Family, Health, How To, Products, Tips

#AksiFlashBunda dalam Mengobati Luka Lebam atau Memar

Punya anak balita laki-laki itu rasanya… deg-deg ser! Dikit dikit naik kursi, dikit dikit manjat sofa, dikit dikit berdiri di meja 😂 Orang tua saya (yang hanya memiliki 2 anak perempuan yang cukup kalem) kalau melihat tingkah lakunya Rio, rasanya mau jantungan hahaha. Setiap 30 detik pasti ada kata-kata jangan, Rio, awas, dan turun yang terlontar.

Rasanya susah untuk tidak setuju dengan quotes ini dari Erma Bombeck, yaitu

With boys, you always know where you stand. Right in the path of a hurricane.

Yap, dengan segala tingkah laku dan energinya, having a toddler boy has it own ups and downs.

Dalam kurang lebih sebulan lagi, Rio akan menginjak umur 2 tahun. Umur 2 tahun tentu bukan bayi lagi (yang berkali-kali dia tegaskan dengan kata Tidak ketika ditanya). Di fase setelah 1000 Hari Pertama Kehidupan ini, his exploring senses really does take off. Rio sekarang lebih mandiri dan senang bereksplorasi.

Baca Perkembangan Anak Tanggap yang Lengkap, Starts Here!

#AksiFlashBunda dalam Mengobati Luka Lebam atau Memar
Rio lagi senang bereksplorasi

Tentu sebagai Ibu yang baik, saya mau Rio tetap bereksplorasi dengan bebas, tanpa khawatir dia akan jatuh dan terluka. Tapi apakah impian itu terwujud setiap hari? Oh tentu tidak. Ada saja kejadian dimana Rio jatuh atau kejeduk *sigh*

Menurut mom365.com, salah satu dari 10 hal yang perlu kita ketahui tentang balita laki-laki adalah mereka kadang overestimate kemampuan mereka. Secara umum, anak laki-laki memiliki dorongan fisik dan juga memiliki kecenderungan ke arah impulsif. Alias kadang suka tidak kira-kira hahaha. Makanya lebih banyak anak laki-laki yang mengalami cedera dibandingkan anak perempuan.

#AksiFlashBunda dalam Mengobati Luka Lebam atau Memar
Yak bebas manjat sana sini hahahaha

Saya suka sedih kalau setelah bermain bersama Rio, muncul luka dalam alias luka memar dan luka lebam. Abisnya kalau berkunjung ke rumah Akung Utinya, Ibunya yang kena marah HAHAHA. “Kok bisa sih jatuh? Kasian amat memarnya kok gede?” sudah menjadi kalimat yang sangat familiar di telinga.

Memang apa yang menyebabkan luka dalam?

Luka dalam atau memar atau lebam adalah hasil dari pecahnya pembuluh darah kapiler dibawah kulit. Hal ini disebabkan oleh benturan dengan benda tumpul. Sebut saja dinding, lantai, pintu, kursi, lemari, dan kawan-kawannya (dalam pengalaman Rio hehe).

Saat pembuluh darah pecah, maka darah akan menyebar ke jaringan sekitar dan mengakibatkan timbulnya rasa nyeri. Kemudian warna kulit berubah deh.

Baca Kiat Menjaga Anak Tetap Sehat di 1000 Hari Pertama Kehidupan

Bagaimana menyembuhkan luka dalam?

Cepat atau lambatnya penyembuhan luka memar atau lebam tergantung dari seberapa parah benturan yang terjadi dan di mana letak luka berada. Yang bisa dipantau adalah perubahan warna luka memar, yang bisa menandakan proses penyembuhannya.

#AksiFlashBunda dalam Mengobati Luka Lebam atau Memar

Secara berurutan adalah :

  1. Merah – Sesaat setelah terbentur, kulit akan terlihat memerah. Bagian tubuh yang terbentur menjadi sedikit bengkak dan terasa nyeri ketika disentuh.
  2. Kebiruan hingga ungu gelap (H+1 hingga H+2) – Perubahan warna disebabkan oleh minimnya asupan oksigen dan juga pembengkakan di area sekitar memar. Akibatnya, hemoglobin yang berwarna merah akan berubah menjadi biru.
  3. Hijau pucat (H+6) – Hal ini menandakan bahwa hemoglobin yang terdapat dalam darah mulai terurai dan proses penyembuhan sedang berlangsung.
  4. Kuning kecokelatan, kuning pucat atau cokelat muda (H+7) – Tahap akhir dari proses penyembuhan memar. Memar tidak akan berubah warna lagi, melainkan menghilang secara perlahan dan kembali ke warna asli kulit.

Ternyata cukup lama ya untuk menyembuhkan luka dalam. Butuh kurang lebih seminggu, and if you are lucky, maybe less.

Bagaimana cara mengobati luka lebam atau luka memar?

Ada beberapa hal yang dikatakan bisa mempercepat proses penyembuhan luka memar. Beberapa hal ini sudah saya lakukan ketika Rio terbentur. Yang pertama adalah untuk kompres dengan es. Menurut alodokter.com, suhu dingin akan meredakan proses pembengkakan dan peradangan. Selain itu, es juga membantu meminimalkan jumlah darah yang keluar dari pembuluh darah kecil ke jaringan sekitar.

#AksiFlashBunda dalam Mengobati Luka Lebam atau Memar

Caranya sangat mudah yaitu dengan membungkus es dengan handuk terlebih dahulu. Kemudian kompres luka memar selama 20 sampai 30 menit. Tapi realitanya, karena saya punya balita, boro-boro mengompres sampai 20 menit. Kompres es selama 10 menit saja sudah untuk hehehe. Oleh karena itu, saya hanya kompres secukupnya dan tunggu sejenak.

Cara lainnya yang lebih praktis adalah untuk menggunakan obat salep atau gel yang mengandung heparin. Heparin bekerja dengan cara melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit akibat memar, membantu mengurangi peradangan, serta melancarkan peredaran darah untuk mempercepat penyembuhan. Saya biasanya mengoleskan obat ini beberapa jam setelah dikompres dengan es.

#AksiFlashBunda dalam Mengobati Luka Lebam atau Memar

#AksiFlashBunda dalam Mengobati Luka Lebam atau Memar

Heparin ini ternyata di ekstrak dari mucosa hewan, yaitu porcine yang berasal dari mucosa babi dan bocine yang berasal dari mucosa sapi. Nah kebetulan di Indonesia sudah ada obat gel Thromboflash yang mengandung Heparin yang berasal dari mucosa sapi dan sudah memiliki sertifikasi halal MUI. Yeay!

Thromboflash, Sahabat Keluarga yang Ga Takut Lebam

Thromboflash adalah obat untuk luka dalam/memar/lebam (kategori produk anti thrombosis/anti coagulant). Bahan aktifnya adalah heparin sodium 200 IU. Selain memiliki heparin yang berasal dari mucosa sapi (bovine), Thromboflash juga sudah bersertifikasi halal sehingga aman dan nyaman untuk digunakan. Tidak usah menebak-nebak lagi kan heparinnya datang dari mana. Hal ini juga berfungsi untuk melindungi konsumen dari memakai bahan yang beberapa kalangan tidak boleh memakai.

#AksiFlashBunda dalam Mengobati Luka Lebam atau Memar

Thromboflash wajib ada di kotak P3K karena merupakan salah satu solusi untuk meredakan luka lebam atau luka memar. Praktis juga untuk dibawa kemana-mana karena tersedia dalam ukuran 10 gram dan 20 gram. Gelnya juga tidak lengket sehingga nyaman ketika diaplikasikan. Cara mengaplikasikannya cukup mudah, yaitu oles tipis-tipis pada bagian yang terdapat lebam atau memar sehingga sembuh. Jadi memang harus rutin ya diaplikasikannya.

#AksiFlashBunda dalam Mengobati Luka Lebam atau Memar #AksiFlashBunda dalam Mengobati Luka Lebam atau Memar

Oiya, penting juga untuk biasakan membaca keterangan obat di luar kemasan maupun di halaman keterangan. Obat yang mengandung heparin ini dilarang diaplikasikan pada luka yang terbuka ya seperti pada luka berdarah. Thromboflash hanya digunakan untuk luka dalam.

Harga (belum termasuk PPN) untuk masing-masing ukuran Thromboflash dimulai dari :

  • 10 gr : Rp.28,000
  • 20 gr : Rp.40,000

Dengan adanya obat gel mengandung heparin yang halal ini, saya menjadi lebih tenang dalam mengatasi hasil dari tingkah laku Rio sehari-hari. Selain bisa menyembuhkan luka dalam, Thromboflash juga aman dan nyaman untuk digunakan. ❤

Baca Keseruan Family Playdate Ibu Ibu Kota Hujan

#AksiFlashBunda dalam Mengobati Luka Lebam atau Memar

Oiya, pas banget nih Rio sedang ada luka memar di bagian pipinya karena jatuh menabrak kursi 😓 Nanti akan saya update lagi bagaimana hasilnya setelah memakai Thromboflash ya 🙂

 

 

 

You may also like...

1 Comment

  1. Gayanya ya si kecil ini hahaha. Hati hati ya kalau sering sering lebam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.