Family, Parenting, Tips, Travel

Tips Liburan Bersama Anak-anak, Nyaman Anti Rewel di Perjalanan

Last Updated on January 21, 2022

Hello hello! Siapa yang sudah sering liburan bareng para krucil? Cung! Memilih solo traveling atau liburan bersama dengan keluarga tentunya memerlukan persiapan yang berbeda. Jika kita solo traveling, tidak akan terlalu banyak barang yang perlu dipersiapkan. Tapi jika liburan bersama anak-anak, wah perlu persiapan yang lebih matang, mantap dan panjang. Tentunya agar anak-anak tetap aman dan nyaman meski melakukan perjalanan jauh.

Salah satu tipsnya adalah mempersiapkan transportasi terbaik, seperti travel Cititrans, jika memang tidak membawa kendaraan sendiri (yuk cek jadwal dan harga travel Cititrans untuk dapatkan informasi yang lebih lengkap ya). Kalau bawa kendaraan sendiri, jangan lupa periksa kendaraan dan perlengkapan traveling (surat antigen juga jika perlu, masih pandemi! Huhuhu) sebelum berangkat.

Tips Liburan Bersama Anak-anak, Nyaman Anti Rewel di Perjalanan
Courtesy of Pexels

Silakan baca dibawah ya untuk  berbagai tips membuat perjalanan, khususnya dengan anak-anak lebih nyaman, aman, dan anti rewel di travel. Beberapa tips dibawah ini juga cukup membantu loh bagi saya yang berhasil membawa anak balita dan bayi mudik sejenak dari Jawa Barat ke Jawa Timur.

1. Bawa Mainan Kesayangan Anak

Supaya anak betah di dalam travel sewaktu perjalanan, jangan lupa untuk membawakan berbagai mainan kesayangannya. Ini untuk menyibukkan mereka, terutama jika perjalanan panjang dan beresiko terkena macet. Jika kebanyakan waktunya dimanfaatkan untuk main, rewel bisa diminimalisir. Bawa beberapa juga ya, apalagi kalau anaknya bosenan.

Baca   Rio's First ELC Experience + Tips Membeli Mainan ELC
mainan anak untuk di jalan - tips liburan bersama anak-anak
Courtesy of Pixabay

Tidak hanya mainan, kita juga perlu membawakan berbagai camilan kesukaan. Jadi, jika lapar di tengah perjalanan dan belum ada tempat makan yang diinginkan, kita bisa digunakan untuk mengganjal perut yang lapar. My most favorite snacks on the go :

  1. Buah yang mudah dimakan – anggur, pir/apel yang sudah dipotong – simpan di  cooler bag
  2. Roti
  3. Crackers
  4. Kacang
bekal anak di perjalanan - tips liburan bersama anak-anak
Courtesy of Pixabay

2. Bawalah Obat-obatan yang Dibutuhkan

JANGAN SAMPAI TERLEWAT IBU-IBU BAPAK-BAPAK! Bagi yang gampang mabuk kendaraan, jangan lupa untuk minum obat anti mabuk sebelum berangkat. Guna mengantisipasi, selalu bawa obat-obatan yang dibutuhkan. Misalnya minyak kayu putih, obat penurun demam, obat flu, plester, dan lain sebagainya. Tidak harus dalam jumlah yang banyak, setidaknya cukup saat berada di perjalanan.

Baca   Penanganan Bayi Saat Batuk, Pilek & Demam – Rio’s Experience

Khusus bagi yang memiliki kondisi penyakit tertentu, jangan lupa untuk membawa berbagai obat yang dibutuhkan. Plus beberapa salinan dokumen medis yang penting untuk mengantisipasi adanya keadaan darurat. Dengan begitu, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, kamu sudah membawa obatnya dan perlengkapan yang diperlukan.

3. Kenakan Pakaian yang Nyaman

baju ganti anak perempuan - tips liburan bersama anak-anak
Courtesy of Pixabay

Pakaian juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Jika cuaca sedang terik, kita bisa memakaikan pakaian yang tipis ke buah hati. Sebaliknya, jika cuaca sedang dingin, pakaikan baju hangat ke anak-anak. Apalagi di dalam travel biasanya AC terus dinyalakan, selalu sediakan jaket supaya anak-anak tidak merasa kedinginan. Malah masuk angin kan bubar jalan huhuhu.

Tidak hanya pakaian saja, pilih alas kaki yang nyaman untuk anak-anak. Pastikan tidak terlalu kencang saat memasangnya. Pilih juga bahan yang mudah menyerap keringat, supaya kaki tidak kegerahan dan membuat anak-anak jadi super rewel.

4. Siapkan Tontonan Kegemaran

anak dan gadget - tips liburan bersama anak-anak
Courtesy of Pixabay

Yang anaknya diawasi oleh Mbak Yu(tube) mana suaranya? Hahahaha. Untuk mengalihkan anak-anak dari rasa bosan, salah satu alternatifnya adalah mempersiapkan berbagai tontonan di gadget yang ada. Bisa berbagai film anak-anak sampai dengan lagu-lagu yang digemarinya. Jika punya aplikasi nonton film, bisa mempersiapkan terlebih dahulu download berbagai tontonan yang menarik. Jadi lancar deh tanpa perlu wifi.

Baca   5 Game Edukasi Online Gratis untuk Anak TK
stroller - tips liburan bersama anak-anak
Courtesy of Pixabay

Selain itu semua, usahakan untuk membawa berbagai kebutuhan secara cukup, tidak perlu berlebihan dan jangan sampai kekurangan. Jika berlebihan, pasti akan kesusahan saat membawanya. Rempong! Sementara jika kurang, kita akan mengeluarkan banyak uang untuk membelinya. Maka dari itu, perlu dipersiapkan secara matang saat liburan bersama anak-anak ya.

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.