Family, Products, Review

Tips Memilih Lotion Anti Nyamuk Bayi dan Anak

Last Updated on April 23, 2021

Hello semuanya! Bogor sudah memasuki musim kemarau nih, meskipun kalau sore masih suka hujan deras. Maklum, namanya juga kota hujan ya. Tapi musim peralihan ini artinya banyak nyamuk berkeliaran huhuhuhu. Jadi lotion anti nyamuk bayi dan anak sih sudah pasti selalu ada di daftar belanjaan.

Bagaimana saya memilih lotion anti nyamuk bayi dan anak? Bisa pilih yang mana saja ga sih? Atau ada hal-hal penting yang harus diperhatikan? Simak blog post ini ya untuk tau beberapa kiat dan tips memilih lotion anti nyamuk ini.

Pentingnya Lotion Anti Nyamuk Bayi dan Anak

Karena saya tinggal di Bogor, dan memang banyak nyamuk kalau musim pancaroba, jadi lotion anti nyamuk untuk bayi dan anak ini super penting! Ada beberapa penyakit menular yang bisa menyebar via vektor nyamuk, seperti demam berdarah (DBD).

Berhubung punya anak balita, ya paling was-was kalau kena penyakit ini. Apalagi kalau ingat iklan layanan masyarakat jaman dulu, dimana yang sakit DBD muntah darah. OMG so traumatic. Jadi kalau di kompleks udah ada yang sakit DBD, wah udah was was nih. Anak-anak harus diproteksi!

My Baby Minyak Telon Plus Formula Baru – Solusi Bebas Main Tanpa Nyamuk
Sekilas tentang nyamuk Aedes aegypti, vektor virus demam berdarah

Malah beberapa saat yang lalu sempat baca bahwa rumah sakit di Bogor pun cukup kewalahan menerima pasien DBD disamping pasien Covid. Nah di masa pandemi kaya gini, memang sebaiknya keluarga kita diusahakan selalu fit ya. Jadi lotion anti nyamuk bayi dan anak menjadi salah satu must have item di rumah.

Hal yang Diperhatikan Saat Memilih Lotion Anti Nyamuk

Awal jadi ibu baru, juga sebenarnya tidak terlalu mengerti apa saja yang harus diperhatikan saat memilih lotion nyamuk hahaha. Pokoknya ada tulisan bayi, yasudah itu yang saya pilih wkwk. Tapi ternyata, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat memilih lotion anti nyamuk ini. Apa saja?

1. Usia Anak

Kita harus tau dulu apakah akan memakaikan lotion anti nyamuk ke anak usia berapa. Apakah newborn dibawah 3 tahun? Atau batita? Atau bahkan anak TK? Hal ini penting karena ada beberapa kandungan yang tidak disarankan untuk rentang usia tertentu.

Mengutip alodokter.com, bahan DEET di dalam komposisi lotion anti nyamuk aman digunakan oleh bayi di bawah usia 2 bulan, sedangkan picaridin baru bisa digunakan setelah bayi berusia lebih dari 2 bulan. Jika ragu, boleh bertanya ke dokter anak maupun dokter kulit ya.

Baca   Apa Jenis Kulit Bayimu? Cari Tau Disini!

2. Kandungan Lotion Anti Nyamuk

Setelah tau usia anak, kandungan lotion juga menjadi perhatian. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada yang tidak disarankan digunakan oleh usia tertentu. Kadang lotion anti nyamuk memiliki bahan yang mengandung DEED, picaridin maupun essential oil untuk membantu mengusir nyamuk.

Tapi ternyata bahan kimia aktif DEET (diethyltoluamide) yang terdapat pada lotion anti nyamuk biasa, dapat menyebabkan alergi, iritasi, dan kemerahan pada kulit bayi. Penggunaan kandungan DEET lebih dari 30% juga berpotensi menyebabkan kanker kulit. Jadi pastikan kita cermat dan kritis saat memilih ya.

3. Sudah Mendapatkan Izin Edar

Izin edar, terutama izin BPOM di Indonesia, memang penting untuk diperhatikan. Jika suatu produk sudah mengantungi izin edar seperti BPOM maupun sertifikasi halal MUI, biasanya kita lebih nyaman menggunakannnya. Apalagi ini adalah untuk anak, yang ga bisa sembarangan tentunya. Jadi pastikan untuk teliti melihat izin edar yang dikantungi oleh suatu produk lotion anti nyamuk bayi dan anak.

yeah

4. Perhatikan Reaksi Kulit Anak

Every child is different. Ini perlu ditekankan juga saat melihat reaksi kulit anak setelah menggunakan sebuah produk anti nyamuk. Apakah kulitnya baik-baik saja atau malah terdapat masalah, seperti kemerahan, gatal-gatal sampai iritasi.

Kenyamanan anak memang nomor satu. Jadi jika tidak cocok dengan suatu produk, segera ganti ke produk lainnya ya. Dan coba untuk menganalisa bahan apa yang tidak cocok di kulit anak, demi menghindari kejadian yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Mencoba Mama’s Choice Baby Mozzbye Skin Protection Lotion

Salah satu pilihan lotion anti nyamuk untuk bayi dan anak adalah Baby Mozzbye Skin Protection Lotion dari Mama’s Choice. Mama’s Choice Baby Mozzbye Skin Protection Lotion ini adalah pilihan anti nyamuk yang aman dan efektif untuk anak dan bayi. Bahkan claimnya adalah bisa melindungi hingga 8 jam! Oiya sudah ada izin BPOM dan juga sertifikasi halal MUI juga.

Baca   Review Mama’s Choice Rash Cream – Salep Biang Keringat Bayi dan Anak

Mama's Choice Baby Mozzbye Skin Protection Lotion anti nyamuk bayi anak

Kemasan

Mozzbye Skin Protection Lotion ini datang dalam kemasan box khas seri bayi Mama’s Choice yang didominasi warna kuning dan putih. Gambarnya menarik, jadi Rio senang melihatnya hehehe. Di box terdapat keterangan produk, cara penggunaan, komposisi, keterangan produksi, tanggal kadaluarsa dan juga tips untuk melindungi kulit bayi.

Mama's Choice Baby Mozzbye Skin Protection Lotion anti nyamuk bayi anak

Kemasan lotion anti nyamuk ini sendiri berbentuk tube dengan ukuran 50 ml. Dengan tutup flip top dan ada segel saat membuka produk pertama kali, kemasannya cukup tahan saat pengiriman maupun untuk dibawa berpergian. Di belakang kemasan tube juga terdapat keterangan singkat, keterangan produksi dan juga tanggal kadaluarsa.

Mama's Choice Baby Mozzbye Skin Protection Lotion anti nyamuk bayi anak

Komposisi & Tekstur

Adapun komposisinya adalah :

Aqua, Ethyl Butylacetylaminopropionate, Carapa Guaianensis (Andiroba) Seed Oil, Cetyl Alcohol, Pimpinella Anisum (Anise) Seed Oil, Glycerin, Butylene Glycol, Glyceryl Stearate, Ethylhexyl Palmitate, Stearic Acid, Propanediol, Diheptyl Succinate, PEG-100 Stearate, 1,2-Hexanediol, Acrylic Acid, Capryloyl Glycerin/Sebacic Acid Copolymer, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Anthemis Nobilis (Chamomile) Flower Oil, Cymbopogon Nardus (Citronella) Oil, Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Myristica Fragrans (Nutmeg) Kernel Oil, Sodium Hydroxide, Caprylhydroxamic Acid, Lactic Acid

Tips Memilih Lotion Anti Nyamuk Bayi dan Anak

Jika dirunning di skincarisma.com, tidak terdapat paraben, silicone, alkohol maupun sulfat di dalam kandungannya. Oiya tidak ada parfum atau fragrance dan DEET juga, yang seperti saya sebutkan diatas bisa berpotensi untuk mengiritasi kulit bayi. Jadi jelas ini cocok dan aman di kulit bayi, anak maupun pemilik kulit sensitif.

Terdapat juga bahan alami seperti andiroba seed oil untuk memproteksi kulit bayi yang sensitif, lavender oil untuk membantu menghaluskan dan memlembabkan kulit bayi, serta citronella oil yang biasanya digunakan sebagai pewangi natural untuk mengusir nyamuk.

Teksturnya merupakan cream berwarna putih yang cukup kental. Namun ternyata bertekstur cukup ringan dan cepat menyerap ke dalam kulit. Tidak ada sensasi lengket sih setelah penggunaan lotion anti nyamuk ini. Wanginya juga tidak ada karena memang tidak ada tambahan fragrance atau parfum.

Mama's Choice Baby Mozzbye Skin Protection Lotion anti nyamuk bayi anak

Cara Pemakaian

Cara pemakaian produk ini adalah :

  1. Tuangkan ke telapak tangan dan gosok
  2. Aplikasikan ke bagian tangan, kaki dan juga tubuh yang terbuka
  3. Dapat digunakan setiap hari, terutama setelah mandi atau sebelum main di ruang terbuka.

Testimoni

Saya suka memakaikan lotion anti nyamuk ini ke Rio, terutama pada saat dia bermain di luar di sore hari. Rio pun terlihat cukup nyaman saat memakainya. Tidak ada reaksi negatif yang terjadi di kulit Rio, alhamdulillah.

Seperti yang dilihat di foto diatas, lotion anti nyamuk ini cukup cepat menyerap dan tidak meninggalkan sensasi lengkat. Oiya, saya jeda juga ya pemakaiannya antara lotion anti nyamuk dengan sunscreen. Kurang lebih sekitar 15-30 menit.

Sekarang pun Rio kalau main di luar, selalu minta dipakaikan sunscreen dan juga lotion anti nyamuk hehehe. Alhamdulillah belajar untuk merawat kesehatan kulit sejak dini ya 😆

Tips Memilih Lotion Anti Nyamuk Bayi dan Anak

Untuk harga, Mama’s Choice Baby Mozzbye Skin Protection Lotion dibandrol dengan harga normal di Rp. 119.000,- di website resmi Mama’s Choice maupun di marketplace online seperti Shopee. Tapi ternyata harganya lagi diskon loh. Jadi langsung cuss beli di situs ini. Kalau pakai kode :

MAMAFARA

bisa dapat diskon tambahan lagi. Sharing is caring, right? Hehehe, semoga harganya jadi lebih terjangkau yaa dengan tambahan diskon.

Sekian tips memilih lotion anti nyamuk bayi dan anak serta sedikit review Mama’s Choice Baby Mozzbye Skin Protection Lotion. Semoga bermanfaat ya 🙂

RELATED POST

17 Comments

  1. Asik banget, Mama Choice punya lotion antinyamuk.Produk brand yang satu ini banyak banget ya, dan semuanya ada, kayaknya.

  2. Mama Choices memang membantu momy merawat debay dari gigitan nyamuk.

  3. Wah tertaik aku karena ada andiroba seed oil untuk memproteksi kulit bayi yang sensitif..karena anakku jenis sensitif kulitnya. Oia,kemasannya lucu ya. Memang lagi musim nyamuk nih maka perlu perlindungan ekstra lotion nyamuk untuk anak-anak kita

  4. Penting sekali nih edukasi seperti cara/tips pilih locion antinyamuk untuk bayi/anak2, sebab tidak semua lotion antinyamuk cocok untuk kulit bayi. Kadang keluarga juga memilih lotion antinyamuk berdasarkan umur bayi/anak-anak karena pertimbangan bahan kimia di dalamnya. Orang tua juga penting yang memberi lotion, takutnya kalo anak-anak/bayi bisa dimakan/dicicipi itu lotion…bahaya.

  5. waduh, aku baru tahu kalau untuk anak balita pun punya lotion khusus untuk nyamuk ya. sejauh ini anak gak ada keluhan ya mbak setelah beberapa hari pemakaian.

  6. Waktu anak-anak saya masih kecil, kalau sore suka main ke taman dekat rumah. Cuam ya gitu, nyamuk kebon kan suka gede-gede. Jadi terkadang kulit mereka bentol-bentol. Coba dulu udah ada Mama’s Choice lotion anti nyamuk ini. Saya pasti bakal pakein, deh

  7. Wahh ini produk barunya mamas choice yaa? Baru tahu nih kalo mereka ngeluarin lotion anti nyamuk. Tapi memang penting banget nih menghindarkan anak dari gigitan nyamuk apalagi pada musim hujan

  8. wah asyikkk Mama’s Choice punya lotion anti nyamuk

    selama ini bingung, keponakan saya “darah” manis karena itu sering digigit nyyamuk

    tapi takut mau pakai lotion anti nyamuk yang sekarang beredar

    untung Mama’s Choice paham banget dengan kebutuhan keluarga yang punya baby/balita

  9. Harga memang ga bohong ya. Buat anak mah jangan berani-berani pakai produk sembarangan. Untung ada Mama’s Choice lotion anti nyamuk ya, pastinya aman untuk kulit anak-anak.

  10. Sekarang Surabaya juga lagi banyak nyamuk mba
    aku pun ga mau sembarangan kalo pilih lotion anti nyamuk.
    apalagi buat anak, kudu pilih yg aman

  11. Jadi tenang deh para emak yang memiliki bayi dan balita, karena salah satu produk Mama Choice yaitu lotion anti nyamuk bisa diandalkan.

  12. Mau coba ah lotion ini untuk saya. Pakai yang versi biasa, kok kulit saya terasa panas dan lama-lama memerah. Pengalaman opname karena DBD baru-baru ini memang bikin saya trauma dengan nyamuk.

  13. Fenni Bungsu says:

    Selain bahannya, cek juga apakah bisa digunakan semua usia, karena biasanya pada bagian kemasan ada tertera ya cocok untuk digunakan dari umur berapa, agar tidak terjadi iritasi kulit juga

  14. Kalau pakai Mama’s Choice Baby Mozzbye Skin Protection Lotion, kitanya jadi tenang ya, si anak aman dari gigitan nyamuk. Jadi inget dulu, buat jagain anak tidur, aku kudu pakaikan kelambu segala di box nya biar ga dimasuki nyamuk 😀

  15. Untuk anak memang harus dipehatikan banget ya kandungannya, pasti memilih yang terbaik dong ya, salah satunya lotion anti gigitan nyamuk ya

  16. Gemaulani says:

    Pas nih lagi musim banyak nyamuk sekarang ini. Wah Mama Choice ada lotion nyamuk anaknya juga ya, ah auto rekomendasiin nih buat ponakan aku. Makasih informasinya kak, termasuk tips memilih lotion anti nyamuk untuk anak dan bayinya.

  17. Lumayan juga ya mba harga segitu untuk lotion anti nyamuknya. Bisa dipakai berapa lama tu lotionnya? Tapi, kalau benaran ampuh untuk anti nyamuknya tanpa membuat tangan melepuh, ya nggk apa sih demi kesehatan si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.