Thoughts

5 Things I Want to Do in 2019!

Tidak terasa ya sebentar lagi 2018 akan selesai. Dalam kurang lebih 20++ hari (dari saya menulis post ini), kita akan berjumpa dengan tahun 2019. Seperti tahun-tahun sebelumnya, ada hal-hal yang saya ingin lakukan di tahun depan. Baik itu keinginan long term atau short term, pasti ada aja list yang kita buat sebelum tahun baru datang, betul?

Jadi apa saja hal-hal yang saya ingin lakukan? Here I will compile the top 5 things I want to do in 2019!

1. Menjadi Orang Tua yang Lebih Baik

Oke ini sangat-sangat general ya hahaha. Pasti semua orang ingin menjadi orang tua yang lebih baik untuk anaknya di kemudian hari. Khususnya untuk saya, tahun 2019 adalah tahun dimana Rio resmi menjadi anak balita dan lepas dari kategori anak bayi. Yap, Rio akan berulang tahun kedua!

6 Kegiatan Sundate Bersama Keluarga

Katanya sih masa-masa balita akan menjadi masa yang indah namun penuh perjuangan hahahaa. Iya harus tambah banyak sabarnya dan harus diperbanyak ilmunya. Banyak sekali hal yang harus saya mulai terapkan ke Rio seperti toilet training, meningkatkan BB dan TB, mengajaknya untuk berbicara lebih banyak dan juga tahan melihat dia kesel bahkan tantrum.

BacaΒ Kiat Menjaga Anak Tetap Sehat di 1000 Hari Pertama Kehidupan

Doakan semoga proses parenting Rio yang beranjak masuk usia 2 tahun (beberapa bilangnya Terrible Two, tapi saya lebih senang menyebutnya Terrific Two πŸ˜€ ) berjalan lancar. Bismillah!

2. Lebih Peduli Lingkungan

Jujur, saya merasa guilty memakai diapers atau popok sekali pakai ke Rio. Sampahnya lumayan banyak dan saya ga yakin sampah tersebut diolah dengan baik di Indonesia hiks. Tapi kalau pakai popok kain, saya menyeraaah hahaha. Makanya saya ingin sekali segera melakukan toilet training agar sampah popok (dan juga budget popok) bisa dikurangi.

Hal lain yang saya ingin lakukan adalah memakai menstrual cup (google aja bagi yang ga tau – tapi nanti akan saya bahas di blogpost lain hehe), memakai sedotan non-plastik, rajin membawa tempat minum sendiri dan juga dapat mengurangi penggunaan plastik saat belanja. Kebetulan, kota tempat saya tinggal yaitu Kota Bogor, memiliki aturan bahwa jika kita belanja di tempat perbelanjaan, maka toko TIDAK BOLEH MENYEDIAKAN PLASTIK. Nice!

3. Traveling dengan Passport

Sudah lama tidak pergi kesana kemari ke tempat yang butuh passport! Hahaha. Iya terakhir kali pergi itu kalau ga salah ke Jepang, sekitar tahun 2014. LAMA BANGET KAN YAAA. Agak iri sih liat Arga yang kalau dinas malah berpergian kemana-mana. Kan aku juga mauuu #anaknyamauan.

BacaΒ Finally Japan!

5 Things I Want to Do in 2019!
Courtesy of Pixabay

Makanya mumpung Rio belum sekolah dan belum banyak maunya, pengen jalan-jalan ke negara tetangga sepertinya. Oiya, remind me to renew my passport too. Udah mau habis sepertinya (saking ga kepakenya jadi lupaaa).

4. Mulai Olahraga (Lagi) DENGAN KONSISTEN.

Ini sudah saya lakukan berkali-kali tapi tetap saja ga mudah untuk konsisten! Mendekati umur 30, selain memperhatikan skincare, saya mulai manyadari bahwa tubuh juga harus diperhatikan. Beneran udah ga kaya dulu kondisi badannya hiks. Makanya pengen mulai olahraga lagi DENGAN KONSISTEN. Kenapa konsistennya di capslock? Biar menohok aja hahaha.

Help help. Ada yang punya tips agar olahraga kita konsisten?

5. Memperbaiki Keadaan Finansial Keluarga

Katanya mau pergi jalan-jalan, masa finansial tidak diperhatikan juga, iyakan? Saya sering mantengin akun Instagram yang memberikan saran finansial dan juga pernah ikut kelas Fintalk soal keuangan keluarga. Awalnya sih masih iya iya aja. Terus kena “serangan” pricelist sekolah yang dikeluarkan @the_urbanmama. Langsung sadar deh, ternyata sekolah mahal ya! Makanya penting banget untuk menabung dan memperbaiki keadaan finansial keluarga.

BacaΒ 6 Kegiatan Sundate Bersama Keluarga

5 Things I Want to Do in 2019!
Courtesy of Pixabay

Cara paling simpel adalah membuat pos-pos pengeluaran,Β konsisten mencatat pengeluaran, dan disiplin serta bertanggung jawab dalam menggunakan uang. Oiya jangan lupa sedekah juga hihi.


Aamiin aamiin aamiin YRA untuk kelima rencana ini. Sebenernya ga muluk-muluk kan ya padahal bhay itu banyak banget, Dil!Β Tapi yang namanya rencana, boleh saja dong dibuat. Apalah arti hidup ini kalau kita tidak membuat rencana?Β Kalau kalian, ada ga sih hal yang ingin dilakukan di tahun 2019? Silahkan share di kolom komentar ya πŸ˜€

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.