Family, Food, Products, Review

Morinaga Heiko+ Water – Air Murni untuk Bayi & Anak

Sudahkah kita memerhatikan kualitas air yang diberikan ke anak? Saya sendiri cukup picky terhadap kualitas air yang saya berikan ke Rio. Tentu kita sebagai orang tua ingin memberikan yang terbaik bagi anak. Ternyata, ada air murni inovasi terbaru dari Kalbe Nutritionals dan Morinaga Research Center Jepang, yaitu Morinaga Heiko+ Water yang sudah beredar di pasaran.

Morinaga Heiko+ Water - Air Murni untuk Bayi & Anak

Awalnya sempat bingung kan ya, kok ada air khusus bayi dan anak? Apa bedanya dengan air yang lain? Dari luar tampaknya sama saja ah (ya namanya juga air putih ya, bening! hahaha). Ternyata, ada beberapa hal yang membedakan Morinaga Heiko+ Water ini dengan air minum dalam kemasan lainnya. Apa saja? Read on to find out πŸ™‚

Kebutuhan Air pada Bayi dan Anak-Anak

Air merupakan kebutuhan penting bagi tubuh kita. We can live a day without food but we can’t live without water. Kebutuhan air sangat penting bagi bayi dan juga anak-anak, namun sayangnya kadang masih kurang diperhatikan. Padahal, air pada tubuh anak menempati persentase yang besar dari berat badannya.

Siapa yang tau kebutuhan air untuk anak-anak? Saya pun baru tau setelah melihat di situs Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), bahwa anak-anak memerlukan cairan sebanyak :

  • 800 mL/hari untuk bayi 7 – 12 bulan,
  • 1300 mL/hari untuk anak 1 – 3 tahun, dan
  • 1700 mL/hari untuk anak 4 – 8 tahun.

Diatas itu adalah cairan ya, jadi sudah termasuk ASI, susu pertumbuhan dan juga cairan yang berasal dari makanan. Jadi kalau kita memberikan anak bubur untuk MPASI, ya itu juga sudah ada cairan yang termasuk di dalam makanan tersebut. Hmm, apakah asupan cairan anak kita sudah cukup?

BacaΒ Cara Penuhi Kebutuhan Serat Anak Sehari-hari

Morinaga Heiko+ Water - Air Murni untuk Bayi & Anak
Disodorin minum sama Rio hahaha, Alhamdulillah sudah mengerti pentingnya minum air putih

Saya sendiri sudah membiasakan Rio untuk mengonsumsi air putih sejak MPASI. Pokoknya setiap hari harus rajin minum air putih. Saya juga membiasakan menaruh gelas minum Rio di tempat yang terjangkau olehnya. Jadi kalau haus, ya tinggal minum.

Kualitas Air untuk Mendukung Nutrisi Anak

Selain kuantitas, kita juga harus memerhartikan kualitas air yang dikonsumsi, terutama jika kita membuat MPASI atau susu pertumbuhan. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) melalui perwakilannya Dr. Fery Rahman, MKM selaku Wakil Sekretaris Jendral PB IDI menyampaikan, β€œMerujuk pada data dari WHO tahun 2003 (Feeding and nutrition of infants and young children. Guidelines for the WHO European Region, WHO Regional Publications, European Series, No. 87), kontaminasi makanan (termasuk air minum) oleh agen mikroba adalah salah satu penyebab utama diare pada bayi dan anak kecil.

Ada hal menarik lainnya, yaitu menurut panduan WHO tahun 2005 (Nutrients in Drinking Water. Water, Sanitation and Health Protection and the Human Environment. Chapter 13) mengenai Nutrisi dalam Air Minum, menyatakan bahwa kandungan mineral dari air mineral yang digunakan untuk melarutkan susu atau makanan pendamping ASI, secara signifikan dapat mengubah dan menambahkan kandungan mineral pada susu atau makanan pendamping ASI.

Morinaga Heiko+ Water - Air Murni untuk Bayi & Anak
Photo Courtesy of Pixabay

Dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical Kalbe Nutritionals menjelaskan lebih detail bahwa melarutkan susu atau makanan pendamping ASI dengan air mineral, berpotensi meningkatkan kandungan mineralnya sehingga komposisi nutrisinya menjadi tidak sama lagi atau berubah. Padahal yang kita kejar kan komposisi nutrisi yang tertera di label.

Ada pemahaman umum bahwa dalam menyiapkan susu atau MPASI adalah melarutkannya dengan air (baik AMDK maupun air pipa) dalam keadaaan panas mendidih. Padahal, air panas mendidih yang dipanaskan terlalu lama, juga bisa meningkatkan kandungan mineral dalam air dan merusak kandungan nutrisi lainnya. Saya pun baru tau ini loh, karena selama ini saya juga menggunakan air mineral untuk membuat susu Rio. Lesson learned!

BacaΒ 6 Aktivitas Saat Makan Untuk Melatih Motorik Anak

Air Murni untuk Bayi & Anak

Dr. Muliaman juga menambahkan bahwa dalam konteks melarutkan susu atau makanan pendamping ASI, air demineral atau bebas mineral adalah air yang ideal digunakan sebagai pelarut susu atau makanan pendamping ASI karena tidak akan mengubah kemurnian nutrisi yang terkandung dalam komposisinya. Disinilah kenapa dibutuhkan pelarut yang merupakan air murni dan steril.

Morinaga Heiko+ Water adalah air murni yang bebas mineral dan bakteri, steril dan higienis. Produk ini adalah inovasi terbaru dari Kalbe Nutritionals dan Morinaga Research Center Jepang. Heiko+ Water diproses melalui 8 tahapan untuk menghasilkan kualitas air murni terbaik, terutama untuk bayi dan anak.

Morinaga Heiko+ Water - Air Murni untuk Bayi & Anak

Morinaga Heiko+ Water - Air Murni untuk Bayi & Anak

Heiko+ Water datang dalam kemasan plastik berukuran 500 ml. Tenang, botol plastiknya bisa didaur ulang dan juga bebas BPA. Saya pun jadi merasa aman jika Rio langsung meminumnya dari botol hehehe. Selain itu, air murni ini juga telah memenuhi standard BPOM, SNI dan memiliki sertifikat halal LPPOM MUI.

Morinaga Heiko+ Water - Air Murni untuk Bayi & Anak

Morinaga Heiko+ Water - Air Murni untuk Bayi & Anak

Morinaga Heiko+ Water - Air Murni untuk Bayi & Anak

Kegunaan Heiko+ Water

Untuk apa saja Heiko+ Water ini? Banyak! Sebagai air untuk pelarut makanan anak, air murni ini cocok untuk memasak MPASI dan juga membuat susu. Lebih baik airnya dihangatkan terlebih dahulu ya jika ingin membuat bubur MPASI dan susu. Selain itu, Heiko+ Water juga dapat langsung diminum, which is Rio’s favorite thing to do hehehe.

Morinaga Heiko+ Water - Air Murni untuk Bayi & Anak

Rasanya sih kurang lebih seperti air minum biasa, sehingga Rio yang sudah terbiasa minum air putih, tidak mengalami kesulitan mengonsumsi air murni Heiko+ Water. Jadi saat pertama kali dia coba, dia langsung suka hehehe. Apalagi ada gambar kartun di bagian depan. He knows that the water is just for kids. Jadi kadang saya juga ga dibolehin nyicip air punya dia hahahaha.

Karena praktis dibawa kemana-mana, maka Heiko+ Water memang menjadi pilihan kalau sedang traveling atau main diluar rumah. Yaa, siapa tau harus dadakan membuat susu karena Rio tiba-tiba pengen minum susu hehehe. Kita sebagai Ibu ya harus siap mengabulkan permintaan itu πŸ˜€

BacaΒ Milna Nature Delight Review: Cara Mudah Makan Buah

Morinaga Heiko+ Water - Air Murni untuk Bayi & Anak

Kampanye Dukung Kemurnian Nutrisi Anak Sejak Dini

Ternyata Kalbe Nutritionals, bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), menggagas kampanye Dukung Kemurnian Nutrisi Anak Sejak Dini melalui pemilihan air yang tepat untuk bayi dan anak. Contohnya ya seperti air bebas mineral dan bakteri yang dapat digunakan sebagai pelarut susu dan makanan bayi.

“Diharapkan [hal ini] mampu melindungi nutrisi makanan anak dengan tidak merubah komposisi susu dan makanan pendamping ASI yang sudah dibuat sesuai dengan standar BPOM”, ujar Helly Oktaviana, Senior Group Business Unit Head For Kids Nutrition. Selain steril dan higienis, bebas mineral, dan ada jaminan kualitas, Heiko+ Water is indeed a Mom’s Choice for The Loved One.

Morinaga Heiko+ Water - Air Murni untuk Bayi & Anak
This is mine, Ibu…

Bagi yang belum mencoba dan masih penasaran dengan Morinaga Heiko+ Water, silakan kunjungi situs dan social media Heiko+ Water di :

Website: https://heikowater.com/
IG: @heikowater.id
Facebook: https://www.facebook.com/heikowater

Bagi yang sudah pernah mencoba, apa kesan kalian menggunakan air murni Morinaga Heiko+ Water ini? Silakan tulis di kolom komentar ya πŸ™‚ Semoga ilmu tentang air dan juga informasi yang ada di blog post ini bermanfaat. Thanks for reading!

 

RELATED POST

19 Comments

  1. Visya Al Biruni says:

    Bener juga yaa mom. Untuk bayi memang benar benar harus jeli kualitas airnya. Wah inovatif banget nih produk terbaru Morinaga: Heiko Water. Bisa buat melarutkan susu juga yaa

  2. Air murni dari heiko ini lagi banyak melintas di time Line daku, dan menariknya jadi engeh satu hal bahwa untuk bayi/anak kecil memang harus menggunakan air yang murni seperti ini

  3. Makasih mbak sudah sharing tentang hal ini. Baru tahu aku kalau emang kita harus jeli sama air yang dikonsumsi anak-anak, apalagi buat pelarut makanan atau susu. Aku jadi belajar sebelum nantinya jadi ibu.

  4. Nice banget Mba.. baru tahu kalau ternyata air bisa berpengaruh ke asupan nutrisi anak.

  5. Packagingnya kalau untuk travelling, oke dan praktis ya. Tapi kalau untuk stok di rumah ada packaging yang lebih besarnya lagi nggak kak?

  6. Baru tau nih mbak ada produk air minum macam ini, kayaknya ini pilihan yg bagus buat bayi. Kemasannya juga lucu pula😍

  7. Aku belum pernah coba, dan aku jadi pengen beli dan coba gara-gara baca artikel ini. Sayangnya harganya lumayan juga ya.. huhuhu

  8. Kupikir air mineral tu sama semua loh mba. Ternyata yang ini bagus banget untuk menjaga nutrisi anak-anak ya.. okesip aku haris coba beli.

  9. Waaah, pinternya ya Rio rajin minum air putih. Kalau air putihnya pun terjamin aman begini, jadi lebih mantap yaa memberikannya setiap saat diperlukan ke anak.

  10. Wah, kalau diminum langsung pun aman yaa ternyata. Baca proses sebelum dikemas itu panjang juga, pastinya untuk memastikan kualitasnya sebelum sampai ke tangan konsumen. Botolnya juga lucu ternyata ya, baru merhatiin deh.

  11. Wah jadi gampang nih kalo mau bikin susu dan bubur untuk anak karena ga perlu masak air. Oke nanti kalo lagi belanja ke supermarket aku mau cobain ah..

  12. Heiko beberapa kali berseliweran di sosmed beberapa waktu lalu, responku masih B aja sih hehe.. tapi setelah baca uraian lengkap diblognya mbak, aku makin yakin buat rekomendasiin Heiko ke saudara dan teman yang lagi pada punya bayi

  13. Makin penasaran dengan Heiko+ Water ini deh karena banyak sekali yang merekomendasikannya. Tapi sudah nggak punya bayi dan balita, jadi nggak ada yang dibikinin susu (karena minum susu UHT) dan bubur hehehe. Mungkin nanti akan coba dikonsumsi sebagai air minum saja.

  14. Udah cobaaaa, satu sih kesanku, praktiiiiss, jd sekarang kalau bikin susu anak aku gak perlu rebus2 air lagi dan gak perlu nungguin airnya dingin. Udah gtu nutrisi dari susunya jg tetep sama bagusnya dan terjaga yaaa.
    Murah pula sih. Berharap Heiko Water ini segera dijual juga di minimarket deket rumah gtu πŸ˜€

  15. Aaaa, postingan2 ttg Heiko Water ini kok bikin mupeng siiihhh….
    kalo udah nggak punya bayi lagi apa bisa buat diminum biasa aja? anak-anak ngga ada yg minum susu bubuk juga nih…

    mudah2an segera ada di minimarket terdekat yaaa, biar gampang nyarinya.

  16. aku sudah coba dan suka banget gampang buat larutkan susu anak sulungku ga perlu repot deh panas-panasi dulu hahaha

  17. Kalo misalnya air masak sendiri gitu gimana ya mbak? Aku benernya kok jadi agak bingung antara mineral vs demineral ini hahahaa.. mana yang lebih baik dan mana yang seharusnya dipilih gitu.

  18. Riesranty says:

    Sepeduli itu ya Morinaga sampai buat invovasi air Heiko+ ini. Jadi gak cuma sekadar penghilang haus dan dehidrasi tapi lebih jauh lagi demi nutrisi anak. Gak sabar mau coba karena kok sepraktis itu yaa penggunaannya.

  19. Bayiku juga kukadih heiko water karena higienis dan steril ya. Kayaknya buat kondisi kayak sedang diare atau sakit bagus untuk air minum ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.