Thoughts, Work & Career

Pengalaman Tes CPNS Kementan 2021 – Akhirnya Lolos SKD!

Last Updated on February 23, 2022

Hello semua! Sepertinya sudah waktunya menulis soal salah satu pengalaman paling berkesan dalam hidup, yaitu pengalaman tes CPNS Kementan 2021. Kenapa tahun ini begitu spesial hingga ditulis di sebuah blogpost? Karena beda dari tahun-tahun sebelumnya, hasilnya alhamdulillah banget! Yang suka ngikutin stories di IG dan Twitter pasti tau hehehe.

Bagaimana cerita lengkapnya? Akan saya tulis di blog post ini ya. Mungkin akan berseri juga di blog post lain karena saya akan membagikan tips dan juga langkah dalam mengikuti tes CPNS. Takutnya kepanjangan ya kalau hanya menulis di satu blog post ini hehehe. Stay tuned!

Sepak Terjang Mengikuti Tes CPNS

Tahun ini bukan tahun pertama saya mengikuti tes CPNS. Kalau tidak salah, saya sudah mencoba sejak 2017 apa ya HAHAHA. Saya ingat banget, dulu setelah lulus S2, saya pengennya jadi dosen. Saya terus memantau penerimaan dosen IPB baik via CPNS maupun non PNS.

Kadang posisi di departemen yang saya bisa daftar (Agronomi dan Hortikultura IPB) suka ada dan suka tidak. Ya, namanya juga tergantung dengan kebutuhan ya. Jadi sembari menunggu, saya juga mencoba diri untuk tes CPNS ke Kementan.

In short, semuanya gagal sebelum tes tahun 2021 ini HAHAHA.

Baca   Belajar Berdamai dengan Penyesalan

Rangkumannya :

Tahun 2017 : Ikut CPNS Kementan jadi apa ya lupa nanti cari lagi berkasnya – tidak lolos SKD
Tahun 2018 : Akhirnya ada bukaan untuk posisi dosen di IPB, jadi ikut CPNS Kemendikbud – tidak lolos seleksi administrasi HAHAHAHAHA.
Tahun 2019 : Ikut CPNS Kementan jadi Analis Ketahanan Pangan – tidak lolos SKD
Tahun 2020 : Tidak ikut karena pandemi wkwkwk, ikut seleksi dosen non PNS IPB sih tapi ga lolos juga hiks.

hasil tes skd cpns kementan 2019
Dapat rangking 5 di sesi ini dengan nilai 385, tapi ga lolos ke SKB hiks

Pokoknya saya sudah konsisten meramaikan ajang tes CPNS sejak tahun 2017. Tapi ya namanya belum rezeki, jadi ya tidak keterima. Tau sendiri yang daftar bisa puluhan untuk suatu posisi dan yang diambil hanya 1 atau 2. It’s a bloody hunger games.

Kenapa Ikut Tes CPNS Lagi Tahun 2021?

Selama umur masih mencukupi, harus coba terus! Itu adalah salah satu keyakinan saya, ya siapa tau rezekinya di posisi dan tahun lain kan ya. We’ll never know. Jadi ketika saya tau ada bukaan CPNS tahun 2021 di Kementan, saya langsung tanya Arga.

“Ada bukaan nih di Kementan buat CPNS. Ikut ga ya?”
“Ikut aja.”
“Wah ada nih di Balitro Cimanggu. Daftar aja apa ya?”
“Deket. Yaudah daftar aja.”

Berbekal izin suami, jadilah daftar. Segala macam kebutuhan registrasi dan pemberkasan awal yang terpampang di web sscasn.bkn.go.id saya lakukan sebelum tenggat waktu.

Karena saya mendaftar formasi Umum (ada Lulusan Terbaik, Penyandang Disabilitas dan Putra/Putri Papua), saya menyiapkan beberapa berkas yang disyaratkan oleh Kementrian Pertanian, yaitu :

  1. Surat lamaran ditujukan kepada Menteri Pertanian RI, diketik/ditulis tangan dan ditandatangani di atas kertas bermaterai Rp.10.000
  2. Surat-surat Pernyataan (2 surat) diketik/ditulis tangan dan ditandatangani di atas kertas bermaterai Rp.10.000,
  3. Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) asli
  4. Pas foto terbaru berlatar belakang merah
  5. Ijazah asli dan Transkrip Nilai asli – dalam hal ini yang jenjang S2 karena memang persyaratan untuk posisi yang saya daftar adalah S2

Beberapa dokumen ini sudah ada formatnya di web instansi yang dituju. Jadi lagi-lagi, tolong dibaca dengan teliti dan rajin cek website instansi. Sedikit tips, kita bisa langsung cari grup Telegram atau grup FB teman-teman seperjuangan (alias yang ikut CPNS di instansi tersebut juga) agar bisa update informasi.

Saya sendiri join grup Telegram CPNS Kementan dan grup FB CPNS Kementan hehehe. Jadi meskipun lagi ngurus bayi dan balita di rumah, alhamdulillah terbantu dengan update disana. Cara nyarinya bagaimana? Ya tinggal search aja di Telegram dan Facebook atau sosmed lain dengan kata kunci “CPNS + Nama Instansi“. Banyak juga loh yang ada di dalam grup Telegram Tes CPNS Kementan 2021 ini.

grup telegram cpns kementan
Yuk tinggal di search aja, keluar semua loh!

Cara Mendaftar Menjadi Peserta Tes CPNS

Sebenarnya sudah banyak ya artikel untuk ini. Tapi saya jelaskan secara singkat saja ya. Untuk mendaftar menjadi peserta tes CPNS yang sekarang sistemnya satu pintu, kita perlu membuat akun di situs SSASN terlebih dahulu. Semuanya GRATIS ya (kecuali biaya scan, print, beli materai). Tidak harus  bayar ratusan ribu sampai jutaan, apalagi di awal.

Namun sebelum itu, baiknya kita :

  1. Cari tau instansi apa yang membuka pendaftaran dan posisinya di situs CPNS masing-masing instansi. Untuk Kementan atau Kementrian Pertanian, saya cek di cpns.kementan.go.id. Silakan cari ya sesuai keinginan masing-masing.
  2. Perhatikan tanggal dibuka dan ditutupnya pendaftaran via SSASN BKN.
  3. Buatlah akun di SSASN BKN. Biasanya perlu nomor KTP dan KK yang valid. Kalau error, silakan hubungi panitia atau Disdukcapil terdekat untuk mengupdate KTP dan KK (seperti kasus saya tahun 2017 silam).
  4. Ikuti instruksi untuk membuat akun dari SSASN BKN dan juga untuk persyaratan dokumen awal masing-masing instansi (ini perlu update ke situs CPNS instansi yang dituju ya, jangan malas cek terus).

JANGAN SAMPAI SALAH. Untuk bisa jadi peserta, kita harus lolos tes administrasi dulu. Satu kesalahan kecil seperti disuruh menulis dengan tinta hitam tapi kita tulis dengan tinta biru saja bisa membuat kita gagal lolos tes administrasi. Jadi mohon dibaca dengan sangat hati-hati ya. Jangan sampai kalah sebelum berperang~

Baca   Balada Webinar di Saat WFH & PSBB

Memang ada opsi “sanggah” alias complain soal kegagalan lolos ke tahap berikutnya, jika memang gagal, dan meminta untuk diloloskan. Tapi ini harus mendasar ya alasannya. Ga boleh ngadi-ngadi.

Mengikuti Tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) CPNS 2021

Setelah muncul pengumuman lolos seleksi administrasi, saya langsung cek web SSASN dan juga CPNS Kementan untuk mencetak kartu ujian dan melihat kapan saya mengikuti tes SKD atau Seleksi Kemampuan Dasar. Ternyata banyak ya yang ikutan HAHAHA. Kementan juga tahun ini cukup banyak membuka formasi, jadi memang banyak yang mencoba keberuntungan untuk menjadi ASN.

lolos seleksi administrasi cpns 2021

Setelah mendapatkan informasi lolos, yang saya lakukan adalah (mencoba) belajar! Saya memiliki beberapa buku CPNS dari tahun tahun sebelumnya dan juga mendapatkan kisi-kisi dari grup Telegram maupun Twitter. Meskipun belajarnya sempatnya setelah anak-anak tidur dan saya banyak misuh-misuh (tanya Arga hahaha), saya bismillah saja.

Tidak lupa meminta doa Mama Bapak serta Mama Bapak mertua. Oiya, doa suami juga karena setiap misuh-misuh saya minta didoakan yang terbaik.

Saya mendapatkan lokasi tes di Jakarta, dimana tahun ini juga diselenggarakan di Auditorium Gedung F Kementrian Pertanian di Ragunan pada sesi kedua (sekitar jam 10.30an hingga makan siang). Tesnya hari Selasa, tanggal 21 September 2021. Berhubung saya masih punya bayi 4 bulan, jadi kita sekeluarga pergi mengantar Ibu tes CPNS hahaha.

Beruntung lokasinya di Kementrian Pertanian yang luas dan cukup asri. Jadi anak-anak alhamdulillah tidak apa-apa ditinggal selama kurang lebih 4 jam (2 jam tes dan 2 jam persiapan & pengambilan barang pasca ujian). Thank you my boys, you guys are awesome!

Dresscodenya tentu kerudung hitam, kemeja putih, bawahan hitam dan sepatu hitam. Dan berhubung pandemi, jadi para peserta tes diharuskan mengenakan double masker dan membawa hasil swab antigen atau PCR. Alhamdulillah hasil saya negatif, so it’s a go. Kalau terkena Covid juga alhamdulillah Kementan memberikan kesempatan reschedule.

pengalaman tes cpns saat pandemi
Double masking!

Situasi cukup kondusif sih tapi waktu menunggu lebih lama karena dibatasi peserta untuk masing-masing tahap penitipan barang sampai verifikasi peserta. Namun semuanya mulus dan lancar kok prosesnya. Disediakan air minum dan kita peserta juga diberi akses ke kamar mandi, jaga-jaga beser kalau deg-degan hihi. Secara singkat alurnya adalah :

  1. Datang dan menunggu untuk masuk ke dalam gedung untuk pengecekan hasil antigen, suhu & penitipan barang. Kita hanya diperbolehkan membawa kartu peserta, KTP dan pensil kayu. Yang lainnya harus masuk ke dalam tas dan ditaruh di tempat penitipan.
  2. Menunggu untuk proses verifikasi dan pemberian nomor pin oleh petugas.
  3. Menunggu (lagi) di area tunggu, dimana diputar video tata cara melakukan tes SKD. Penting ditonton ya kalau baru pertama kali. Disediakan air minum aqua gelas dan diberi kesempatan untuk ke kamar kecil.
  4. Setelah waktunya mendekati jam ujian, baru dipersilakan masuk ke ruangan yang berisi laptop berkamera, untuk mengerjakan soal CAT SKD.
  5. Setelah selesai, boleh keluar ruangan dan menunggu untuk mengambil tas di tempat penitipan tas. Ini sih yang paling memakan waktu karena pembatasan peserta dan membludak orangnya.

Tes SKD ini saya benar-benar pasrah, karena soal seperti apa yang keluar dan bagaimana hasil kita dibanding yang lainnya, saya benar-benar tidak ada bayangan dan tidak tau. It’s all in the hands of Allah. I just tried my best clicking all the best possible answer. Toh sudah belajar seadanya kan ya.

Baca   Master of Science (Cuman) Ngurus Anak? Kenapa Nggak?

Kaget Lihat Nilai SKD!

Pas selesai, hasil tes langsung keluar di layar masing-masing. Prediksi sih sekitar 300an lah ya, sama seperti tahun sebelumnya saya dapat 370-380an. Eh pas saya liat hasil akhirnya, saya melongo. DAPET SKOR 459. WOW GEDE BANGET. Eh tapi yang lain berapa ya? Karena tidak tau, jadi tidak berharap banyak.

Tahun ini, hasil tesnya disiarkan LIVE di Youtube juga. Ketika saya bisa mengakses HP, saya langsung cek di Youtube. Ternyata nilai SKD saya peringkat pertama dong untuk sesi saya huhuhu. Terharuuuu. Alhamdulillah alhamdulillah alhamdulillah banget nilainya maksimal sesuai dengan kemampuan.

hasil tes skd cpns kementan 2021

Tapi lagi-lagi siapa saingan saya dan berapa skornya, I have no idea. Jadi kita tunggu pengumuman hasil SKD untuk lanjut ke tes SKB atau Seleksi Kompetensi Bidang CPNS 2021.

Oiya, tahun ini ada juga sertifikat nilai SKD loh. Silakan di search cara mendapatkannya. Berikut contoh sertifikat nilai SKD saya. Kenapa di download? Sebagai kenang-kenangan dong hihi.

sertifikat nilai skd tes cpns 2021

Lanjut ke Tes SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) CPNS 2021?

Selang beberapa bulan, akhirnya kita mendapatkan hasil tes SKD. Hanya beberapa orang saja yang lolos ke tes selanjutnya. Jika formasi yang dibuka untuk sebanyak n orang, maka jumlah orang yang akan masuk ke tes SKB adalah sebanyak 3n posisi teratas. Untuk formasi saya, yang dibutuhkan adalah 2 orang, jadi diambil 6 orang teratas dengan nilai SKD tertinggi untuk mengikuti SKB.

Ketika saya buka pengumuman, ALHAMDULILLAH LOLOS LAGI YA ALLAH. Ternyata saya peringkat pertama untuk tes SKD huhuhu terharu. Allah is so so so good. Jadi harus bersiap-siap di SKB lagi tapi nih hahaha. Ini semua diluar prediksi. Saya kira bakal stuck jadi penghibur sampai si SKD saja, namun Allah memberi kesempatan untuk lanjut lagi. I have to do my best, even though I have no idea what I will be doing in the next test.

hasil tes skd cpns kementan 2021

Tips Mengikuti Tes SKD CPNS ala Faradila

Ini yang banyak ditanyakan orang-orang di sosmed hihi. Saya tulis secara singkat disini ya, atau bisa juga check IG Stories ini.

Seleksi Kompetensi Dasar sendiri memiliki bobot 40% nilai akhir penerimaan tes CPNS Kementan 2021. SKD ini 100% menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dengan cakupan materi meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

pengalaman tes cepns kementan 2021

Cara mendapatkan nilai terbaik adalah dengan belajar dan berdoa agar soal yang keluar sesuai dengan yang kita kuasai. Berikut saya bagikan beberapa tips menjalani tahap SKD dalam tes CPNS.

  1. Pelajari jenis soal yang akan keluar. Jika masih jauh-jauh hari, buatlah jadwal belajar. Bisa dengan metode satu hari satu topik bahasan atau satu hari satu jenis soal. Kalau ada budget lebih, silakan ikut kelas atau tempat les yang menawarkan kelas Tes CPNS. Ternyata banyak juga ya!
  2. Sudah banyak yang membagikan contoh soal dan try out baik di Telegram maupun di Twitter. Saya sendiri memakai jalur ini hihi. Manfaatkan sosial media dengan mencari contoh soal atau kisi kisi tes SKD CPNS. Banyaaak banget yang beredar, selamat berjelajah~
  3. Manfaatkan try out gratisan di Telegram maupun di situs lainnya. Lumayan untuk menambah pengalaman mengerjakan soal-soal tes CPNS.
  4. Usahakan belajar ketiga jenis soal dengan baik, karena untuk masing-masing jenis ada passing grade yang harus dilewati  (jika masuk via formasi umum). Meskipun nilainya besar tapi ada satu komponen yang dibawah passing grade, maka tidak bisa lanjut ke SKD
  5. Pastikan sudah siap untuk hari H. Baik itu membawa peralatan yang dibutuhkan maupun kelengkapan berkas. Sarapan atau makan siang juga penting. Jangan sampai kita sakit dalam mengerjakan soal ya, soalnya sudah cukup bikin sakit kepala, jangan sampai sakit yang lain wkwk.
  6. Berdoa dan minta doa restu. SKD ini tahap paling gambling. Kita tidak tau saingan kita siapa dan berapa skornya. Baru akan ketahuan setelah pengumuman SKD ini, jadi bagi yang sangat ingin lolos, usahakan nilai setinggi mungkin.

Berikut tips dari saya, bagi yang punya tips lainnya, boleh share di kolom komentar ya. Semoga terbantu dengan membaca tips ala ala di atas.

Sekian cerita saya mengikuti tes CPNS Kementan 2021 dan juga cerita saat mengikuti tes SKD saat pandemi. Alhamdulillah juga lolos! Nanti saya bagikan cerita selanjutnya, yaitu cerita mengenai tes SKB yaa. Yuk baca kelanjutannya di Pengalaman Tes CPNS Kementan 2021 – Perdana Tes SKB.

RELATED POST

9 Comments

  1. ikut tes CPNS itu memang sesuatu banget ya. aku pertama kali ikut tes cpns 2013, pns dosen, lulus SKD tapi ga lulus SKB soalnya SKB dosen itu banyak banget tesnya dan biasanya yg udah kontrak yg diutamakan. Terus 2014 ikut lagi, CPNs provinsi, lulus SKD tapi yg diambil cuma 6 orang aku peringkat ke 7 (waktu itu ga ada SKB). disaat yg sama lulus seleksi BPJS Kesehatan. 4 tahun di BPJS, 2018 dibuka lagi CPNS Provinsi, ikut, awalnya cuma iseng2 aja. wong udah jadi pegawai tetap BUMN kan. Enggak lulus SKD, tapi ternyata rame yg ga lulus waktu itu dan akhirnya dibuat perangkingan. alhamdulillah lulus perangkingan dan bisa SKB. baru pas mau ikut SKB mulai ragu2. waktu itu udah niat resign dadi BPJs memang, soalnya jauh dari keluarga. bismillah, akhirnya ikut SKB dan waktu itu aku belajar. alhamdulillah lulus dan resign dari BPJs. dan sekarang aku berstatus PNS dong. hehehee

  2. Selamet ya udah lulus SKD. Baca ini jadi inget pengalamanku ikut tes CPNS dulu dan seingatku aku lulus SKD juga.

    Tapi gak kulanjutkan tesnya karena semesta waktu itu nggak mendukung..

  3. wahh selamat yaa, Mba, akhirnya lolos CPNS. Baca tulisan ini jadi ingat saat-saat saya tes CPNS juga, alhamdulillah hasilnya memuaskan. Saat ini saya sedang pemberkasan menuju 100%

  4. Wahh semoga nular ke diriku nanti mba… Selamat yaa mba sudah berhasil lulus CPNS, alhamdulillah jga hasilnya memuaskan… Mkasih nih tips2nya mba, nanti bakal aku terapkan deh biar mengikuti jejaknya mba, hehehe

  5. Selamat ya mbak udah lulus SKD. Aku belum pernah sih ikut test-tes begitu. Jadi ketika ada orang yang bisa jadi PNS itu emang perjuangannya gak main-main. Hebat.

    Aku pikir selama ini kalau CPNS itu semuanya wajib untuk yang belum menikah dan usia maksimal 25 tahun. Makanya ketika aku menikah usia 23 tahun orangtua agak kecewa karena otomatis anaknya nggak bisa ikut CPNS.

  6. Huwaa…
    Aku ikutan terharu dan senang sekali..
    Barakallahu fiik~
    Perjuangan panjang dan doa-doa dari semua yang mendukung kak Faradilla, semua support system dan yang terpenting, usaha yang gak pernah berhenti.

    Semoga dimudahkan untuk semua proses setelahnya.
    ^^

  7. Wahhh ternyata perjalanannya panjang juga ya untuk tes CPNS ini, kirain cuma tes sekali itu saja abis itu jadi pns hha. Bisa jadi pengalaman banget nih tahun depan untuk belajar untuk setiap tes yang akan dihadapi hhi

  8. Masya Allah.. selamat ya, Mbak.. barakallah.. berkahhh untuk ibu yang punya balita dan bayi 4 bulan. Perjuangannya emang gak main-main, ya.
    Doa dari suami dan orang tua juga pastinya sangat membantu.
    Semoga ke depannya lancar dan barokah jalannya sebagai ASN. Aamiin 🙂

  9. selamat ya, mbak sudah lulus jadi PNS. Aku juga dulu sempat ikutan tes CPNS ini beberapa kali tapi bukan rezekiku. kalau adikku juga tahun ini alhamdulillah lulus pas banget umurnya sudah 35. dia sampai ikutan kursusnya biar bisa lulus dan alhamdulillah ternyata nggak sia-sia usahanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.