Entertainment, How To, K-POP, Music, Shopping, Tips

Tips Membeli atau PO Album K-Pop

Hello hellooo! Akhirnya bisa nulis santai (tapi berfaedah ya semoga hihi) di blog. Sekarang, saya akan menulis tentang tips membeli atau PO album K-Pop karena tau sendiri pada tanggal 21 nanti bakal keluar album barunya BTS *internally scraming – aaaaahhhhh*.

Jadi dari pengalaman mencari seller untuk PO album-lah saya membuat postingan ini hehehe. Karena jujur baru pertama kali PO album. Iya pre-order, dimana albumnya harus menunggu dulu dan ga ready stock. Mana tracklist, MV title track sama judul title tracknya aja belum keluar HAHAHA. Ahh, the things I do for BTS (iya Mom Indomy garis keras wkwk).

BacaΒ Barang-Barang yang Sering Dicari & Dibeli K-popers

PO MOTS 7 BTS Tips Membeli atau PO Album K-Pop
Courtesy of Twitter

Jadi postingan ini memang secara khusus dibuat untuk PO Map Of The Soul 7 BTS, tapi kalau mau mencoba beli album dari seller atau mencoba PO juga boleh ngikutin tips dan penjelasannya di bawah ini. So let’s get reading!


1. Mencari Tau Kapan Album Rilis

Jadi step pertama untuk membeli album, tentu adalah mengetahui kapan album rilis. Apakah harus pre-order dulu? Atau sudah tersedia ready stock? Atau malah ada special limited edition? Tentu dengan berbekal informasi ini terlebih dahulu, mencari album lebih gampang.

Oiya penting banget untuk mengetahui apa yang kita dapatkan di dalam album dan berapa harga resminya hahaha. Jadi ya biar ga ketipu sama seller yang mencoba jual dengan printilan yang lebih sedikit, ataupun menjual dengan harga yang terlalu tinggi. Menjual dengan harga terlalu murah juga perlu curiga sih. Masaaaa bisa beli dan dapat untung. Waspada penipuan.

PO MOTS 7 BTS Tips Membeli atau PO Album K-Pop
Courtesy of Big Hit Entertainment

2. Mencari Seller yang Tepat

Biasanya kalau ready stock, kita bisa mendapatkannya dengan lebih cepat. Bahkan ada beberapa seller dalam negeri yang sudah memiliki albumnya. Ini jauh lebih gampang karena sudah banyak seller dan channel penjualan yang tersedia. Yang jelas, pastikan trusted yaaa.

Naah, kalau masih PO, kalian memang harus beli via situs atau toko resmi (untuk Korea bisa via Weply, Aladdin, Yes24, Synnara, dkk) agar bisa kehitung chart. Kalaupun ada seller dalam negeri yang jual, mereka juga kadang menerapkan sistem group order (biar ongkir murah). Jadi yaa nyampainya juga tergantung kapan dikirim dari luar negeri plus perlu waktu dikirim ke rumah masing-masing juga.

Tips Membeli atau PO Album K-Pop
Courtesy of Pixabay

Kadang beberapa seller juga ngasih bonus free unofficial merchandise, alias si seller nih udah bikin merchandise sendiri dan dijadiin bonus. Lumayaan waktu beli MOTS: Persona, dapet sheetmask dan gantungan kunci RJ wkwk. Ada juga yang nanti ngadain GA untuk para pembeli. Pokoknya beragam deh. Yang pasti cari yang ada testimoninya. Testimoni positif tentu.

Nanti dibawah saya kasih link ke dokumen untuk melist potential seller dan memilih mana yang sesua yaa. Iya, saya pakai itu untuk menentukan seller mana yang cocok di hati (dan kantong HAHAHA).

3. Mencari Harga yang Cocok

Balik lagi soal harga, penting banget untuk tau harga dasar album. Jadi biar ga nemu seller yang overpriced atau yang underpriced. Biar ga ketipu dan biar ga merasa rugi gitu wkwkwk.

Tips Membeli atau PO Album K-Pop
Courtesy of Pixabay

Kalau mencari seller via twitter (biasanya banyaak yang nawarin/menjual album K-Pop), ada beberapa istilah yang harus kalian perhatikan. Ini saya juga baru belajar pas mencari album MOTS 7 hihi. Jadi ada beberapa istilah :

  • SITUS RESMI (Weply, Aladdin, Yes24, Synnara, dkk) – ini pembelian langsung dari situs resmi yang mencatat pembelian untuk masuk ke chart. Beli dari sini, juga kadang dapat free gift dari situs resmi. Sebenarnya bisa dibeli sendiri sih, cuman beberapa seller memang mematok harga yang lebih murah, karena ongkos kirim banyak album kalau dibagi akan lebih murah daripada ongkos kirim 1 album saja. Oiya di Indonesia, PO MOTS 7 udah resmi dilakukan TOKOPEDIA loh, cuss meluncur!
  • OFFLINE STORE – pembelian di toko offline. Masuk ke chart. Lucky kalau dapat diskon hehe. Kaya di Target Amerika ada diskon buy 2 get 1 untuk si album MOTS 7 ini LUCKYY!
  • FANSITE – pembelian dari fansite atau situs fans sebuah idol. Biasanya fansite membeli dalam jumlah banyak dari situs resmi/offline store untuk mengikuti fansign (liat dibawah) atau untuk mendapatkan photocard (salah satu printilan album yang dapat dikoleksi). Jadi beli dari fansite biasanya lebih murah karena biasanya unsealed (lihat dibawah) namun tidak terhitung di chart. Kan kehitung di chartnya pas dibeli sama fansite, pas kita beli ga kehitung karena ya belinya di fansite
  • FANSIGN – kegiatan signing album yang biasanya terjadi setelah artis merilis album. Nah biasanya fansite atau perorangan membeli album dalam jumlah banyak untuk bisa mengikuti fansign ini. Album sisa akan dire-sale dengan harga yang lebih murah. Nyampainya juga lebih lama dari pembelian di offline dan situs resmi. Ga masuk chart juga ya kalau beli dari fansign, karena kehitungnya pembelian offline atau situs resmi.
  • SEALED – album masih terbungkus plastik. Alias masih baru dan belum dibuka.
  • UNSEALED – Album sudah dibuka, biasanya dilakukan oleh seller fansite, fansign atau seller yang ingin barter photocard. Kelengkapan isinya berbeda-beda tergantung seller. Kalau ingin album dengan photocard tertentu, biasanya pilih yang unsealed karena bisa ketauan siapa yang kita pilih hehe. Harganya biasanya lebih rendah dari yang sealed
  • ALBUM ONLY – Kalau ini biasanya cuman ada album atau photobook saja. Printilan lain sudah diambil atau dijual lagi sama seller. Harganya bisa jauuuh dibawah album biasa. Tapi kalau mau koleksi bolehlah ambil ini πŸ˜€
  • EMS + TAX – Harga ongkir dari luar negeri dan juga pajaknya setelah masuk ke Indonesia. Jangan lupa bea cukai sudah menerapkan ketentuan pajak barang impor terbaru yaaa. Dicheck dulu dan jangan kaget kalau diminta duit lagi saat paket dari luar negeri sampai. Katanya sih bisa check harganya di aplikasi Mobile Beacukai ini, sekalian tracking.
  • HC/HANDCARRY – Ini biasanya yang dilakukan oleh jastip, yaitu handcarry atau membawanya sendiri di bagasi via pesawat. Ini tidak kena tax, tapi sangat tergantung seller kapan balik lagi ke Indonesia dan berapa album yang bisa dibawa. Harganya bisa lebih murah atau lebih mahal. Biasanya slot terbatas

Biasanya harga antar seller bisa sangat bervariasi, jadi silakan cari tau dan tanya tanya dulu ya sebelum fix. Saya kemarin menemukan beberapa seller dan akhirnya menggunakan tabel dibawah untuk mencari seller yang PO album dengan benefit dan harga yang worth it.

BacaΒ Belajar Langkah Awal Financial Planning Bersama FUNancial

Tips Membeli atau PO Album K-Pop
Courtesy of Pixabay

Ada beberapa hal yang jadi pertimbangan penting bagi saya sendiri saat memilih album, yaitu :

  1. Harga – tentu HAHAHA
  2. Terhitung chart resmi atau tidak?
  3. ETA (Estimated Time of Arrival) Album – saya pilih yang paling cepet sampai sih, hopefully wkwk
  4. Domisili – makin deket ke saya, ongkir makin murah kan ya?
  5. Punya marketplace online? – Biar ngurangin tipu tipu~
  6. Bonus – apa dapat gift dari situs resmi dan poster? Apa seller ngasih gift lagi?

Silakan download dan digunakan untuk pembelian album di masa yang akan datang yaa.

πŸ“‹ FORM PERBANDINGAN SELLER ALBUM πŸ“‹


Tips Penting Lain Saat Membeli atau PO Album Korea

Beberapa tips dari saya tentang membeli atau PO album Korea adalah :

  • Baca dengan teliti. Biasanya seller sudah memberitahu harga, kelengkapan, bonus serta metode pengiriman. Kalau masih kurang jelas, silakan bertanya. Konsumen juga berhak tau syarat dan ketentuan secara jelas.
  • Kalau udah ngerasa ga nyaman atau aneh dengan pelayanan seller ke customer, trust your instinct. Ga usah jadi deh, daripada nanti ga nyaman.
  • Liat rekening untuk pembayaran. Apakah punya rekening bank resmi selain dompet elektronik (OVO, Gopay, DANA, dll)? Biasanya lebih aman kalau ada rekening bank resmi. Kalau pakai dompet elektronik kan kadang ga jelas yang punya siapa, modal nomer HP ajaa. Just in case.
  • Tanya apakah mereka punya akun marketplace online untuk pelunasan atau free ongkir? Untuk mengurangi tipu-tipu dan lumayan kan yaaaa ongkir gratissss hahahaha
  • Jika memang butuh sistem cicil, tanyakan ketentuannya. Biasanya seller ada ketentuan sendiri untuk yang sistem cicil. Kalau nggak ada, cari yang lain atau pakai marketplace online. But from my perspective, if you can’t afford the album, don’t push buying it.
  • Tanyakan bonus, apakah dapat gift resmi atau apalah? Bagi yang koleksi, kan lumayan hahaha.
  • Tanyakan ada group chat atau nggak? Enakan sih ada, jadi bisa berkumpul dengan sesama buyer dan bisa saling koordinasi dengan cepat kalau ada masalah. Semoga sih ga ada yaaa.

BacaΒ Kiat Investasi untuk Keluarga Muda

Sekian dari saya tentang tips membeli atau PO album K-Pop. Semoga bermanfaat yaaa. Pokoknya stay safe dan stay alert ketika melakukan transaksi online. Ada yang punya tips lainnya? Silakan tulis di bagian komentar ya πŸ™‚

RELATED POST

15 Comments

  1. Wah BTS ini memang deh yaaa efeknya luar biasa, padahal harga albumnya juga bisa dibilang nggak murah. Saya sampai pusing sendiri waktu dititipkan keponakan untuk dibelikan beberapa pcs album mereka. Padahal baru bulan lalu keponakan minta carikan merchandise yang BTS ft. Starbucks πŸ˜‚

    Semoga pesanan mba cepat sampainya yaaa πŸ˜„

  2. Waah BTS ini efeknya memang luar biasa yaaa, padahal harganya juga bisa dibilang nggak murah. Baru kemarin keponakan saya minta dibelikan albumnya, sampai pusing saya karena nggak terbiasa beli album begituan. Padahal baru bulan lalu minta dicarikan BTS ft. Starbucks πŸ˜‚ berharap BTS nggak sering-sering keluarkan album dan perintilannya yaaa hehehehe *malah curhat*

    By the way, semoga pesanan mba cepat datang πŸ˜„

  3. Kalau beli dari Korea langsung kira-kira ongkirnya brp ya? Adikku nih yg suka nonton beginian πŸ˜‚πŸ˜‚ bisa buat referensi dia ntar

  4. Kalau saya hanya sedikit mengikuti K Pop terutama BTS, tapi murid saya kalau sudah ngobrol tentang BTS wiuuhh riuhnya minta ampun hahaha…
    Bisa juga nih info buat mereka hahaha

  5. Wewww jadi tau nih cara pembelian album KPop yang aman. Wah baru tau nih Mba, ada yang sealed sama unsealed. Ada pula yang album only. Kayaknya penggemar K-Pop ini luar biasa banget ya.. ngefans nya sampe ke tulang.. 😍

  6. Wah … Kakak ini penggemar KPop hingga semua hapal albumnya dan cara pembeliannya yang aman. Setelah baca tulisan ini jadi tahu deh… sealed & unsealed

  7. Bukan hanya hp atau produk lain, ya album musik juga harus pre-order untuk didapatkan. Pasti happy banget ya bisa dapat album artis kesayangan ❀️

  8. Saya yang tidak mengenal KPop jadi nambah informasi seputar dunia ini hehehe. Terimakasih Mbak. Kalau harus pee order berarti bisnis lagu ini masih banyak diminati ya. Gak kaya jaman dulu banyak saja kaset bajakan

  9. Sungguh saya kudet ama per KPopan hahaha.
    Sampai BTS saya kira Buku Teknik Sipil, atau sekilas kek BTS nya provider gitu hahahahaha

    Tapi kayaknya saya kudu lebih mau familier lagi, sebelum anak saya beranjak gede terus jadi tahu banyak hal termasuk KPOP πŸ˜€

  10. Wah, anak gadisku nih yang suka begini. Beli album KPOP. Tapi kayaknya dia masih belom tahu banyak soal beli PO. Kudu rekomendasikan tulisan ini deh ke dia.

  11. Aku belum pernah beli album kpop mba. Tapi baru ngeh teryata ada beberapa cara yang bisa kita lakukan ya ma πŸ™‚

  12. Kamu jadi beli yang versi mana? Di Tokopedia ada juga ya. Banyak yg bilang dia telat buka PO nya karena para penggemar udah terlanjur PO di tempat lain.

  13. Aku ga pernah sih beli album kpop hehe tapi sepupuku suka koleksi juga, dia pecinta kpop banget

  14. Awalnya aku jg pgn beli. Tp krn bentuknya CD, aku urungkan mbak. Ga pny playernya. Salut sih perjuangan ARMY😁✌

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.