Beauty, Event

Mylea Hairceutical System, Solusi Rambut Rontok dan Ketombe

Siapa yang memiliki masalah dengan rambut rontok dan berketombe?

Duh kalau saya jangan ditanya, sudah cukup direpotkan dengan masalah rambut rontok. Semuanya bermula ketika saya didiagnosis sakit gejala tipes waktu duduk di kelas 1 SD. Setelah itu banyaaak sekali rambut saya yang rontok. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, jumlah rambut rontok menjadi berkurang. Sampai…

Saya melahirkan.

Sewaktu saya hamil, rambut saya dalam kondisi paling bagus. Berkilau, bersinar dan jarang rontok. Eh beberapa bulan setelah melahirkan, rontok paraaaah! Pasti ibu-ibu menyusui yang membaca ini tau bagaimana rasanya hahaha. Salah satu kriteria rambut rontok adalah jika ditarik segenggam, maka akan terlepas 5 helai rambut atau lebih. Yap, that’s me. Sampai saya tidak menyisir rambut beberapa bulan karena takut melihat rambut yang rontok hiks.

Baca Ibu Hamil & Menyusui, Kalian Luar Biasa! 

Bitmoji Image

FYI, ternyata kalau dalam sehari rontok sampai 100 helai, itu masih normal loh. Belum termasuk kategori rontok.

Saya juga memutuskan memakai hijab pada saat Rio berusia sekitar 4 bulan. Jadi kombinasi rambut rontok datang bersamaan dengan rasa gatal di kulit kepala. Untungnya tidak sering sih gatal-gatalnya, saya lebih dipusingkan dengan kondisi rambut rontok.

Masalah pada Rambut dan Kulit Kepala

Memang tidak ada habisnya kalau berbicara soal mahkota wanita. Ternyata saya tidak sendiri. Dalam sebuah survey yang diadakan di Amerika Serikat, tiga masalah rambut yang paling banyak ditemukan adalah rambut rontok, ketombe dan kulit kepala gatal.

Masalah Rambut Mylea Hairceutical System, Solusi Rambut Rontok dan Ketombe

Sedangkan masalah tidak hanya datang dari rambut saja. Sebagian besar masalah justru berasal dari kulit kepala. Diantara masalah yang berasal dari kulit kepala, psoriasis, dermatitis dan juga ringworm disarankan untuk langsung ditangani oleh dokter.

Masalah Kulit Kepala Mylea Hairceutical System, Solusi Rambut Rontok dan Ketombe

Psst, ternyata untuk ketombe bisa dibedakan menjadi ketombe kering dan ketombe basah loh! Ketombe kering adalah terjadi pada jenis kulit kepala kering dan jatuh jika digaruk. Sementara ketombe basah biasanya terjadi di kulit kepala berminyak. Yang penting untuk diingat, ketombe dapat mengakibatkan kerontokan!


Mengenal Rambut Kita

Rambut adalah organ biologis yang bentuknya berserabut dan tumbuh dari kantung rambut. Beberapa fungsi dari rambut adalah sebagai pelindung, sensor sentuh, pembeda jenis kelamin dan juga menunjukkan status sosial. Jadi jangan heran ibu–ibu pejabat suka nyalon dari jam 5 pagi. Hihihi.

Untuk mengatasi masalah yang telah disebutkan diatas, terutama mencari solusi rambut rontok dan ketombe, kita harus mengenal rambut kita terlebih dahulu. Jika kalian belum familiar dengan anatomi rambut, silahkan liat gambar dibawah ini ya.

Anatomi Rambut Mylea Hairceutical System, Solusi Rambut Rontok dan Ketombe

Rambutpun memiliki siklus hidup. Fase tumbuh rambut dapat berlangsung selama beberapa  bulan hingga 10 tahun. Sementara fase kematian dan rontok bisa berlangsung selama 3 minggu hingga 3 bulan setelahnya. Rambut baru kemudian akan muncul sekitar 2-5 bulan setelah fase rontok. Jadi cukup lama juga ya siklus rambut.

Siklus Rambut - Mylea Hairceutical System, Solusi Rambut Rontok dan Ketombe

Sementara kondisi rambut dapat dibagi menjadi lima, yaitu :

  • Rambut perawan – rambut yang belum pernah mengalami proses kimia
  • Rambut resistant – rambut yang selaputnya tebal sehingga sulit dilakukan proses kimia
  • Rambut normal – rambut yang sudah pernah dilakukan proses kimia tapi kondisinya masih sehat
  • Rambut porous – rambut yang kutikulanya sudah terbuka
  • Rambut rusak – rambut yang kutikulanya sudah terlepas

Rambut porous dan rambut rusak dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain proses kimia (pengeritingan, pelurusan dan pewarnaan) dan juga perlakuan sehari-hari (terkena sinar UV, penggunaan alat styling tanpa protector dan menyisir/menggosok rambut saat basah).

Sementara untuk rambut rontok, penyebabnya adalah hormonal, sakit, efek obat, stress, usia, mengikat rambut terlalu kencang dan penggunaan haircare yang tidak cocok.

Baca 5 Tips untuk Memiliki Pikiran yang Sehat

Mengenal Mylea Hairceutical System

Beruntung saya menghadiri Mylea Year End Blogger Gathering pada tanggal 20 Desember 2018 yang lalu. Acara #UnicornXMylea ini  diselenggarakan oleh Mylea (#myleaindonesia) dan Unicorn Adcom (@unicornadom), disponsori oleh BDL Skincare (@BDLSkincare #BDLSkincare), dan media partner GueSehat (#guesehat – www.guesehat.com). Di acara tersebut, ada sharing session dan penjelasan lebih banyak mengenai kondisi rambut, Mylea Hairceutical System dan juga ada doorprize plus hair check tentunya.

Mylea Hairceutical System, Solusi Rambut Rontok dan Ketombe

Acara dibuka dengan Ibu Anisa Sri Fitri, Product Manager Mylea, dan langsung dimulai dengan sharing session bersama Jean Girsang, selaku Mom Influencer & Host Kompas TV. Jean kurang lebih mengalami masalah yang sama, yaitu rambut rontok setelah melahirkan. Selain itu, rambutnya juga sering distyling menggunakan alat, diluruskan dan juga diwarnai. Jadi rambut rusak memang menjadi ancaman.

Mylea Hairceutical System, Solusi Rambut Rontok dan Ketombe

Mylea Hairceutical System, Solusi Rambut Rontok dan Ketombe

Selanjutnya, Bapak Dimas Dedy, selaku Senior Hair Technical Mylea, memberikan banyak materi mengenai rambut. Materinya sudah kalian baca diatas kok hehehe, sangat bermanfaat kan ya! Dia tengah-tengah sesi penjelasan, Pak Dimas juga tidak segan memberikan tips dan trick untuk menjaga kesehatan rambut. Salah satunya adalah dengan menggunakan Mylea Hairceutical System.

Mylea Hairceutical System, Solusi Rambut Rontok dan Ketombe

Mylea Hairceutical System adalah rangkaian produk yang didasarkan hairceutical dengan formulasi khusus silicone free yang dikombinasikan dengan vitamin dan nutrisi dari bahan alami yang telah teruji.

Apa itu hairceutical? Hairceutical adalah suatu teknologi yang menggabungkan antara hair care (perawatan rambut) dan pharmaceutical (obat/nutrisi) yang bertujuan untuk merawat kulit kepala dan akar rambut agar mendapatkan rambut sehat dan kuat.

Terdapat tiga rangkaian Mylea #Hairceutical System series, yaitu :

Mylea Hairceutical System, Solusi Rambut Rontok dan Ketombe

Masing-masing series mengandung bahan alami yang berfungsi untuk memperbaiki kondisi kulit kepala dan rambut.

  • Pada Series Intensive (untuk kulit kepala normal & kering dan rambut normal), terdapat ekstrak bunga chamomile sebagai anti inflamasi pada kulit kepala sensitif, meredakan dan menyehatkan kulit kepala tanpa membuat berminyak. Selain itu terdapat ekstrak horsetail untuk memperkuat batang rambut dan memberikan nutrisi agar lebih lentur.
  • Pada Series Ginseng (untuk rambut tipis dan rapuh), tedapat ekstrak ginseng yang dapat memperkuat akar rambut.
  • Pada Series Anti-Dandruff (untuk rambut berminyak) terdapat ekstrak bunga arnika & Piroctone olamine yang membantu menjaga kesehatan kulit kepala, mengurangi bakteri penyebab ketombe dan mengurangi rasa gatal.

Mylea Hairceutical System bekerja dalam 3 tahap yaitu CLEANSE (membersihkan), TREATMENT dan REST (istirahat). Cara pakainya adalah :

  1. Cuci rambut dengan shampoo dan bilas dengan bersih
  2. Khusus untuk varian intensive dan ginseng yang memiliki hair mask, gunakan hairmask pada seluruh batang rambut, diakan selama 5 menit dan bilas hingga bersih.
  3. Gunakan hairtonic pada kulit kepala dengan memijat secara perlahan selama 3 menit

Mylea Hairceutical System, Solusi Rambut Rontok dan Ketombe

Mengapa Mylea?

Mylea mengandung bahan aktif yang aman dan efektif untuk perawatan rambut dan kepala. Semua seriesnya juga silicone free dan sudah mendapatkan CPKB & ISO 9001:2008 sebagai jaminan kualitas.

Kenapa faktor #siliconefree ini penting? Silikon dapat membuat rambut lebih lembut, halus dan mengkilap. Namun apabila digunakan dalam jangka panjang, dapat mengakibatkan tumpukan pada lapisan rambut. Hal ini dapat mengganggu penyerapan nutrisi, sehingga rambut menjadi kering, rusak, bercabang, berketombe dan patah.

Saya sendiri pernah menggunakan Mylea Series Intensive tapi hanya shampoonya saja. Hasilnya beneran bisa mengurangi kerontokan! Wanginya juga cukup enak, yaa wangi herbal lah. Arga juga suka wanginya hihi. Sekarang saya penasaran dengan series Ginseng. Tentunya saya ingin menggunakan satu seriesnya secara lengkap dengan hair mask dan hairtonicnya. Doakan semoga sukses ya!

Baca 5 Barang yang Selalu Ada di Tas (Setelah Menjadi Ibu)

Mylea Hairceutical System, Solusi Rambut Rontok dan Ketombe

Untuk info lebih lanjut tentang produk Mylea, kalian bisa mengunjungi instagram Mylea Indonesia di @myleaindonesia. Bagi yang ingin membeli produknya, saya sering melihat produk ini di online marketplace. Untuk offline marketplace, Mylea dapat ditemukan di toko obat/kosmetik seperti Guardian.

Semoga Mylea bisa menjadi solusi untuk rambut rontok dan ketombe kalian ya  Thanks for reading!

Mylea Hairceutical System, Solusi Rambut Rontok dan Ketombe

Mylea Hairceutical System, Solusi Rambut Rontok dan Ketombe

Mylea Hairceutical System, Solusi Rambut Rontok dan Ketombe
Courtesy of Vibrie

Mylea Hairceutical System, Solusi Rambut Rontok dan Ketombe

RELATED POST

30 Comments

  1. Ternyata permasalahan yang sering dijumpai itu adalah masalah rambut rontok. Nah, seminggu ini aku nyobain Mylea dan memang sudah keliatan sih nih agak berkurang rontoknya.

  2. Dulu waktu rambut panjang juga rontok, sudah pakai produk shampo dengan beda merk juga tetap rontok. Akhirnya potong pendek, sekalian perawatan dan Alhamdulillah rontok berkurang. Jadi memang harus ada perawatannya tersendiri khusus rambut dan kulit kepala ya mom, seperti Mylea ini.

  3. Sekarang sih rambutku lebih ke lepek. Kalau rontok jamannya kuliah dulu, mgkin stres kali yaa dgn ujian2…

  4. Waah bagus banget Kak info grafik nya. Aku juga suka sama produk Mylea ini.

  5. Milea… Ini pasangannya Dilan ya? hahhaha… Eh, aq dulu jg pernah mengalami rambut rontok parah nih sewaktu habis melahirkan. Katanya sih normal2 aja. Cm jadinya gak pede krn rambut jd tipis kayak orang habis sakit gitu

  6. Keren banget mah ini Mylea, ini saudara lain kalinya Milea nya Dylan ya? hahaha
    ups..
    Btw saya banget nih, rambutnya rontok, dan parah dan sampai sekarang padahal anak udah setahun lebih.
    rontoknya itu berkali-kali pula, di sisir rontok, keramas rontok, bahkan digenggam aja mesti ada yang lepas, bete sendiri kalau nyapu penuh rambut sendiri hahaha
    Mana rambut panjang pula dan sayang banget kalau mau dipotong
    Kayaknya kudu cobain Mylea bukan pacarnya Dylan ini deh hahah

  7. rambut rontok itu bikin khawatir banget ya, aku udah sebulanan ini rambut lagi rontok parah, udah nyobain berbagai perawatan mulai dr shampoo anti rontok sampe toner belum nemu yang bener2 manjur nih, jadi pengen nyobain ini siapa tau cocok <3

  8. Hmmmm, rambut rontok ini memang bikin cemas ya, takut jadi botak karenanya, aku juga nih akhirnya nemu produk yang bisa atasi kerontokan selama 4 tahun paska hamil, dan itutu kaya yang so bless bangett, akhirnya rambutku terselamtkan

  9. Lengkap juga ya produk Mylea ini. Aku kayaknya cocoknya yang Ginseng. Rambutku rontoh paraaaah sejak melahirkan anak ke-2 13 tahun lalu. Kudu nyoba nih.

  10. Dikupas tuntas tas nih soal mylea aku kira dia cuma buat rambut rontok eh ada juga yang buat rambut rusak

  11. pas hamil masalah rambut rontok ini bikin gemes. belum nemu shampo yang pas sampe sekarang huffft. kayanya aku perlu nyobain myla nih.

  12. Sama nih sehabis melahirkan, rambutku rontok parah, awalnya cuek aja khan dikerudungin tapi lama-lama nggak nyaman juga kalau tiap nyisir, segumpal rambut jatuh, belom coba produk mylea jadi penasaran

  13. Aku pernah pakai shampo Mylea juga. Dan pengen beli shampo Mylea lagi setelah mampir ke Watsons. Kapan-kapan pengen ke Watsons lagi ah untuk beli shampo Mylea.

  14. Setelah melahirkan 3 kali, kerontokan rambutku pun menjadi-jadi.
    Wah, harus coba Mylea ini..

  15. Waktu baru melahirkan juga saya sempat terkaget-kaget dengan banyaknya kerontokan di rambut saya. Tapi, katanya itu normal. Makanya sempat nyantai lagi. Eh, sekarang tetap aja masih lumayan banyak rontoknya. Saya harus cobain Mylea!

  16. Syukurlah ternyata kerontokanku nggak parah, soalnya nggak sampai 100 helai/hari. Hehe
    Jadi hamil dan melahirkan ngefek ke rambut juga ya? Baru tahu aku.

  17. KU pernah pakai shampoo mylea waktu dulu agak susah dicari tapi di century pasti ada, wangi nya juga enak

  18. Aku ngalamin juga yg namanya rontok setelah melahirkan. Its was so terrible. Btw, jdi kepo sama mylea ini…..

  19. Menjaga biar kulit kepala sehat memang susah – susah gampang ya mba. Tapi jadi pengen coba produk ini untuk rambut dan kulit kepala aku yang cenderung kering.

  20. Bingung rambutku termasuk apa ya, sepertinya antara porous dan rusak nih.
    Aku dari dulu rontok sih, tapi karena megar bak singa jadi gak pernah terlihat menipis :’)

  21. Aku butuh banget nih produk ini. Bener mom, semenjak melahirkan rambut rontok makin parah. Hiks. Mana ada turunan sulah. Makinlah keliatan botaknya. Saaadd

  22. Rambut rontok memang paling nggak nyaman banget mbak. Aku pernah ngalamin rontok parah banget after melahirkan. Sampai capek gonta ganti sampo. Pas beberapa bulan lalu coba mylea ini alhamdulilah sedikit berkurang. Love banget deh sama produk ini

  23. Mylea hair tonic udah lama banget jadi andalanku, dari jaman kuliah dan sampe punya anak 2 ga kepingin ganti. Cocok banget di kulit kepalaku, ngilangin ketombe, lepek & gatal2

  24. Udah nyoba shampoo ini semingguan ini dan lumayan rambut jd lbh halus rasanya. Kalau soal rontok ntr review lg, yg pasti rambut jd lbh mudah disisir, yg aku rasakan 😀

  25. Aku juga punya permasalahan yang sama rambut yang rapuh dan rontok jadi kepengen juga nyobain produk ini siapa tahu bisa mengatasi masalah rambut aku

  26. iya nihhh aering banget pusing klo liat rambut rontok dan sampe sekarang meski ga separah dulu tapi tetep aja gimanaaa gitu.. kapan2 ikut nyoba mylea ah moga2 cocok

  27. Bisa untuk ketombe juga yah ternyata? Bagus nih mylea, rambutku juga karena berhijab jadi lebih cepet berminyak dan gatel 🙁

  28. keren banget reviewnya lengkappo. jadi paham.. bagus juga ya produk satu ini ternyata..thankyouu kak❤️

  29. note banget nih mom fara, aku punya amsalah ketombe yang dari dulu susah diilangin. mungkin karena tertutup selalu. mylea bisa jadi aku coba ini rangkaian buat ketombenya.

  30. Pas buat saya nih yang rambutnya rontok sampai sekarang
    Suka kesal kalau habis mandi trus sisiran eh rambutnya rontok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.