Family, How To, Parenting, Tips

Tips Mengenalkan Puasa untuk Anak 2-3 Tahun

Di bulan Ramadhan ini kita melakukan ibadah puasa wajib. Tentu ini adalah kali pertamanya Rio melihat saya berpuasa, setelah absen selama 2 tahun.  Saya kemudian membaca tips mengenalkan puasa untuk anak, karena saya ingin mengenalkan puasa sedini mungkin kepada Rio.

Apakah saya akan membuatnya ikut berpuasa juga? Tentu tidak. Menurut saya, Rio masih sangat terlalu muda untuk itu hahaha. Bisa cranky seharian tidak dikasih makan. Nah, apa saja cara saya mengenalkan puasa khususnya untuk anak 2 hingga 3 tahun seperti Rio?

Baca Cara Mencetak Anak Cerdas yang Hebat

Tips Mengenalkan Puasa untuk Anak 2-3 Tahun
Courtesy of Pixabay

Children Understands From An Early Age

Itu adalah pandangan saya terhadap anak-anak. Jangan sangka mereka masih kecil lantas mereka tidak mengerti apa yang kita lakukan atau katakan ya. Saya kadang dibuat kaget oleh Rio karena dia mengingat kebiasaan, perkataan dan juga bisa menjelaskan beberapa hal simpel kepada saya.

Apalagi sekarang jamannya dia suka bertanya macem-macem.

Ini apa ya?
Ibu dimana?
Bapak dimana?
Kita dimana ini?

Hahaha, gemas kan ya? Padahal saya kira semua pertanyaan itu akan keluar ketika dia berumur 3 tahun plus plus. Taunya tidaaaaak bosque! Rio mulai sering bertanya sejak umur 2 tahun. Melihat rasa ingin tau dia yang besar (dan juga memori yang masih fresh), saya memutuskan untuk memperkenalkan dia ke kegiatan puasa.

Baca Tips Menjaga Psikis Anak Sejak Dini 

Tips Mengenalkan Puasa untuk Anak 2-3 Tahun
Courtesy of Pixabay

Ada beberapa cara yang saya lakukan agar Rio familiar dengan konsep puasa. Meskipun belum melakukannya sendiri, diharapkan dia mengerti apa itu puasa dan bulan Ramadhan.

1. Memperkenalkan via Lagu

Sebenarnya ini tidak sengaja sih. Rio suka banget nonton Omar dan Hana. Lalu ada Nussa Rara hehehe. Semuanya bagus untuk memperkenalkan anak ke kegiatan yang lekat dengan Islam seperti sholat, puasa dan Idul Fitri. Pengen nonton juga? Ini yang khusus untuk puasa 😀 Gemes kan

2. Menjelaskan Kepada Anak

Saya juga menjelaskan tentang puasa bahwa Ibu Bapak tidak boleh makan pas siang hari. Nanti setelah adzan Maghrib dan matahari sudah tidak ada, baru boleh makan. Memang anak bakalan ngerti? Eits jangan salah loh. Babies and toddlers are very very smart. Yang penting mereka sudah tau dasarnya dulu bahwa puasa termasuk menahan untuk tidak makan dan minum hehehe.

3. Mengajak Ikut Membantu Memasak

Memasak itu tidak hanya untuk perempuan loh. Laki-laki juga boleh banget membantu Ibunya memasak. Hal ini saya lakukan sore hari menjelang buka puasa. Yaa Rio kebagian bagian aduk-aduk sih wkwkwk. Oiya dan juga tester! 😀

Baca Cara Mudah Membuat Kue dengan Rice Cooker Cosmos

Cara Mudah Membuat Kue dengan Rice Cooker Cosmos

Sambil memasak, saya juga menjelaskan lagi soal konsep puasa dan bulan Ramadhan. Dengan harapan lambat laun dia akan mengerti

4. Melibatkan dalam Tradisi Ramadhan

Seperti sholat, ke masjid, bangun sahur, baca Al-Quran, dan sebagainya. Semakin dia mengenal bulan Ramadhan, diharapkan nanti pas masanya, Rio akan dengan suka rela dan bersemangat untuk ikut melaksanakan ibadah-ibadah di bulan ini.

Nah kalau kalian adakah cara untuk memperkenalkan puasa kepada anak usia balita? Silakan tulis juga tips mengenalkan puasa untuk anak versi kalian juga dibawah ini ya 🙂 Siapa tau bermanfaat bagi yang membaca. Thanks for reading!

 

 

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.