Thoughts, Travel

Traveling Lebih Asik dengan Naik Kereta Api

Tidak terasa ya sebentar lagi sudah akhir tahun, padahal rasanya baru kemarin tahun baru hehehe. Time flies! Anyway, sudah punya rencana liburan akhir tahun ini mau kemana? Biasanya kalau traveling, pada suka naik transportasi apa? Sekarang sudah cukup banyak yang suka naik kereta api. Selain banyak sekali keseruan yang bisa dirasakan, tiketnya juga sangat terjangkau. Kalau ga percaya, coba cek aja sendiri daftar harga tiket kereta api di Traveloka.

Selain dua hal datas, ternyata masih banyak lagi keseruan traveling naik kereta api. Beberapa alasannya akan saya tuliskan dibawah ini yaa. Hayoo pada setuju ga?

BacaΒ Tips Membawa Balita Naik Kereta Api

1. Terhindar dari Macet

Traveling menggunakan kereta api pastinya membuat kamu terhindar dari macet. karena kereta api merupakan prioritas utama di jalan raya. Pasti rasanya sangat jengkel bukan, saat kita menempuh perjalanan jauh, waktu yang begitu berharga harus terbuang sia sia karena macet. Apalagi kalau lagi bawa anak bayi, senewennya jadi double! Rasa capeknya juga pasti jadi double.

Belum lagi kalau macetnya parah banget, waktu perjalanan bisa menjadi dua bahkan tiga kali lipat. Kalau naik kereta api, kemungkinan kecil kita akan kena macet. Yaa punya jalurnya sendiri juga sih hehehe, jadinya lebih hemat waktu.

Tips Mudah Membeli Tiket Kereta Api Online
Courtesy of Pixabay

2. Membuat Pikiran Tenang

Keuntungan lain traveling menggunakan kereta api adalah sepanjang perjalanan, pikiran kita bisa menjadi tenang, rileks, dan nyaman. Penyebabnya karena kecepatan kereta api itu selalu berjalan konstan di atas rel, hal ini meminimalkan goncangan pada kereta sehingga perjalanan terasa sangat nyaman.

Jika kamu naik kereta bersama pasangan kamu, pasti ada kesan romantis banget. Uti Akung saya juga kenalannya di kereta api loh hihi *jadi cerita*. Meskipun begitu, sendirian juga asik loh. Apalagi kalau jalur kereta api kebanyakan melewati sawah-sawah dan hutan, tinggal putar musik favorit, lalu nikmati deh pemandangan yang indah dari jendela.

BacaΒ 5 Rekomendasi Playlist di Spotify

Traveling Lebih Asik dengan Naik Kereta Api
Courtesy of Pixabay

3. Relatif Minim Kecelakaan

Hal yang paling utama dalam sebuah perjalanan adalah keselamatan. Salah satu keuntungan naik kereta api adalah kereta api cukup relatif minim kecelakaan. Kereta api merupakan transportasi teraman setelah pesawat. Tingkat kecelakaan kereta api juga sangat rendah, jadi tak perlu takut untuk naik kereta api ya.

4. Bisa Mondar-mandir

Keuntungan lain traveling menggunakan kereta api adalah saat dalam perjalanan, kita bisa mondar mandir kesana kemari. Such a plus if you bring a bored toddler wkwkwk.

Gerbong kereta api itu luas banget, dan semuanya saling terhubung. Jadi kalau sudah merasa pegal karena terlalu lama duduk atau anak sudah agak rewel, kita bisa berjalan jalan mengitari setiap gerbong.

Jangan khawatir tempat duduk akan diambil oleh orang lain, karena setiap tiket sudah memiliki nomor tempat duduknya masing-masing. FYI kalau mau jalan-jalan di gerbong kereta harus hati-hati ya. Jangan sampai lupa duduknya dimana hihi.

5. Tepat Waktu

Kereta api adalah salah satu transportasi yang tepat waktu. Saat ini manajemen dan pelayanan kereta api sudah semakin baik. Seluruh kereta pada umumnya tepat waktu semua. Karena kalau satu kereta api saja tidak tepat waktu, maka akan berpengaruh terhadap kereta lainnya. Kalau ingin naik kereta api, kita juga harus tepat waktu ya. Kalau kamu terlambat, pasti kamu akan ditinggal. Jadi berantakan deh jadwal liburan huhu.

BacaΒ Pengalaman Mudik Naik Kereta Bangunkarta

Traveling Lebih Asik dengan Naik Kereta Api

6. Fasilitas Lengkap

Kereta api menyediakan fasilitas yang menunjang kenyamanan penumpangnya. Fasilitas seperti toilet, tempat sholat, dan tempat makan disediakan di kereta api. Jadi tidak perlu khawatir jika saat di perjalanan kamu ingin ke kamar mandi, karena di setiap gerbong kereta disediakan toilet.

Jika kita ingin beribadah, kereta api juga menyediakan musholla. Kalau lapar, pastinya kereta api menyediakan berbagai makanan yang bisa dinikmati. Waktu mudik dan berangkat dari Gambir, saya juga bisa membeli Hokben di dalam kereta hehehe. Asyik banget kan.

Suasana di dalam kereta api

Pokoknya traveling naik kereta api itu cukup asik, mudah dan tentunya murah. Buat kalian yang belum pernah traveling naik kereta api, liburan kali ini harus coba yaa hehehe. Semoga semakin banyak jalur kereta api yang direvitalisasi dan dibuat di Indonesia πŸ˜€

RELATED POST

2 Comments

  1. Semenjak ada Tol Jakarta – Malang, katanya perjalanan naik bis sekarang lebih cepat. Tapi entah mengapa lebih srek naik kereta .. karena.. yang pasti pasti aja πŸ˜€

  2. Ngga kebayang naik kereta api bisa senyaman sekarang ya?

    Bahkan naik KA kelas ekonomi juga ga kesiksa seperti zaman dulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.