Family, Fashion, Home & Decor, How To, Products, Tips

Cara Menggunakan Pelembut dan Pewangi Pakaian dengan Tepat

Last Updated on June 18, 2022

Siapa yang di rumahnya selalu memakai pelembut pakaian keluarga atau pewangi pakaian keluarga? Atau malah pakai produk pelembut dan pewangi pakaian 2 in 1? Sudah tau cara menggunakan pelembut dan pewangi pakaian dengan tepat? Yuk yuk kita cek cara penggunaannya dengan tepat di blog post yang satu ini.

Bedanya Pelembut Pakaian dengan Pewangi Pakaian

Kadang bingung ya, apa sih perbedaan pelembut pakaian dan pewangi pakaian? Kenapa kadang jadi satu, kadang terpisah? Saya harus pilih yang mana? I asked the same questions early on marriage life wkwk. Maklum, taunya ya pakai detergen aja karena sudah wangi.

Cara Menggunakan Pelembut dan Pewangi Pakaian dengan Tepat
Courtesy of Pexels

Memang ada beberapa varian detergen bahkan sudah menyatukan pelembut/pewangi cucian di dalamnya, namun kadang pewangi pakaian keluarga dan pelembut pakaian keluarga ada yang dijual secara terpisah.

Pewangi pakaian sendiri merupakan produk yang khusus dirancang untuk membuat pakaian lebih harum dan wangi tanpa merusak kain. Bisa saja sih pakai parfum atau deodoran agar wangi, tapi kadang produk ini merusak kain. Jadi kalau mau baju harum, lebih baik pakai pewangi pakaian ya.

Cara Menggunakan Pelembut dan Pewangi Pakaian dengan Tepat
Courtesy of Pixabay

Sementara pelembut pekaian berfungsi untuk melapisi permukaan kain dengan bahan khusus sehingga mencegah permukaan kain menjadi kasar setelah dicuci, terutama saat menggunakan mesin cuci atau mengucek dengan kekuatan tangan super hehe. Manfaat ini bisa dirasakan terutama pada pakaian bayi dan handuk. Ga mau kan handuk jadi kasar atau bayi jadi tidak nyaman memakai bajunya karena gatel. Kasian huhu.

Baca   Cara Mencuci Baju Bayi Baru Lahir / Bayi Newborn

Tips Menggunakan Pelembut dan Pewangi Pakaian dengan Tepat

Sekarang, banyak inovasi produk yang sudah diformulasikan lengkap sebagai pelembut dan pewangi. Tujuannya cukup mudah yaitu untuk membersihkan dan mengharumkan pakaian secara bersamaan. Jadi cukup dengan sekali dicuci, pakaian kita sudah bersih dan wangi.

Cara Menggunakan Pelembut dan Pewangi Pakaian dengan Tepat
Courtesy of Pexels

Lantas, bagaimana menggunakan pelembut dan pewangi pakaian tersebut dengan tepat? Jujur sebelum berumah tangga, saya juga bingung kapan memakainya hahahaha. Namun ternyata tidak perlu bingung, karena petunjuk pemakaian sudah tersedia di setiap kemasan. Namun secara garis besar, cara menggunakan pelembut pakaian dan pewangi pakaian adalah :

Cara Menggunakan Pelembut dan Pewangi Pakaian dengan Tepat
Courtesy of Pexels

Mencuci Menggunakan Tangan

  1. Cuci baju dengan menggunakan detergen terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar baju menjadi bersih dari segala macam kotoran yang ada.
  2. Selanjutkan siapkan produk pelembut dan pewangi pakaian (bisa terpisah ya kalau tidak memiliki produk yang 2 in 1). Pastikan menggunakan pelembut pakaian dan pewangi pakaian tersebut sesuai dengan takaran yang direkomendasikan.
  3. Tuangkan pelembut dan pewangi pakaian yang ada sesuai dengan takaran ke dalam air bilasan akhir. Aduk sampai rata dan diamkan untuk beberapa menit.
  4. Peraslah pakaian. Pakaian tidak perlu dibilas lagi (kecuali disebutkan di cara pencucian)
Cara Menggunakan Pelembut dan Pewangi Pakaian dengan Tepat
Courtesy of Pixabay

Mencuci Menggunakan Mesin Cuci

  1. Cek terlebih dahulu jenis mesin cuci yang digunakan, apabila mesin cuci kalian memiliki wadah untuk masing-masing detergen dan untuk pelembut & pewangi pakaian, maka kita bisa langsung memasukkan keduanya secara terpisah sebelum memulai proses mencuci.
  2. Jika mesin cuci kalian tidak memiliki tempat terpisah, seperti pada beberapa mesin cuci dua tabung, maka kita harus membuka tutup mesin saat membilas untuk memasukkan pelembut pakaian. Masukkan produk ketika sisa-sisa buih detergen sudah hilang, jadi perlu lebih diperhatikan ya fase pencucian di mesin cuci.
  3. Pastikan menggunakan takaran yang tepat sebelum menuangkan pelembut dan pewangi pakaian, agar hasil optimal.
Baca   Cara Mudah Mencuci Boneka di Mesin Cuci

Bagaimana Cara Memilih Pelembut Pakaian dan Pewangi Pakaian?

Setelah tau cara memakai pelembut pakaian dan pewangi pakaian dengan benar, bagaimana sih cara memilih pelembut dan pewangi pakaian? Banyak kan ya variannya di supermarket, minimarket maupun di online marketplace. Jadi lebih baik pilih yang seperti apa? Nah, ada beberapa tips nih di bawah ini.

  1. Cari wangi yang sesuai dengan selera keluarga. Soalnya nanti semua pakaian di satu rumah akan wangi harum seperti ini hihi. Jadi pilih yang paling cocok ya.
  2. Pilih yang tidak menyebabkan iritasi. Pilihlah yang memiliki kandungan yang aman bagi kulit dan tidak menyebabkan iritasi berlebih pada kulit. Kadang beberapa ingredients yang terkandung di dalamnya cukup kuat sehingga akan mengakibatkan iritasi pada kulit yang sensitif, seperti kulit anak-anak dan bayi. Lebih baik pilih yang juga ramah untuk anak-anak sekalian ya jika masih ada anak-anak di rumah.
  3. Terbuat dari bahan alami. Memang sebaikanya kalau bisa, kita memilih pelembut pakaian dan pewangi pakaian yang terdiri dari bahan-bahan alami. Bahan alami tidak akan membuat tekstur pakaian cepat rusak.
  4. Menggunakan teknologi terkini, seperti mengandung anti bakteri, teknologi sekali bilas, dll. Dengan adanya beberapa teknologi terkini, produk pelembut pakaian terbaik dan pewangi pakaian terbaik tersebut tentu menjadi kesukaan banyak orang, karena bisa melakukan banyak hal bermanfaat secara bersamaan.
  5. Tentu pilih yang harganya terjangkau. Tidak bisa dipungkiri bahwa kita butuh pelembut pakaian keluarga dan pewangi pakaian keluarga, sehingga masuk ke list belanja bulanan. Kalau harganya terjangkau, kan lebih enak di kantung karena bisa menghemat pengeluaran rutin.

Mencoba Sensasi Segar ala Molto Korean Strawberry

Cara Menggunakan Pelembut dan Pewangi Pakaian dengan Tepat Molto Korean Strawberry

Setelah sekian lama menjadi pengamat K-Pop (sejak 2nd gen loh – era tahun 2009 wkwk) dan drama Korea (semenjak pandemi sih ini), akhirnya bisa mencoba sensasi harum segar ala Korean Strawberry langsung diwangi baju.

Yap, akhirnya ada pelembut dan pewangi pakaian Korea yaitu Molto Korean Strawberry. Produk ini memiliki kesegaran dan harum manis ala Korean Strawberry yang terkenal itu. Jadi wanginya serasa berada di antara BTS di foto ini ya hihihi. *auto post banyak foto foto BTS disini wkwk*

BTS in strawberry farm kim seokjin

BTS in strawberry farm min yoongi

BTS in strawberry farm

Baca   Alasan Menjadi Fans BTS (방탄소년단 / Bangtan Sonyeondan) - I'm an ARMY!

Yap sekarang Molto mengeluarkan series Korean Strawberry, dimana Korean Strawberry ini adalah salah satu icon negara Korea Selatan. Strawberry dari sana sendiri memiliki rasa yang mana, aroma yang harum dan juga buah yang segar. Makanya tidak heran kalau Korean Strawberry ini menjadi salah satu flavor yang disukai oleh orang-orang.

Molto Korean Strawberry sendiri selain memiliki #WanginyaBikinJatuhCinta juga mempunyai perlindungan dari 7 baru membandel. Apa saja bau membandel itu?

  1. Bau Keringat
  2. Bau Apek
  3. Bau Polusi
  4. Bau Asap
  5. Bau Amis
  6. Bau Bawang
  7. Bau Badan

Molto Korean Strawberry menangkal 7 jenis bau membandel

Selain itu, Molto Korean Strawberry juga 7 kali lebih wangi. Tentu dengan wangi Korean Strawberry baru yang manis dan menyegarkan. Saya sudah menemukan produknya yang berbentuk pouch liquid berukuran 680 ml loh. Dari luar pun baunya sudah haruuuum~

Karena memiliki kemampuan yang super melawan 7 bau dan juga menjadikan pakaian 7 kali lebih wangi, tidak heran kalau pelembut dan pewangi pakaian Molto Korean Strawberry bakal cepat masuk ke list rekomendasi pelembut pakaian dan rekomendasi pewangi pakaian banyak orang!

Bagaimana review saya? Hmm, baru dipakai beberapa kali sih. Nanti akan saya tulis reviewnya di blog post yang berbeda ya setelah melewati beberapa kali pemakaian. Sudah termasuk pemakaian untuk baju rumah, baju anak-anak yang lagi aktif-aktifnya dan juga baju kantor saya dan suami yang kadang harus ke lapang. Lengkap ya hihi, stay tuned!

Baca   Pengalaman Tes CPNS Kementan 2021 – Perdana Tes SKB

Yuk Cobain Korean Strawberry Series Lainnya!

Selain pewangi dan pelembut pakaian Molto Korean Strawberry, ternyata ada beberapa produk lain  dalam rangkaian Korean Strawberry Series Unilever loh~ Kalau sudah suka dengan aroma Korean Strawberry, wajib banget punya produk-produk ini di rumah, biar wangi dan segarnya seragam.

Cara Menggunakan Pelembut dan Pewangi Pakaian dengan Tepat Molto Korean Strawberry Unilever Superpell Rinso Sunlight

Memang ada apa saja? Ada Rinso Korean Strawberry Powder, detergen bubuk Rinso yang bisa dipakai sebelum menggunakan pewangi dan pelembut pakaian Molto. Wanginya jadi pas kan ga tabrakan karena satu series hehe. Apa keunggulannya? Keunggulan Rinso bubuk ini antara lain adalah menghilangkan noda dalam 1 kucek & bau tidak sedap, menjaga warna pakaian, wanginya tahan 21 hari dan bisa membunuh bakteri dan virus!

Jangan hanya pakaian saja yang wangi strawberry, namun piring dan lantai di rumah juga dong. Tentu ada Sunlight Extra Korean Strawberry yang tangguh membersihkan lemak dan membuat piring bersih, kesat dan makin segar. Selain itu ada juga Superpell Korean Strawberry yang memiliki teknologi power clean sehingga lantai bersih, higienis dan wangi ala stroberi dari Korea!

Baca   Mencoba Belajar Bahasa Korea Saat PSBB

Rangkaian produk ini bisa dibeli dimana? Bisa dibeli secara online di marketplace seperti Tokopedia dan JD.ID. Selain itu, bisa juga dibeli secara offline di supermarket dan minimarket di sekitar kalian.


Sekian blog post mengenai cara tepat menggunakan pelembut dan pewangi pakaian. Semoga bisa membantu ya! Thank you for reading.

RELATED POST

21 Comments

  1. Aku juga suka pake molto bund buat pewangi pakean, pakean jadi wangi dan lembut

  2. Aakkk banyak poto BTS di mariiii
    Yep klo pakai Molto yg varian Korean Stroberi ini pastinya bikin baju makin endulll harumnya, no apek apek ya mba

  3. memang saat menggunakan pewangi dan pelembut pakaian harus mengikuti aturan pakai ya

  4. Molto Korean Strawberry, pasti seger banget. Kalau seragam anak-anak pasti pake Molto. Tahan lama wanginya trus bikin warna ngga cepet pudar, bebas apek apalagi pas musim hujan gini. Trus lembut banget ditangan.

  5. Kalau gosok badan pakai handuk suka kasar aih gak enak banget nih. Ada molto korean strawberry membantu jadi lebih lembut

  6. Waaah bisa melihat BTS lagi petik Strawberry. Emang Strawberry ini produk terkenal dari Korea ya. Korea Selatan salah satu penghasil buah stroberi di dunia.

    Kini bisa ngerasain Molto Korean Strawberry nih di Indonesia

  7. Ya ampun itu Taehyung walo pake masker tapi aura gantengnya tetap membahana yaaah hahaha

    Aku selalu pake sih pelembut dan pewangi pakaian soalnya sebagian baju rumah yang bahan kaos suka gak disetrika haha

    Kepo banget nih sama wanginya Molto Korean Strawberry jadi pengen cobain juga deh

  8. Sudah terbayangkan harumnya, ah mau beli ah biar pakaianku wangi stroberi korea juga

  9. Aduh, lihat strawberrnya malah jadi pengen kunyah wkwkkw. Memang ini pewanginya enak baunya, Dil. Cucok banget buat nyuci pakaian anak-anak yang kadang bau ompol atau kayak kita yang suka riweh masak, bau amis di baju

  10. Kalau bicara harga, buat Ibu-ibu ya jadi hal wajib. Nyarinya yang bagus, tapi ramah di kantong juga. Sejauh ini, Molto emang jadi pilihan pelembut dan pewangi pakaian. Next coba varian terbaru ini

  11. Molto yang biasa aja udah wangi dan lembut. Ini pakai Korean Strawberry, pasti makin wangi dan lembut banget.

  12. Bener banget tuh poin “cari aroma yang sesuai dengan selera keluarga” karena ya emang wangi bagi suatu keluarga, bisa jadi tidak wangi/aromanya aneh bagi keluarga lain. Balik ke selera lagi sih. Kalau saya pribadi dan keluarga termasuk yang suka nih sama aroma strawberry. Jadi sepertinya bakal cocok sama aroma rangkaian produk Korea Strawberry Series.

  13. Aku dulu jugaa gak begitu mengenal.pewangi maak, begitu kenal dengan pewangi molto sejak awal.kemunculannya dulu langsung jatuh cinta karena bikin baju wangi.

    Nah sekarang ada varian korean strawberry seger bangett aromanya ya.

  14. Dari dulu, kalau cari pewangi pakaian ya pasti Molto yang jadi pilihannya
    Apalagi sekarang ada varian baru Molto Korean Strawbery ini ya mbak

  15. Ugik Madyo says:

    Yah. Aku kan jadi salfok sama babang tampan hahaha. Mbak langsung seger lihat BTS. Molto ini andalan keluarga kami. Wanginya memnag tahan lama. Aku belum pernah coba yang wangi Korean Strawberry ini. Jadi penasaran. Pengen coba.

  16. aduh mau baca malah lihat yang bening bening haha, btw molto korean strawberry ini kayaknya wangi banget ya? besok nyari akh di minimarket dekat rumah

  17. Aiih, mantul sekali..
    Korean Strawberry ini kabarnya rasanya beda banget sama strawberry Indonesia yaa..
    Rasanya lebih manis karena tumbuh di tempat yang dingin.
    Seneng banget ikutan panen Strawberry bareng BTS.
    Dan kini, wanginya bisa diadopsi melalui produk Molto Korean Strawberry.

  18. Mbaaa makasih tipsnya yaaaa
    Mesin cuci ku masih terpisah nih.
    Banyak yang harus dilakukan ulang nih Oh ya soal pewangi aku pake ini dong keluarGaku.

  19. aku tuh sebenarnya masih penasaran sama buah strawberry korea yang suk amuncul di drama denganuuran gede dan rasa manis yang menggiurkan, kalau dibuat pewangi gini lebih gampang dicoba dan bermanfaat pula.

  20. molto korean strawberry emang wangi banget ya mbak segar dan membuat healing, aku juga sekarang lagi nyuci pakai tangan, kerasa banget capeknya tapi terhibur dengan cucian yang bersih dan wangi.

  21. wah ada foto ayang lagi metik stroberi, ganteng banget 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.