Education, Family, Parenting, Technology, Thoughts

Balada Webinar di Saat WFH & PSBB

Banyak anjutan untuk menjadi produktif selama WFH ini. Salah satu cara adalah dengan menonton seminar yang sekarang diadakan online atau mempelajari skill baru. Dimulai dari sinilah, banyak sekali brand dan juga komunitas yang mengadakan seminar online alias webinar di saat WFH dan PSBB seperti sekarang.

Ada yang sudah pernah ikut juga? Merasa lebih terbantu atau lebih ribet ga dengan adanya kehadiran webinar ini? Do you want to read my opinion? *iya aja ya hahaha* silakan baca lebih lanjut blog post ini yaa.

Webinar – Agenda Wajib Saat WFH

Semenjak ga bisa kemana-mana alis WFH alias self-quarantine alias PSBB, menghabiskan 24 jam di rumah terasa melelahkan. Dan untuk beberapa orang, terasa oh so boring. Apalagi saya yang sebagai blogger yang suka banget dateng ke event. Karena bisa sosialisasi dan dapat ilmu baru.

Baca   Tips Agar Betah WFH di Rumah

Balada Webinar di Saat WFH & PSBB

Nah, berhubung semuanya di rumah saja, mulai deh bermunculan seminar online atau webinar, dan juga talk show yang disiarkan di berbagai channel sosial media. Kadang sampai bingung kan pilih nonton yang mana karena semua bagus bagus! Apalagi kalau menghadirkan narasumber favorit.

Hampir semua topik dibahas, mulai dari parenting, finance, relationship sampai zumba dan HIIT bareng! Saya sih suka semuanya HAHAHA. Emang dasarnya haus ilmu dan pengen tau lebih jauh. Enak kan ga usah kemana-mana tapi dapet banyak ilmu. Modal kuota dan rebahan hihihi.

LIVE atau Nonton Replay?

Masalah berikutnya dateng dalam bentuk pengen nonton A, B, C tapi KOK JAMNYA SAMA. Coba deh kalian buka Instagram pada pagi hari atau sore hari. Pasti buanyaaaaak yang sedang LIVE di waktu yang bersamaan.

Balada Webinar di Saat WFH & PSBB
Semuanya LIVE barengan wkwkwk

Oke, kalau ketinggalan, bisa catch up lagi  dalam 24 jam kemudian. Tapi kalau lupa juga hahaha. Say goodbye~ Apalagi kalau pakai Zoom. Yang hadir aja yang bisa ngikutin, yang ga bisa hadir atau jika kuotanya terbatas, ya terpaksa ga bisa ikutan.

Saya pernah bahas ini juga sama kak Lia di twitter dan juga Instagram. We both think that broadcasting on Youtube, Facebook or Twitter also is essential. Soalnya di 3 platform itu, LIVE kita automatis kesave dan tetap ada di situ (sampai kita hapus). Lumayan banget kan buat konten! Tinggal upload lagi ke IGTV juga kalau mau.

Baca   Langkah Anti Panik Mengembalikan Instagram yang di Hack

Kalau ga mau jadiin konten, juga boleh banget dijadikan premium content seperti yang dilakukan oleh Blogger Perempuan dan kelas SEOnya. Jadi harus donasi/bayar dulu, baru bisa dapat rekamannya.

Ini cuman saran sih, boleh ikut boleh nggak. Tapi alhamdulillah beberapa sudah mulai melakukan hal ini, entah baca atau nggak ocehan saya hahaha. But I’m glad the knowledge is there to stay.

Webinar Yang Pernah Dihadiri

Banyaaak. Dari yang parenting, sampai self-improvement, sampai soal social media dan juga podcast. Abisnya kapan lagi kan ya menimba ilmu yang banyak dengan modal dasteran dan kuota internet aja hihi.

Kemarin yang paling baru, saya mengikuti webinar Zoom bersama KEB tentang membuat naskah podcast. Pernah juga ikutan LIVE yang menghadirkan Jennifer Bachdim. Malah sempet ngobrol langsung dong. Belum tentu kalau eventnya offline, bisa ngobrol langsung. Looove!

Balada Webinar di Saat WFH & PSBB
Sesi KEBelajar di Zoom

Beberapa Channel Sosial Media yang Ramai Webinar

Ada beberapa di Instagram yang suka saya pantengin. Diantaranya adalah :

  • @bebeclub dan @nutriclub untuk parenting dan nutrisi anak
  • @oranye untuk workout simple di rumah bersama Coach Mama terfavoriiit
  • @parentalk untuk parenting & relationship related things
  • dan masih banyak lagi hahaha.

Ini yang ada di top of mind ajaa, kalau mau nambahin, boleh banget tulis di kolom komentar. Sekalian promosi akun juga boleeh hahaha.

Baca   10 Akun Instagram Favorit versi Faradila

Nah, kalau untuk twitter, baru nemu @atamerica nih yang ditayangin terus kelas-kelas yang dia lakukan secara online. MATERINYA BAGUS BAGUUUS. Semacam materi yang kita dapetin kalau berkunjung dan menyaksikan kelasnya langsung di lokasi.

Sementara di Youtube, kemarin nemu Kelas Bersama Kita yang topiknya sangat beragam, dan ada untuk remaja juga. Kalau mau belajar pertanian, ada juga PrimaKelolaIPB yang ngadain beberapa kelas dengan dosen pembimbing saya hehehe.

Sementara di Facebook, saya suka nonton yang Fitness First, karena kelasnya bisa dicoba tiap hari hihii, FREE! Ini masih yang di sosmed loh. Belum yang di situs yang sudah terkenal seperti TedX, Skill Academy (berbayar tapi) Coursera, dan kawan-kawan lainnya. Ada yang udah pernah pakai juga?

Banyak kan ya? Di era digital ini, WFH di rumah ga berarti kita ga bisa berkembang loh. You can be as productive or as chill as you want. Blog post ini hanya sebagai pengingat bahwa ada banyak kesempatan meraih ilmu dengan kita di rumah aja dan punya kuota internet. 😀

, dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin, SpOG, MKes Cordlife

Sekian curhatan dan cerita tipis tipis tentang balada webinar di saat WFH & PSBB ini. Punya cerita juga? Mau tau juga dong, drop me a comment in the comment section 🙂 Thanks for reading!

 

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.