Family, How To, Tips, Work & Career

Persiapan Puasa Hari Pertama Sebagai Working Mom

Last Updated on April 7, 2022

Hello semuanya! Ramadan tiba, Ramadan tiba, Ramadan tiba~ Semangat menuju puasa hari pertama 😍 Pada bulan Ramadan, saya biasanya mengikuti 30 Days Blog Challenge dari Blogger Perempuan. Beberapa challenge Blogger Perempuan yang saya sudah pernah ikuti adalah :

Lumayan banyak juga ya hehehe. Aktivitas yang cukup bagus untuk tetap terus produktif dan menulis konten organik di blog. Kalau ga begini, kadang ga ada ide atau malah terlalu sibuk sampai lupa healing via menulis disini. :’)

Di blog post kali ini, saya akan bercerita sedikit tentang persiapan puasa hari pertama sebagai working mom. Duh ternyata banyak juga yang dipikirin kalau jadi working mom hahahaha. The transition is still going, and some days it’s kinda tough. Tapi mari kita jalani saja~

Persiapan Puasa Hari Pertama Sebagai Working Mom (1)
Courtesy of Pexels

Eh, Jadi Working Mom Sekarang?

Alhamdulillah ya Allah bisa jadi working mom di kala umur 30 plus dan anak dua :’) Kerja dimana? Bisa baca serangkaian cerita Faradila ikut tes ini ya πŸ˜† Nanti akan terjawab kerja dimana.

Baca   Pengalaman Tes CPNS Kementan 2021 - Akhirnya Lolos SKD!

Dan ternyata jadi working mom itu menyebabkan pusing in a whole another level ya HAHAHA. Karena sebelumnya terbiasa di rumah saja mengurus rumah tangga, jaga anak dan nonton BTS, jadi agak deg-degan ya meninggalkan anak di rumah seharian (dengan pengasuh tentunya).

Apalagi pas puasa ini memang lebih banyak persiapan yang harus dilakukan. Plus Rio sekarang juga sudah mulai sekolah TK A secara rutin Senin-Kamis dalam rangka PTM terbatas. Jadi apa saja persiapan untuk puasa hari pertama ala saya?

Persiapan Puasa Hari Pertama Sebagai Working Mom

Beberapa persiapan puasa hari pertama ala saya adalah :

  1. CEK JAM PULANG KANTOR. Hahahaha beneran loh ini. Jadi kita bisa memprediksi jam berapa akan sampai rumah dan mengurus segala macam perlengkapan dan masakan untuk buka puasa.
  2. Inventarisasi stock makanan yang ada di rumah. Sehingga kita tau ada apa saja dan apa saja yang perlu dibeli. Kadang suka skip kan gula habis hiks. Jadi untuk meminimalisir kepanikan dan mobilitas yang tidak terencana, lebih baik kita buat catatan apa saja yang ada atau perlu dibeli.
  3. Membuat menu makan. Ini masih trial dan error sih karena baru sebulan menjadi working mom. Tapi setidaknya kita bisa mengira-ngira apa yang bisa kita masak dan kapan.
  4. Menyiapkan jadwal ibadah dan perlengkapannya. Ini yang penting, apalagi keistimewaan bulan Ramadan ya hanya ada pada bulan itu saja. Alhamdulillah karena menyusui dan pumping, jadi jadwal bangun tengah malam sudah ada.
  5. Bersiap-siap adaptasi dengan jadwal dan kegiatan baru. Support system juga perlu disiapkan, karena pasti perlu dukungan ekstra juga dari pihak lain (suami, orang tua, ART, dsb).
Persiapan Puasa Hari Pertama Sebagai Working Mom
Courtesy of Pexels

Sekian persiapan puasa hari pertama ala saya. Bagi para senior working mom alias yang sudah dulu menjadi working mom, silakan tinggalkan tips dan trick untuk new working mom ini di bagian komen di bawah. Thank you so much!

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.