Family, Pregnancy, Sports, Technology

Video Senam Hamil & Yoga Prenatal Terfavorit untuk Olahraga di Rumah

Last Updated on March 21, 2021

Hello hello! Tidak kerasa sudah masuk trimester tiga kehamilan nih. Yampun time flies! Mohon doanya yaa agar perjalanan menuju persalinan lancar. Karena saya juga ingin VBAC kalau diizinkan, salah satu syarat adalah sering gerak dan rajin olahraga. Di blog post ini, saya akan list beberapa video senam hamil & yoga prenatal (yoga hamil) terfavorit untuk olahraga di rumah.

Sebenarnya menurut saya lebih enak olahraga offline ya. Karena posisi kita bisa langsung dikoreksi oleh bidan maupun instruktur yoga. Tapi karena pandemi, banyak kelas yang menggelarnya secara online atau bahkan ditunda sementara sampai waktu yang tidak ditentukan, hiks.

sigh

Nah berhubung harus rajin olahraga, ada beberapa video yang saya pakai untuk olahraga di rumah (kalau inget HAHA) dari trimester 1 hingga trimester 3. Silakan dibaca terus yaa.

Senam Hamil vs Yoga Prenatal

Apa sih bedanya senam hamil dengan yoga hamil alias yoga prenatal? Keduanya merupakan olahraga yang popular dan dianjurkan untuk ibu hamil yang tidak mengalami komplikasi dalam kehamilannya. Bedanya adalah pada umur kehamilan dan juga pada gerakannya.

Untuk lebih jelasnya sudah saya bahas di blog post di  bawah ini ya. Ada contoh video yoga prenatal atau senam hamil full yang tersedia di Youtube.

Baca   Senam Hamil vs Yoga Prenatal, Pilih yang Mana?

Ada beberapa video yang saya gunakan di masing-masing trimester. Monggo kalau mau di bookmark juga, karena saya pun membuat post ini sebagai reminder aja kalau mau olahraga hahaha.

Disclaimer : Selalu dahulukan dan pertimbangkan kesehatan ibu dan janin. Jadi kalau merasa perut kencang, kontraksi atau nyeri saat olahraga, lebih baik di stop terlebih dahulu. Bisa konsultasi ke dokter kandungan dulu untuk mengetahui kondisi kesehatan yang lengkap dan rekomendasi olahraga apa saja yang bisa dilakukan!

Trimester 1

Di trimester pertama, saya lebih fokus di cardio workout sih. Tipis tipis tapi. Soalnya biar ga cepat lelah dan stamina tetap terjaga. Ini salah satu olahraga yang saya ikuti (sebisa saya). Kalau capek ya di pause dulu hahaha. Cuman ini cukup membuat kita bergerak aktif sih.

Selain video ini, bisa juga dicari dengan keyword exercise first trimester. Ada buanyak banget termasuk yoga. Tapi ingat jangan terlalu capek ya dan jangan lupa untuk menghidrasi tubuh.

Baca   My Pregnancy Diary - Trimester Kedua & Tabel Perhitungan HPL

Trimester 2

Di trimester ini saya lebih senang jalan kaki dibandingkan olahraga pakai video hahaha. Namun di akhir trimester 2, saya getol olahraga lagi karena sudah mengikuti senam hamil dan prenatal yoga. Beberapa video yang saya pakai, terutama yang lokal, adalah dari Bidan Kriwil. Super duper recomended dan bermanfaat!

 

Trimester 3

Disini mulai lebih intens olahraga wkwk. Karena selain bagus untuk menjaga stamina, juga bagus untuk melatih pernafasan dan juga mendukung posisi janin agar optimal. Alhamdulillah di minggu ke 30, janin kepalanya sudah di bawah yeay! Tinggal dipertahankan posisinya. Ada beberapa video yang saya ikuti, yaitu :

 Video Olahraga Agar Posisi Bayi Tidak Sungsang

Ini juga jadi salah satu yang saya tonton menjelang trimester 3. Waktu di umur 26 minggu, kepala bayi masih diatas alias posisi sungsang. Tapi menurut dokter tidak usah khawatir sih karena masih bisa berputar hingga 32 minggu. Yang penting kitanya rajin gerak dan air ketuban cukup.

Baca   My Pregnancy Diary - Memasuki Trimester Ketiga (28 - 33 Minggu)

Nah saya menemukan beberapa video yang saya coba praktekan di rumah agar posisi bayi pas. Dan alhamdulillah, di usia 30 minggu kepala sudah dibawah, yeay! Semoga ga naik lagi ya dek hehe.

Video Olahraga Agar Bayi Masuk Panggul

Kalau kepala sudah dibawah, salah satu cara untuk mempercepat proses menuju persalinan adalah dengan mengarahkan atau bergerak agar bayi cepat masuk panggul. Kepala di bawah bukan berarti bayi langsung sip masuk loh, perlu ada usaha. Ini ada beberapa video yang saya gunakan juga.

Wah keliatan ya kalau saya fansnya Bidan Kriwil hihi. Tapi memang videonya berguna dan informatif. Seneng banget bisa olahraga dan nambah ilmu soal kehamilan. Super plus lagi karena bu bidan penjelasannnya oke. Ini juga lagi otw nonton semua videonya di Youtube.

Sekian kumpulan video senam hamil & yoga prenatal (yoga hamil) terfavorit untuk olahraga di rumah. Semoga bisa bermanfaat ya bagi ibu-ibu yang sedang mencari referensi untuk olahraga di rumah sendiri selama masa kehamilan di saat pandemi ini. Stay healthy always!

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.