Home & Decor, Tips

Tips Memilih Pipa Air yang Cocok untuk Saluran Air Rumah

Semenjak memulai membangun rumah di tahun 2016 silam, akhirnya saya mengerti bahwa banyak juga ya komponen yang harus diperhatikan. Terutama tentang saluran air rumah, yang tergolong sangat penting. Saya jadi tau beberapa tips memilih pipa air yang cocok untuk saluran air rumah dan juga mulai mengenal tipe-tipenya.

Personalisasi Rumah - rumah pertama
Our first house ๐Ÿ™‚

Ternyata untuk membuat saluran air panas dengan saluran pembuangan juga bisa beda loh pipanya hahaha. Ya maklum sih, sebelum ini memang benar-benar buta soal hal-hal yang berhubungan dengan konstruksi. But the more you experience, the more you learn. Oleh karena itu, saya coba rangkum beberapa tips memilih pipa air di blog post ini yaa. Semoga bermanfaat!

1. Tentukan Lokasi Saluran Air

Merancang saluran air untuk rumah merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Waktu itu sempat melihat Tiktok orang yang menunjukkan bahwa rumahnya yang baru direnovasi, harus dirombak total! Kok bisa? Karena saluran air dan saluran pembuangannya ngaco! Wah sayang banget ya harus mengeluarkan biaya lagi huhuhu.

Padahal saluran air dan pembuangan itu menurut saya adalah hal yang membuat kita nyaman di rumah. Bayangkan kalau ternyata air yang mengalir suka mampet, air panas cepat menjadi dingin atau ternyata pipa pembuangan mampet. Haduh, ga nyaman banget pastinya.

Baca   Personalisasi Rumah dengan AvatarOn dari Schneider Electric
Saluran Pembuangan di Rumah
Courtesy of Pixabay

Oleh karena itu, sebelum mulai membuat atau merenovasi rumah, kita harus tau lokasi saluran air yang tepat untuk rumah kita sendiri. Saya jadi ingat suami pernah menegur pekerja karena ternyata lokasi pembuangan air tidak pas. The golden rule: air akan selalu mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah.

Kalau kita sudah tau lokasi saluran air di rumah, kita bisa mulai mengukur kebutuhan pipa air yang dibutuhkan. Dimulai dari ukurannya dan juga panjangnya. Hal ini juga akan membantu faktor budgeting dan memilih jenis pipa air yang sesuai.

Tips Memilih Pipa Air yang Cocok untuk Saluran Air Rumah
Courtesy of Pixabay

2. Gunakan Pipa Air yang Sesuai

Ternyata banyak sekali jenis pipa yang ada di pasaran. Kalau kita sudah menentukan lokasi dan kegunaan saluran air, kita dapat memilih pipa air yang cocok untuk digunakan.

Bayangkan saja, ternyata ada banyak sekali jenis pipa seperti pipa air PVC, PVC-O, CPVC, HDPE, PP-R, PEX, SDR-41 dan masih banyak lagi. Yang umum digunakan dalam rumah adalah pipa air PVC. Pipa air aman menyalurkan air bersih maupun saluran air buangan.

Tips Memilih Pipa Air yang Cocok untuk Saluran Air Rumah
Courtesy of Rucika.co.id
PT Wahana Duta Jaya Rucika
Courtesy of Rucika.co.id

Sementara itu pipa CPVC, PP-R dan PEX dapat digunakan untuk instalasi saluran air panas karena tahan suhu panas. Jika butuh pipa yang elastis, bisa menggunakan pipa HDPE. Jelas masing-masing jenis pipa air ini memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Jangan sampai salah pilih ya!

3. Perhatikan Kebutuhan Fitting & Perekat

Saluran air di rumah tidak selamanya lurus-lurus saja. Ada berkelak keloknya kan hehehe. Oleh karena itu, kita perlu perhatikan kebutuhan fitting, sambungan dan juga perekat untuk menyambung pipa dengan joint ataupun dengan pipa lainnya.

Tips Memilih Pipa Air yang Cocok untuk Saluran Air Rumah
Courtesy of Rucika.co.id

Sambungan pipa juga harus disesuaikan dengan jenis dan ukuran pipa air. Oleh karena itu, pastikan jenis sambungan tersedia untuk jenis pipa yang akan digunakan.

Faktor perekat atau lem juga merupakan hal yang penting loh! Terdapat beberapa jenis lem untuk menyambung pipa dengan fitting. Ada yang bisa kering dengan cepat dalam waktu 1-2 jam, ada yang memerlukan waktu hingga 5-6 jam. Namun proses pengeleman ini lah yang membuat penyambungan pipa semakin kuat. Jadi anti bocor-bocor.

FYI, daya sambung juga tergantung dengan seberapa kuat daya adhesive pada perekat atau lem yang digunakan. Posisi juga menentukan kekuatan sambungan pada pipa dan fitting.

Tips Memilih Pipa Air yang Cocok untuk Saluran Air Rumah
Courtesy of Rucika.co.id

4. Pilih Pipa yang Berkualitas Sesuai Budget

Setelah mengetahui jenis pipa, sambungan dan perekat yang ingin digunakan, sekarang waktunya memilih yang sesuai budget! Paling senang sih kalau bisa mendapatkan barang berkualitas baik dengan harga pipa air yang cukup terjangkau.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas pipa air. Tentu kita mau pipa yang berkualitas dan tahan lama. Percuma beli yang murah kalau sering bocor, sehingga harus rombak lagi. Huhuhu, malah lebih mahal jatuhnya. Jaid kalau ada budget, ya kenapa nggak memilih yang paling baik untuk saluran air di rumah?

Baca   11 Tips Beli Rumah Bekas Dengan KPR (100% Disetujui)

Salah satu pilihan adalah memilih pipa air ber-SNI. Tentu barang ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan pipa tanpa sertifikasi SNI. Beberapa keunggulannya adalah :

  • sudah pasti bisa dipertanggung jawabkan kualitasnya
  • kuat dan tidak mudah pecah
  • aman digunakan untuk mengalirkan air bersih dan air minum
  • tahan terhadap bahan kimia,
  • dan masih banyak lagi

Pipa Rucika, Salah Satu Pilihan Pipa Air untuk Saluran Air Rumah

Courtesy of Rucika.co.id

Salah satu produsen pipa air berkualitas di Indonesia adalah PT. Wahana Duta Jaya Rucika yang telah berdiri sejak tahun 1973. Perusahaan ini memilik lebih dari 40 tahun pengalaman dalam industri perpipaan dan telah menjadi salah satu produsen pipa PVC terbesar di Indonesia dengan fasilitas produksi yang tersebar di berbagai belahan nusantara.

Produknya juga sangat banyak dan cocok digunakan untuk kebutuhan saluran air di rumah, gedung bertingkat hingga area pertanian dan pertambangan. Terdapay berbagai jenis produk unggulan berbahan dasar PVC, PVC-O, PP-R, PE dan Astolan, seperti PVC Standard, PVC SNI Lite, PVC SNI Safe & Lok, PVC Rucika JIS, PVC โ€“ O Exoplas, PE Rucika Black, PP-R & PP-RCT Rucika Kelen Green, dan juga Rucika Silent Pipe.

Tidak hanya pipa, tapi juga perusahaan yang memiliki brand name Rucika ini menyediakan berbagai komponen fitting Sambungan PVC Rucika (JIS) dan Lem Pipa PVC RUGlue. Di samping itu, ada beberapa produk inovatif seperti Rucika Siphonic System, Rucika Rain Water Tank dan Rucika Hygienic Systems. Bahkan bisa untuk hidroponik segala!

Baca   Cara Mudah Memulai Menanam Sayur di Rumah

Semoga dengan membaca blog post tentang tips memilih pipa air yang cocok, saya bisa membantu kalian menemukan dan menentukan jenis pipa air yang pas. Thank you for reading!

RELATED POST

2 Comments

  1. Iya pipa rucika emang recommended ,dirumah ku semua pake pipa rucika karna kualitasnya bagus

  2. Kebetulan lagi nyari referensi jenis pipa untuk kebutuhan renovasi saluran air di rumah. Makasih ya mba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.