Food, Thoughts

Jajanan Favorit Saat Lebaran

Lebaran memang waktunya untuk makan-makan. Sesuai dengan namanya, kita semua ternyata bertambah lebar-an 😂 Ada beberapa jajanan favorit saat lebaran yang memang identik dengan hari raya ini. Apa saja jajanan favorit itu?

Tradisi Lebaran di Keluarga

1. Kaasstangels

This is my all time favorite small cake! Kue kering ini memang salah satu sajian Ramadhan yang paling khas. Di rumah Mama dan Uti, tidak pernah tidak ada kaastangles. Yap, kalau dilihat sejarahnya kue ini berasal dari Belanda. Kaas berarti keju dan stengles berarti batangan. Di Belanda, kue itu cukup panjang yaitu sepanjang 30 cm. Kalau di Indonesia cukup mungil yaa. Hanya sebatas seukuran jari saja.

Yang membuat kaasstangles berbeda adalah variasi keju yang digunakan untuk membuat kue kering tersebut. Berbagai jenis keju bisa digunakan untuk membuat kue ini, termasuk keju cheddar, keju edam atau keju gouda. Tapi yang pasti, semuanya enaaak.

Baca Tips Mengenalkan Puasa untuk Anak 2-3 Tahun

2. Putri Salju

This is my second best favorite cookies of all time. Putri salju adalah sebutan untuk kue kering yang berbentuk bulan sabit. Kenapa salju? Karena diselimuti oleh gula halus sehingga terlihat seperti salju. Rasanya enak dan gurih sekaligus manis. Pasti ada kan kue ini di rumah ketika hari raya. It is always a favorit in any occasion 😀

Baca Cara Mudah Membuat Kue dengan Rice Cooker Cosmos HARMOND

Jajanan Favorit Saat Lebaran
Courtesy of Pixabay

3. Rengginang

Di rumah Mbah, pasti selalu ada rengginang. Makanan ini adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari nasi atau beras ketan yang dikeringkan. Rengginang dibuat dengan cara dijemur dibawah matahari dan digoreng.

Rasa rengginang bisa bervariasi, ada yang manis, asin atau gurih. ADa juga yang diberi rasa seafood seperti udang, terasi atau kerang. Kalau saya sih suka semuanya hahahaha. Asalkan renyah dan tidak keras.

4. Stik Keju

Ini tidak harus Lebaran sih untuk memakan stik keju. Stik keju adalah cemilan yang renyah, gurih dan cheesy. Karena saya doyan keju, maka tentu stik keju ini menjadi salah satu jajanan wajib diicip waktu Lebaran.

Makanan yang dibuat dengan bahan baku tepung terigu, keju, margarin dan telur ini merupakan salah satu cemilan favorit saya, Arga maupun Rio. Jangan ditanya, 1 bungkus bisa habis dalam sehari (kalau kita bertiga hasrat ngemilnya tinggi hahaha).

Courtesy of Pixabay

5. Ketupat + Opor Ayam

Kalau ini sih bukan jajanan ya HAHAHA. Tapi ya gimana dong, I love the ketupat and opor ayam combination so so so much. Bukan lebaran kalau tidak makan kedua hal ini. Bahkan kalau seminggu amakn ketupat dan opor ayam saja, saya tidak apa-apa kok.

Bahkan pernah dalam sehari saya pernah 5x memakan ketupat dan opor ayam HAHAHA. Dengan catatan dalam porsi kecil ya hihihi.

Baca Yuk Recook Resep Soto Ayam Para Instagram Chef Ini!

Yuk Recook Resep Soto Ayam Para Instagram Chef Ini!
Courtesy of Pixabay

Sekian jajanan favorit saat Lebaran ala saya. Duh, apakah tahun ini Lebaran benaran menjadi lebar-an, semoga ga terlalu ya hahaha. Kalau kalian punya jajanan favorit apa saat lebaran? Yuk di share 😀

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.