Family, Health, Tips

Hidup Seimbang Setelah Menjadi Ibu dengan Pristine 8+

Tidak terasa 1.5 tahun yang lalu, saya adalah seorang ibu baru. Iya, saya baru saja melahirkan anak pertama dan rasanya overwhelming! Gimana ya cara mendeskripsikannya, pokoknya semua emosi saya campur aduk deh.

  • Ada perasaan senang karena punya seorang anak yang alhamdulillah sehat dan super lucu.
  • Ada juga perasaan takut karena jujur saya sendiri agak bingung dan deg-degan takut tidak bisa mengurus anak dengan baik.
  • Ada perasaan super lelah karena saya habis melakukan operasi sesar DAN harus mengurus bayi. Yang suka bangun tengah malam hahaha. Sampai dia 4-5 bulan, tidurnya pun harus digendong-gendong dulu keliling ruang tengah, oh my…
  • Ada perasaan kaget karena sekarang my whole world is all about this little baby (and of course his whole world is me haha). Setiap kegiatan yang saya lakukan juga terpusat kepada si anak bayi yang lucu itu. Tapi rasanya agak sedih juga karena waktu untuk melakukan apa yang saya mau jauuuh berkurang.
  • Ada perasaan lapar yang melanda setiap abis menyusui. Nasi padang satu bungkus pengen dimakan setiap beres sesi memberikan ASI wakakak.

Lengkap kan perasaan senang – bersyukur – takut – deg-degan – lelah – kaget – sedih – lapar. Eight emotions in one person! Pantas saja kadang ibu baru itu bisa sangat labil. Banyaaak sekali yang ada di pikiran kita. Belum dibantu dengan dorongan hormon, haduh!

Baca My Pregnancy Story – I’m Giving Birth!!

Master of Science (Cuman) Ngurus Anak? Kenapa Nggak?

Alhamdulillah meskipun sempat mengalami fase misuh-misuh yang alhamdulillah hanya sebentar saja (ga sampai baby blues atau PPD), akhirnya saya bisa memulai untuk menyeimbangkan hidup kembali. Memang butuh waktu, tapi hal itu bukan tidak mungkin kok. We will always find a way to live balance. Saya akan bagikan beberapa tips ala saya ya agar hidup menjadi kembali seimbang, setelah punya bayi. Semoga bermanfaat!


1. Atur Ulang Prioritas

Punya bayi memang akan menciptakan prioritas-prioritas baru dalam hidup. Kalau dulu salah satu prioritas kita adalah traveling atau olahraga, maka mau tidak mau semua itu akan bergeser setalah seorang bayi lahir. Kalau dulu setiap gajian pasti ada budget khusus untuk makan mewah di restoran berkelas, sekarang setelah gajian harus menyisihkan budget untuk membeli diapers jatah sebulan. Moms (and dads) out there must know this feeling very well hehehe.

Salah satu cara agar kita tidak kaget adalah mengatur ulang prioritas kita kembali. Buatlah list prioritas atau to-do list setelah punya anak. Jangan lupa juga untuk mengambil beberapa poin atau referensi dari list prioritas kita sebelum punya anak. Pastikan kita tidak melupakan diri kita juga ya, always have a little bit of me-time in your list.

Hidup Seimbang Setelah Menjadi Ibu dengan Pristine 8+
Courtesy : Pixabay

Biar tidak terlalu kaget, susunlah list ini SEBELUM bayi lahir. Masih ga tau apa saja yang harus dilakukan saat bayi lahir? Bisa dibaca di What to Expect After Birth : WHAT DO I DO NOW? ya 🙂 Silahkan juga baca referensi lain atau mendengarkan cerita soal life-after-babies dari teman teman atau keluarga terdekat. Biar ada gambaran dan ga kaget hehehe.

2. Jangan Takut untuk Meminta Bantuan

Kadang kita sebagai seorang Ibu, ingin melakukan semuanya sendiri. Mulai masak untuk suami sendiri, mandiin anak, gantiin pakaian plus nyuapin sendiri. Membereskan rumah sampai gosok kamar mandi sendiri. Bahkan yang punya bisnis pun ingin hands on mengurusi bisnisnya sendiri.

Seorang ibu atau Mom memang Master of Multitasking, tapi kita juga harus tau kemampuan kita sendiri. Jangan sampai energi kita habis dan malah membuat kita capek, badmood bahkan sakit. Oleh karena itu, jangan takut untuk meminta bantuan. No mom is perfect, we don’t have to do it all by ourselves. Ketika kita tau kita tidak sanggup melakukan suatu pekerjaan, carilah orang lain yang dapat membantu.

Hidup Seimbang Setelah Menjadi Ibu dengan Pristine 8+
Courtesy : Pixabay

Rumah kotor? Bisa cari bantuan harian atau mingguan. Bisa menggunakan layanan bersih-bersih rumah juga. Ga sempet masak? Minta bantuan keluarga atau beli saja makanan di luar. Some of the times, superheroes need help too. Jangan takut untuk meminta bantuan orang lain ya. It won’t make you less of a mom 🙂

3. Unplugging

Dengan berkembang pesatnya teknologi dan keaktifan media sosial, kita terus-menerus terekspos dengan berbagai informasi yang perlu perhatian kita. Kadang hal-hal tersebut kerap menganggu kegiatan yang seharusnya kita lakukan bahkan bisa menganggu kesehatan mental kita. Terutama perasaan para ibu-ibu baru yang melihat kok dunia orang lain lebih indah daripada dunia kita yang baru “dijajah” oleh bayi (itu sempat beberapa kali terlintas di otak saya juga hahaha).

Oleh karena itu, luangkan beberapa jam saja atau bahkan seharian untuk disconnect, unplug atau mematikan HP dan koneksi internet. Just do you. Lakukan apa yang kita inginkan tanpa tekanan melihat dan membandingkan apa yang orang lain lakukan. Untuk seorang Ibu baru, hal ini juga sangat membantu menenangkan pikiran.

Keseruan Family Playdate Ibu Ibu Kota Hujan

4. Banyak Bersyukur

Kalau yang ini wajib kita lakukan setiap hari bahkan setiap saat. Bersyukur adalah salah satu cara agar kita menghargai apa yang kita punya. Selalu ingat bahwa diluar sana, someone dreams to have what we have today. Dengan begitu, kita akan senantiasa menjaga dan merawat hal-hal yang kita punya sebaik mungkin, dengan hati yang senang. Hidup juga akan senantiasa seimbang 🙂

5. Utamakan Kesehatan Diri

Setelah punya bayi, menjaga kesehatan diri menjadi hal yang sangat penting selain menjaga kesehatan bayi. Jika kita tidak sehat, maka siapa yang akan merawat bayi kita kelak? Hal ini berlaku untuk kesehatan fisik dan juga kesehatan mental. Kedua hal tersebut merupakan hal yang sangat penting dijaga untuk hidup yang seimbang.

Baca Tips Menjaga Psikis Anak Sejak Dini 

Salah satu kegiatan yang paling mudah dalam menjaga kesehatan dan hidup seimbang adalah dengan tetap terhidrasi atau keep hydrated! Kenapa penting bagi kita untuk menjaga asupan air di dalam tubuh? Menurut Harvard Health, meminum cairan yang cukup sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Hal ini menjaga fungsi setiap sistem dalam tubuh, termasuk jantung, otak, dan otot.

Dr. Julian Seifter, seorang spesialis ginjal dan profesor kedokteran di Harvard Medical School, mengatakan bahwa orang yang sehat harus mendapatkan megonsumsi air sebanyak 1 hingga 1,5 liter per hari, secara bertahap sepanjang hari. Jangan minum semuanya sekaligus yaaa. Karena nanti akan memberatkan ginjal karena ginjal akan kehilangan kemampuan untuk menghilangkan air saat kita bertambah tua.

Hidup Seimbang Setelah Menjadi Ibu dengan Pristine 8+

Salah satu cara saya tetap menjaga kondisi tubuh adalah dengan mengonsumsi Pristine 8+. Pristine8+ diproses dengan teknologi ionisasi dari Jepang sehingga memiliki pH di atas 8. Nilai pH yang tinggi dapat membantu menjaga keseimbangan pH dalam tubuh dan menghindarkan kita dari penyakit akibat gaya hidup yang tidak sehat. Nilai pH tersebut baik untuk tubuh dan dapat membuat netral asam di dalam tubuh.

Molekul air sangat kecil (microwater) membuat air minum Pristine 8+ mudah diserap tubuh. Berdasarkan penelitian-penelitian di Jepang, air dengan pH lebih dari 8 yang diproduksi dengan metode ionisasi memiliki banyak molekul hydrogen aktif. Molekul ini yang berperan sebagai anti oksidan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Molekul air kecil ini jugalah yang akan menetralkan radikal bebas di tubuh kita yang bersifat asam.

Hidup Seimbang Setelah Menjadi Ibu dengan Pristine 8+

Pristine8+ juga memiliki sertifikasi dari BPOM,Badan Pengawas Obat dan Makanan sehingga dapat dipastikan bahwa Pristine8+ aman dikonsumsi setiap hari dan dalam jangka waktu yang lama. Aman deh untuk ibu menyusui 😀 Hal ini penting banget untuk diperhatikan, apalagi kalau sudah punya anak. Jika kita sakit, maka semua jadwal akan berantakan dan bahkan bisa menular sakitnya si bayi juga. Jangan sampai sakit deh, karena seorang ibu harus tetap fit dan strong! Makanya asupan air dan juga nutrisi harus diperhatikan, ga boleh sembarangan.

Hidup Seimbang Setelah Menjadi Ibu dengan Pristine 8+

Hidup Seimbang Setelah Menjadi Ibu dengan Pristine 8+


Sekian beberapa tips untuk menjaga hidup tetap seimbang setelah menjadi Ibu ala saya. Kalau kalian, ada tips lain kah agar keseimbangan hidup tetap terjaga? Silahkan tulis di kolom komentar ya.

 

You may also like...

18 Comments

  1. Hastira says:

    wah produk baru ya, baru tahu

    1. Faradila D. Putri says:

      Udah beredar lama sih mbak tapi kemasannya jadi baru hehehe

  2. Aku blm bisa unplugging gara2 target nulis n usaha. Paling aku taro aja si hp nya beberapa lama n fokus main sama anak. Karna lelah ya sm hp terus. Hehe. Dan minum air mineral yg cukup tu oke buat daya tahan tubuh biar ga gampang lelah.

  3. Bener banget nih, setelah punya anak, mending atur prioritas dan patuh deh, kalau enggak stres sendiri hehehe.

    Dan daripada stres, mending banyakin minum Pristine ya 🙂

  4. Ibu itu harus tetap fit dan setroong..setujuu!!
    Kalau aku selain yang di atas tambah satu..me time jangan lupa biar tetup bahagia. apa saja, sesuai hobi atau passion kita. Yang utama punya waktu juga untuk diri sendiri 🙂

  5. kalo inget masa bayinya Naufal itu aku sering merasa bersalah mbak.. baru diatas 2tahun aku baru mulai menerima diriku apa adanya ini. btw betul ibu itu kudu fit soalnya ibu itu pilarnya semua keluarga dirumah. ibu ambruk pasti ambruk smua ehhehhe

  6. Karena ada kalanya kan nggak sanggup mengerjakan sendiri, dengan begitu meminta bantuan bisa mempercepat pekerjaan selesai..

  7. tips menjadi sehatnya keren mbak, bisa dilakukan semua orang nih. Makasih sharingnya ya mbak…

  8. Bener banget hidup seimbang setelah jd ibu itu penting. Kalo enggak bs stress kena baby blues, ppd.. Heu.. Jauhkaaan.. Yg penting banget jg ibu hrs sehat ya, kalo kecapean bs suka ngomel jg. Boleh nih si prestine di coba jg. 🙂

  9. Saya juga minum pristine 8+ untuk menjaga stamina dan kewarasan hehehe. Setuju mba kalau mau tetap waras harus mau dan gak malu minta bantuan, dulu saya berpikir semua saya bisa kerjakan sendiri eh malah jadi stress hehe

  10. Kayaknya enak nih ya Pristine. Entar aku tulis di notes deh kalo mau ke supermarket. Abisnya lupa terus mau beli…

  11. Point 4 sama 5 sering aku abaikan hiksss… dan sangat sangat kurang minum.. pantesan kepala keliyengan terus.. tp aku sll beli pristine kalau berpergian karna packagingnya yg slim jd mudah dimasukkan ke dalam tas. Mulai sekarang berusaha spy lebih byk minum

  12. dulu aku tuh perfectionist, semua bisa dilakukan sendiri sampai akhirnya badan jadi drop dan sakit. aku setuju banget sama tips nya kalo kita memang gak bisa mengerjakan sendiri semua pekerjaan. kapan dong kita chit chat soal beginian hehehe

  13. Wah ternyata air alkali kyk pristine kalau kita rajin konsumsi bisa mencegah timbulnya penyakit yaaa. Aku konsumsi ini juga lho. Awalnya krn suka botolnya, lama2 suka krn kandungannya hehe

  14. Bagus air Alkali diminum bumil,makanya aku pas hamil rajin minum pristine 8+

  15. Setelah punya anak, prioritas pasti berubah. Anak no 1 ya kan. Kudu stok air putih emang biar pikiran jernih terus.

  16. Bener banget setelah punya anak sepertinya prioritasku berubah yang pasti mesti pintar-pintar atur waktunya dan kerjasama dengan suami. Pristine andalanku banget kalau lagi diluar karena botolnya yang ramping juga enak dibawanya.

  17. Aku sempat baby blues . Alhamdulillah sudah melewati masa2 suram itu. Setelah kupikir waktu itu aku kebanyakan membandigkan diriku dgn ibu2 di IG yg keliatan perfect eh jadi stress sendiri deh. Emang bener sesekali harus off in hp biar hidup damai haha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.