Family, Parenting, Tips

6 Kegiatan Sundate Bersama Keluarga

Hai hai, saya ingin bertanya satu pertanyaan yang cukup penting dan membuat kita agak berpikir. Are you happy? Apakah kita bahagia dengan kondisi kita sekarang? Nah ada temuan menarik nih dari Badan Pusat Statistik (BPS), yaitu ternyata indeks kebahagiaan Indonesia mengalami peningkatan, dari 68,28 pada 2014 menjadi 70,69 pada 2017, pada skala 0-100. Indeks Kebahagiaan Indonesia ini disusun oleh tiga dimensi yaitu Kepuasan Hidup, Perasaan, dan Makna Hidup. Jadi Indonesia lumayan bahagia ya penduduknya 😀

Menurut laporan tersebut, keharmonisan keluarga (indikator kepuasan hidup sosial) memiliki nilai dan pengaruh yang paling tinggi dalam kebahagiaan seseorang, yaitu sebesar 80,051. Harvard Study of Adult Development juga menyatakan bahwa, memiliki hubungan yang dekat dan berkualitas dengan keluarga dan orang terdekat, membuat seseorang menjalani hidup dengan lebih sehat dan bahagia.

Bitmoji 6 Kegiatan Sundate Bersama Keluarga

Saya sebagai seorang Ibu di keluarga yang baru berjalan beberapa tahun ini (alias seumur jagung hihi) juga ingin membuat dan mempertahankan hubungan antar anggota keluarga yang harmonis. Kalau bisa sampai bertahun-tahun kemudian. Having a fun and loving family is really a blessing AND something we need to work on together. Karena ketika teman dan pekerjaan meninggalkan kita, all that we have is family. *awwww*

Baca Is Marriage an Achievement? My Opinion


Kadang terasa banget quality time yang dimiliki juga semakin sedikit. Mengingat Arga kerja kantoran di wilayah Jakarta dan kadang sampai rumah sekitar jam setengah 8 malam. Berarti hanya ada waktu 1.5 jam untuk main bersama Rio sebelum Rio tidur. Kemudian besoknya pergi lagi jam 6 pagi ketika Rio baru bangun. Belum lagi kalau sedang dinas ke luar pulau, bisa-bisa seminggu tidak bertemu.

Saya sendiri merupakan main caretaker Rio, yang kadang 24 jam juga bersama Rio terus hehehe. Maklum sekarang pekerjaannya masih Ibu Rumah Tangga hehehe. Selain IRT, saya juga seorang blogger yang kadang harus menghadiri suatu acara. Berarti ya Rio dititipkan ke nenek/tantenya selama setengah hari. Seru sih bisa ada me-time sekalian bekerja, namun saya membaca salah satu quote di Instagram sesama blogger yang menyebutkan “Kenapa tidak ubah Me-time menjadi We-time“? WAH BENER JUGA. Apalagi kadang saya meskipun sama Rio, tapi saya dan Arga kadang suka sibuk sendiri memegang gadget dan Rio malah main sendiri 🙁 Hiks jadi sedih kalau dipikir lagi. Jangan ditiru yaaa.

Baca Aktivitas Mom Blogger yang #AsikTanpaToxic

“Rutinitas pekerjaan dan aktivitas sehari-hari, ragam peran yang harus dijalani, hingga gawai (gadget) yang tak pernah lepas dari genggaman, secara perlahan memberi jarak antar individu dalam keluarga. Padahal, kebahagiaan sesungguhnya ada pada koneksi antara setiap anggota keluarga, bukan sekedar asyik dengan dunia sendiri.”

-Psikolog & Penulis Buku, Intan Erlita.

Salah satu solusi kalau semuanya sedang super sibuk seperti yang sudah saya jelaskan diatas, adalah dengan merencanakan minimal 1 hari dalam seminggu, kita bertiga (saya, Arga dan Rio) melakukan suatu aktivitas bersama. Biasanya sih hari Minggu atau kerap kali dibilang SunDate 😀 Ya, gampang-gampang susah sih menentukan aktivitas untuk bertiga apalagi membawa bayi. Tapi disini yang saya ingin tekankan adalah aktivitas tersebut harus dapat menciptakan waktu berkualitas dan menyenangkan bagi sekeluarga,walau cuman sebentar.

Nah penasaran kah apa saja aktivitas itu (dan beberapa rencana aktivitas yang belum tercapai)? Silahkan baca terus dibawah ini yaa!

1. Olahraga

Ini merupakan salah satu kegiatan favorit kami bertiga! Alhamdulillah rumah kami dekat dengan salah satu spot jalan pagi yang teduh favorit keluarga di daerah Bogor. Jadi pagi-pagi tinggal keluar kompleks dan jalan deh hehehe.

6 Kegiatan Sundate Bersama Keluarga

Rio sangat suka jalan-jalan, apalagi semenjak bisa jalan sendiri. Ga mau berhenti! Nah ini juga salah satu cara agar Ibu & Bapak (otw) berada di berat badan dan bentuk tubuh yang ideal HAHAHA. Persiapannya juga ga banyak kok. Hanya bawa stroller, duit secukupnya (untuk jajan), HP (dokumentasi dong) dan air minum. Beres deh!

2. Kegiatan Indoor Bersama (No Gadget!)

Bogor adalah kota hujan dan salah satu kota termacet di dunia. Jadiii kalau memang sedang hujan atau kadang tidak mau keluar karena pertimbangan macet (hello jalanan yang penuh plat B hihi), kita bertiga cukup menghabiskan waktu di rumah. Dengan satu syarat yaitu NO GADGET. Apakah bisa? Bisa dong!

Membaca Buku Rabbithole - 6 Kegiatan Sundate Bersama Keluarga

Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di rumah. Salah satunya ya dengan membaca. Saya dan Arga gantian bercerita ke Rio, karena pasti dia ingin diulang-ulang ceritanya hahaha. Kadang kita juga bermain dengan mainan yang ada, tapi yang jelas tidak ada waktu untuk liat gadget ya 🙂

3. Belanja Mingguan

Ini adalah salah satu kegiatan favorit saya HAHAHA ketebak ya? Jika waktunya tidak banyak namun pengen refreshing, saya mengajak Arga & Rio untuk menemani saya belanja bulanan. Ternyata seru juga loh mengajak anak bayi belanja. Kita bisa memperkenalkan berbagai macam barang, buah, sayuran, makanan dan ikan hidup (yang ada di supermarket terdekat haha) ke anak kita. Ternyata bisa juga ya menciptakan quality time seperti ini. Untungnya Rio belum pengen ini itu sih hihi.

6 Kegiatan Sundate Bersama Keluarga
Pilih yang mana mas?

4. Mengunjungi Tempat Wisata Lokal

Tidak usah jauh-jauh (karena pasti melelahkan), kita bisa mengunjungi berbagai macam tempat wisata yang ada di kota kita sendiri. Pilihlah tempat wisata yang cocok dan bisa dinikmati oleh anak kita. Contohnya saya memilih tempat yang dimana Rio bisa belajar lebih banyak tentang alam DAN tempatnya juga stroller & baby friendly hehehe. Jadilah Kuntum Farm Field menjadi pilihan untuk liburan sejenak saat akhir pekan alias waktu SunDate kita. Reviewnya akan dibahas di blog post terpisah ya 😀

Kuntum Farm - 6 Kegiatan Sundate Bersama Keluarga
Ibu & Rio di Kuntum Farm Field

5. Playdate!

Kegiatan ini juga merupakan salah satu kegiatan favorit saya di akhir pekan. Playdate bersama teman teman saya, Arga atau Rio hihihi. Selain menambah quality time bersama keluarga, saya juga mendapatkan quality time bersama teman-teman yang juga saya anggap seperti keluarga. It’s a super big extended family! Belum lagi kalau anaknya ternyata seumuran hihihi. Bisa jadi playdate yang heboh!

Baca Keseruan Family Playdate Ibu Ibu Kota Hujan

6 Kegiatan Sundate Bersama Keluarga
My besties since high school and our families!

6. #Sundate2018 bersama Sun Life Financial Indonesia

Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life menyampaikan, “Kami menginisiasi aktivitas Sundate, sebagai sarana menjalin keakraban antara anggota keluarga, sekaligus meningkatkan kebahagiaan dan kepuasan nasabah, khususnya di momen peringatan Hari Pelanggan Nasional.”

Konsep Sundate, dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengembalikan kebahagiaan, yaitu dengan merancang waktu khusus untuk menjalankan berbagai  aktivitas yang menyenangkan bersama seluruh anggota keluarga. Kegiatan ini berlangsung di 5 kota besar di Indonesia (Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bali, dan Medan) dan melibatkan 3000 nasabah Sun Life dan keluarga.

6 Kegiatan Sundate Bersama Keluarga

Sun Life Financial merupakan perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan beragam produk asuransi, serta solusi pengelolaan kekayaan dan aset individu maupun korporasi. Sun Life Financial Indonesia merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Sun Life Financial yang menawarkan berbagai perlindungan dan pengelolaan produk yang variatif. Terdapat asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, hingga rencana pensiun.

“Selain ditujukan bagi nasabah setia kami, Sundate kami hadirkan sebagai sebuah ajakan bagi masyarakat Indonesia untuk membangun hubungan yang berkualitas bersama keluarga dan orang terkasih melalui aktivitas bersama. Salah satunya dengan memanfaatkan momen di akhir pekan. Ajakan ini sejalan dengan komitmen Sun Life dalam membantu masyarakat menikmati setiap momen dan tahap kehidupan dengan lebih nyaman. Wujudkan keluarga sehat dan bahagia, #LebihBaik Sekarang!” ujar Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia.

6 Kegiatan Sundate Bersama Keluarga

Sebagai puncak apresiasi terhadap nasabahnya, Sun Life juga akan menerbangkan tiga keluarga terpilih ke Jepang, dan menikmati perjalanan keluarga pada Oktober mendatang. WOW! “Kami berharap, inisiatif Sundate dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk meluangkan waktu sejenak dan menikmati momen kebersamaan keluarga dengan lebih terencana. Adapun lebih jauh, melalui inisiatif ini, kami juga ingin turut ambil bagian dalam pembentukan generasi Indonesia yang lebih baik dan lebih bahagia,” tutup Elin.

6 Kegiatan Sundate Bersama Keluarga


Nah, apakah kalian sudah meluangkan waktu khusus untuk keluarga terkasih? Share yuk kegiatan apa saja yang sudah (dan mungkin rencana) yang akan dilakukan! Atau ada yang ikutan Sundate bareng Sunlife juga? Ditunggu komen-komennya ya! 😀

You may also like...

25 Comments

  1. Annafi says:

    Sundate, lucu juga namanya ya mba 😀 kalau waktu saya kecil di akhir minggu biasanya ke swalayan atau sekedar jalan n cari makan di senayan. Jaman dulu belum ada playdate hehe

  2. Playdate, hihi sekarang lagi banyak banget yang pakai istilah tersebut. Tapi seru sih playdate, jadi anak bisa bersosialisasi juga dengan temannya yang seusia 🙂

  3. wah asik ya bisa sundate, duh jadi pengen juga heheh.

  4. Wuihhh acara yang sungguh berfaedah ya ..diacara ini bisa juga bonding antara anak dan orang tua.

  5. Wah seru ya ceritanya, kebersamaan anak dan orang tua semakin terjalin. Kalau saja dekat mau deh saya ikutan. Hehehe

  6. Iya bener bngt waktu bersama kelyarga bounding yg pas.. dimanfaatkan bngt ya mba…

  7. Wow, jadi pengin ukur indeks kebahagiaanku berapa..hehe..Memang penting banget meluangkan waktu bersama keluarga tanpa gadget supaya tetap berkualitas hubungannya 🙂

  8. Jadi seperti diingatkan, mumpung besok weekend bersama keluarga ah. Agak susah setelah anak bertumbuh besar, karena sering mereka sudah punya dunianya sendiri

  9. Iya kalau wiken khususnya hari Minggu enakan ma keluarga ya mabk, baik itu di rumah atau keluar rmh asal bisa quality time ma keluarga 😀

  10. 6 kegiatan uang ringan dan santai tapi belum tentu semua keluarga “mampu”lakukan hahaha

  11. Asyik ya acara sundatenya Sun Life. Enak banget Bun dirimu bisa ikut acara kayak gini. Btw, bener Bun, belanja itu refreshing. Meski kalau abis kalap yang ada jadinya malah lieur pas sampe rumah. Hahaha…

  12. Alhamdulillah sudah.. cuma yg palydate atau sundate belum nih. Nanti kalau memang sudah punya waktu luang insya Allah saya usahakan.

  13. Belanja mingguan aku ngga pernah sekeluarga….bisa jebol dompet mamanya. Jadi belanja cukup tugas mamak aja….

  14. hampir sama kegiatannya ka.. pergi
    bareng, makan bareng dan main bareng.. play date sekarang jarang ka, karena anak-anak sudah besar dan sudah bisa memilih mau kemana

  15. Asik banget ya moms. sekalian happy, lanjut me time lalu dibarengin dengan keluarga dan teman teman dekat. pasti suasanya seru namun penuh kehangatan. sungguh bahagia melihat senyuman seluruh keluarga

  16. Asyik. Seru banget acara keluargabya. Moga langgeng ya

  17. setuju..saya juga begitu. Harus ada satu hari khusus yang no pekerjaan dan dipakai untuk dolan bareng keluarga

  18. hihi boleh juga tuh, istilahnya. sundate namanya ya kalau family time di hari minggu ^^

  19. Kegiatan indoor bersama no gadget, itu sih yg paling aku kangenin nih mba.. Huhu

  20. wah bagus bu, terutama yang jalan jalan mengunjungi wisata lokal, lihat hewan ternak hehehe, mampir juga diblog saya

  21. yang paling aku suka adalaah joget joget sama anak aku.. hahaha.. ga tau joget apa, yang penting joget.. haha

  22. Sama banget kita mbaa hehe selaku IRT. Belanja on weekend obat banget sih hehe
    Dan sama juga, ayahnya Ahnaf lumayan sering dinas jd memang peer juga emmanfaatkan qtime yg ada hehe thanks for sharing 😍

  23. Rio liat bebek emesh banget sih

  24. Ide-idenya seru. Sebenarnya aktivitas sehari-hari bisa jadi premium moment buat keluarga. Di rumah yaa ngiris bawang bareng juga bisa family time :))

  25. Hastira says:

    dulu lagi anak kecil, pasti , cari tempat agar anak bisa bisa bermain, sekarangs udah dewasa cari tempat makan yg nyaman terus ngobrol lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.