Family, Products, Tips

Bersama Melindungi Kesehatan Anak Pasca Masa Menyusui

Tidak terasa bahwa sebentar lagi Rio akan berumur 3 tahun. Tidak terasa juga sudah lebih dari 1 tahun saya mulai melindungi kesehatan anak pasca masa menyusui. Iya, Rio termasuk yang menyapih lebih awal. Tepatnya menjelang umur 18 bulan.

Kok bisa? Bagaimana awalnya? Nursing strike lah awal Rio menyapih sendiri. Yap, dia tiba-tiba tidak mau menyusui langsung ke saya huhuhu. Padahal udah satu setengah tahun dia direct breastfeeding langsung. Tiba-tiba dia tidak mau nyusu aja. Huhuhuhu, I feel like the most unwanted mom.

Baca Tips Meningkatkan Mood dan Produktivitas Ibu Rumah Tangga ala Faradila

Berbagai Judgement Karena Nursing Strike

Dapet judgement dari sekitar? Tentu!

Kok bisa sih ga nyusuin sampai 2 tahun?
Emang ASI kamu kenapa? Kok tiba-tiba ga enak?

The guilt and the pressure is definitely real. Saya sendiri yang merasa bersalah huhuhu. Sampai berbagai cara sudah dilakukan, termasuk pumping. Eh, hasil pumping pun ditolak. Makin down aja kan yaa. Kalau biasanya proses menyapih, anaknya yang nangis-nangis. Untuk kasus saya, saya sendiri yang nangis-nangis huhuhuhu. Anaknya sih senang senang sajaaa~

Bersama Melindungi Kesehatan Anak Pasca Masa Menyusui
Rio saat mulai menyapih sendiri

Berkunjung ke konselor laktasi pun dilakukan. Setelah konsultasi cukup lama dan mengamati perilaku Rio, alhasil saya mendapatkan pencerahan bahwa memang sudah waktunya Rio berhenti menyusui. Karena dia sudah banyak memakan MPASI (Rio lebih senang makan rupanya) dan semenjak umur setahun, sudah tidak bangun untuk menyusui di malam hari.

Klinik Laktasi PMI Bogor
Mengunjungi klinik laktasi di PMI Bogor

Maka saya yang harus berdamai dengan diri sendiri. Harus legowo menerima bahwa Rio tidak butuh ASI dari saya. Sedih sih tapi ya harus melihat sisi positifnya, yaitu tidak usah menyapih. Kan Rio sudah bisa stop sendiri hihihi. Setelah baca-baca juga, memang kalau berhenti menyusui setelah umur 1 tahun itu sangat normal. There is nothing wrong with that and, of course, I should follow the child *ala the Montessori way hehehe*

Melindungi Kesehatan Anak Setelah Fase Menyusui

Tentu ada perbedaan yang saya rasakan sebelum dan sesudah Rio berhenti menyusui. Pada bulan-bulan pertama, kita selalu berkunjung ke dokter anak hahaha. Yap, ternyata daya tahan tubuhnya menurun karena tidak mendapatkan supply antibodi yang terdapat di ASI. Tidak seperti saat bayi baru lahir dan langsung mendapatkan ASI.

Baca Ibu Hamil & Menyusui, Kalian Luar Biasa!

Bitmoji Image

Alhasil saya memutuskan bahwa saya harus tetap melindungi kesehatan Rio. Pertama dari kandungan nutrisinya, dimana dianjurkan untuk menggantikan asupan susunya dengan susu UHT ataupun formula. Kedua, dari sisi higienitasnya, dimana saya harus memperhatikan kebersihan dari alat makan, botol susu, tempat minum dan juga mainan.  Pokoknya produk bayi yang aman dan bersih itu wajib hukumnya.

Untuk nutrisi tambahan, memang sebaiknya konsul ke dokter anak masing-masing. Sehingga kasus saya ini tidak bisa saya patok rata untuk semuanya. Ada beberapa hal yang disampaikan oleh dokter dan juga konselor adalah :

  1. Jika mampu memberikan ASI perah, silakan dilanjutkan dengan ASI perah .
  2. Jika ASI juga tetap ditolak, maka bisa diganti susu UHT atau susu formula, sesuai dengan kebutuhan. Asal tidak lebih dari 500 ml per hari.
  3. Jangan lupa menambahkan multivitamin atau tambahan zat besi agar asupan mikronutrient, vitamin dan mineral tercukupi.

Baca Anak Ibu Millennial Butuh Gizi Maksimal – Food For Kids Indonesia

Menjaga Kebersihan Perlengkapan Bayi dan Anak

Menjaga kebersihan berbagai perlengkapan termasuk alat makan, botol susu, tempat minum dan juga mainan sangat penting. Semuanya harus dibersihkan secara menyeluruh. Beruntung semenjak Rio bayi, saya menggunakan Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi untuk segala kebutuhan membersihkan perlengkapan dan peralatan bayi.

Sleek Baby Pembersih Botol

Meskipun sudah besar, namun saya tetap membiasakan menggunakan Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi ini untuk mencuci alat makan dan minum. Because honestly, I like how it feels hehehe. Apalagi banyak alat makan dan minum Rio yang terbuat dari plastik. Kalau tidak dibersihkan secara tuntas, maka peralatan makan masih bau dan juga masih licin. Duh, ga berani deh memberikan makanan di alat makan tersebut kalau tidak bersih secara tuntas.

Sembari mengajarkan Rio untuk mencuci piring dan bertangung jawab membersihkan alat makan plus minumnya, saya menjadi ingat bahwa Sleek Baby ini yang menemani saya bersama melindungi Rio sejak bayi hihi. Akhirnya kenalan juga dengan pembersih botol yang wanginya fresh, harum dan juga membersihan perlengkapan bayi secara resik.

Bersama Melindungi Kesehatan Anak Pasca Masa Menyusui

Bersama Melindungi Kesehatan Anak Pasca Masa Menyusui

Oiya, saya juga menggunakan Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi ini untuk membesihkan mainan seperti teether dan sebagainya yang beresiko untuk masuk mulut Rio hahaha. Alhamdulillah Sleek Baby sudah Food Grade, jadi tidak khawatir lagi akan kualitasnya untuk perlengkapan bayi dan anak.

Improved Formula Pembersih Botol Sleek Baby

Untuk menjaga dan memberikan 1000 Hari Perlindungan, Sleek Baby Pembersih Botol hadir dengan improved formula, lengkap dengan 8 Proteksi sebagai pilihan terbaik untuk si kecil.

Sleek Baby Pembersih Botol

Delapan proteksi tersebut adalah :

  1. Food Grade
  2. Natural Anti Bacterial
  3. Stain Removal
  4. Hypoallergenic
  5. Dermatologically Tested
  6. Microbiological Tested
  7. High Quality Concentrate
  8. Paraben Free

Hadir pula dengan kemasan yang lebih kecil, sehingga dapat dengan mudah dibawa traveling (meskipun ukurannya belum cabin friendly yaa masih diatas 100 ml). Sehingga, meskipun kita sedang berpergian, higienitas peralatan bayi dan anak selalu terjaga. Akhir tahun nanti, tentu Sleek Baby selalu ada di list barang yang wajib dibawa liburan, yeay!

Baca Tips Membawa Balita Naik Kereta Api

Sleek Baby Pembersih Botol

Sleek Baby Pembersih Botol dengan 8 Proteksi ini bisa didapatkan di Kino Official Store di Shopee. Jadi bagi ibu baru yang belum bisa mobile keluar rumah, tentu hal ini memudahkan kita yaaa. Tinggal click click, beli, dan tunggu barang di rumah untuk mendapatkan perlindungan bagi bayi dan anak kita. Psst, ternyata ada bundle khusus Sleek Baby Pembersih Botol dengan Phillip Avent looh yang bisa diperoleh di Shopee!  Untuk informasi lebih lanjut, bisa mengunjungi Facebook dan Instagram Sleek Baby.

Semoga kita selalu bisa bersama melindungi kesehatan anak, terutama di pasca masa menyusui ya. Bersama Melindungi tercipta atas kerjasama Sleek Baby Bersama Philip Avent dan Shopee. #SleekBaby #SleekBabyAlamiMelindungi #BersamaMelindungi #SleekBaby8Protection #1000HariPertama #PerlengkapanBayi #ProdukBayi #BayiBaruLahir #PembersihBotol

Bersama Melindungi Kesehatan Anak Pasca Masa Menyusui

RELATED POST

54 Comments

  1. Waaah rio anak pintar 😀
    Sudah tau kalau mau besar jadi gak mau mimik ASI lagi . Eh tapi kalo aku jadi mbak faradila, misal (misal) jadi ibu.. pasti juga sedih sih karena eh kok kayak unwanted mom. Huhu.
    Untung sudah lewat ya mbaaa,semoga rio dan ibunyaaa sehat selalu..

    Ga keras juga sebagai onti online, yang dulu liat rio masih bayi di IG sekarang udah mau 3 tahun. Like really ? Time flieees 😀

  2. Pilihan aku waktu anak-anak masih kecil nih produk sleek ini buat pembersih botol susu dan perlengkapan anak.

  3. Emang ya anakku juga saat masih menyusui jarang banget sakit, paling sumeng Pasca imunisasi. Dan bener penting menjaga peralatan makan termasuk juga mainan sih supaya dibersihkan secara berkala.

  4. Melindungi kesehatan anak sejak dini memang dianjurkan pula dr perlengkapannya ya mbak..
    Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi ini jadi solusi untuk setiap ibu pastinya!

  5. Aku juga mempercayakan kebersihan 1000 hari pertama anak dengan sleek baby yang memiliki 8proteksi.
    Jadi aman dan tenang banget Mba..

  6. Visya Al Biruni says:

    Barakallah Rio yg udah mau 3 tahun. Betul banget mom. Menjaga kebersihan peralatan makan anak penting pake banget. Karena ngefek banget ke kesehatan anak. Jangan sampai bakteei kuman masuknya lewat peralatan makan minum anak

  7. Kebersihan peralatan makan si kecil juga mempengaruhi kesehatan penceranaan si kecil ya mom.

  8. Huah Rio meringankan tugas mamahnya nih ga ada drama menyapih dong ya mba, aku justru deg2an 3 bulan lagi anakku 24 bln bisa ga yah hehe btw aku juga pake sleek terbukti aman

  9. Dulu saat anak anak masih minum asip dan mpasi, aku selalu cuci peralatannya pake sleek..
    Biar lebih higenis

  10. Sleek ini andalan banget jadi sabun antibakteri buat perlengkapan anak. Dulu waktu anakku masih bayi juga pakai Sleek ini mbak, enak banget.. bau susu segala macam cepet ilangnya, detergennya juga enak banget buat cuci pakaian. Sleek terdebest pokoknya :))

  11. Fenni Bungsu says:

    Ya Allah tetep aja yah ada yang judgement aneh, padahal yang tahu kondisi adalah yang mengalami. Syukurlah mbak Faraputri bisa melaluinya, karena yang penting kesehatan dan tumbuh kembang Rio yang optimal

  12. kalo peralatan makan dan minum bayi bersih kita jadi tenang ya mbak… bakteri dan kuman itu nggak keliatan… yang paling gampang sik mencium dari baunya..

  13. Dulu saat anakku kecil blum ada nih Sleek sekarang sudah lebih aman ya alat makan anak jadi bisa lebih steril dari bakteri2 dengan memakai Sleek pembersih

  14. Masyaallah pinter banget De Rio… jadi gk ada drama susah disapih dll. Saya sekarang malah deg2an nanti nyapih anak Gimana, soalnya lagi nempel-nempelnya Sama ‘nenen’.

    Sleek memang produk yg bgus, suka Sama wanginya. Gk bikin bau perabotan anak.

  15. Jadi ingat si Kakak waktu hamil adiknya sempat nolak nyusu , akhirnya terpaksa saya kasih sufor karena produksi ASI saya saat itu seret banget. Dan memang ya kalau anak sudah bersentuhan dengan susu selain ASI harus dijaga benar kebersihan botol susunya.

  16. Rio pinter amat sih menyapih sendiri 🙂 aku nggak mengalami proses menyapih dil karena asiku berenti sendiri di bulan ke 3 hahahaa sedih ya 🙁

  17. jadi ikutan nostalgia nih tentang menyapih, kalo dulu anak yang pertama gampang banget cara menyapihnya trus anak kedua rada susah mungkin karena anak cowok kali ya

  18. Kalau semuanya bersih dan bebas kuman kita pun jadi tenang yaaa mba.. Kids will enjoy that as well

  19. Kakak Rio pinter banget ya.. biasanya ibu yang menyapih anak karena sudah 2 tahun. Tapi ini kakak Rio malah bisa berenti sendiri.. makin pinter lagi kalo makannya doyan jadi pengganti ASI kan..

  20. Saya apalagi hanya menyusui 3 bulan. Suka di judge kadang ama sodara ini itu. Sedih rasanya

  21. Saya banget nih
    Tiba tiba anak ngga mau ASI lagi
    Sedih 🙁
    Beruntung banget Fara menggunakan product Sleek ya
    Karena Sleek ngerti kebutuhan anak dan Ibu

  22. Pokoknya kebersihan alat makan dan sekitarnya itu super penting ya, Mbak. Apalagi pas masa-masa disapih kayak gini. Kadang ada aja dramanya hihiii.

  23. aku jugaaa mom dari anak aku yang pertamaa sudah cinta samaa sleek,udah coba yg lain eh balik lagi cintanya ke sleek. karena bersih banget kalo udah di cuci dg sleek

  24. Makasih mba atas ulasanya aku jadi tau nih. Dan bener ya sleek baby sangat membatu ibu banget nih

  25. Bahkan sampai sekarang saya masih menggunakan Sleek untuk peralatan makan minum anak loh, udah percaya aja biar bebas bakteri.

  26. wah bener juga ya setelah tak memberikan ASI salah satu menjaga kesehatan anak dengan mencuci bersih peralatan makannya supaya gak ada bakteri nakal yang nempel. Ponakan juga pakai sleek buat mencuci peralatan makannya, keknya emang favorit ibu-ibu sleek mah, hihi.

  27. Bener banget ini kebersihan itu penting apalagi bakal memberi pengaruh besar untuk kesehatan anak

  28. Sebel banget ya yang komen momshaming soal menyusui gitu, dikira kita gak usaha apa. Dulu juga aku produksi asinya gak kaya orang lain mba yang bisa nyetok ASIP berbotol-botol di kulkas. Tapi, toh aku tetep usaha pumping. Daaan, si Sleek memang ampuh untuk bersihin botol ASIP dari bau dan lemak susu.

    1. Iya Mbak apalagi new mom, saya juga ngerasain itu waktu awal-awal menyusui, banyak komentar yang bikin sakit hati tapi untungnya masa-masa itu udah berlalu.

      Btw produk seperti sleek ini memang ampuh banget ya membersihkan peralatan baby. Jadi gak perlu pusing lagi cari2 sabun cuci yang bagus untuk mencuci botol bayi karena udah ada sleek yang recommended

  29. Yaps, kebersihan penting banget. Apalagi di usia Rio yang lagi pinter2nya bereksplorasi ini.

  30. Yayah Rochayah says:

    Pintar sekali Rio, menyapih diri sendiri. Jadinya Mamanya gak repot ga perlu drama. Cuma, sebagai ibu pasti ada rasa gimana…gitu ya Mbak kalau anak menolak ASI. Kayak anakku yg pertama pun dulu gitu.

  31. Saya juga dulu pakai sleek buat nyuci botol susu dan perlengkapan makan dan minum si kakak, soalnya dia pernah kecolongan masuk RS gara-gara muntaber, sedih banget deh.
    Jadinya saya lebih ngeh lagi terhadap kebersihan perlengkapannya.
    Mainannya juga, khususnya pada fase dia suka ngemutin apapun 🙂

  32. Aku saat ini masih asi dan mpasi sufor juga apalagi buat perabot baby senang ya ada sleek

  33. Pasti sedih banget ya bila karena sesuatu hal tidak bisa memberi ASI pada buah hati, sehingga anak diberi susu formula atau UHT. Tapi masih banyak hal yang dapat kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

  34. Dulu, saat anak anak masih minum asip dan mpasi, saya juga selalu mencuci perlatan makannya dgn sleek.
    Biar lebih higenis

  35. Kupernah pakai sleek disaat mencuci botol susu anak saya

  36. Wah, mau mandiri ini. Minum dan maem sendiri..benar bun, menjaga kesehatan balita dimulai dengan menjaga kesehatan pencernaannya. Memakai sleek salah satu cara untuk memastikan peralatan makannya bersih dan aman dipakai.

  37. Saat Fahmi bayi, mencuci botol susunya saya juga pakai cairan Sleek. Sekarang meski sudah SD saya masih pakai Sleek juga untuk mencuci botol minum dan tempat makannya

  38. kalau peralatan makan minum maupun mainan bayi bersih, sebagai orang tuanya jadi lebih tenang ya. Karena kebersihan peralatan makan minum akan ngaruh juga ke pencernaannya

  39. Hi Rio yang ganteng dan sholih … Wah, udah gede ya jadi nggak minum ASI lagi. Nggak papa, kok, tetap mamam yang banyak dan rajin minum susu, yaaa.

    Terharu banget deh lihat Rio temenin mama ikutan cuci peralatan makan pakai Sleek. Jadi bisa dipakai lagi tanpa bau, bersih, dan nggak licin.

    Selalu selalu ya, Nak …

  40. Anak saya pertama juga belum 2 tahun, mendadak ASI saya mampettt mbak, padahal di awal menyusui juga sempat struggling karena gak keluar-keluar. Nah, anak kedua, saking lancarnya, sampai perjuangan buat nyapihnya 😀

  41. Sleek emang bagus ya buat mmebersikhkan.perlengkapan bayi, kandungan detergent g tinggi dengan wangi yg lqembut, ga nyengat.

    Saat anak msh bayi ssys juga pakai kok karena lebih hygienis.

  42. Nyuci peralatan makan, teether, dot, sampai nyuci pakaian bayi pakai sleek. Bersih, steril, dan ramah lingkungan.

  43. Sleek Baby andalan koe! Paling seneng kalau bersihin bekas susu tuh gak pakai lama. Nodanya cepat luntur dan tangan juga tetap lembut

  44. Sleek udah paling baik pokonya dalam hal membersihkan perlengkapan si Kecil. Selain higienis juga food grade pastinya.

  45. Alhamdulillah ada perlindungan perawatan ya Mba Fara.
    Jadi terlindungi kesehatan anak dan bunda nggak khawatir lagi
    sleek baby andalan banget, aku share ke tante-tante yang ada anak bayik ah

  46. Tetap semangat ya Bunda Rio. Saya juga pernah mengalami anak yang tiba-tinba nggak mau menyusui karena waktu itu saya masuk RS, dan akhirnya ASI harus diperas dan masuk botol buat bayi saya di rumah.
    Setelah 3 hari di RS, si kecil tak lagi mau menyusui karena sudah keenakan pakai botol. Sempat stres dan meras worst Mom. Soal waktu itu si kecil juga masih hitungan hari/ minggu umurnya.

    Namun, Alhamdulillahnya, perjuangan saya untuk tetap bisa menyusui berhasil. Saya menemukan cara agar bayi saya teteap menyusui. Yaitu dengan cara digendong. Ya sudahlah tak apa.. yang penting tetap menyusui yaa. (ini berlangsung selama kurleb 1,5 bulan.. lalu menyusui duduk atau sambil tiduran).

  47. Ya Allah, Rio.. kamu kok lucu banget 😍❤️
    Ilmu baru nih buat saya mbak, kalau2 nanti saya juga punya anak, selain memperhatikan asupan nutrisinya, juga memperhatikan ke higienis an perlengkapan yg digunakan juga agar kesehatan si kecil tetap terjaga 😊

  48. Kak Rio pinter banget sih, tau apa yang dimau sejak bayi hihi…emang setiap bayi beda2 yaa jadi stop comparing mom 🙂

  49. Aku sepakat kalo kebersihan peralatan makan juga penting selain gizi dari makannaya itu sendiri. Apalagi masa masa lepas ASI itu banyak banget yang dimauin dimakan anak.

  50. Sepertinya pilihan pembersih yang tepat untuk peralatan bayi saya nanti sleek ya mba. Banyak proteksinya. Sekarang saya lagi nunggu proses melahirkan, mohon doanya ya mba.

  51. sempet juga ngalami anakku ga mau nyusu tapi sebentar waktu itu. tapi ternyata ada yang benar-benar berhenti ya. aku baru tahu ini. bener-bener nice info

  52. Walau ASI nya nggak nyampe 2 tahun, yang penting adeknya tetap sehat ya dek.. Jauh dari sakit yang membuat khawatir ibu.

  53. Hai, Rio anak sholih. Pinter banget anaknya bun. Sleek ini dulu juga menjadi andalan anak saya yang pertama Bun. Jadi teman setia soal kebersihan alatnya si kecil. Juara pokoknya.

    Buat Anak Ganteng Rio, sehat-sehat terus ya, Nak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.