Home & Decor, Technology, Tips

Cara Memilih Merk AC Terbaik untuk Rumah

Last Updated on September 29, 2021

Saat ini AC menjadi salah satu elektronik yang sangat dibutuhkan. Betul Ibu-ibu Bapak-bapak? Kebutuhan akan AC yang terus meningkat membuat munculnya banyak merek AC di pasaran. Masing-masing merk tentu dilengkapi dengan fitur unggulan dan dijual dengan harga yang berbeda-beda pula. Banyaknya pilihan merk tak jarang membuat konsumen bingung memilih salah satu yang terbaik (exactly my experience haha). Supaya tidak bingung dalam memilih merk AC terbaik, yuk kita simak beberapa cara pemilihannya dibawah ini.

Cara Memilih Merk AC Terbaik untuk Rumah
Courtesy of AQUA JAPAN

4 Cara Memilih Merk AC Terbaik 

Semoga cara atau tips yang disebutkan ini dapat berguna bagi kalian yang berencana untuk membeli AC. Dengan cara-cara ini-lah kita akan mendapatkan merk AC yang tepat dan pastinya sesuai kebutuhan di rumah. Beberapa cara tersebut antara lain adalah :

1. Hitung Kebutuhan PK AC Berdasarkan Luas Ruangan

Cara pertama yang harus dilakukan sebelum membeli AC adalah dengan mencari tahu luas ruangan yang akan dipasangi AC. Hal ini penting untuk dilakukan supaya bisa lebih mudah dalam menyesuaikan ukuran PK AC yang akan dicari dengan luas ruangan.

Ukuran PK AC harus disesuaikan dengan luas ruangan dengan tujuan agar suhu dingin dari AC bisa menyebar merata. Berikut ini adalah rumus yang bisa digunakan untuk menentukan PK sesuai dengan ruangan :

Cara Memilih Merk AC Terbaik untuk Rumah

Setelah itu cocokan hasil pencocokannya dengan angka berikut :

  • 5000 BTU/h gunakan AC ½ PK
  • 7000 BTU/h gunakan AC ¾ PK
  • 9000 BTU/h gunakan AC 1 PK
  • 12.000 BTU/h gunakan AC 1 ½ PK
  • 18.000 BTU/h gunakan AC 2 ½ PK
Baca   5 Tips Mencari Apartemen untuk Pasangan Muda

2. Pemilihan Suhu yang Tepat

Pemilihan suhu yang tepat ternyata akan mempengaruhi energi listrik yang digunakan. Semakin rendah suhu yang diatur pada AC maka energi listrik yang digunakan akan semakin besar. Maka dari itu harus menyetel suhu AC sesuai dengan ruangan. 

Suhu AC yang paling sesuai untuk negara dengan iklim tropis yaitu bekisar 24-25 derajat Celcius. Dengan suhu tersebut maka udara yang diberikan sudah cukup sejuk tanpa menimbulkan rasa dingin yang berlebihan. Selain itu, juga tidak menghabiskan energi listrik yang berlebihan dikarenakan tidak memberatkan kerja kompresor. 

Baca   Ciri-ciri Rumah Idaman untuk Generasi Milenial
Cara Memilih Merk AC Terbaik untuk Rumah
Courtesy of AQUA JAPAN

Jika Anda menggunakan AC siang dan malam hari sebaiknya atur suhu AC yang berbeda. Ini dikarenakan suhu siang hari dan malam hari berbeda. Anda bisa menaikkan suhu sekitar 4 derajat celcius dari suhu yang dipasang pada malam hari. Biasakan juga untuk mematikan AC saat bepergian.

3. Selalu Pastikan Ruangan Terhidrasi/Lembab

Supaya ruangan terhidrasi atau lembab maka pastikan ukuran AC yang dipilih sudah sesuai dengan ukuran ruangan. Jika sampai salah memilih, maka AC yang dipasang hanya bisa mendinginkan saja tetapi tidak bisa menghilangkan kelembaban udara. Selain itu, pastikan sirkulasi udara di ruangan sudah tepat.

Baca   Tips Memilih Cat untuk Kamar Anak

4. Pemilihan AC Terbaik 

Dari berbagai banyak merk AC di pasaran, AC AQUA Japan menjadi salah satu yang merk AC terbaik. AC merk ini memiliki banyak kelebihan yaitu mempunyai banyak tipe (1/2 PK, hingga 2 PK), hemat listrik, memiliki fitur tambahan, daya tahan AC lebih lama, anti karat  dan sebagainya. AC 1 PK AQUA Japan menjadi yang paling banyak diminati konsumen. Selain harganya terjangkau, kualitasnya juga sangat mumpuni. 

Cara Memilih Merk AC Terbaik untuk Rumah
Courtesy of AQUA JAPAN

Itulah beberapa cara memilih merk AC terbaik untuk kebutuhan rumah. Produk AC dari AQUA Japan bisa menjadi opsi yang baik dengan segudang fitur dan kualitas yang dimilikinya. Thanks for reading!

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.