Beauty, Review

Review Produk Erha Apothecary – Truwhite Series dan Skin Barrier Facial Wash

Hari minggu nanti, saya secara resmi memasuki umur terakhir di usia 20an. YES I AM GETTIING OLDER! 😅 Di umur yang hampir menginjak 30an ini, saya merasakan beberapa hal yang berubah. Untuk masalah kulit, jelas ini yang bikin agak sedih. Alhamdulillah keriput belum (semoga nggak sih) terlihat. Tapi untuk masalah flek akibat bekas jerawat, ini yang lamaaa sekali hilang.

Kalau pas usia belasan alias pas ABG, saya cukup butuh waktu seminggu dua minggu untuk membuat bekas jerawat menghilang. Yes, my skin regenerates that fast. Eh pas sudah hampir 2 kali lipat umurnya, kok udah sebulan bekas jerawat ga hilang-hilang ya hiks. Umur segini, butuh skincare yang bisa menghilangkan flek, melembabkan muka dan tentu melindungi dari skin aging process. Banyak maunya ya? Gpp dong hihi, kan butuh usaha untuk mendapatkan kulit sehat 😆

Baca Kebiasaan Sehat untuk Kulit Sehat


OTC Produk di Erha Apothecary

Baru-baru ini, saya mengetahui bahwa Erha Skin, Hair & Laser Expert memiliki beberapa over the counter (OTC) produk yang bisa langsung didapatkan di Erha Apothecary. Produk tersebut bisa didapatkan tanpa harus konsul dengan dokter dulu. Tenang, masih ada Erha Clinic kok untuk masalah kulit yang butuh konsultasi dokter/dermatologist dan untuk mendapatkan skincare personalized plan kok.

Erha Apothecary Review Produk Erha Apothecary - My Morning Skincare Routine

Rangkaian produk Over The Counter Erha ini merupakan inovasi baru produk perawatan kulit yang memadukan keahlian dermatologist yang berpengalaman dan pemahaman akan perbedaan kebutuhan masing-masing individu. Ada beberapa jenis rangkaian produk yang ditawarkan, yaitu ada face radiance, acne cure, kosmetik, produk untuk kulit rambut dan kepala, untuk tubuh, bahkan untuk orang usia lanjut dan bayi! Menarik kan?

Karena saya ingin segera menghilangkan flek dan juga mencerahkan kulit (banyak maunya ya hahaha), saya mencoba untuk memasukkan beberapa produk Erha TruWhite Series dan Skin Barrier Facial Wash ke dalam skincare routine saya sehari-hari, terutama di pagi hari. Ketiga produk yang saya coba adalah TruWhite Activator C Serum, TruWhite Activator Day Cream dan Skin Barrier Facial Wash.

Review Produk Erha Apothecary - My Morning Skincare Routine

Ketiga produk tersebut saya masukkan ke dalam morning skincare routine saya (seperti dibawah ini). Selain untuk morning routine, ternyata Skin Barrier Facial Wash dan TruWhite Activator C Serum juga dapat saya aplikasikan di night skincare routine. Alhamdulillah tidak ada masalah selama saya memakainya dan memasukkannya di dalam skincare routine selama 7 hari belakangan ini. Penasaran dengan first impression review dan juga hasilnya? Silahkan baca terus dibawah ini ya!

Review Produk Erha Apothecary - My Morning Skincare Routine


Skin Barrier Facial Wash

Erha Skin Barrier Facial Wash merupakan sabun wajah tanpa paraben & SLS yang diformulasikan khusus untuk kulit sangat kering, sensitif hingga atopi. Meskipun saya memiliki kulit yang berminyak, namun saya merasa cocok memakai ini karena fungsinya tidak hanya membersihkan, tetapi juga menjaga kelembapan dan mempertahankan fungsi barrier kulit.

Barrier kulit merupakan lapisan terluar kulit yang terdiri dari sel-sel kulit (corneocytes) yang saling terikat dengan adanya lapisan lipid. Rusaknya barrier kulit dapat menyebabkan kulit menjadi kering, bersisik, gatal, teriritasi atau sensitif.

Review Produk Erha Apothecary - My Morning Skincare Routine

Facial wash ini dikemas dalam tube berukuran 60 gram. Terdapat keterangan singkat, cara pakai dan juga komposisi di bagian belakang. Selain itu, terdapat nomer BPOM dan juga keterangan produksi. Untuk masa kadaluarsa bisa dilihat di bagian atas kemasan. Tutupnya berupa tube yang terbuat dari plastik. Terdapat segel di dalamnya, jadi cukup higienis dan kita pun tau apakah produk itu baru atau sudah dipakai sebelumnya.

Review Produk Erha Apothecary - My Morning Skincare Routine

Komposisinya terdiri dari :

Aqua, Sodium Cocoyl Iseythionate, Cocamidopropyl Betaine, Poyassium Cocoyl Glycinate, Acrylates Crosspolymer-4, Acetamidoethoxyethanol, Glycerin, Gluconolactone, Xylitylglucoside, Anhydroxylitol, Xylitol, glucose, Propanediol, PEG-120 Methyl Glucose Dioleate, Pathenol, Propylene Glycol, Aloe Barbadensia Leaf Extract, Dipotassium Glycyrrhizate, Ethylhexylglycerin, Sodium Hydroxide, Zinc PCA, Sodium Benzoate, Phenoxyethanol

Menurut skincarisma.com, produk ini sudah bebas paraben, sulfat, alkohol dan silikon. Terdapat beberapa bahan yang cocok untuk kulit kering karena berfungsi untuk melembabkan. Selain itu, ada kandungan gluconalactone yang berfungsi sebagai anti aging dan panthenol yang berfungsi untuk mempercepat pemulihan luka.

Komposisi Erha Skin Barrier Facial Wash

Sementara menurut situs Erha, Skin Barrier Facial Wash ini mengandung :

  • Mild Surfactant – untuk membersihkan wajah dari kotoran dan aman untuk kulit sensitive.
  • Moisturizing Agent (merupakan bagian dari NMF – Natural Moisturizing Factor) – untuk melembapkan dan menjaga / mempertahankan fungsi barrier kulit.
  • Antiinflammatory Agent – untuk menenangkan dan merawat kulit yang teriritasi ringan.

Tekstur facial wash ini cukup cair. Jika tidak hati-hati maka akan tumpah terlalu banyak (pengalaman hihi). Warnanya putih susu dan ketika dicampur dengan air, produk ini tidak akan banyak mengeluarkan busa. Perlu diingat bahwa tidak banyak busa, bukan berarti tidak bersih yaaa. Setelah saya aplikasikan sambil dipijat-pijat di wajah selama 1 menit, saya membilas muka dan mengeringkannya.

Review Produk Erha Apothecary - My Morning Skincare Routine

Rasanya cukup enak sih karena tidak membuat kulit kering. Kadang yang seperti itu akan membuat kulit seperti tertarik, tapi memakai facial wash ini, saya tidak merasakan itu sama sekali. Malah suka hampir lupa memakai toner setelahnya, karena merasa kulit sudah lembab hahaha.

Harga :  Rp 79,000,- (FYI ada promo  untuk setiap pembelian Skin Barrier Facial Wash, bisa mendapatkan free Eternalips dengan mengisi form pada link berikut ini: www.erha.co.id/skinbarrier_pr)

Baca Cantik dari Rumah Bersama Z Beauty (Plus Pricelist!)


TruWhite Activator C Serum

TruWhite Activator C Serum adalah brightening serum atau serum pencerah wajah  yang mengandung 10% Vitamin C dan targeted whitening system. Produk ini berfungsi menghambat pembentukan melanin (pigmen kulit), merangsang produksi kolagen, menghambat efek buruk radikal bebas, melembapkan dan mencerahkan kulit. Targeted whitening system dari serum ini bekerja langsung pada melanosit (penghasil pigmen kulit) sehingga terjadi efek pencerahan lebih efektif.

Serum vitamin C ini dikemas dalam box yang tersegel. Menurut saya hal ini sangat bagus ya, karena kita bisa melihat apakah produk ini baru atau sudah dibuka. Di luar box, terdapat keterangan singkat, cara pakai, peringatan, komposisi, no BPOM, keterangan produksi dan juga expired date.

Review Produk Erha Apothecary - My Morning Skincare Routine

Review Produk Erha Apothecary - My Morning Skincare Routine

Untuk serumnya sendiri, dikemas dalam botol plastik berwarna gelap berukuran 20 ml. Pada label botol, terdapat keterangan singkat, cara pakai dan juga tanggal kadaluarsa. Saya pribadi suka kalau tanggal kadaluarsa juga dicantumkan di label botol dan tidak hanya di box saja. Kadang boxnya suka terbuang hehehe. Jadi saya merasa lebih aman dan aware ada tanggal kadaluarsa tercantum di botol. Model pump yang terdapat pada botol juga menjamin higienitas serum.

Review Produk Erha Apothecary - My Morning Skincare Routine

Review Produk Erha Apothecary - My Morning Skincare Routine

Komposisi dari TruWhite Activator C Serum ini adalah :

Aqua, 3-O-Ethyl Ascorbic Acid, Trehalose, Dicaprylyl Carbonate, Dipropylene Glycol, Sodium Palmitoyl Proline, Nymphaea Alba Flower Extract, Ethoxydiglycol, Glycerin, Propanediol, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloyldimethul Taurate Copolymer, Xanthan Gum, Caprylyl Glycol, Glyceryl Caprylate, Phenylpropanol, Palmitoyl Sh-Octapeptide-24 Amide, Glycolic Acid, Lactic Acid, Polyvinyl Alcohol, Palmitoyl Sh-Tripeptide-5 Nrisoleucyl Sh-Nonapeptide-1, Citric Acid, Sodium Citrate, Bisabolol, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Silica, Butylene Glyol, Isoceteth-10, Ethylhexylglycerin, Panthenol, BHT, Sodium Hyaluronate, Disodium EDTA, Phenoxyethanol, Sodium Metabisulfite

Menurut skincarisma.com, serum ini bebas paraben, sulfate, alkohol, silicone dan juga fungal acne sage. Terdapat banyak kandungan yang berfungsi untuk anti aging, brightening dan juga mempercepat perbaikan luka. Ada beberapa kandungan acid yang harus diperhatikan jika kulit kita sensitif. Secara umum serum ini cocok untuk kulit kering karena memiliki beberapa bahan yang melembabkan kulit dengan baik.

Komposisi TruWhite Activator C Serum Review Produk Erha Apothecary - My Morning Skincare Routine

Adapun kandungan utama Erha21 Truwhite Activator C Serum dan khasiatnya menurut situs Erha adalah :

  • High Concentrated and stabilized Vitamin C – untuk menghambat pembentukan melanin, merangsang pembentukan kolagen dan menghambat efek buruk dari radikal bebas yang ada di kulit
  • “Targeted Whitening System” – untuk efek brightening jauh lebih cepat dan efektif.
  • Hyaluronic Acid – untuk meningkatkan hidrasi kulit, menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit.
  • Soothing Agent – untuk membantu mengurangi inflamasi dan menenangkan kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

Review Produk Erha Apothecary - My Morning Skincare Routine

Warna serum ini bening dan teksturnya cukup cair. Mudah untuk diratakan dan cepat meresap ke kulit. Jadi tidak perlu lama-lama untuk menunggu serumnya meresap dan melanjutkan tahapan skincare berikutnya 😁

Harga : Rp. 180,000


TruWhite Activator Day Cream

Berbeda dengan dua produk diatas, saya hanya menggunakan Erha TruWhite Activator Day Cream ini untuk morning skincare routine, setelah memakai serum vitamin C. Pelembap ini diperkaya dengan Whitening Agent dan juga tabir surya. SPF 25 PA++.

Review Produk Erha Apothecary - My Morning Skincare Routine

Day cream ini, seperti serum, juga dikemas di dalam box bersegel. Di luar box, terdapat keterangan singkat, cara pakai, peringatan, komposisi, no BPOM, keterangan produksi dan juga expired date. Sementara untuk produknya sendiri, dikemas dalam botol plastik berwarna putih. Di label botol terdapat keterangan singkat, cara pakai dan juga expired date. Botol dengan model pump ini juga sangat berguna untuk menjaga higienitas produk yang terkandung di dalamnya.

Review Produk Erha Apothecary - My Morning Skincare Routine

Adapun komposisi dari  TruWhite Activator Day Cream adalah :

Aqua, Octocrylene, 2-ethylhexyl salicylate, Propanediol, Polumethyl Methacrylate, Glycerin, Dicaprylyl Carbonate, Glyceryl Monostearate, Styrene/Acrylates Copolymer, Cetearyl Alcohol, Ducetyl Phosphate, Ceteth-10 Phosphate, BHT, Niacinamide, C12-15 Alkyl Benzoate, Caprylic/Capric Trygylceride, 4-Methylbenzylidene Camphor, Dimethicone, Cetearyl Ethylhexanoate, Hydrolized Wheat Protein/PVP Crosspolymer, EDTA, Ethylhexylglycerin, Methylene Bis-Benzotriazolyl Tetramehylbutylphenol, Decyl Glucoside, Propylene Glycol, Xanthan Gum, Palmitoyl Hydroxypropyltrimonium Amylopectin/Glycerin Crosspolymer, Papain, Hydrogenated Lecithin, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Tocopheryl Acetate, Bisabolol, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Triethanolamine, Disodium EDTA, Glabridin, Phenoxyethanol, Potassium Sorbate, Methylparaben, Butylparaben, Ethylparaben, Propylparaben

Jika dianalisis dengan menggunakan skincarisma.com, day cream ini sudah bebas sulfate dan alkohol. Terdapat kandungan untuk membantu proses pencerahan muka, anti aging dan juga UV Protection. Produk ini juga cocok untuk kulit kering karena memiliki komponen yang dapat melembabkan kulit.

Komposisi Erha TruWhite Activator Day Cream

Whitening Agent yang terkandung di dalamnya, berfungsi sebagai zat pencerah sehingga efektif mencerahkan dan melembapkan kulit, mengurangi bintik-bintik (hiperpigmentasi) serta menghambat pembentukan melanin pada kulit. Selain itu ada exfoliating agent yang mengangkat sel-sel kulit mati serta menstimulasi pertumbuhan sel kulit baru.

Review Produk Erha Apothecary - My Morning Skincare Routine

Tekstur dan konsistensi day cream ini cukup kental. Berwarna putih dan pada awal dioles membentuk semacam whitecast pada kulit. Meskipun begitu, day cream ini cukup mudah untuk diratakan dan cepat meresap.

Harga : Rp. 198.500,-

Baca Tips & Kebiasaan Sehat untuk Ibu Menyusui


Setelah menggunakan ketiga produk ini secara cukup konsisten (ada skipnya juga sih hahahaha), terdapat perbedaan yang terlihat di kulit. Pertama, kulit saya terasa lebih glowing. Tidak lagi terlihat kusam dan kucel, apalagi setelah seharian usik aja dirumah ngurus bayi hahaha. Padahal belum 7 hari pemakaian loh. Saya merasakannya setelah hari ketiga, memang kulit terlihat lebih cerah dan bersih. *terharu*

Kedua, saya merasakan bahwa jerawat tidak dengan ganas menyerang. Sempat mau tumbuh jerawat hormonal, tapi tidak sampai “ganas” seperti beberapa jerawat hormonal sebelumnya. Untuk masalah bekas jerawat sih memang masih ada. Sepertinya harus dilanjutkan lagi skincarenya agar mendapatkan hasil yang maksimal hehehe. Saya juga berani loh foto hanya pakai skincare saja dibawah ini. Biasanya harus tambah bedak biar ga keling hahaha.

Review Produk Erha Apothecary - Truwhite Series dan Skin Barrier Facial Wash

Bagi yang ingin tau lebih lanjut soal produk OTC Erha Apothecary, series produknya DAN promo-promo yang ditawarkan, silahkan berkunjung ke situs Erha di bawah ini ya.

Website : https://www.erha.co.id/
IG : @erha.dermatology

Thank you for reading my review! Semoga bermanfaat 🙂

Erha Clinic Review Produk Erha Apothecary - My Morning Skincare Routine

Review Produk Erha Apothecary - Truwhite Series dan Skin Barrier Facial Wash

 

RELATED POST

19 Comments

  1. wah erha ada yang dijual lepas gini ya? dulu taunya harus konsul dulu soalnya 🙂

  2. Keren banget ada produk yang berfungsi sebagai Anti Aging dan sepertinya sudah Tidak diragukan lagi ya kualitasnya karena produk dari Erha

  3. Makin bertambah umur, makin concern ya sama kulitnya mbak. Makin menyadari bahwa skincare itu penting banget, dan kelihatannya di masa tua. Produknya erha ini bagus2 ya ternyata, terutama buat anti agingnya.

  4. bagus ya klo pake rangkaian skincare dri erha ini, dr facial wash nya aja udah bikin lmbab trus lnjut pake serum nya makin lembab, makanya bikin wjah kliatan glowing dan cerah ✨

  5. Tami Oktari says:

    Pengen coba yang vitamin c serumnya nih. Pengen cerahin wajah juga aku. Banyak bekas jerawat wkwk nyebelin emg dark spot gini

  6. duh aku juga pengen cobain produk anti agingnya erha nih, pasti bagus, aku sempet pake produknya erha selama tujuh tahun, tapi di tahun 2016 gatau kenapa tb2 kaya yang udah ga ngaruh huuhuhu

  7. sekarang aku lagi rajin pake skincare, terutama anti aging. Terima kasih reviewnya ka

  8. Aku suka lewat storenya nih, cuma penasaran jga kalo mau beli produknya aja tu kudu konsul dulu ga sih

  9. Erha produknya emang bagus-bagus ya, suka sama hasilnya juga bikin glowing dan keliatan sehat gitu wajanya

  10. Serum Vitamin C pengen coba deh tapi setelah mukaku kelar dari masalah redness ini, mudah2an bisa segera 🙂

  11. Waah masih muda banget ya, langsung keliatan hasilnya ya kukit wajah terlihat glowing dan kenyal, aku penasaran banget sama serum truthwhite-nya, soalnya butuh produk pencerah kulit wajah juga nih

  12. Suka banget dengan packagingnya simple dan erha banget. Bagus ya udah bnyk skincarenya. Kalau dulu hanya obat dokter kalau ga salah.

  13. Serumnya a bit pricey ya.. Tapi ERHa sih emang di kenal bagus buat ngerawat kulit wajah sejak 11 tahun yang lalu. Tapi enak sekarang ada apoteker yang di counter2 ERHA jadi bisa beli langsung deh

  14. Etha udh terkenal bagus banget y untuk perawatan muka, banyak yg cocok dan jadi bagus kulit mukanya , baru tau kalau skrg produknya bisa di beli tanpa harus konsultasi dulu

  15. aku juga pakai produk erha otc apothecary nih kak. Paling suka sama sabun wajah ACSBP-nya dan sunscreen-nya. Kebetulan masalah kulit aku nggak terlalu parah jadi pakai produk erha OTC ini cocok aja.

  16. Kalau ke pakuwon mall aku sering lewat depan erha tapi mau mampir tuh suka takut takut hehe . Next mau mampir dab cobain ah

  17. aku malah ke erha buat perawatan rambut haha, tp ga cocok bye huhu. jadi takut buat ke erha dan perawatan wajah. ini biin ketergantungan ga ka dikamu?

  18. Wah ada hyaluronicnya salah satu bahan favorit aku karena bjsa nahan lembap lbh lama. Sayangnya aku lg stop pake vit.c aku mau cba sunscreennya kalo dr erha wkw

  19. Aq pake erha buat perawatan rambut pernah coba yang buat perawatan muka eh malah gk cocok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.