Family, Health, How To, Products, Tips

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak Saat PTM 100%

Last Updated on July 18, 2022

Happy Back To School for all of us! Tidak terasa ya sudah memasuki Tahun Ajaran Baru untuk kita semua. Rio sekarang sudah naik kelas ke TK B dan sepertinya akan terus mengikuti sekolah offline atau sekolah tatap muka. Berbekal dari pengalaman tahun lalu, saya bagikan beberapa tips menjaga daya tahan tubuh anak saat PTM 100% di blog post ini.

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak Saat PTM 100%
Courtesy of Pixabay

Ini beberapa pengalaman saya saat Rio mulai sekolah tatap muka meskipun belum PTM 100% saat TK A. Alhamdulillah bisa dibilang cukup kuat imunitas anak kalau dilakukan beberapa hal dibawah ini. Bagi yang punya tips juga, monggo di share di bagian komentar ya. 

Tapi bagi saya, beberapa tips untuk menjaga daya tahan tubuh anak, apalagi saat pandemi dan harus bersekolah di antara cekaman berbagai varian virus Covid, adalah : 

1. Mengajarkan Anak untuk Menjaga Higienitas

Ini hal paling pertama yang saya lakukan ketika memasuki musim pandemi saat 2020 lalu, yaitu mengajar anak untuk menjaga higienitas diri sendiri. Kebiasaan baik dalam menjaga kebersihan harus selalu diajarkan dan dilakukan oleh anak dimanapun dan kapanpun mereka berada. 

Baca   Hal yang Diajarkan Kepada Anak Agar Terhindar dari Covid-19

Hal mendasar yang saya ajari ke anak adalah : 

  1. Rajin mencuci tangan – baik sebelum dan sesudah makan, setelah dari toilet maupun saat sampai rumah setelah berpergian 
  2. Batuk dan bersin dengan metode yang tepat alias tutup mulut ala vampire hehehe
  3. Jangan berbagi minuman atau makanan (makanan yang tidak bisa dipegang per orang ya seperti es krim atau pudding. Kalau snack/biskuit masih bolehlah wkwk)
  4. Rajin membersihkan diri dan membersihkan lingkungan sekitar

Jadi selain bermanfaat untuk mempersiapkan kegiatan Back To School, hal ini juga akan membangun kebiasaan anak untuk tetap menjadi pribadi yang bersih dan rapi sehari-hari. \

2. Patuhi Protokol Kesehatan

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak Saat PTM 100%

Saat mulai PTM 100% lagi, pasti setiap sekolah memiliki peraturan atau protokol kesehatan sendiri. Nah, mulailah membiasakan anak untuk melakukan protokol kesehatan yang berlaku. Bagi yang sudah cukup umur untuk vaksin, jangan lupa lakukan vaksin anak untuk Covid maupun vaksin anak lainnya ya. Jangan lupa perhatikan juga dosis booster masing-masing vaksin agar imunitas yang dimiliki lengkap.

Baca   Pentingnya Imunisasi Menurut Kemenkes RI, IDAI & MUI

Yang paling umum adalah memakai masker dan rajin mencuci tangan. Biasakan anak untuk melakukan kedua hal tersebut agar anak lebih mudah mengikuti peraturan yang ada. Soalnya ada loh anak tetangga yang males pakai masker, yaa karena tidak dibiasakan oleh orang tuanya. 

3. Menjaga Pola Tidur Anak

Menurut parenting.co.id, ternyata hamper 70% anak alami gangguan tidur selama pandemi. Padahal, tidur cukup merupakan hal yang penting untuk anak-anak, termasuk untuk meningkatkan imunitas tubuhnya. Daya tahan tubuh anak akan optimal jika anak beristirahat dengan cukup.

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak Saat PTM 100%
Courtesy of Osmo

Atur jadwal tidur yang sama setiap malam sehingga tidur anak menjadi cukup. Apalagi yang pada tahun ajaran baru ini naik ke jenjang berikutnya yang membutuhkan anak untuk lebih bangun pagi dan beraktivitas. Salah satu tips adalah kurangi jam bermain gadget atau TV anak ketika sedang downtime mau tidur. 

4. Memberikan Asupan Nutrisi yang Baik

You are what you eat. Pernah dengar istilah tersebut? Kurang lebih artinya adalah kita apalah yang kita makan / konsumsi sehari-hari. Jika kita mengonsumsi makanan yang sehat, insya Allah badan kita akan sehat. Begitu pula dengan sebaliknya. 

Ternyata memberikan asupan nutrisi yang baik selain meningkatkan daya tahan tubuh anak, juga akan menjaga kesehatan saluran cerna anak agar tidak mudah terserang penyakit. Ternyata 80% dari sistem imun kita terletak di saluran cerna loh! 

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak Saat PTM 100%

Saluran cerna yang sehat memiliki kandungan bakteri baik (probiotik) yang turut mendukung sistem imun. Tidak heran bahwa sistem kekebalan tubuh atau imunitas juga sebagian besar dibangun dari makanan yang dikonsumsi, terutama makanan bagus yang mengandung probiotik. 

Baca   Mengatasi Gangguan Pencernaan Pada Anak dan Bayi dengan Probiotik

Selain itu, pastikan anak memakan porsi yang cukup sesuai usianya dan juga diisi pola makannya dengan makanan yang sehat atau beragam. Paling enak sih ya kalau sekolah ada catering jadi kita tidak repot (HAHAHA my dreams!). Tapi kalau harus membawakan bekal untuk anak, jangan lupa perhatikan asupan karbohidrat, protein dan juga buah serta sayur sehari-hari.

5. Ajak Anak Berolahraga Ringan

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak Saat PTM 100%

Jangan lupa juga untuk mengajak anak untuk aktif bergerak ya. Menurut National Health Service Inggris, anak disarankan untuk berolahraga sekitar satu jam per hari. Ini bisa diisi dengan olahraga ringan seperti jalan-jalan, naik sepeda atau juga bisa dengan berbagai permainan seperti bulutangkis, bola, maupun renang. 

Selain meningkatkan imunitas, anak juga bisa mengeksplorasi berbagai macam jenis olahraga yang ada. Who knows, maybe they’re talented in one of them!

6. Berikan Suplemen Tambahan Menjelang Sekolah Offline 

Satu hal yang Arga sering katakan adalah jangan lupa vitamin / suplemen anak-anak ya! Yap, saya juga memberikan suplemen tambahan, terutama saat Rio mulai sekolah offline kemarin.  Selain vitamin A, B dan C, salah satu vitamin yang juga disarankan diberikan untuk anak adalah vitamin D. 

Baca   Review dan Testimoni Generos, Vitamin Otak untuk Anak

Loh kan di Indonesia banyak matahari, santai dong ada vitamin D dimana-mana. Eits, jangan salah. Ternyata cukup banyak yang mengalami defisiensi vitamin D loh, lebih tepatnya sebanyak 44% di anak-anak berumur 6 bulan hingga 12 tahun. Duh jadi was-was…

Padahal vitamin D ini cukup banyak loh perannya, sehingga disebut sebagai “miracle vitamin” untuk sebagian besar orang. Beberapa dokter anak di luar negeri juga meresepkan suplemen vitamin D, terutama vitamin D3, untuk anak-anak maupun ibu hamil.

Mencoba Interlac Untuk Menjaga Imunitas & Kesehatan Saluran Cerna

Kadang memberikan suplemen bagi anak bagaikan hit or miss. Kadang dia suka, kadang di tolak huhu. Bagi saya, lebih enak ada suplemen praktis yang lengkap jadi sekalian hap, tidak usah berkali-kali dan tidak pakai ribet. Oleh karena itu, saya mencoba Interlac terbaru dengan kombinasi Probiotik – Vitamin D. 

Kombinasi ini ternyata yang memberikan lebih banyak manfaat loh. Selain ada kandungan probiotik yang dapat :

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mengurangi kambuhnya alergi seperti asma, dermatitis atopic dan mencegah infeksi bakteri dan usus
  • Menjaga kesehatan saluran cerna dari diare, sembelit, kembung, begah, 

terdapat juga kombinasi dengan vitamin D, dimana dapat meningkatkan penyerapan vitamin D lebih baik dibandingkan hanya mengkonsumsi vit D tunggal.

Review Interlac INterbat Biogaia

Review Interlac INterbat Biogaia

Interlac yang saya berikan ke Rio berupa tablet kunyah rasa jeruk yang menurut saya merupakan salah satu suplemen praktis yang ada. Jadi Rio bisa minum sebelum sekolah, dia bilang rasanya kaya permen hihi. Padahal isinya mengandung Lactobacillus reuteri DSM 17938 (108 CFU) dan VItamin D3 (400 IU) loh. Cukup diminum 1 tablet kunyah per hari, insya Allah terjaga ya kesehatan saluran cerna dan daya tahan tubuh anak.

Review Interlac INterbat Biogaia

Interlac bisa didapatkan di Official Store Interbat, saya sih lebih suka di Official Store Interbat di Shopee karena sudah terjamin keasliannya. Interlac juga bisa ditemukan di apotek dan babyshop kepercayaan di kota Ibu-ibu & Bapak-Bapak ya. 

Tapi harap berhati-hati karena sempat ada pemalsuan produk Interlac Drops. Tapi insya Allah yang tablet kunyah ini jangan sampai ya~ Jauh-jauh deh dari orang-orang yang berniat jahat. Untuk informasi lebih lengkap soal Interlac bisa langsung ke Instagramnya di @interlacprobiotics ya.

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak Saat PTM 100% - Interlac

Sekian tips menjaga daya tahan tubuh anak saat PTM 100% ala Faradila. Semoga bisa bermanfaat ya bagi Ibu-ibu dan Bapak-bapak semua yang akan memasukkan anaknya ke sekolah offline atau sekolah tatap muka di tahun ajaran baru ini. Semoga sehat dan sukses selalu.

RELATED POST

23 Comments

  1. Pasti khawatir ya orangtua di masa tahun ajaran baru ini melepas anaknay sekolah PTM 100%. Untuk itu perlu banget meningkatkan daya tahan tubuh anak dengan konsumsi vitamin. Enaknya konsumsi interlac gak perlu takut pahit atau harus pakai air minumnya karena cukup dikunyah saja & rasanya pun manis

  2. Wah, sampe dipalsukan ya. Mungkin krn di pasaran merk suplemen ini laris ya. Tapi untungnya yg kunyah nggak sampe dipalsukan ya.

    1. Aku juga rada deg-degan sewaktu ngantar ponakan sekolah pertama kalinya setekah pandemi saking ramenya, yang terpenting protokol kesehatan tetap dijaga dan tak lupa konsumsi interlac ya mak.

  3. Penting banget ya buat kita – para ibu mengetahui mengenai peran penting saluran cerna bagi kesehatan anak dan ternyata Interlac ini bisa jadi andalan kita ya.

  4. Sehat terus ya deeek ?
    Bahagia bisa seragam sekolah beneran. Setelah pandemik. Iyaa anak2 kudu dikasi tau yaa, takutnya mereka kelupaan. Cuci tangan atau pakai hand sanitizer rutin..bawa tisu basah dll. Peralatan perang saat skuul

  5. Serem juga yaa..sampai ada yang dipalsukan.
    Semoga anak-anak senantiasa sehat dan bahagia beraktivitas normal bersama teman-teman dan Ibu/Bapak guru di sekolah.

  6. alhamdhulilah anak2ku tetep ga pernah skip masker meskipun hanya ke warung sebelah rumah. udah biasa kali ya jadi kalo sekolah meskipun full day ya tetep aja masker ga lepas dan cuci tangan juga harus sesering mungkin. sekarang tiap hari aku kasih vitamin juga biar daya tahan tubuh maksimal. nanti aku belikan interlac juga deh. makasih infonya mbak

  7. Yang penting tetep prokes +konsumsi suplemen yaa

  8. Daya tahan tubuh, saluran pernafasan dan saluran cerna adalah koentji kesehatan yang harus dijaga. Terutama untuk anak-anak butuh suplemen khusus seperti Interlac ini..

  9. Senangnya udah masuk sekolah lagi yaaa. Meski emak deg degan namun tetap harus menaruh kepercayaan terhadap anak dan juga sekolah. Mereka pasti kangen juga ya bertemu tatap muka dengan guru dan teman temannya. Ada interlac jadi lebih tenang deh, anak tercukupi booster daya tahan tubuhnya

  10. Ga sedikit orang tua yang melepas anaknya untuk PTM yaa, tetep ada rasa khawatirnya. Semoga buat para ortu bisa mempraktekkan tips2 di atas dan yang terpenting memberikan suplemen buat anak2 agar tercukupi booster daya tahan tubuhnya. Semangat sekolah ya Rioo, sehat selalu.

  11. Senang ya mbak, anak anak sudah kembali ke sekolah
    Pastinya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga daya tahan tubuhnya ya mbak
    Makanya penting juga untuk konsumsi suplemen seperti interlac ini

  12. Semangat kembali ke sekolah anak sholeh semoga sehat selalu yaa berkat interlac.

    Menjaga daya tahan tubuh anak ketika sekolah offline sangat penting selain makanan bergizi jg ditambah vitamin atau suplemen yg kandungannya komplit.

  13. Terimakasih semua tipsnya. Saat anak mulai masuk sekolah memang ada perasaan was was. Tapi insyaallah mereka akan baik-baik saja ya. Apalagi kalau dari rumah sudah dibekali suplemen dan vitamin yang bisa membantu melindungi daya tahan tubuhnya

  14. Iya nih, udah mulai PTM 100%. Meski anak-anak di sekolah sini masih diwajibkan pakai masker, tapi ya ada aja kekhawatiran orangtua. Apalagi ini anak-anak lho, pasti gak betahan. Makan bekal aja pasti tetap duduk bareng, ngobrol, sharing bekal sama temannya. Penting banget untuk jaga daya tahan tubuh mereka dan bekali dengan Interlac demi sehatnya saluran cerna.

  15. PTM di mulai lagi anak2 pasti seneng bngt tinggal ortunya nih mempersiapkan gizi yg baik juga tambahan suplemen yg pas dan aman kayak interlac ini ya mba

  16. mengajari anak menegakkan prokes selama di sekolah memang menjadi bagian penting saat pembelajaran tatap muka begini yaa mbak, itu pencegahan dari luar.

    untukpencegahan di dalam perlu dibooster dengan suplemen yang membuat daya tubuh anak kuat, seperti interlac dengan kandungan vitamin D3 ini ya mbak.

  17. Akhirnya terjawab penasaran ku soal dosis interlac ini. Oh ternyata probiotik nya 1 strain ya Mba, Vit D3 nya 400 IU

  18. Aku pikir interlac yang ini tuh buat anak-anak doang lho karena rasanya yang rasa jeruk. Rupanya bisa juga buat dewasa dan lansia ya.

  19. Penting banget untuk jaga imunitas tubuh saat full PTM gini. Minggu ini putra kami masuk PAUD, cuma 4 hari. Dan malam ini dia tidur gelisah karena kena sakit mata. Matanya merah dan belekan. Huhuhu. Berasa abai dan ga nyangka aja.
    Yang belum membelikan suplemen anak, wajib banget deh beliin dan pastikan anak mengkonsumsinya.

  20. Kalau anak sudah paham higienitas dan protokol kesehatan, lebih mudah ya Mbak untuk menghadapi sekolah yang 100% tatap muka. Lebih siap lagi jika mengonsumsi Interlac 🙂

  21. Rioooo asik nih udah back to school! Persiapan anak masuk sekolah tatap muka udah komplit yah. Atur jam tidur itu penting banget apalagi anakku sering skip tidur siang. Trus kalau interlac biasanya setelah sarapan nih, kayak makan permen kalo kata SID.

  22. anak masuk sekolah offline itu antara senang tapi khawatir. anak aku kelas 2 SD, selalu kuwanti-wanti tentang prokes, eh kadang pas jemput malah maskernya suka dilepas karena teman2nya juga. karena anaknya kadang masih suka abai sama prokes, salah satu caraku melindungi anakku ya menjaga imunnya. dan memberikan suplemen kayak interlac ini solusinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.