Fashion, Health, How To, Sports, Tips

5 Tips Hindari Cedera Saat Yoga

Last Updated on June 21, 2022

Siapa yang suka berolahraga? Cung! Tentu pasti tau hal yang paling dihindari saat melakukan kegiatan olahraga adalah mengalami cedera. Bahkan olahraga yang terlihat santai seperti yoga-pun dapat berpotensi mengakibatkan cedera loh. Oleh karena itu, saya ingin membagikan tips hindari cedera saat yoga di blog post kali ini. Semoga bermanfaat ya!

Bagaimana Kita Dapat Hindari Cedera Saat Yoga?

Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari cedera saat melakukan yoga. Hal-hal ini sangat penting loh, terutama jika kita baru memulai mengikuti kelas yoga maupun bagi ibu hamil yang sedang melakukan pre-natal yoga. Silakan disimak dan diikuti agar kita sehat selalu dan terhindar dari cedera ya. AAMIIN YRA.

Baca   Pengalaman Yoga Hamil / Prenatal Yoga di RSIA Bunda Suryatni Bogor

1. Cari Informasi Yang Cukup

Bagi para pemula, yuk kita cari informasi yang cukup dulu tentang yoga. Kita bisa tanyakan ke orang-orang sekitar yang pernah melakukan olahraga yoga sebelumnya, atau bertanya ke banyak instruktur yoga secara langsung maupun via social media.

Tidak ada salahnya untuk mengetahui apa yang akan kita lakukan. Beberapa pertanyaan yang bisa diajukan sebelum mengikuti kelas yoga adalah :

  • Apakah kelas yoga ini untuk pemula / mahir?
  • Berapa lama durasi kelas?
  • Seperti apa pose dan kegiatan yang dilakukan di kelas?
  • Apakah memerlukan peralatan khusus?

Askara Aktiv baju yoga nyaman

2. Ketahui Kemampuan Diri

Kenalilah diri sendiri. Menurut klikdokter.com, kebanyakan kasus cedera adalah karena terlalu memaksakan diri untuk melakukan gerakan atau postur yang sulit. Mungkin karena terlalu bersemangat atau tidak mau kalah dengan yang lain ya. Padahal penting untuk mengetahui  kapasitas dan kemampuan diri sendiri. Kalau merasa terlalu sulit, lakukan perlahan-lahan atau coba meminta bantuan dan arahan instruktur.

Baca   Senam Hamil vs Yoga Prenatal, Pilih yang Mana?

Selain mengenali diri sendiri, kita juga harus tau bagian rawan cedera sehingga kita bisa lebih hati-hati. Beberapa daerah rawan cedera untuk olahraga yoga antara lain adalah bagian leher, pergelangan tangan, pinggul, lutut, hamstring, bahu, siku dan punggung bawah. Pastikan kita selalu melakukan pemanasan dan stretching dengan teknik yang tepat ya agar tidak mengalami cedera di bagian-bagian berikut.

5 tips hindari cedera saat yoga
Courtesy of Pixabay

3. Sesuaikan waktu latihan

Durasi waktu yoga memang berbeda-beda sesuai dengan jam terbang masing-masing. Namun, idealnya kita juga tau dan menyesuaikan waktu latihan dengan kemampuan tubuh. Yoga sebaiknya dilakukan paling tidak 1 jam setiap sesi, sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Baca   Video Senam Hamil & Yoga Prenatal Terfavorit untuk Olahraga di Rumah

Jangan sampai burn out ya karena kebanyakan olahraga. Malah jadi counterproductive dan berdampak buruk bagi kesehatan diri sendiri.

4. Latihan dengan Instruktur yang Kompeten

Penting juga memilih kelas dengan instruktur yang kompeten. Terutama bagi pemula atau ibu hamil yang baru mengikuti yoga. Dengan hadirnya instruktur yang kompeten, kita dapat mengetahui gerakan mana yang pas dan yang kurang pas dengan kemampuan masing-masing.

5 tips hindari cedera saat yoga
Courtesy of Pexels

Instruktur yang kompeten juga memiliki kemampuan dan bisa mencontohkan gerakan yoga dengan baik dan benar. Hal ini akan mengurangi kemungkinan terjadinya cedera dengan faktor gerakan dan pose yang kurang pas.

5. Siapkan Peralatan & Baju Olahraga / Baju Yoga yang Tepat

Siapkan alat tempur sebaik mungkin! Gunakan peralatan yang masih berfungsi dengan baik dan tidak rusak, agar kegiatan yoga bisa dilakukan dengan maksimal. Selain itu, jangan lupa untuk memilih baju olahraga atau lebih tepatnya baju yoga yang tepat.

Memilih baju yoga yang tepat akan memberikan perasaan nyaman dan juga menciptakan kondisi aman dalam berolahraga. Baju yoga untuk wanita, pria dan anak-anak tentunya harus pas ukurannya dan nyaman sehingga bisa melakukan gerakan-gerakan yoga dengan leluasa.

Askara Aktiv baju yoga nyaman

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih baju olahraga atau baju yoga yang baik adalah :

  1. Bahan harus elastis, sehingga kita dapat leluasa bergerak saat melakukan berbagai pose yoga
  2. Tidak terlalu ketat atau longgar. Kalau terlalu ketat, kita akan merasa tidak nyaman dan sulit mengatur nafas. Kalau terlalu longgar, akan membuat kita kurang leluasa bergerak karena tubuh akan terlihat dan baju akan terangkat.
  3. Berpori atau memiliki rongga-rongga tempat keluar masuknya udara, alias memungkinkan adanya sirkulasi udara.
  4. Menyerap keringat dengan baik. Jangan salah, yoga itu membuat kita berkeringat loh!

Nyaman & Aman dengan Baju Yoga dari Askara Aktiv

Salah satu pilihan baju yoga agar kita bisa hindari cedera saat yoga sekaligus merasakan nyaman dan aman adalah Askara Aktiv. Askara sendiri berarti “Sinar Cahaya” dalam bahasa Sansekerta Jawa, dan inilah tujuannya, yaitu  melambangkan energi, harapan, dan cinta.  Askara Aktiv percaya bahwa apa yang dikenakan untuk berolahraga, terutama untuk yoga, harus nyaman. Tapi tidak lupa juga untuk membuat para pemakainya merasa aman sekaligus stylish!

Askara Aktiv baju yoga nyaman

Semua barang Askara Aktiv dipilih dengan cermat dan dibuat dengan perhatian ekstra, detail dan kualitas juga loh. emua bahannya terbuat dari light weight material dan juga strechable, sehingga memenuhi semua kebutuhan akan baju olahraga yang aman dan nyaman seperti yang sudah saya sebutkan diatas. Bikin semakin termotivasi untuk melakukan olahraga secara rutin kan ya~

Baca   Yoga Festival Fit & Fun 2016 (Plus Yoga Video!)

Desainnya unik dan tersedia untuk berbagai jenis ukuran tubuh. Seperti konsepnya ” We create the model of our line to be impress”, kita mencintai dan menghargai tubuh dengan berolahraga. Disamping itu, kita juga merasa dan terlihat lebih cantik dengan outfit dan kepercayaan diri. Wow, one whole complete package!

Askara Aktiv baju yoga nyaman

Yap, memulai healthy lifestyle, baik itu di indoor gym, outdoor gym dengan berbagai jenis seperti yoga, muay thai, jogging akan lebih menyenangkan dengan pakaian yang nyaman. Bisa dilihat beberapa contoh baju yoga dari Askara Aktiv di bawah ini. Lucu-lucu kan. Untuk yang hijab friendly juga ada kok. Bisa langsung dilihat-lihat ya koleksinya di Linktree Askara Aktiv atau langsung ke Instagramnya di @askara.aktiv.

Askara Aktiv baju yoga nyaman

Sekian beberapa tips dan cara untuk hindari cedera saat yoga. Plus sedikit info mengenai baju yoga untuk wanita yang super duper lucu! Kira-kira udah pengen coba yang mana nih? Apapun itu, semoga kita terus tetap menjaga healthy lifestyle ya, demi kesehatan jasmani dan rohani di kemudian hari. Thanks for reading!

RELATED POST

2 Comments

  1. Wah tipsnya sangat bermanfaat nih buat yang suka yoga

  2. Cakeeeep2 iiih modelnya mba 😍. Aku tuh sejak pandemi jadi rutin olahraga, tapi blm berani yoga kec gerakan2 yg gampang aja. Krn takutnya kalo ngelakuin sendiri tanpa tutor malah sengklek 😅. Pengen bgt sih, tapi karena kondisi msh gini, aku msh blm berani rutin ke tempat yoga. Mungkin ntr kalo sudah aman. Kalo skr JD olahraga yg kayak aerobic, zumba begitu..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.