Family, Pregnancy, Review, Sports, Uncategorized

Pengalaman Yoga Hamil / Prenatal Yoga di RSIA Bunda Suryatni Bogor

Last Updated on April 13, 2021

Setelah kemarin sempat membahas soal ikut senam hamil di RSIA Nuraida Bogor, sekarang saya ceritakan pengalaman ikut yoga hamil atau prenatal yoga di Bogor, tepatnya di RSIA Bunda Suryatni Bogor. Keduanya saya lakukan pas hamil anak kedua, yaitu sekitar awal tahun 2021. Berarti masih di masa pandemi Covid-19.

Baca   Yoga Festival Fit & Fun 2016 (Plus Yoga Video!)

Karena masih pandemi, jadi memang jumlah peserta yang ikut yoga hamil di RSIA Suryatni ini sangat dibatasi. Bahkan sampai saya tulis blog post ini sekarang yoga hamil atau prenatal yoga sedang off dulu sampai waktu yang tidak ditentukan.

Tapi saya berharap sih bisa jalan lagi, karena saya merasakan manfaatnya sekali. Seperti apa sih pengalaman yoga prenatal di RSIA Suryatni Bogor? Simak terus tulisan ini yaa.

Ikut Kelas Offline Yoga Hamil / Prenatal Yoga di Bogor

Sebenarnya sejak saya hamil anak pertama di tahun 2016-2017, saya dapat info bahwa di RSIA Suryatni Bogor ada kelas yoga hamil. Tapi saya baru sekali mencoba prenatal yoga waktu anak pertama, itupun di Jakarta pas acara Yoga Fair. Jadi pas hamil anak kedua, langsung pengen coba juga hehehe. Karena memang selama ini cuman senam hamil aja.

Baca   Senam Hamil vs Yoga Prenatal, Pilih yang Mana?

Setelah cari info kesana kemari, terutama di IG RSIA Suryatni (yang super responsif adminnya), akhirnya saya diundang masuk ke grup WA. Selama pandemi, ternyata ada pilihan untuk kelas online yang dipandu oleh mbak Dela Jaskara atau kelas offline yang diadakan di RSIA Suryatni Bogor.

Biasanya kelas offline diinfokan H-1 dan melihat apakah Bidan Yuni, yang juga merupakan fasilitator prenatal gentle yoga, bisa mengadakan kelas. Plus karena rebutan hanya 8 slot saja, beberapa kali saya tidak dapat giliran hahaha.

Bitmoji Image

Jam dilaksanakannya kelas prenatal yoga offline juga pada hari Sabtu 09.00 WIB. Kadang juga tidak pas karena ada agenda lain yang harus dilakukan. Jadi ya selama ini hanya sekali saja mencoba kelas offline yoga hamil di RSIA Suryatni ini.

Namun pada tanggal 6 Maret 2021 yang lalu, saya mendapatkan slot. Yeay alhamdulillah finally! Jadinya pada hari Sabtu pagi, saya dengan semangat berangkat ke RSIA Bunda Suryatni Bogor. Memang lokasinya pas di pinggir jalan besar, tapi parkirannya sayang tidak terlalu besar. Tapi satpamnya bisa vallet kok, melihat saya ibu hamil yang menyetir sendirian wkwk.

Prosedur Ikut Prenatal Yoga di RSIA Bunda Suryatni

Memang sebelumnya kita mendaftar di WAG dulu. Baru datang di hari yang ditentukan untuk mengikuti kelas yoga. Pas saya datang, saya langsung ke lantai 4 untuk mengikuti kelas yoga hamil. Padahal harusnya bayar duluu HAHAHA. Yampun, abisnya satpam langsung mengarahkan kesana sih.

Jadi prosedurnya adalah :

  1. Daftar via WA
  2. Datang di hari kelas prenatal yoga
  3. Bayar untuk kedatangan kelas yoga di kasir lantai dasar. Simpan nota warna kuning.
  4. Datang ke lantai 4 untuk yoga hamil
  5. Selesai yoga, berikan nota warna kuning ke bidan.

Kalau saya kemarin kebalik. Jadi yoga dulu baru bayar hahaha untung ga kabur. Oiya harga satu sesi prenatal yoga adalah sebesar Rp. 60.000,-. sudah termasuk snack dan susu setelah olahraga plus sesi curhat, tanya jawab dan konsul setelah yoga.

Pengalaman Yoga Hamil Offline di RSIA Suryatni Bogor

Ketika saya masuk ruangannya, memang agak kecil. Wajar hanya dibatasi 8 peserta saja, agar protokol kesehatan maksimal dan tempatnya juga optimal untuk bergerak. Selama yoga saya juga memakai masker. Sepertinya lebih enak kalau pakai masker kain ya, karena lebih leluasa daripada masker medis. Mengingat gerakan yoga yang lebih “berat” daripada senam hamil, kemarin lumayan ngos-ngosan hahaha.

Pengalaman Yoga Hamil / Prenatal Yoga di RSIA Bunda Suryatni Bogor

Pengalaman Yoga Hamil / Prenatal Yoga di RSIA Bunda Suryatni Bogor

Semua perlengkapan sudah ada di dalam ruangan termasuk yoga mat yang tebal (sepertinya yang 10 mm) dan juga yoga block. Namun tidak ada yoga ball di ruangan. Kalau mau lebih higienis lagi, bisa bawa alas atau yoga mat sendiri, jadi di double dengan perlengkapan yang sudah ada.

Durasi kelas yoga hamil atau prenatal yoga sekitar 1.5 jam. Cukup lama ya karena gerakan yang diterapkan buanyak! Gerakannya sih ya itu-itu saja tapi lebih berulang dan posisinya di amati oleh Ibu Bidan. Nah, disini enaknya olahraga offline. Kalau ada gerakan yang salah, langsung diperbaiki.

Kita juga diajarkan teknik pernafasan yang bisa membantu saat kontraksi muncul atau pas saat lahiran. Ditanya juga apakah ada yang sungsang karena akan diajarkan beberapa posisi yang dapat membantu mengoreksi posisi janin. Selain itu, dijelaskan oleh Bidan Yuni manfaat setiap gerakan yang dilakukan. Lengkap banget penjelasannya!

Pengalaman Yoga Hamil / Prenatal Yoga di RSIA Bunda Suryatni Bogor
Foto kaki aja ya karena jujur capek hahahaha.
Baca   Video Senam Hamil & Yoga Prenatal Terfavorit untuk Olahraga di Rumah

Yoga 1,5 jam ya kerasa banget pegel dan tentu otot otot dipakai semua. Malah di sesi pendinginan, jadi ngantuk beneran HAHAHA. Soalnya secapek itu. Tapi enaaak banget sih setelah yoga dan alhamdulillah karena banyak olahraga, di minggu ke 30, posisi bayi sudah oke dan tidak sungsang.

Setelah yoga selesai, ada sesi menikmati snack & susu hamil plus berbincang-bincang dengan ibu bidan dan konselor laktasi. Cukup santai sih dan informatif, karena saling bertukar tips dengan ibu-ibu yang lain. Seperti nanas dan kiwi bisa dikonsumsi untuk mempercepat persalinan hehehe.

Pengalaman Yoga Hamil / Prenatal Yoga di RSIA Bunda Suryatni Bogor
Ngobrol bersama ibu bidan dan konselor laktasi

Overall saya suka sih sesi yoga hamil atau prenatal yoga di RSIA Bunda Suryatni ini. Selain informatif, tentu bisa membantu nanti saat lahiran. Karena memang ibu hamil harus rajin olahraga ya hihi. Paling minusnya adalah ruang yang agak kecil dan disatukan dengan ruang kantor (?). Jadi tidak ada aula atau ruang khusus buat yoga prenatal.

Sekian pengalaman saya ikut kelas offline prenatal yoga di Bogor. Semoga bisa menjadi referensi dan sumber informasi bagi ibu-ibu yang mencari kelas prenatal yoga ya. Dan semoga bisa segera di buka lagi kelas offlinenya di RSIA Bunda Suryatni. Thanks for reading! PS: ada tambahan list harga atau pricelist melahirkan di RSIA Bunda Suryatni Bogor ya di bawah ini 😉

pricelist harga melahirkan rsia bunda suryatni Bogor

RELATED POST

2 Comments

  1. Wah lengkap banget ya bund di rsia bunda suryatni

  2. apakah yoga ini sangat tepat untuk olah raga bagi para Bumil.. dan beneran bisa memperlancar saat proses persalinan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.