Event, Family, Home & Decor, Products, Review

Review GENIE Hand Shower dari American Standard

Hello hellooo! Mau nanya nih, kalian lebih suka mandi pakai gayung, pakai shower atau berendam di bathtub?

Review GENIE Hand Shower dari American Standard

Memang sih masing-masing ada daya tariknya tersendiri. Kalian bisa nangis sambil berdiri di bawah shower, bersantai sambil berendam di air hangat atau melestarikan kearifan lokal dengan menggunakan gayung hehehe. Namun untuk saya pribadi, saya lebih senang menggunakan shower.

Selama kurang lebih 24 tahun, saya menggunakan shower untuk shower untuk mandi.  Ternyata memakai shower memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan kedua metode lainnya loh.

Review GENIE Hand Shower dari American Standard

1. Lebih Hemat Air

Menggunakan shower akan menghemat air hingga 30% dibandingkan gayung. Mandi dengan gayung, kira-kira membutuhkan sekitar 18 liter air, namun kalau memakai shower, kita hanya menggunakan 12 liter air ujar Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla di sebuah konferensi mengenai ketersediaan air. So we are reducing the amount of water wasted, definitely a nice step toward conserving the environment.  

2. Lebih Higienis & Sehat

Kalau memakai gayung atau bathtub, ada potensi kotoran-kotoran tak terduga yang menkontaminasi air. Apalagi air yang telah dibiarkan terbuka dalam waktu yang cukup lama. Selain itu menurut Lauren Ploch, juru bicara the American Academy of Dermatology, mandi menggunakan shower terbukti lebih baik untuk kondisi kulit. Terlalu lama berendam  bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kering.

3. Lebih Efisien

Pancuran air shower dapat menjangkau seluruh area tubuh, termasuk area punggung yang kadang sulit dijangkau. Air yang keluar dari shower juga lebih terkontrol dan bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Kadang kalau pakai gayung, perlu usaha lebih untuk menjangkau area tersebut.

4. Hemat Waktu 

Dalam waktu yang singkat, pemakaian shower bisa membasih dari kepala dan merata ke seluruh tubuh. Kita bisa mandi dengan shower dalam waktu 5 hingga 7 menit. Selain hemat waktu mandi, memakai shower juga menghemat waktu membersihkan rumah. Kita tidak perlu menguras bak mandi secara berkala atau membersihkan bathtub yang besar dan memakan waktu. Yeay!

Baca Tips & Kebiasaan Sehat untuk Ibu Menyusui


Tapi bukan berarti perjalanan mandi dengan shower ini mulus-mulus saja ya. Ada beberapa masalah yang saya hadapi, yaitu kadang tekanan air tidak konstan. Kadang tinggi, kadang rendah sekali. Jadi air yang keluar dari shower head tidak optimum kalau tekanan air sedang rendah. Malah bisa tidak keluar sama sekali,

Pancuran air yang keluar dari shower kadang terlalu “tajam” hahaha. Kalau tidak siap, bisa kaget karena rasanya kaya digeplak orang. Mayoritas shower juga terbuat dari bahan yang  mudah menghantarkan panas. Hal ini membuat kurang aman untuk dipegang oleh anak kecil jika sedang menggunakan air panas.

Beruntung pada tanggal 15 Desember 2018 kemarin, saya diundang untuk menghadiri launching GENIE Hand Shower. Para mom bloggers yang datang diperkenalkan dengan hand shower terbaru dari American Standard yang bisa memecahkan permasalahan pemakaian shower yang dialami.

Review GENIE Hand Shower dari American Standard

GENIE Hand Shower

Bapak Arfindi Batubara, selaku Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia, menjelaskan bahwa GENIE Hand Shower ini adalah jawaban dari tantangan bagaimana satu produk hand shower dapat memiliki infrastruktur, fungsi dan desain yang berkualitas. Terutama untuk menjawab permasalahan tekanan air rendah, yang sering dialami di sebagian rumah-rumah di Indonesia.

FYI, beberapa merk ternama di industri bangunan dan perumahan seperti American Standard, GROHE, INAX, dan Permasteelisa bergabung menjadi 1 dibawah LIXIL.

Review GENIE Hand Shower dari American Standard

Review GENIE Hand Shower dari American Standard

Tanya Larasati, selaku Millennial Mom yang diundang di acara tersebut, juga mengungkapkan uneg-unegnya tentang permasalahan saat memakai shower. Memang tekanan air rendah dan juga kebersihan shower menjadi hal yang cukup menggangu. Padahal, kita sebagai Ibu kan harus menjaga agar anggota rumah harus tetap bersih dan sehat.

Salah satu hal menarik yang ada di GENIE Hand Shower ini, yang saya juga belum liat di hand shower lainnya, adalah kemudahan untuk membersihkan bagian dalam. Yap bagian dalam! Bapak Ramdan Abdul Rosyid, selaku Product Manager American Standard Indonesia mencontohkan cara membuka bagian belakang dari GENIE Hand Shower.

Review GENIE Hand Shower dari American Standard
Bagian depan – Bagian belakang

Ternyata gampang banget ya! Kita hanya membutuhkan maintenance key yang terdapat di dalam kemasan GENIE atau koin/barang pipih lainnya untuk membuka.  Air yang keluar dan juga kondisi hand shower akan lebih bersih dan lebih higienis. Penting banget nih untuk para ibu yang memiliki anak kecil. Hygiene comes first! 

Baca Tips Melindungi Anak dari Kuman 

Kelebihan GENIE Hand Shower

Beberapa kelebihan lain dari GENIE Hand Shower ini adalah :

💧 Kinerja tekanan air lebih kuat, jadi aliran air akan tetap kuat bahkan di tekanan rendah
💧 Water Saving – 35% lebih hemat air
💧 Memiliki 120 lubang lancuran mikro
💧 Petal Pressure – membuat tekanan air konsisten, tetap kuat namun lembut di kulit. Jadi pas air keluar dari shower, tidak akan terasa sakit
💧 Easy Clean – Mudah dibersihkan karena tutup belakangnya bisa dibuka untuk membersihkan bagian dalam
💧 Terbuat dari bahan polycarbonate dengan daya tahan tinggi
💧 Berhasil memenangkan Red Dot Design Award 2018, sebuah kompetisi desain produk Internasional.
💧 Tersedia dalam 3 warna menarik, yaitu Aquamarine, petal pink dan steel grey. Selain itu terdapat bagian transparan, dimana kita bisa melihat pancuran air di dalamnya.
💧 Membantu program “Make a Splash” LIXIL-UNICEF, dimana program ini bertujuan untuk menyediakan akses sanitasi dan air bersih

Shower for Good with GENIE

Ternyata selain membantu lingkungan dengan hand shower yang lebih hemat air, hasil penjualan GENIE Hand Shower juga didonasikan untuk program “Make a Splash” LIXIL-UNICEF. Manfaat dari GENIE Hand Shower tidak hanya dirasakan oleh pembeli dan keluarga saja, tapi juga dapat membantu masyarakat yang kurang beruntung untuk mendapatkan akses sanitasi yang memadai.

Ibu Gibthi Ihda Suryani, perwakilan dari UNICEF, mengatakan bahwa di Indonesia masih ada beberapa daerah yang memiliki sanitasi buruk. Salah satu dampaknya adalah penyakit diare yang merupakan penyakit nomer dua mematikan bagi bayi dan balita. Hiks. Akses sanitasi seperti toilet yang memadai serta air bersih telah terbukti meningkatkan harapan hidup serta membuat masyarakat menjadi lebih sehat dan produktif.

Review GENIE Hand Shower dari American Standard

Alhamdulillah pada penjualan amal kemarin, Indonesia telah berhasil memenuhi target sebanyak 1000 GENIE Hand Shower yang terjual. Bapak Iwan Irwanto, Country General Manager LIXIL Indonesia, turut hadir dan memberikan hasil penjualan tersebut ke UNICEF. Oiya selain Indonesia, penjualan amal ini juga dilakukan di India, Filipina dan juga Thailand. Feels good to do something awesome like this 🙂 

Review GENIE Hand Shower dari American Standard


Review GENIE Hand Shower

Setelah tau kelebihan GENIE Hand Shower, saya jadi tidak sabar untuk mencoba sendiri dong dirumah. Ada dua tipe paket GENIE yang dijual di pasaran, yaitu dengan selang dan tanpa selang (hanya hand shower saja). GENIE Hand Shower milik saya berwarna aquamarine dengan selang. Paket ini dibandrol sebesar Rp. 260.000,- di Shopee dan terdiri dari :

Review GENIE Hand Shower dari American Standard

Tentu paket yang tanpa selang akan lebih murah. Tapi jangan khawatir, GENIE Hand Shower ini bersifat universal. Hand shower ini mudah dipasang di selang apa saja. Karena di rumah saya selang shower masih berfungsi dengan baik, kami memutuskan untuk hanya memasang hand showernya saja. Selang dari GENIE kami jadikan cadangan hihi.

Setelah dipasang, terdapat perbedaan dengan hand shower sebelumnya. Selain bahannya yang berbeda, desainnya juga lebih menarik. Terbukti dengan ketertarikan Rio untuk segera mandi setelah shower dipasang HAHAHA. Yes!

Baca Cara Membersihkan Koleksi Mainan Anak & Bayi

Review GENIE Hand Shower dari American Standard

Ketika dinyalakan, air menyebar dengan rata di luas permukaan yang lebar. Lebih lebar dari hand shower sebelumnya. Dalam tekanan rendah pun air masih dengan stabil mengalir keluar. Pancuran airnya pun lebih halus di kulit, sehingga tidak perlu khawatir tekanan shower yang kencang membuat kulit terasa sakit. Cocok untuk memandikan bayi dan balita. Namun jika ingin mempunyai shower dengan efek massaging untuk orang dewasa, shower ini kurang cocok.

Satu hal yang membuat saya senang adalah Rio suka dengan hand shower ini karena warnanya menarik dan ada bagian transparan. Dia bisa melihat air di dalam hand shower dan tentunya air yang keluar tidak sakit saat terkena tangan.

Review GENIE Hand Shower dari American Standard

Review GENIE Hand Shower dari American Standard

Bentuk GENIE Hand Shower mudah untuk dipegang dan cukup ringan juga. Meskipun ringan dan terbuat dari polycarbonat, hand shower ini cukup kuat kok. Katanya sih akan tahan jika dibanting-banting oleh anak. Namun yang terjadi di rumah saya bukan dibanting, tapi diinjek Rio HAHAHA. True story and it just happened this morning! Alhamdulillah tidak rusak.

Overall, banyak hal baru yang positif yang saya dapatkan dari GENIE Hand Shower yang tidak saya temukan di hand shower yang pernah saya pakai sebelumnya. Kemampuannya untuk terus berperforma baik meskipun di dalam tekanan air rendah, patut diacungkan jempol. Kemampuannya juga membuat anak lebih senang mandi juga top hehehe 😀

Bagi yang ingin mencobanya sendiri, bisa menemukan GENIE Hand Shower di marketplace online (dengan harga diskon!) maupun toko offline. Untuk info lebih lengkap, kalian bisa mengunjungi situs dan social media American Standard di :

Facebook : American Standard Indonesia
Youtube : American Standard Indonesia
Instagram : @americanstandardid
Twitter : @amstandard_id

Siapa yang sudah mencoba GENIE di rumah? Do you feel the same way that I feel? 😍

You may also like...

42 Comments

  1. Bagian transparant nya ini yg unik ya mbak. Anak2 pun pasti makin semangat. Apalagi kita ga ragu lagi saat melihat ada kotoran. Bisa langsung dibuka dan dilap deh pakai tisu

    1. Faradila D. Putri says:

      Iyaa, emang unik banget! Aku ga pernah liat yang bisa dibuka kaya gini hehe

  2. Anak-anak kalau mandi paling senang mainan pakai hand shower, apalagi kalau pakai Genie Hand Shower nih, bahannya ringan dan mudah dipegang, serta mudah dibersihkan saat ada kotoran yang menempel.

    1. Faradila D. Putri says:

      Bener mbak, anakku mandinya juga jadi gampang hehe

  3. Genie hand shower dari American Std ya, oke noted. Pas banget emang butuh referensi buat shower di rumah nih…

    1. Faradila D. Putri says:

      iya mbak, bagus buat tekanan air rendah 😀

  4. MAkin mupeng deh, baca reviewnya berulang kali, dan makin mantap pengen yang grey hahaha
    Pakai ini bikin mamak-mamak awet muda deh, soalnya gak marah2 mulu nyuruh anak mandi susaaahh banget hahahah

    1. Faradila D. Putri says:

      Cusss ambil yang grey mbak. Aku suka yang aquamarine ini 😀

  5. Suka banget mandi showeran, apalagi kalau showeran pakai Genie ini. Udha baca beberapa review dan makin pengen punya doong!! Haha.

    1. Faradila D. Putri says:

      Ayoo mbak rasakan sendiri juga hehehe 😀

  6. Bener mbak pakai shower memang lebih hemat air ketimbang pakai gayung yang banyak terbuang, dan pastinya hemat tenaga juga sih, tangannya jadi nggak capek, hehe

    1. Faradila D. Putri says:

      iyaaa mana suka berisik lagi pakai gayung, jebyur jebyur hahaha

  7. Aku kurang begitu suka mandi pakai shower. Dan aku lebih memilih mandi pakai gayung. Tapi kalau keponakanku suka banget mandi pakai shower.

    1. Faradila D. Putri says:

      kalau aku seneng kepraktisan mandi pakai shower mbak. cepet banget hehehe

  8. Waah Rioo asik banget mandi pake shower GENIE ya, soalnya gampang dipegang anak-anak.

    1. Faradila D. Putri says:

      hehe iya mba, warnanya menarik lagi

  9. Afrilentin says:

    Wah recomended banget showernya gampang dibersihin ya,jd tenang klo gitu dijamin air yg kluar bersih

    1. Faradila D. Putri says:

      iyaa, bisa diliat langsung. Unik banget!

  10. Permukaannya lebar yaa, jadi lebih puas mandi karena rasanya lebih banyak tersiram air. Mau ah ganti handshowerku dengan Genie 🙂

    1. Faradila D. Putri says:

      iyaa dan lembut pancuran airnya mbak. Cuss ganti 🙂

  11. produk american standard untuk produk toiletries sudah menjadi andalan yah dari dulu, qualitasnya pasti ok. nah ini yang genie hand shower menawarkan kemudahan untuk pembersihan jadi nggak akan ada lagi deh yang tersumbat dan bikin airnya yang keluar dari shower jadi kurang maksimal

    1. Faradila D. Putri says:

      yap qualitasnya sudah tidak diragukan lagi. iyaa banget! aku suka fitur yang bisa membuka bagian dalam showernya 😀

  12. Produk american standard sih udah pasti bagus ya, mbak.
    Jadi pengen cobain 😊

    1. Faradila D. Putri says:

      iya bagus kualitas dan performanya 🙂

  13. Bener lho kalau pake gayung jatuhnya jadi lebih boros air. Dan memang air di penampungan kadang kena percikan-percikan, jadi terkontaminasi deh.
    Aku naksir sama hand shower Genie ini, selain ngincar beberapa kelebihan di atas, pastinya aman buat baby Ray.

    1. Faradila D. Putri says:

      iyaaa, kadang kita ga sadar yaa apa saja yang sudah masuk ke air tampungan.

  14. Belum pernah nyoba eui. Tapi sangat-sangat-sangat penasaran karena warnanya kan macem-macem banget ya.

    Dan semua warnanya lembut. Berasa unyu-unyu gitu

    1. Faradila D. Putri says:

      warnanya emang bagus mbaaak. aku bingung milih yang mana haha

  15. Rumahku masih menjunjung kearifan lokal alias pakai gayung, haha. Mau pasang shower juga percuma, tekanan airnya rendah di sini. Makanya pas lihat review temen-temen soal Genie hand shower ini jadi tertarik untuk pasang di rumah. Desainnya juga unik dan lucu banget.

    1. Faradila D. Putri says:

      nah cobain mbak di rumah pakai GENIE. 😀

  16. Aku setuju banget dg keuntungan memakai hand shower terutama soal higienitas air ya mba. Krn lgsg mengalir jadi terbuka nih pemikiranku.

    1. Faradila D. Putri says:

      iyaa, ga pakai ditampung-tampung jadi lebih mengurangi kontaminasi air yang dipakai 🙂

  17. Rio pasti suka itu mandinya sambil ngliatin air2nya di dalam hand showerya, anak2ku gtu soalnya hehe.
    Aku suka alirannya deras tapi gak bikin sakit kulit, tetep lembut.

    1. Faradila D. Putri says:

      Iya mbaaak hehehe malah dia gemes malah pengen di injek doong. zzz

  18. Pas banget nih aku juga baru banget punya ide buat ganti shower dan emang rencana bakal ganti sama Genie dari American Standard ini. Warnanya aku banget ini, toskaaaaaa…

    1. Faradila D. Putri says:

      Iyaaa gemesssh ya mbak warna toskanya. Akupun sukaaaa <3

  19. Akuu tergantung lagi pake kamar mandi di depan atau belakang, ga semua ada showernya soalnya hihi. Suka sama warna2 Genie ini, segerr liatnya. Aku punya yg warna petal pink alias orange 😀

    1. Faradila D. Putri says:

      Iyaaa aku suka banget sama warnanya. Sempet galau mau yang warna apa hihi

  20. Bentuknya revolusioner banget ya, dipikirin bagaimana supaya dalamnya bisa dibersihin dan pancarannya gak bikin sakit kulit. Mantap nih Genie, pantes sih dari American Standard yg udah terkenal kualitasnya

    1. Faradila D. Putri says:

      Yap produk Amstar emang oke punya mbaak 🙂

  21. Info dan Reviewnya Sangat Bermanfaat Kak, Terima Kasih

    1. Faradila D. Putri says:

      Sama-sama yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.