Family, How To, Places, Review

Membuat Kartu Identitas Anak – KIA di MPP Kota Bogor

Last Updated on September 7, 2021

Hello hello! Kembali lagi di blog post tentang pengurusan administrasi keluarga hehehe. Kalau dulu banget sempat menulis tentang cara membuat KK baru di Kota Bogor setelah anak pertama lahir, nah sekarang saya akan menceritakan proses saya membuat kartu identitas anak / KIA di MPP Kota Bogor.

Kenapa Membuat Kartu Identitas Anak (KIA)?

KIA atau Kartu Identitas Anak adalah tanda pengenal untuk Warga Negara Indonesia berumur 17 tahun kebawah. Selama belum punya KTP, maka KIA lah yang digunakan. KIA ini baru ada di tahun 2016, sehingga waktu Rio lahir di awal 2017, masih  belum banyak yang membuat.

Awalnya saya tidak langsung mendaftar karena banyak kendala, ya biasalah. Dari blanko susah (waktu itu KTP saja memakan waktu 1.5 tahun untuk hadir kembali dalam bentuk kartu HAHAHA) sampai masalah pengambilan yang dilempar-lempar. Jadinya dipending dulu.

Bitmoji Image

Fast forward to 2021. Rio mau masuk TK A. Ternyata salah satu syarat untuk mendaftar ke TK-nya adalah memiliki KIA. Kenapa? Karena harus didaftarkan ke Dinas Pendidikan setempat. Oooh, baik. Langsunglah saya urus pembuatan KIA.

Tapi bagaimana caranya saat pandemi ini? Untung tinggal di Kota Bogor yang memiliki Disdukcapil online yang update plus Mall Pelayanan Publik atau MPP Kota Bogor yang merupakan one stop service center. Alhamdulillah! Tapi saya memilih untuk ke MPP sih karena sekalian mau urus pajak mobil hehe.

Baca   Cara Perpanjangan STNK 5 Tahunan di Bogor

Membuat KIA di MPP Kota Bogor

Karena masa pandemi, jadi jadwal buka MPP Kota Bogor sangat terbatas. Bisa dilihat di sosial medianya ya untuk jadwal yang update. Tapi lebih baik  langsung download aplikasinya, karena bisa melihat jadwal booking yang tersedia.

Iya, kita harus booking terlebih dahulu. Jadi go show atau langsung datang dan dilayani, tidak bisa kecuali nanti ya kita download app dan booking di depan lokasi hahaha. Sama aja kan, mending download dan booking jauh-jauh hari. Suka sih prosedur ini karena mementingkan keamanan dan kesehatan bersama 🙂

Mendaftar & Booking Jadwal Via Aplikasi MPP Kota Bogor

Cukup mudah untuk booking jadwal via aplikasi MPP Kota Bogor. Tinggal buka aplikasinya dan pilih jenis layanan apa yang kita inginkan. Ini tuh ada semua loh disini mulai dari pembayaran PBB, PDAM, Disdukcapil, Samsat hingga KUA hahaha. Bisa nikah juga disini. Mantap.

APlikasi MPP KOta Bogor Membuat Kartu Identitas Anak - KIA di MPP Kota Bogor

Setelah memilih layanan Pembuatan KIA Disdukcapil, saya langsung memilih tanggal dan waktu. Lalu akan muncul nomor antrian. Begitupula dengan layanan Samsat. Karena saya daftar di waktu yang sama, jadi nanti saya ajak adik saya untuk membantu. Suka berabe kalau dipanggilnya barengan hahaha. Bolak-balik~

APlikasi MPP KOta Bogor Membuat Kartu Identitas Anak - KIA di MPP Kota Bogor

APlikasi MPP KOta Bogor Membuat Kartu Identitas Anak - KIA di MPP Kota Bogor

Untuk perlengkapan berkas, sudah dijelaskan di aplikasi ya. Jadi kita tinggal bawa yang sesuai keterangan. Jika ada form yang harus diisi, nanti diberikan linknya. Pokoknya ikuti saja keterangan dan ketentuan masing-masing jenis layanan di app. Insya Allah nanti akan lebih mudah.

Membuat Kartu Identitas Anak - KIA di MPP Kota Bogor

Datang ke Lokasi

Pada tanggal yang disetujui, yaitu tanggal 10 Maret 2021, kami datang ke lokasi MPP Kota Bogor yang terletak di Lippo Plaza Keboen Raya (ex. Internusa). Lokasinya ada di lantai Ground yaa, pokoknya masuk dari pintu samping (yang menghadap Taman Malabar) dan lurus aja. Ketemu deh MPP.

Saat saya datang, waktu menunjukkan pukul 10.50. Pas banget waktu masuk hahaha. Memang sukanya yang on time begini. 😆 Kami disuruh antri (iya saya datang bersama dengan Rio dan adik saya) untuk menunggu waktunya diperbolehkan masuk bersama dengan batch waktu 11.00-12.00 lainnya.

Antri masuk MPP Kota Bogor

Sekitar jam 11.00 lewat dikit, kami dipersilakan masuk. Sebelum masuk, kami dicheck dulu suhu dan dicheck secara manual kode bookingnya (alias cuman diliatin saja). Ketika masuk, di sebelah kanan dan kiri ada mesin scan untuk mengescan barcode kita. Nanti ada pemandu yang membantu kok.

APlikasi MPP KOta Bogor Membuat Kartu Identitas Anak - KIA di MPP Kota Bogor

Setelah scan barcode, kami mendapatkan nomor urut dan diarahkan ke area loket. FYI MPP ini panjaaang loh dan banyak loket layanan disini. Tapi karena terbatas jumlah orang yang bisa masuk, jadi lowong dan lega. Kita tinggal duduk-duduk santai aja di sofa super empuk yang ada. Mana ACnya adem lagi, ahhh superb!

Silakan liat videonya yang ini yaa yang sebelum pandemi, super nyaman kan. Apalagi saat pandemi begini. Sepiii sekali.

Proses Pembuatan KIA di Disdukcapil MPP Kota Bogor

Saya menunggu di bagian Disdukcapil MPP Kota Bogor. Memang ada 2 orang yang mengantri sebelum saya. Ya wajar sih karena Disdukcapil ini menjadi salah satu layanan yang selalu kita butuhkan kan. Setelah sabar menunggu sekitar 15 menit (dan sempat melipir ke loket KPP Pratama juga nanyain NPWP istri wkwk), akhirnya dipanggil juga.

Membuat Kartu Identitas Anak - KIA di MPP Kota Bogor Disdukcapil

Oiya, saya membawa berkas berupa :

  1. Kartu Keluarga & fotokopinya
  2. Akte Kelahiran & fotokopinya
  3. Buku nikah & fotokopinya (ini jaga-jaga sih)
  4. Kalau untuk anak diatas 5 tahun, wajib bawa foto sendiri. Dibawah itu masih tidak pakai foto.

Setelah dipanggil, saya memberitau bahwa saya ingin mendaftar untuk membuat Kartu Identitas Anak atau KIA untuk anak 4 tahun. Semua berkas diberikan dan akan dibantu petugas untuk mengisi form.

Membuat Kartu Identitas Anak - KIA di MPP Kota Bogor
Rio ikutan juga karena penasaran hihi
MPP KOta Bogor saat pandemi
Kondisi saat pandemi yang sepi…

Ditawarkan dibuat dengan menggunakan foto, karena nanti pas 5 tahun akan ganti lagi memakai foto. Karena saya tidak bawa foto Rio, dan butuh KIA cepat, saya bilangnya tidak apa-apa, nanti tahun depan balik lagi hehehe.

Di aplikasi sih bilangnya 1 hari jadi. Saat saya tanya kapan bisa diambil, disuruh nunggu oleh petugas karena SELESAI DALAM WAKTU 15 MENIT SAJA DONG. Hahaha iya beneran!

Membuat Kartu Identitas Anak - KIA di MPP Kota Bogor

Bikin KIA semudah itu di MPP Kota Bogor. Masukkan berkas, petugas check kelengkapan data, cetak kartu. Bayarnya berapa? GRATIS. Cuman bayar parkir (yang ternyata gratis juga! Jadi hari itu benar-benar tidak keluar uang sepeserpun!).

Saat saya tanya petugasnya, apakah bisa untuk ganti KK dan daftar KIA anak kedua (karena waktu itu lagi hamil gede ya), dia bilang bisa. Bisa jadi dalam sehari juga. Yes alhamdulillah, dipermudah banget ya sekarang. Ga usah kesana kemari, berbelit-belit lagi kaya waktu dulu bikin KK itu. Nanti kita coba~

Baca   Cara Membuat Kartu Keluarga (KK) Baru di Bogor

Ternyata adik saya juga lebih cepat membayar pajak STNK di loket Samsat hehehe. Jadinya pas KIA sudah jadi, kita pulang deh. What a nice experience! Tidak lama, tidak ribet, tidak mengeluarkan uang alias GRATIS dan bagus tempatnya. Nyaman juga untuk ibu hamil gede hehehe.

Membuat Kartu Identitas Anak - KIA di MPP Kota Bogor
Mohon maaf Rio duduknya… -____-“

Sekian pengalaman membuat Kartu Identitas Anak / KIA di MPP Kota Bogor. Ternyata semudah dan secepat itu. Gratis pula! Kalau kalian ada pengalaman mengurus ini itu di MPP kah? Yuk share di kolom komentar di bawah ini.

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.