Beauty, Health, How To

Cara Memutihkan Gigi dengan Makanan Sehari-hari

Semua orang pasti ingin gigi bersih dan putih, betul? Apalagi menjelang Lebaran dimana akan banyak agenda foto-foto. Tentu kita ingin terlihat rapih dan bersih. Nah, saya akan membagikan cara memutihkan gigi dengan makanan sehari-hari. Yap, ternyata ada banyak makanan yang dapat berkontribusi membuat gigi kita terlihat kinclong.

Jenis makanan yang saya akan bagikan di blog post ini cukup mudah didapatkan. Memang hasilnya tidak seinstan ketika kita melakukan treatment pemutihan gigi di dental klinik. Namun, tidak ada salahnya mencoba dengan makanan sehari-hari ini kan? πŸ™‚

1. Stroberi

Cara Memutihkan Gigi dengan Makanan Sehari-hari
Courtesy of Pixabay

Stroberi mengandung enzim yang bernama malic acid. Enzim ini dapat memutihkan gigi secara natural. Beberapa cara untuk mengaplikasikan stroberi di gigi adalah dengan menghaluskannya dan menggosoknya di gigi. Diamkan selama kurang lebih lima menit dan kemudian sikat gigi seperti biasa. Cukup mudah kan?

BacaΒ Kiat Menjaga Anak Tetap Sehat di 1000 Hari Pertama Kehidupan

2. Apel

Apel merupakan salah satu dari beberapa buah yang dapat membantu memutihkan gigi. Buah ini dapat berperan sebagai penghilang noda alami dengan meningkatkan produksi air liur. Produksi air liur yang banyak berfungsi sebagai agen pembersih mulut.

Cara Memutihkan Gigi dengan Makanan Sehari-hari
Courtesy of Pixabay

Apel juga dapat membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut, serta teksturnya yang renyah dapat berperan sebagai scrub untuk membuat gigi lebih bersih.

3. Baking Soda

Sudah cukup banyak orang yang menggunakan baking soda sebagai salah satu bahan untuk memutihkan gigi secara alami. Memang, baking soda terkenalΒ  sebagai salah satu bahan yang terdapat di pasta gigi. Ternyata, di dalam penelitian tahun 2008, pasta gigi yang mengandung baking soda lebih efektif dalam menghilangkan plak pada gigi.

BacaΒ Tips & Kebiasaan Sehat untuk Ibu Menyusui

Cara Memutihkan Gigi dengan Makanan Sehari-hari
Courtesy of Pixabay

Selain mencoba menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung baking soda, kita juga bisa menggosok gigi hanya dengan baking soda yang sudah dijadikan pasta. Jangan lupa tambahkan air sedikit ke dalam bubuk baking soda ya, sehingga konsistensinya menyerupai pasta gigi.

4. Yogurt dan Keju

Produk turunan susu mengandung asam laktat yang ternyata dapat membantu melindungi gigi dari kerusakan. Bahkan ada penelitian yang menunjukkan bahwa anak-anak yang memakan yogurt 4 kali dalam seminggu memiliki kerusakan gigi yang lebih sedikit daripada anak-anak yang tidak makan yogurt.

Cara Memutihkan Gigi dengan Makanan Sehari-hari
Courtesy of Pixabay

Keju keras, seperti jenis Cheddar dan Gouda, juga dapat memutihkan gigi karena dapat membantu menghilangkan partikel makanan yang terdapat di gigi.

BacaΒ Memilih dan Memberikan Susu untuk Keluarga


Nah, cukup mudah kan mencari empat makanan di atas? Atau memang sudah memakannya sehari-hari? Jangan lupa ya terus menyikat gigi secara teratur dan mengonsumsi makanan yang bergizi, agar kesehatan gigi senantiasa terjaga.

Ada yang punya tips lain cara untuk memutihkan gigi? Atau punya pengalaman menarik soal ini? Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini ya πŸ™‚

 

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.