Family, Fashion, Pregnancy, Products, Review

Tips Memilih Maternity dan Nursing Bra

Hello moms! Udah agak lama ya tidak menulis soal kehamilan atau pregnancy 😀 Kali ini saya akan membahas lebih dalam mengenai salah satu hal yang penting dimiliki oleh ibu hamil dan menyusui, yaitu maternity bra dan nursing bra! Saking pentingnya, benda ini masuk ke dalam List Perlengkapan Persiapan Melahirkan  dan juga List Perlengkapan Bayi ala Faradila Danasworo Putri.

Saya akan memberikan beberapa tips dan juga pengalaman saya dalam membeli dan memilih maternity bra serta nursing bra yang cocok. Karena jika kita salah pilih, dampaknya bisa dalam jangka pendek maupun jangka panjang! Penasaran kan ya seperti apa? Silahkan baca terussss 🙂


Apa itu maternity bra dan nursing bra?

Menurut babycenter.com, maternity bra adalah bra yang yang dirancang khusus untuk menopang payudara dengan nyaman selama kehamilan. Ketika hamil, pasti ukuran payudara akan ikut membesar seiring dengan berkembangnya kelenjar susu (dan juga meningkatnya berat badan hiks). Biasanya maternity bra memiliki tali yang lebih lebar, lapisan katun yang lembut, set pengait ekstra dan juga tanpa kawat.

Tips Memilih Maternity dan Nursing Bra - Mooimom

Sementara nursing bra adalah bra yang dirancang khusus untuk masa menyusui. Kurang lebih ciri-cirinya sama seperti maternity bra, namun nursing bra memiliki kancing, jepitan atau kaitan yang memungkinkan kita untuk menyusui tanpa melepas bra tersebut. Biasanya kaitan tersebut ada di bagian tengah atau di bagian tali atas.


Penting ga sih punya maternity bra atau nursing bra?

Menurut saya sih penting! Pengalaman saya, pada awal kehamilan sih masih baik-baik saja pakai bra biasa. Namun ketika sudah mulai agak ketat dan pada saat memakai bra, talinya cukup menyakitkan di pundak dan bahkan bisa membuat pegal, itulah saatnya kita harus mengganti menjadi maternity bra. Pokoknya memakai bra harus yang pas dan nyaman. Karena kenyamanan adalah koentji kehamilan dan juga masa menyusui yang menyenangkan, betul? Selain nyaman, memilih maternity bra dan nursing bra yang baik juga koentji menjaga kondisi tubuh biar tidak melenceng jauh dari saat kondisi sebelum hamil hihi if you know what I mean.

Setiap wanita tentu memiliki perubahan tubuh yang beragam selama masa kehamilan dan menyusui. Ternyata, tulang rusuk wanita hamil dapat berkembang hingga minggu ke 36 masa kehamilan. Jadi jangan kaget kalau ternyata perlu beberapa kali belanja maternity dan nursing bra.

Baca Ibu Hamil & Menyusui, Kalian Luar Biasa! 


Jadi apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli maternity bra atau nursing bra?

1. Pilih tipe maternity dan nursing bra yang sesuai. Berikut video beberapa jenis maternity dan nursing bra yang ada. Favorit saya adalah tipe crossover dan tipe yang kancingnya terletak di bagian tengah bra.

2. Pilih bahan yang nyaman. Beberapa tips tambahan dalam memilih :

  • Pilih bra dengan jahitan dan tali yang kuat.
  • Pilih bra dengan bahan lembut seperti katun
  • Pilih yang tidak memiliki jahitan di dekat puting. Bikin ga nyaman soalnya hehehe.
  • Pilih yang sekalian memiliki bra extender alias kaitan tambahan.
  • Tidak disarankan memilih bra dengan kawat ketika dalam masa menyusui. Beberapa konselor laktasi tidak menyarankan bra tipe ini karena kawat yang kaku akan memberi tekanan pada payudara dan bisa menyebabkan saluran susu tersumbat.

3. Jangan asal beli bra dengan ukuran yang lebih besar. Kita tetap harus mengukur bagian payudara terlebih dahulu sebelum membeli. Oiya perlu diingat kalau setiap merk bra memiliki standar ukuran yang berbeda. Jadi lebih baik kita ingat dan kita simpan ukuran kita ya.

Jika kalian berbelanja offline, kalian bisa meminta bantuan SPG untuk mengukur dan memilih maternity atau nursing bra yang sesuai. Lebih bagus lagi jika kita bisa mencobanya terlebih dahulu untuk mengetahui apakah nyaman atau tidak. Tapi jika kita beli di babyshop, ya mohon maaf tidak boleh dicoba hihi.

4. Beli lebih dari satu! Menurut beberapa sumber, setidaknya kita harus memiliki minimal tiga maternity bra atau nursing bra. Ini bisa disesuaikan dengan budget ya, namun menurut saya ada harga ada rupa sih hehehe. Bra yang berkualitas akan lebih tahan lama dan juga tepat untuk menjaga postur dan bentuk tubuh. Kalau memang memperhatikan hal-hal ini, bolehlah membeli yang agak mahal. Jika budget agak mepet, bisa juga membeli yang lebih murah. Tapi saran saya tetap punya setidaknya 1 buah yang berkualitas. Nanti terasa deh perbedaannya dengan yang biasa hehehe.


Setelah membaca sana-sini dan mencoba beberapa nursing dan maternity bra, saya akhirnya menemukan salah satu maternity & nursing bra favorit saya dari Mooimom, yaitu Crossover Maternity & Nursing Bra! Yap, satu produk ini bisa berfungsi sebagai bra pada saat hamil dan juga pada saat menyusui. Jadi hemat kan ya, maklum #emakemakhemat.

Tips Memilih Maternity dan Nursing Bra - Mooimom

Dibanding yang ada bukaan kancing atau pengait, model crossover ini adalah favorit saya! Alasannya adalah praktis! Ketika dan setelah menyusui, tidak perlu tenaga ekstra untuk mengaitkan atau mengancingkan kembali. Kadang ini yang bikin lama dan agak ribet. Malah pernah sampai membuat si bayi bangun lagi hahahaha oke balik lagi dari nol. Untuk model crossover ini, cukup ditarik saja sampai tidak menutupi bagian puting. Kalau sudah selesai ditarik keatas lagi, praktis kan?

Mooimom Crossover Maternity & Nursing Bra datang dalam kemasan box. Kemasan ini memiliki bagian transparan di depan, untuk melihat jenis warna bra. Di bagian belakang, terdapat keterangan singkat mengenai produk, cara mencuci, bahan dan panduan ukuran dalam Bahasa Inggris. Terdapat juga keterangan sosial media Mooimom yang bisa kalian ikuti (jika ingin barang kece untuk ibu hamil dan melahirkan lainnya).

Tips Memilih Maternity dan Nursing Bra - Mooimom

Tips Memilih Maternity dan Nursing Bra - Mooimom

Tips Memilih Maternity dan Nursing Bra - Mooimom

Bra ini tersedia dalam 6 warna (nude, pink, yellow spot, blue spot, navy spot, powder blue dan purple) dan memiliki aksen renda di bagian depan. Bahannya terbuat dari 100% katun pada bagian dalam dan 95% katun dan 5% spandex untuk bagian luar. Jadi jangan heran kalau bra ini sangat nyaman untuk pemakaian sehari-hari. Bra ini tersedia dalam 4 ukuran yang mengikuti ukuran lingkar dada di bawah payudara (underbust). Lagi-lagi disini penting ya untuk mengetahui ukuran badan sendiri, jadi bisa langsung memilih ukuran yang pas. Meskipun saya membelinya online, tapi pada sampai ukurannya pas di badan!

Tips Memilih Maternity dan Nursing Bra - Mooimom

Beberapa hal yang saya suka dari bra ini adalah :

  1. Tanpa kawat dan tidak menekan. Ini nilai +++++ karena membuat bra lebih nyaman dan memang tidak disarankan yang berkawat untuk masa menyusui. Bagian bawah bra didesain lebar sehingga dapat mengurangi tekanan, membuat payudara lebih nyaman dan tidak mudah bergeser posisi.

    Tips Memilih Maternity dan Nursing Bra - Mooimom

  2. Tali strapnya cukup lebar. Hal ini bisa mencegah payudara mengalami kekenduran dan juga menjaga pundak dari pegal-pegal serta rasa sakit.

    Tips Memilih Maternity dan Nursing Bra - Mooimom

  3. ADA REMOVEABLE PAD! Bra pad dapat dilepas dan disesuaikan. Kita juga dapat menggantinya dengan bra pad lain, yeay!

    Tips Memilih Maternity dan Nursing Bra - Mooimom

  4. Ada Extra Hook/Pengikat. Ini yang membuat dia cocok untuk masa hamil DAN masa menyusui. Pengikat tambahan ini bisa membuat ukuran bra (underbust) lebih besar. Jadi bisa menyesuaikan dengan kondisi tubuh. Ga usah susah-susah cari bra yang lain lagi hehehe.

    Tips Memilih Maternity dan Nursing Bra - Mooimom


First impression saya memakai bra ini adalah, wah nyaman banget ya! Benar-benar enak deh! Awalnya takut bagian renda akan membuat saya gatal, seperti bra lain. Eh ternyata nggak tuh hahaha. Selain nyaman, bra ini cukup “kokoh” alias bisa menahan payudara saya. Saat menyusui juga lebih enak karena ya nyaman dan praktis banget. Mau gerak kesana kemari juga nyaman. Di foto bawah ini, saya memakai bra dan juga baju hamil/menyusui dari Mooimom loh! Seneng deh ngeluarin produk yang fungsinya banyak 😀 Langsung ngefans!

Baca Review Mooimom Maternity and Nursing Stripe Shirt

Tips Memilih Maternity dan Nursing Bra - Mooimom

Review Mooimom Maternity and Nursing Stripe Shirt

Yang perlu diperhatikan hanya bra ini harus dicuci dengan menggunakan tangan. Jangan menggunakan mesin cuci. Hmm, mungkin kalau pakai jaring khusus mencuci underwear bisa kali ya. Tapi karena saya sayang dengan bra ini, jadinya ya pakai tangan sajalah hahaha. Barang kesayangan harus dirawat sebaik mungkin, betul?

Harganya relatif tinggi karena dibandrol dengan harga Rp. 190.000,- di website Mooimom dan ada  diskon hingga menjadi Rp. 179.000,-. Sekali lagi, ada harga ada kualitas. Banyak banget fitur dan kelebihannya dibandingkan dengan bra hamil atau menyusui yang pernah saya temukan. FYI kemarin saya mendapatkannya dalam bundle 3 pack seharga Rp. 477.000,-. Jadi 1 bra hanya Rp. 159.000,- sajaaa! Kadang Mooimom suka begini nih, bikin diskonan yang bikin jatuh hati hihi. Kalau penasaran, langsung liat saja yaa web dan social medianya :

Web : www.mooimom.id
Facebook : Mooimom
IG : @mooimom.id
Youtube : MOOIMOM (Search : MOOIMOM Indonesia)


Secara singkat, apa yang saya suka dan tidak suka dengan bra ini adalah :

PLUS

+ Nyaman banget!
+Tanpa kawat, jadi tidak terasa terlalu menekan
+ Designnya lucu!
+ Modelnya sangat praktis sehingga memudahkan kita untuk menyusui. Ga usah ribet buka tutup kancing atau kaitan
+ Ada extra hook jika ukuran bra normal sudah terasa agak sesak hihi
+ Strapnya lebar dan tebal
+ Terdapat bagian pad yang bisa di ganti dan di buka (removeable)
+ Pilihan ukuran dan warnanya banyak

MINUS

– Harus dicuci dengan tangan, tidak dianjurkan dengan mesin cuci. Saya anaknya praktis sih hahaha maunya semuanya dicuci pakai mesin :p
– Plastik bagian dalam box tidak seragam. Kadang dapat plastik biasa, kadang dapat plastik Mooimom.
– Tag harga ada di dalam, jadi jangan lupa untuk buka dulu sebelum memberikannya sebagai kado.

Sekian tips memilih maternity dan nursing bra ala saya plus bonus cerita mengenai nursing bra favorit hehehe. Semoga bermanfaat ya! 🙂 Thank you for reading!

 

You may also like...

2 Comments

  1. aku juga pake bra menyusui mooimom mba nyaman banget yah jadi pengen punya koleksi yang ini

  2. mba makasih referensinya..tadi mampir ke blog ini pas banget cari bra buat aku lahiran nanti 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.