Shopping, Sports

5 Jenis Alat Olahraga yang Dibutuhkan untuk Melakukan Yoga

Banyak jenis alat olahraga yang tersedia di pasaran baik marketplace online maupun toko offline. Setiap jenis alat olahraga memiliki fungsi masing-masing yang tentunya mendukung kita dalam kegiatan berolahraga. Dengan peralatan yang lengkap dan sesuai dengan jenis olahraga yang dilakukan, kita tentu akan lebih nyaman berolahraga.

Siapa yang olahraga secara rutin? Semenjak punya bayi, saya sendiri agak susah mencari waktu untuk olahraga nih. Padahal kan perlu ya hiks. Kita semua tentu tau bahwa olahraga merupakan sebuah kebutuhan. Semua orang menginginkan tubuh yang sehat, terutama setelah melahirkan, dan olahraga menjadi satu cara untuk mendapatkannya.

Karena itulah, mungkin harus dimasukkan ke dalam resolusi tahun 2019 untuk memulai berolahraga sekarang juga dan secara rutin. Apapun jenis olahraga itu, sebaiknya memang dilakukan dari sekarang juga agar anda bisa menikmati tubuh ideal dan lebih sehat.

Baca Kebiasaan Sehat untuk Kulit Sehat 

5 Jenis Alat Olahraga yang Dibutuhkan untuk Melakukan Yoga
Courtesy of Pixabay

Ada banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan dan salah satu yang paling banyak difavoritkan saat ini adalah yoga. Yoga merupakan pilihan olahraga yang tak hanya bisa membuat tubuh semakin sehat namun juga bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Yoga juga menjadi jenis olahraga yang cocok dilakukan untuk anda yang lebih suka berolahraga indoor dalam suasana yang relaks. Bahkan ada beberapa tipe yoga yang dapat dilakukan, ada yoga prenatal (untuk ibu hamil), bikram yoga yang dapat menstimulasi tubuh untuk mengeluarkan toksin melalui keringat dan masih banyak lagi.

Meskipun terlihat sederhana dan mudah dilakukan, tapi pada kenyataannya yoga tidaklah semudah itu. Saya pernah mengikuti Yoga Festival Fit & Fun 2016  untuk ibu hamil dan ternyata keringat bercucuraaan hahaha. Untuk melakukan yoga, kita perlu belajar dan berlatih melakukan gerakan-gerakan yoga. Jika kita sudah menguasai gerakan-gerakan yoga tersebut, maka kemudian kita bisa melakukan yoga secara rutin dari rumah. Tentu akan lebih santai dan nyaman ya.

Yoga Festival Fit & Fun 2016 (Plus Yoga Video!)
#25weekspregnant – ala instagram hashtag 😀

Alat Olahraga Yoga

Untuk melakukan aktivitas olahraga, anda membutuhkan alat olahraga yang tepat. Begitu juga ketika anda ingin melakukan yoga. Yes, yoga ternyata juga punya peralatan khusus loh! Kita tentu membutuhkan alat-alat yang bisa mendukung berolahraga yoga, terutama jika melakukannya sendiri di rumah. Inilah dia 5 jenis alat olahraga yang bisa anda gunakan untuk melakukan yoga :

1. Baju Yoga

Agar bisa melakukan gerakan-gerakan yoga dengan lebih leluasa, kita harus memakai baju yang tepat. Kita perlu memakai baju yoga supaya bisa lebih nyaman berolahraga. Jangan memakai celana dan kaos yang longgar karena bisa mengganggu gerakan yoga. Bahkan takut melorot ya hahaha. Pilihlah jenis celana dan kaos yang elastis dan menyerap keringat dengan baik.

2. Matras Yoga

Gunakan matras yoga sebagai alas untuk melakukan gerakan-gerakan yoga. Matras yoga akan membuat tubuh menjadi lebih nyaman saat melakukan yoga. Matras yoga juga berfungsi mencegah terjadinya cedera dan benturan yang keras saat tubuh tergelincir. Karena ternyata gerakan yoga tidak semudah yang terlihat yaa. 😀

5 Jenis Alat Olahraga yang Dibutuhkan untuk Melakukan Yoga

3. Gym Ball

Gym ball juga menjadi salah satu jenis alat yang bisa digunakan untuk melakukan yoga. Bola ini memiliki fungsi untuk melatih keseimbangan dan membentuk kelenturan tubuh saat anda melakukan yoga. Selain untuk yoga, ternyata alat ini juga sering digunakan untuk membantu proses persalinan dan juga untuk melatih motorik bayi loh. Multifungsi juga ya ternyata alat ini hihi.

5 Jenis Alat Olahraga yang Dibutuhkan untuk Melakukan Yoga
Courtesy of Pixabay

4. Blok Yoga

Blok yoga adalah alat yang digunakan untuk menopang tubuh ketika melakukan yoga. Alat ini biasanya digunakan oleh para pemula yang masih belum mahir melakukan gerakan-gerakan yoga. Blok yoga bisa terbuat dari serpihan kayu, kayu, maupun busa yang tebal.

5. Yoga Strap

Yoga strap adalah alat yang digunakan untuk menyempurnakan postur tubuh ketika melakukan yoga. Alat ini terutama digunakan ketika anda dalam posisi duduk untuk menahan posisi anda. Tersedia dua jenis yoga strap yaitu strap belt yang bentuknya seperti ikat pinggang dan infinity strap yang bentuknya strap dua lingkaran.

5 Jenis Alat Olahraga yang Dibutuhkan untuk Melakukan Yoga
Courtesy of Pixabay

Itulah tadi 5 jenis alat olahraga yang bisa digunakan ketika anda ingin melakukan yoga di rumah. Dimana kita bisa membeli alat-alat tersebut? Kita bisa menemukan alat-alat tersebut di toko online seperti Bukalapak. Bukalapak ternyata menyediakan banyak jenis alat olahraga juga loh, tidak hanya alat untuk yoga namun juga perlengkapan sepak bola, perlengkapan bola basket, perlengkapan berenang, dan banyak sekali perlengkapan lain.

Jadi sudah punya apa untuk olahraga yoga? Apa yang masih belum ada di rumah? Cusss segera lengkapi peralatan yang dibutuhkan ya 😀

You may also like...

2 Comments

  1. Hastira says:

    makasih aku lagi nekunin yoga juga

    1. Faradila D. Putri says:

      Sama-sama 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.