Health, How To, Tips

6 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Setiap tubuh manusia tentunya memiliki fungsi masing-masing di dalamnya. Jadi penting sekali bagi kita untuk menjaga fungsi tubuh untuk bisa berfungsi secara maksimal. Salah satunya adalah metabolisme tubuh yang seringkali dilupakan oleh banyak orang. Ternyata ada beberapa cara meningkatkan metabolisme tubuh loh.

6 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Sumber gambar: https://www.dictio.id

Tapi pada kenyataannya, masih banyak orang yang belum benar-benar paham tentang metabolisme tubuh ini. Sederhananya, metabolisme tubuh adalah proses pembakaran kalori yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini berguna supaya tubuh bisa menghasilkan energi. 

Seperti yang diketahui, jika metabolisme tubuh baik maka juga bisa berpengaruh pada bobot badan. Tidak heran apabila kemudian banyak orang berlomba meningkatkan metabolisme tubuhnya untuk mendapatkan berat badan ideal. Sayangnya, tidak semua orang tahu tentang cara terbaiknya. Apa saja cara meningkatkan metabolisme tubuh?

1. Perbaiki Waktu Tidur Anda 

Cara meningkatkan metabolisme tubuh pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperbaiki waktu tidur.  Soalnya selama ini masih banyak orang yang memandang sebelah mata terhadap kebutuhan tidur ini. 

Baca   Tips Menjaga Kesehatan Badan Menjelang The New Normal

Sebut saja seperti meningkatnya hormoin stres, memicu rasa lapar berlebihan dan meningkatnya penimbunan lemak. Kombiasi yang jelas akan menghambat proses metabolisme tubuh.  Usahakanlah untuk tidur selalu di bawah jam 11 malam dan hindarilah begadang. 

2. Mulai Rutin Berolahraga dan Lakukan Diet Sehat

Seperti yang diketahui, olahraga sendiri memiliki banyak dampak positif untuk kehidupan dan juga tubuh. Selain itu, ternyata apabila kita jarang bergerak dan jarang melakukan aktivitas olahraga maka bisa mempengaruhi sistem metabolisme tubuh loh.

6 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Courtesy of Pixabay

Jika hal itu terjadi, bukan tidak mungkin akan memperlambat sistem metabolisme tubuh yang dimiliki. Dengan melakukan hal tersebut maka sistem metabolisme menjadi tubuh dan berat badan juga menjadi tidak berlebihan. 

Ada banyak sekali pilihan olahraga yang menyehatkan tapi tetap menyenangkan yang bisa dipilih. Sebut saja seperti senam aerobik, berenang, basket, bulu tangkis ataupun jenis olahraga lainnya yang sesuai dengan minat. Kalau saya sih main basket hehehe.  

Baca   5 Jenis Alat Olahraga yang Dibutuhkan untuk Melakukan Yoga

Untuk mendukung program olahraga dan diet yang dilakukan, kita juga bisa mengkonsumsi produk Pure Wellness dari Realfood yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh ketika sedang diet. Pure Wellness diformulasikan fully concentrated Realfood yang bebas gula dan dapat dikonsumsi oleh segala usia, terutama dewasa. Konsumsi 12 hari secara rutin untuk hasil yang maksimal yaa.

3. Latihan Angkat Beban 

Apabila ingin lebih cepat lagi dalam meningkatkan sistem metabolisme tubuh maka pililah kegiatan latihan angkat beban. Latihan angkat beban ini dianggap akan mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh dengan cepat. 

6 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Courtesy of Pixabay

Alasannya adalah karena latihan angkat beban ini mampu membakar kalori dan membentuk jaringan otot dalam waktu bersamaan. Bisa dibilang, manfaat yang didapatkan dari latihan angkat beban terbilang cukup banyak. 

Mulai dari meningkatkan sistem metabolisme tubuh hingga membentuk otot pada tubuh. Jadi bagi kalian yang memiliki penampilan lebih menarik maka bisa menjajal latihan angkat beban ya. 

4. Mulai Mengkonsumsi Makanan Sehat 

Asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh juga mesti ]diperhatikan baik-baik bagi kalianyang ingin meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh. Untuk itulah, mulai sekarang memang harus mulai mengatur dan memperhatikan asupan makanan yang dimasukan ke dalam tubuh.

Baca   Kiat-kiat Makan Sehat untuk Generasi Milenial

Bisa diawali dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan juga mulai mengonsumsi lemak yang sehat. Selama ini masih banyak yang beranggapan bahwa semua lemak itu buruk. Padahal pada kenyataannya, tubuh masih membutuhkan lemak. Namun tentunya dengan takaran yang pas dan juga bukan lemak yang tidak sehat. 

6 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Courtesy of Pixabay

5. Perbanyaklah Asupan Protein ke Tubuh 

Asupan protein juga jangan dilewatkan jika ingin meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Alasannya adalah karena ketika tubuh ingin meningkatkan sistem metabolisme tubuh maka tubuh akan membutuhkan banyak asupan protein. 

Jadi tugas kita adalah untuk meningkatkan asupan protein harian tubuh sehingga peningkatan sistem metabolisme tubuh bisa dilakukan.

6. Tingkatkan Intensitas Minum Air Putih 

Sedangkan cara terakhir untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh adalah dengan memperbanyak minum air putih. Air putih memang diketahui dapat membuat tubuh bisa membakar kalori lebih banyak dalam tubuh. 

6 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Courtesy of Pixabay

Hal tersebutlah yang mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Ditambah mengonsumsi air putih secara cukup bisa memberikan efek kenyang pada perut. Hal ini akan menahan kita dari nafsu untuk makan dengan porsi berlebihan. No laper laper club~

Baca   Hidup Seimbang Setelah Menjadi Ibu dengan Pristine 8+

Plus, meminum air yang cukup bisa menjaga bentuk berat badan Anda agar tidak berlebihan dan selalu berada dalam ukuran yang ideal.


Nah bagaimana? Sudah ingin menerapkan tips yang ada diatas ini? Semoga berhasil ya! Thank you for reading.

RELATED POST

1 Comment

  1. Tipsnya sangat bermanfaat, memang bener kalo bukan kita sendiri yang menjaga tubuh kita, lalu siapa lagi hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.