres menyusui.

Baca   Mama’s Choice Strengthening Hair Serum Untuk Menyuburkan Rambut Setelah Melahirkan

Bagi yang ingin mencoba hair serum ini (saya pun baru pertama kali mencoba hair serum hihi), bisa langsung ke situs resmi Mama’s Choice ini. Ingin diskon? Oh tenang, ada kok voucher diskonnya. Silakan gunakan kode :

MAMAFARA

Kalau kalian anaknya online banget, produk Mama’s Choice juga bisa didapatkan di Shopee, Tokopedia dan beberapa online marketplace lainnya. Silakan cari yang free ongkir yaa, I know you all like free delivery too hehehe.

Sekian produk dan perlengkapan untuk ibu baru melahirkan. Semoga list ini bisa membantu para ibu baru setelah proses persalinan ya. Welcome to the parenting world!

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.