Family, Health, Products, Review, Technology

Review Aplikasi PrimaKu – Mudah Memantau Pertumbuhan Anak!

Last Updated on December 19, 2021

Mengukur pertumbuhan dan perkembangan anak sangat penting. Waktu anak masih satu, wah saya getol banget melihat dan memantau dengan seksama. Sekarang anaknya sudah dua, mulai kewalahan  hahaha. Untung ada aplikasi PrimaKu yang memudahkan kita memantau pertumbuhan anak. Seperti apa aplikasinya dan bagaimana review aplikasi PrimaKu ini? Silakan dibaca lebih lanjut ya.

Review Aplikasi PrimaKu - Mudah Memantau Pertumbuhan Anak!

Pentingnya Memantau Pertumbuhan & Perkembangan Anak

Di berbagai seminar tentang nutrisi anak dan 1000 Hari Pertama Kehidupan, berkali-kali saya mendengar anjuran agar kita memantau pertumbuhan dan perkembangan anak dengan baik. Yang dimaksud dengan baik adalah kita secara rutin menimbang berat badan, tinggi badan, lingkar kepala serta memantau kemampuan anak.

Baca   Kiat Menjaga Anak Tetap Sehat di 1000 Hari Pertama Kehidupan

Idealnya sih kita mengukur pertumbuhan anak tiap bulan, bisa di Posyandu atau sekalian ke dokter anak / bidan saat imunisasi. Sementara untuk perkembangan anak, bisa kita lihat tahapan milestone yang harus dicapai, dan kemudian dilatih.

Biasanya saat saya konsul ke dokter anak, sudah sekalian dicatat dan diterangkan tentang trend pertumbuhan dan perkembangan anak. Jadi saya bisa tau apa yang harus lebih giat lagi dilakukan agar mencapai target.

Catatan Imunisasi dan Medis Anak
Catatan medis anak

Bagaimana Pada Saat Pandemi?

Tentu dengan adanya pandemi, mobilitas kita jadi serba terbatas. Di dekat rumah, Posyandu sempat ditiadakan untuk beberapa bulan. Hmm cukup sulit juga ya mengawasi pertumbuhan dan perkembangan anak kalau kita sendiri tidak inisiatif melakukan pengukuran dan mencatatnya. Padahal, hal-hal seperti ini penting untuk dilakukan, terutama untuk anak balita.

Hal yang sama juga dikatakan oleh dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A, BmedSci, M.Kes. di Webinar “Monitor Tumbuh Kembang Anak Bersama PrimaKu“. Dokter Mirza menjelaskan pentingnya kemudahan layanan dalam memantau sekaligus memperoleh informasi yang komprehensif demi menjaga tumbuh kembang anak sejak lahir bagi orang tua, terutama di masa pandemi Covid-19.

Webinar Primaku dengan dr. Miza Afrizal Tania Rey

Kita sebagai orang tua tentu butuh memerhatikan tumbuh kembang anak, terutama di masa pandemi ini dimana kesehatan anak harus tetap terjaga. Makanya semenjak awal pandemi, saya sudah menyiapkan pengukur tinggi di rumah (berbentuk stiker lucu loh! Bisa beli di link ini, hanya Rp. 20.000,- saja!), meteran dan juga timbangan. Jadi saya bisa mengukur dan mencatat pertumbuhan anak setiap 2 minggu – 1 bulan sekali.

Baca   Pentingnya Nutrisi di Masa 1000 Hari Pertama Kehidupan

Lalu dicatatnya dimana? Saya ada dua metode. Yang pertama saya catat manual sebagai salinan hard copy (hahaha jiwa researcher ini harus selalu ada salinan data dimana-mana ya wkwk) dan juga softcopy di dalam aplikasi PrimaKu sejak tahun 2018. Wah apa tuh aplikasi PrimaKu? Saya review lebih detail di bawah ini ya.

Review Aplikasi PrimaKu - Mudah Memantau Pertumbuhan Anak!

Review Aplikasi PrimaKu - Mudah Memantau Pertumbuhan Anak!

Review PrimaKu – Aplikasi Tumbuh Kembang Anak

PrimaKu adalah sebuah aplikasi monitoring kesehatan anak terdepan dan terlengkap di Indonesia. Banyak fitur-fitur di aplikasi yang dapat membantu orang tua memantau tumbuh kembang anak dengan akses melalui smartphone saja. Psst, aplikasi ini didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDAI loh.

Review Aplikasi PrimaKu - Mudah Memantau Pertumbuhan Anak!

Muhammad Aditriya Indraputra, CFA dan Chief Executive Officer (CEO) PrimaKu, memastikan PrimaKu akan terus mengembangkan berbagai layanan untuk semakin memudahkan para orang tua dalam memantau tumbuh kembang dan kesehatan anak.

“Sebagai aplikasi one stop solutions, PrimaKu akan terus meningkatkan fitur, memperluas informasi dan melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai kemudahan akses layanan terkait tumbuh kembang anak.” – Muhammad Aditriya Indraputra, CFA dan Chief Executive Officer (CEO) PrimaKu

“Kehadiran PrimaKu, yang merupakan produk inovasi hasil dari perkembangan teknologi di bidang kesehatan anak, semakin memudahkan bagi orang tua sehingga diharapkan menjadi pilihan utama mereka dalam memantau tumbuh kembang anak.” ujar dr. Miza.

Review Aplikasi PrimaKu - Mudah Memantau Pertumbuhan Anak!

Tidak hanya membantu orang tua, tapi dokter juga juga dibantu oleh aplikasi PrimaKu ini dalam menjalan praktek sehari-hari, terutama bagi pasien yang datang dengan menunjukkan data anaknya langsung dari aplikasi ini. Seperti apa isinya? Silakan baca terus review aplikasi PrimaKu ini~

Fitur-Fitur di Aplikasi PrimaKu

PrimaKu memiliki 5 fitur unggulan yang memudahkan para orang tua baru dalam memantau tumbuh kembang anak. Kelima fitur tersebut antara lain adalah :

  • grafik pertumbuhan dan perkembangan anak,
  • jadwal imunisasi,
  • konsultasi,
  • komunitas, dan
  • rekam medis.

Review Aplikasi PrimaKu - Mudah Memantau Pertumbuhan Anak!

Mudah Membaca Kurva Pertumbuhan Anak

Ini adalah salah satu fitur yang paling sering saya pakai di aplikasi PrimaKu. Dalam fitur pertumbuhan dan perkembangan, kita dapat memasukkan data tentang berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala sehingga mereka mengetahui apakah ketiganya sesuai atau tidak dengan usia serta jenis kelaminnya.

Data pertumbuhan tersebut akan terangkum menjadi satu grafik yang sangat mudah dipahami orang tua. PrimaKu akan langsung meplotkan trend pertumbuhan anak di grafik WHO maupun CDC, sehingga bisa dilihat apakah pertumbuhannya berlangsung baik, weight faltering atau malah stunting.

Review Aplikasi PrimaKu - Mudah Memantau Pertumbuhan Anak!

Ini nih yang penting untuk kita lihat. Jika ada tanda-tanda bahwa pertumbuhan anak mulai melambat, kita bisa langsung melakukan intervensi sehingga bisa optimal kembali. Dokter juga dapat dengan mudah menganalisis dan memberikan solusi terbaik.

Bayangkan kalau kita tidak memiliki data-data ini, jadi cukup sulit ya. I just want to say thank you to PrimaKu for helping me keep track of my boys’ development.

Review Aplikasi PrimaKu - Mudah Memantau Pertumbuhan Anak!

Oiya, tidak hanya data pertumbuhan saja loh. Terkait perkembangan, orangtua dapat memonitor perkembangan anak dari segi motoric dan sensoric yang dilengkapi dengan kuesioner dan informasi singkat terkait rekomendasi stimulasi berdasarkan kelompok usia anak. Lengkap!

“PrimaKu merupakan solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut dalam memantau tumbuh kembang anak karena aplikasi ini didukung penuh oleh IDAI,” – dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A, BmedSci, M.Kes.

Fitur Pencatat & Pengingat Imunisasi

Fitur lainnya yang saya suka adalah pencatat dan pengingat imunisasi. Seperti yang kita ketahui, imunisasi untuk anak, terutama di bawah 1 tahun, itu seabreg! Banyak sekali imunisasi yang harus dilakukan, dan tidak boleh terlewat terutama yang memiliki timeframe khusus seperti Rotavirus.

Baca   Perlukah Imunisasi & Vaksinasi? (Plus Pricelist Rumah Vaksinasi 2017)

PrimaKu menghadirkan fitur imunisasi dimana terdapat jadwal imunisasi IDAI 2020 disertai dengan reminder sehingga membantu orang tua menjalankan kegiatan tersebut tepat waktu. Lihat di contoh catatan Dewo ini, terlihat vaksin apa yang sudah diambil dan vaksin apa yang harus diambil di masa mendatang, beserta tanggalnya. Anti telat telat vaksin club sekarang.

Review Aplikasi PrimaKu - Mudah Memantau Pertumbuhan Anak!

Selain itu, catatan ini juga berfungsi juga sebagai record yang bisa ditunjukkan ke dokter apabila ingin meminta sertifikat imunisasi untuk sekolah nanti. Lagi-lagi terlihat pentingnya memiliki catatan medis pribadi yang apik dan rapih ya.

Fitur Lain di Versi Terbaru PrimaKu

Semenjak PrimaKu diupdate menjadi versi baru, terdapat beberapa upgrade yang ditambahkan selain interfacenya yang lebih user friendly. Terdapat fitur konsultasi,dimana orang tua dapat melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis anak dengan mudah yang tergabung dalam IDAI, secara online melalui telepon, video call hingga chat.

Review Aplikasi PrimaKu - Mudah Memantau Pertumbuhan Anak!

Selain konsultasi online, kita juga dapat memlihat jadwal praktek dokter tersebut. Malah ada yang memberikan nomor kontaknya loh. Sayang di area Bogor belum ada. Semoga nanti bisa diperbanyak ya jumlah dokter yang tersedia, terutama di kota lain selain Jakarta.

Sementara itu ada juga fitur komunitas dimana orang tua dapat berbagi pengalaman dengan sesama mengenai pertumbuhan anak mereka. Ada juga beberap artikel medis yang dapat dibaca di dalam app. A complete one stop solution!

Baca   Bersama Melindungi Kesehatan Anak Pasca Masa Menyusui

Download PrimaKu di…

Bagi yang ingin punya data medis anak yang rapih di aplikasi PrimaKu juga, silakan download aplikasi monitoring kesehatan anak ini di Play Store maupun App Store. Sudah tersedia baik untuk Android dan Apple ya.

Beberapa teman mengalami kendala ketika upgrade PrimaKu terjadi ke versi baru. Apabila tidak berhasil menghubungkan ke akun lama, silakan kontak PrimaKu di Whatsapp : 081770704114 atau kontak sosial medianya di @official.primaku ya. Semoga masalahnya bisa teratasi dengan baik.

Dengan selalu memperhatikan rekam medis, melaksanakan imunisasi secara berkala, dan melakukan konsultasi apabila dibutuhkan, dr. Miza yakin anak-anak akan terhindar dari masalah kesehatan.

Review Aplikasi PrimaKu - Mudah Memantau Pertumbuhan Anak!

Review Aplikasi PrimaKu - Mudah Memantau Pertumbuhan Anak!

Sekian review aplikasi PrimaKu, salah satu aplikasi favorit saya untuk memantau tumbuh kembang anak. Semoga bisa membantu ya 🙂 Stay happy and healthy, moms and dads!

RELATED POST

1 Comment

  1. enak ya sekarang bisa konsul ke dsa tinggal lewat aps, dan ada fitur grafik tumbuh kembang juga, kita jadi lebih aware jdnya sama pertumbuhan dan perkembangan anak2 d rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.