Family, Health, Parenting, Products, Review

Review Cuci Stroller Bayi di Londrean Bogor

Hello moms and dads!

Bagi yang sudah membaca Tips Melindungi Anak dari Kuman ala Mitu Antiseptic Wipes ini pasti tau dong kalau ternyata stroller adalah barang nomer satu yang mengandung paling banyak kuman menurut penelitian dari Asecurelife.com!

Review Cuci Stroller Bayi di Londrean Bogor

Penelitian ini sudah memakai kaidah ilmiah yang baik meskipun jumlah samplenya tidak terlalu banyak. Asecurelife menggunakan keluarga yang memiliki anak kecil berumur 0-4 tahun. Terdapat tiga keluarga untuk masing-masing kelompok umur 0-1, 1-3 dan 3-4. Sample dari berbagai barang yang terdapat dirumah, kemudian diambil dan dibawa ke laboratorium dalam jangka waktu 12 jam setelah pengambilan. Sampel kemudian dikulturkan selama lima hari di University of Utah.

Setelah masa inkubasi, Asecurelife.com berkerja sama dengan teknisi lab untuk menghitung jumlah CFU (colony-forming unit) di setiap kultur. Selain itu, dilakukan juga  Gram-stain test untuk menentukan jenis bakteria atau jamur yang tumbuh. Dan ternyata stroller ini lebih banyak mengandung kuman daripada lantai kamar mandi, countertop alias tempat masak, ganggang pintu kamar mandi dan bahkan tempat duduk toilet. Wah ga nyangka yaa barang yang sering sekali kita pakai sehari-hari ini ternyata banyak kuman hiks.

Baca Mengatasi Gangguan Pencernaan Pada Anak dan Bayi dengan Probiotiktop germiest items

Source: Where Are The Germiest Kids’ Items Hiding in Your Home? (ASecureLife.com)

Selain stoller, barang yang masuk ke dalam Top 10 list adalah :

  1. Stroller (19%)
  2. Pacifier/Sippy cup (13%)
  3. Boneka (12%)
  4. Diaper bag (11%)
  5. Remote TV (11%)
  6. Buku anak anak (8%)
  7. Mainan plastik (8%)
  8. HP/Tablet (7%)
  9. Ganggang pintu (7%)
  10. Kunci mobil/motor (4%)

Tips Melindungi Anak dari Kuman ala Mitu Antiseptic Wipes

Okay, penemuan ini cukup masuk akal menurut saya. Banyak yang mengira HP atau remote TV kan yang mengandung banyak kuman? Tapi akhir-akhir ini dengan gerakan mengurangi screen time pada anak, malah kadang anak tidak diperbolehkan memegang kedua benda ini. Saya juga mengira HP loh, tapi saya salah ya ternyata hehehe.

Nah sekarang jujur deh, kapan sih terakhir kali cuci stroller? Apa tidak pernah dicuci dari beli? *guilty!* Untuk baju dan boneka sih saya sering mencucinya. Pakai sabun khusus bayi juga ketika Rio umurnya dibawah 1 tahun.

Baca Mitu Community Gathering, Wipes Away My Worries!

Salah satu alasan saya kenapa tidak mencuci stroller adalah, ribet! Kadang buka tutup, angkat masuk keluar rumah dan mobil aja udah ribet, nambah lagi satu kerjaan yaitu mencuci stroller. Harus dibuka dong masing-masing lining dan bagian tempat duduknya. Terus dicuci terpisah, dan dikeringkan. Ga bisa diguyur begitu saja seperti cuci sepeda (yaialahhh).

Kita juga asumsi stroller udah bersih karena belinya sudah dipack rapih di dalam plastik dan box. Jadi ya langsung pake aja. Kecuali beli yang display ya, karena kebayang berapa orang yang megang, coba-coba dan debu yang menempel. Stroller ini kemudian kita pegang, anak pegang, bahkan bisa diemut juga (Rio suka jilat handle bar juga ya Allah :|). Terus dibawa jalan-jalan ke berbagai macam tempat indoor dan outdoor. Hal yang sama berlaku juga dengan carseat dan gendongan.

Review Cuci Stroller Bayi di Londrean Bogor


Jadi sebelum mudik kemarin, saya memutuskan untuk memakai jasa Londrean Bogor untuk mencuci salah satu stroller Rio. Saya diberitahu bahwa di Londrean, khusus untuk perlengkapan bayi, mereka menggunakan sabun khusus untuk bayi. Yeay! Ownernya juga super baik karena mau memvideo proses before after berikut dengan pengepakan stroller hihihi. Oiya ada jasa pick up dan delivery jadi saya tidak usah susah-susah keluar rumah, alhamdulillah ya gampang banget. Penasaran bagaimana before after dan juga proses wrappingnya? Tonton video dibawah ini ya!

Review Cuci Stroller Bayi di Londrean Bogor

Cukup bersih yaa? Yang sebelah kiri itu before dan sebelah kanan adalah after. Nodanya hilang dan tentu bannya jadi kinclong! Stroller big sizenya Rio siap dipack dan disimpan di dalam gudang untuk adiknya nanti hihi. Saya sih cukup puas dengan kinerjanya. Hanya dibutuhkan beberapa hari saja untuk mencuci stroller ini. Tidak instan sih karena memang butuh usaha lebih untuk cuci stroller. Yaa daripada nyuci sendiri yes? Hihihi.

Salah satu alasan kenapa saya nanti akan mencuci peralatan bayi di Londrean Bogor adalah harganya cukup terjangkau! Selain stroller, ternyata mereka juga menyediakan jasa lundry car seat, baby walker, baju atau celana bayi, kain bedong sampai kasur dan diaper bag. Okesip lengkap banget kan ya. Ini juga berguna untuk ibu-ibu yang ga ada ART atau yang bisa membantu cuci setrika dirumah. Atau jika sedang musim hujan dan jemuran tidak kering-kering, cus langsung di laundry semua (true story hahaha). Ini pricelist khusus perlengkapan anak ya.

Review Cuci Stroller Bayi di Londrean Bogor

Mau laundry perlengkapan lainnya juga boleh. Ini saya kasih bonus pricelist untuk laundry dan cuci perlengkapan lainnya ya. Jadi sekalian deh punya ibu, bapak dan anak di laundry disana hihihi.

Review Cuci Stroller Bayi di Londrean Bogor

Review Cuci Stroller Bayi di Londrean Bogor

Review Cuci Stroller Bayi di Londrean Bogor

Oiya ada paket hemat juga loh bagi yang sering cuci. I mean let’s be honest, sometimes ironing clothes sucks, eh? Hahahaha.

Review Cuci Stroller Bayi di Londrean Bogor

Sekian pengalaman saya mencuci stroller di Londrean Bogor. Kalau mau info lebih lanjut silahkan kunjungi :

Website : https://londrean.com/
Instagram : @londreanbogor
Facebook : Londrean Bogor

Thank you for reading 🙂

You may also like...

1 Comment

  1. bener sih.. stroller itu suka ada entah sejenis pasir pasir dari mana datangnya, dan emang wajar kalo banyak kuman.. aku jadi pengen bawa stroller anak aku ke laundry.. haha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.