Health, How To, Tips

Ingin Cek Tagihan BPJS Bulan Ini? Ini Caranya!

Hello semua! Kita semua pasti tidak asing dengan layanan kesehatan dari BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan). Layanan asuransi yang diwajibkan pemerintah beberapa tahun lalu tersebut tergolong populer dan banyak diminati masyarakat. Bagaimana tidak? Asuransi kesehatan dari pemerintah ini memberlakukan biaya premi bulanan yang jauh lebih murah dari asuransi biasa. Jadi cukup terjangkau kan ya.

Untuk meningkatkan layanan dan membuat pengguna BPJS Kesehatan semakin nyaman, setiap tahunnya, pemerintah senantiasa melakukan inovasi. Di antara berbagai bentuk terobosan tersebut adalah dengan menambah jumlah rumah sakit swasta yang bekerja sama dengan BPJS, dan meningkatkan sistem pembayaran yang sudah ada.

Baca Tips Menjalani Papsmear Pertama dengan BPJS 

Dibandingkan asuransi swasta, sistem pembayaran dan cara cek tagihan BPJS juga tergolong lebih mudah. Bagi yang belum tau, kita ternyata memiliki banyak pilihan tempat pembayaran premi bulanan BPJS, di antaranya:

1. Kantor BPJS Kesehatan

Ingin Cek Tagihan BPJS Bulan Ini? Ini Caranya!
Kantor BPJS – www.djangkarubumi.com

Bagi yang tinggal di dekat kantor BPJS, membayar premi bulanan melalui kantor BPJS langsung merupakan salah satu langkah cerdas. Dengan membayar langsung ke kantornya, kita tidak perlu repot-repot antri dan menghabiskan waktu seharian di luar rumah.

2. ATM BRI, BNI, atau Mandiri

Ingin Cek Tagihan BPJS Bulan Ini? Ini Caranya!
ATM – pixabay.com

Untuk kita yang seharian sibuk bekerja sehingga tidak ada waktu untuk mendatangi kantor BPJS langsung, membayar melalui ATM merupakan salah satu solusi tepat. Dengan catatan, pembayaran BPJS melalui ATM sendiri hanya bisa dilakukan di ATM bank BNI, BRI, atau Mandiri loh ya.

3. Kantor Pos

Ingin Cek Tagihan BPJS Bulan Ini? Ini Caranya!
Kantor Pos – pos.indonesia.blogspot.com

Bagi yang tinggal di daerah atau lokasi terpencil yang jauh dari kota dan mesin ATM, pemerintah telah bekerja sama dengan kantor pos dalam menyediakan layanan bayar premi BPJS melalui kantor pos secara mudah. Jadi meskipun tinggal di desa kecil, kita tetap bisa memenuhi kewajiban dan menikmati layanan kesehatan dari BPJS.

4. Minimarket

Ingin Cek Tagihan BPJS Bulan Ini? Ini Caranya!
pembayaran – pixabay.com

Selain melalui kantor BPJS, kantor pos, dan mesin ATM, pembayaran premi bulanan ternyata juga bisa dilakukan melalui minimarket terdekat seperti Indomaret atau Alfamart. Sekalian belanja deh hehehe.

5. Situs Pembayaran Online

Ingin Cek Tagihan BPJS Bulan Ini? Ini Caranya!
Situs Pembayaran – pixabay.com

Nah ini nih yang sering saya gunakan. Karena saya mayoritas tidak bisa keluar rumah, jadi ini paling simple! Saat ini ada banyak sekali situs multi payment yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Traveloka. Tentunya kita juga bisa cek tagihan BPJS melalui situs Traveloka.com atau bisa langsung klik link https://www.traveloka.com/bill-payment/bpjs/cek-tagihan ya. Serunya, situs ini bisa kita akses dari PC maupun smartphone. Jadi kapanpun dan di manapun berada, kita tetap bisa memenuhi kewajiban membayar premi BPJS setiap bulannya. Ga mau kan ya sampai telat bayar.

Baca List Perlengkapan Persiapan Melahirkan ala Faradila Danasworo Putri


Sebelum memilih memutuskan membayar di mana, lebih baik cek tagihan BPJS terlebih dahulu agar mendapatkan nominal pembayaran yang tepat. Praktis banget bagi orang pelupa seperti saya. Nah, kita bisa mencek tagihan BPJS melalui beberapa cara, yaitu:

Melalui Situs Pembayaran Online

Cara online lain untuk cek tagihan BPJS adalah dengan mengakses situs pembayaran yang saat ini makin banyak jumlahnya. Cukup dengan memasukkan informasi seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan) atau nomor kartu BPJS, kita bisa mendapatkan rincian pembayaran secara lengkap.

Salah satu situs pembayaran online yang bisa diakses adalah Traveloka. Selain cek tagihan BPJS di Traveloka, kita juga bisa mendapatkan berbagai informasi menarik terkait BPJS. Lengkap!

Melalui Website Resmi

Untuk mengetahui tagihan BPJS bulan ini, kita bisa masuk ke situs resmi perusahaan asuransi ini yang beralamat di bpjs-kesehatan.go.id. Caranya pun cukup mudah:

  • Pertama klik menu “Cek Pembayaran Iuran” pada halaman utama situs.
  • Selanjutnya di layar PC akan muncul dua kolom yang terdiri dari nomor kartu dan tanggal lahir pemegang kartu BPJS. Masukkan data yang miliki secara sesuai tanpa kurang satu huruf atau angka pun.
  • Setelah kolom diisi, ketikkan angka validasi yang tertera di layar. Selanjutnya klik “Cek,” dan rincian pembayaran akan muncul.

Pada layar tersebut akan muncul rincian iuran yang telah dibayarkan bulan lalu dan tagihan yang akan datang.

Melalui SMS Gateway

Selain melalui PC cek tagihan BPJS juga bisa dilakukan melalui telepon seluler. Untuk info tagihan melalui ponsel, kita bisa mengetik SMS dengan format:

Tagihan<spasi>Nomor Kartu BPJS

lalu kirim ke nomor 087775500400. Setelah menunggu beberapa saat biasanya kita akan mendapatkan sms balasan yang berisi rincian tagihan bulanan berikut denda (jika ada) yang harus dibayarkan. Selain menggunakan nomor kartu BPJS, kita juga bisa memasukkan NIK atau Nomor Induk Pegawai yang dimiliki.

Baca Cara Membuat Kartu Keluarga (KK) Baru di Bogor

Entah melalui PC, smartphone, atau secara offline, setiap layanan terkait BPJS disiapkan pemerintah pasti bertujuan untuk memudahkan setiap peserta asuransi. Selamat mencoba metode pembayaran yang telah disebutkan diatas ya! Apapun pilihannya, pastikan kita selalu cermat dalam memilih layanan cek tagihan BPJS atau pembayaran premi yang tepat. Nah pembaca disini lebih suka bayar via metode apa? Silahkan tinggalkan ceritamu di kolom komentar 🙂

You may also like...

2 Comments

  1. idmhdsdk says:

    bpjs kesehatan semakin mudah ya untuk masyarakat. thank you gan. nice info

    1. Faradila D. Putri says:

      Iyaa ternyata makin gampang. Semoga selalu tersedia program-program terbaiknya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.