Finance, Health, Technology

Cara Mudah Mendapatkan Asuransi Kesehatan untuk Penyakit Kritis

Menurut saya, memiliki asuransi kesehatan merupakan hal yang penting. Hal ini sangat terasa ketika saya sudah memiliki anak dan suami. Tentu kita tidak ingin ya hal-hal buruk terjadi kepada diri sendiri ya, terutama terserang penyakit. Namun apa yang terjadi jika the worst actually starts to happen? Tentu kita memerlukan asuransi kesehatan, terutama asuransi kesehatan untuk penyakit kritis.

Pengalaman Menghadapi Penyakit Kritis

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang diselenggarakan pada tahun 2018 mengatakan bahwa risiko masyarakat Indonesia terkena penyakit kritis, semakin lama semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari gaya hidup masyarakat yang memang kurang banyak bergerak dan berolahraga, kurang konsumsi buah dan sayur serta merokok. Beberapa penyakit kritis di Indonesia yang sering kita jumpai diantaranya adalah serangan jantung, stroke dan kanker.

Cara Mudah Mendapatkan Asuransi Kesehatan untuk Penyakit Kritis
Courtesy of Pixabay

Keluarga saya sendiri dulu sempat berjuang melawan serangan stroke yang diderita oleh Akung atau kakek saya. Masih teringat betapa kagetnya kita semua bahwa Akung tiba-tiba saja jatuh dan tidak bisa menggerakan setengah tubuhnya. It was very devastating.

Penyakit stroke merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di Indonesia. Stroke dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian jika tidak ditangani dengan tepat. Oleh karena itu, pada saat Akung terkena stroke, Beliau langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Sekian banyak biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan dan juga terapi, hingga dapat membaik hampir seperti sedia kala. 

Selain Akung, saya sendiri juga mengalami keadaan dimana kedua orang tua mengidap kondisi kesehatan yang cukup membuat cemas. Bapak saya sempat terkena gagal ginjal dan Mama saya sempat menderita tumor otak. Haduh, jangan ditanya stressnya seperti apa. Stress banget! Dan kedua hal itu terjadi ketika saya masih ada dibangku SMA hingga kuliah. 

Alhamdulillah, Bapak dan Ibu saya sekarang sudah sembuh dan sehat wal afiat. Namun dalam melewati proses penyembuhan itu tentu banyak tenaga, biaya dan waktu yang harus dikorbankan. Kita juga sangat terbantu dengan adanya asuransi. Ada banyak hal-hal yang dicover oleh asuransi, yang jika kita mengeluarkan biaya sendiri untuk hal tersebut, malah akan membuat kondisi keuangan keluarga menjadi susah.

Baca Tips Menjalani Papsmear – Metode Deteksi Dini Kanker Serviks

Cara Mudah Mendapatkan Asuransi Kesehatan untuk Penyakit Kritis
Courtesy of Pixabay

Sekian banyak rawat inap, rawat jalan, visit dokter dan juga pembelian obat yang alhamdulillah tercover oleh asuransi yang orang tua saya miliki. Alhamdulilllah juga, saya dan adik saya pun tidak memiliki hambatan untuk terus menuntut ilmu. Meskipun dulu sempat ngedown, namun Bapak Mama tetap terus meyakinkan bahwa keadaan masih kondusif dan kita berdua harus mampu mengejar ilmu sampai beres.

Hal ini yang membuat saya waspada terhadap kondisi kesehatan saya dan juga semakin aware dengan pentingnya memiliki asuransi jiwa dan kesehatan yang bagus. Mempunyai proteksi berupa asuransi menjadi poin penting yang harus ada di dalam keluarga. Bayangkan apa yang akan dialami keluarga ketika saya jatuh sakit? Tentu saya tidak ingin membuat anggota keluarga tambah susah kan ya, terutama jika menyangkut masa depan anak. 

Baca Belajar Langkah Awal Financial Planning 

Cara Mudah Mendapatkan Asuransi Kesehatan untuk Penyakit Kritis

Memilih Asuransi Kesehatan

Dalam memilih asuransi kesehatan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti besarnya perlindungan, jenis perlindungan dan juga besarnya premi. Jujur, saya sendiri juga baru membina keluarga kurang lebih 3 tahun dan ketiga poin itu sangat penting untuk diperhatikan, terutama bagian premi ya hehehe. 

Oiya, bagi yang masih bingung, terdapat perbedaan antara asuransi jiwa dengan asuransi kesehatan ya. Asuransi Jiwa adalah asuransi yang bertujuan menanggung orang terhadap kerugian finansial tak terduga yang disebabkan karena meninggalnya terlalu cepat atau hidupnya terlalu lama. Sementara asuransi kesehatan adalah jenis produk asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan para anggota asuransi tersebut jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan.

Cara Mudah Mendapatkan Asuransi Kesehatan untuk Penyakit Kritis
Courtesy of Pixabay

Setelah membaca dan mencari info, ternyata ada Asuransi Astra Life yang dapat kita #atursendiri, yaitu asuransi jiwa fleksibel yang bernama Flexi Life. Kita cukup bayar sesuai risiko saat ini atau usia saat mendaftar dan satu polis berlaku seumur hidup. Durasi masa berlaku juga sepanjang 1 tahun dan bisa di renew setiap tahun. Perlindungan yang diberikan juga hingga 5M tanpa check medis. Oiya, pembeliannya bisa dilakukan secara online 😀

Kalau masih bingung dengan konsep #atursendiri, konsep tersebut adalah kita bisa menentukan sendiri uang pertanggungan dan preminya. Jadi kita bisa menyesuaikan pembayaran premi dengan kemampuan, misalnya bulan ini bayar Rp 500.000,-/bulan namun karena bulan depan harus keluar uang banyak untuk masuk sekolah, jadi bisa menurunkan premi jadi Rp 200.000,-.  

Selain asuransi jiwa, terdapat juga asuransi kesehatan khusus yang memproteksi kita dari penyakit kritis, yaitu Flexi CI (Critical Illness). Flexi Critical Illness adalah asuransi penyakit kritis yang dirancang sesuai kebutuhan dan tetap bisa diatur sendiri. Perlindungan yang ditawarkan adalah perlindungan atas 3+1 penyakit kritis yaitu stroke, jantung, kanker tahap lanjut dan kanker tahap awal dengan nilai perlindungan hingga 2 Miliar tanpa cek medis.

Baca Melawan Penyakit Diabetes dan Pre-diabetes

Asuransi Astralife

Beberapa keunggulan Flexi CI oleh Astra Life adalah : 

  • Perlindungan untuk penyakit kritis utama yang sering terjadi di Indonesia, yakni stroke, serangan jantung dan kanker mulai dari kanker tahap awal.
  •  50% (lima puluh persen) dari uang pertanggungan akan dibayarkan saat terdiagnosa kanker tahap awal, membantu kamu dan keluarga memiliki dana untuk melakukan pengobatan dan melawan kanker.
  • Nilai perlindungan hingga Rp 2 miliar, tanpa perlu cek medis, dan 100% online.
  • Lebih murah dari harga segelas kopi yang diminum per hari. Premi efisien karena dihitung berdasarkan risiko setiap tahun – sehingga harga premi berbeda-beda setiap orangnya.
  • Komitmen tahunan dan otomatis diperpanjang sesuai kebutuhanmu hingga usia 85 tahun. Tidak perlu repot mendaftar ulang setiap tahunnya.

Pengalaman Membeli Premi Asuransi Kesehatan Online

Awalnya penasaran kan dengan premi yang lebih murah daripada harga ngopi ngopi cantik. Saya pun jadi tertarik dan ingin membuktikannya sendiri. Belum lagi ternyata asuransi penyakit kritis ini bisa dibeli secara online. Jadi saya, yang sebagai ibu rumah tangga, tidak perlu repot repot mengunjungi kantor Astra Life. Cukup dari rumah saja, praktis ya 😀

Saya mengunjungi situs https://ilovelife.co.id/ dan memilih bagian Health untuk membeli polis Flexi CI. Ternyata, saya bisa mendapatkan polis asuransi kesehatan dalam waktu 15 menit saja! Ya bisa lebih lama dan cepat tergantung koneksi internet sih hehehe. Namun ini termasuk cepat karena 100% semuanya online! Polis yang didapat juga bisa langsung dibayar dan didapatkan secara elektronik via email. 

Bagaimana cara mudah membeli premi asuransi Flexi CI? Silakan baca langkah-langkahnya dibawah ini ya. 

1. Buka situs https://ilovelife.co.id/products/product-critical-illnes/1694 dan pilih Cek Sekarang. Iya ada Mas Hamish di cover, jangan terlalu lama terpesona ya hahaha.

Asuransi Astralife

2. Klik ayo mulai dan isi pertanyaan iya/tidak seputar kesehatan.

Asuransi Astra Astralife

3. Hitung premi dengan mengisi kolom pertanyaan, termasuk tanggal lahir, berat badan, tinggi badan dan uang pertanggungan yang diinginkan.

Asuransi Astra Astralife

4. Pilih kapan ingin melakukan pembayaran premi. Bisa bulanan atau tahunan, ya lebih murah tahunan sih karena akan dipotong 2 bulan kalau membayar tahunan.

5. Tada! Muncul premi saya sebesar Rp. 239.000,- untuk tahun ini. Cukup murah kan yaaa, sebulannya tidak sampai Rp. 20.000,-! Kalau beli kopi bisa berapa ya sebulan hm hm hmmmm…

Asuransi Astra Astralife

6. Lalu lengkapi data diri dan upload foto KTP.

Asuransi Astra AstralifeAsuransi Astra Astralife

7. Akan muncul rincian premi asuransi kesehatan yang akan kita beli. Kalau sudah oke, jangan lupa baca syarat dan ketentuan lalu klik Bayar.

Asuransi Astra AstralifeAsuransi Astra Astralife

Asuransi Astra Astralife

8. Pilih jenis pembayaran yang ingin dilakukan, klik Bayar.

Asuransi Astra Astralife

Polis dapat langsung dibayar dan kemudian akan dikirimkan secara elektronik via email. Oiya, bagi yang punya promo atau referal, jangan lupa klik tombol kado di bagian kiri bawah ya. Silakan pakai kode BLOGFARADILA11 jika kalian ingin membeli baik Flexi Life maupun Flexi CI di web Astra Life. Lumayan loh potongannya bagi yang mencari asuransi kesehatan untuk penyakit kritis.

Ternyata cukup mudah ya cara untuk mendapatkan asuransi kesehatan, terutama asuransi kesehatan untuk penyakit kritis seperti produk Flexi CI. Dengan premi yang terjangkau dan layanan online yang mumpuni, kita dapat memberikan proteksi terhadap diri sendiri dan juga keluarga di masa depan. Ada yang sudah punya asuransi kesehatan juga kah? Share your thoughts in the comments below. Semoga tulisan ini bermanfaat ya ☺ Thanks for reading!

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.