Family, Finance, Islam, Products

Melindungi Keluarga dengan Asuransi Syariah Terbaru Sun Life Indonesia

Masa pandemi Covid 19 ini banyak sekali ketidakpastian. Jika sudah berkeluarga, seperti saya, pasti agak was was. Bagaimana cara melindungi keluarga? Agar setidaknya jika ada worst case scenario, kita bisa menjadi lebih tenang. Ada yang sudah memikirkan hal ini juga kah? Atau sudah mencari informasi tentang asuransi, termasuk asuransi Syariah terbaru?

Melindungi Keluarga di Masa Pandemi

Memang benar kalau sudah nikah dan berkeluarga, prioritas mulai berubah. Sekarang keluarga menjadi nomer satu. Dan di masa ga jelas seperti pandemic ini, kita mencari cara yang tepat untuk melindungi keluarga.

Dari beberapa kelas finansial yang saya ikuti, memang ada satu komponen, yaitu PROTEKSI yang tidak bisa dilewatkan. Jika kita ingin memiliki cashflow dan keuangan keluarga yang sehat, setidaknya kita harus memiliki sebuah proteksi. Proteksi dari apa? Dari dampak kejadian yang tidak terduga seperti sakit atau kematian.

Melindungi Keluarga dengan Asuransi Syariah

Saya melihat orang tua saya termasuk yang getol untuk menerapkan prinsip proteksi, dalam ini hal memilih asuransi. Hanya Bapak saya yang bekerja sementara Mama merupakan ibu rumah tangga yang punya beberapa sampingan usaha kost-kostan dan kontrakan. Jika Bapak kenapa-napa, tentu sumber pemasukan utama keluarga akan berdampak. Mana masih ada tanggungan saya dan adik saya.

Baca   Tips Mengelola Keuangan Saat Pandemi Covid-19

Eh benar dong, ternyata Bapak saya sakit dari tahun 2007-2018. Selama itu kalau tidak ada asuransi untuk memproteksi saya dan keluarga, wah ga tau deh seperti apa kondisi keuangan keluarga sekarang. Dari situ, saya melihat bahwa proteksi untuk melindungi keluarga merupakan hal yang penting, apalagi jika hanya ada one sole provider for the family, alias satu orang yang memiliki sumber pendapatan.

Apalagi di jaman pandemic seperti sekarang. We really don’t know what will happen in the future. So it’s best we have everything prepared.

Melindungi Keluarga dengan Asuransi Syariah Terbaru Sun Life Indonesia
Courtesy of Pixabay

Memilih Asuransi Syariah

Dengan semakin banyaknya produk asuransi di Indonesia, ada beberapa yang menawarkan asuransi Syariah. Dalam beberapa tahun terakhir, asuransi Syariah mulai hadir karena ada keinginan untuk menjalani sebuah halal lifestyle, yang sesuai dengan ketentuan Syariah Islam. Biar berkah keluarga juga kan ya 😊

Apa itu asuransi Syariah?

Menurut Dewan Syariah Nasional, asuransi syariah adalah sebuah usaha untuk saling melindungi (takafuli) dan saling tolong menolong (ta’awun) di antara sejumlah orang. Di mana hal ini dilakukan melalui investasi dalam bentuk aset (tabarru), yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah.

Baca   Langkah Mewujudkan Halal Lifestyle di Era Milenial

Menurut qazwa.id, terdapat dalil dalam Al-qur’an yang menjadi landasan dibentuknya asuransi syariah. Landasannya adalah QS. Al-Maidah ayat 2. Selain itu terdapat dalil hadist yang menjadi landasan untuk asuransi Syariah, yaitu :

Dari Abu Musa r.a. dia berkata. Rasulullah SAW bersabda,”sesungguhnya Marga Asy’ari (Asy’ariyin) ketika keluarganya ada yang menjadi janda karena ditinggal suami (yang meninggal) di peperangan, ataupun ada keluarganya mengalami kekurangan makanan, maka mereka mengumpulkan apa yang mereka miliki dalam satu kumpulan. Kemudian dibagi diantara mereka secara merata. Mereka adalah bagian dari kami dan kami adalah bagian dari mereka.” (HR. Bukhari).

Selain itu, perkara asuransi syariah juga telah diatur oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) pada Fatwa DSN MUI Nomor 21/DSN-MUI/X/2001.

Melindungi Keluarga dengan Asuransi Syariah Terbaru Sun Life Indonesia
Courtesy of Pixabay

Perbedaannya dengan asuransi konvensional?

Disebutkan juga perbedaan asuransi Syariah dengan asuransi konvensional, yaitu dari sisi :

  • Pengelolaan risiko – dana tabarru dengan konsep risk sharing vs risk tranfer di asuransi konvensional.
  • Pengelolaan dana – asuransi syariah lebih transparan dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk mendatangkan keuntungan bagi para pemegang polis asuransi itu sendiri
  • Sistem perjanjian – akad yang digunakan hanya akad hibah (tabarru) yang didasarkan pada sistem syariah vs akad jual beli pada asuransi konvensional
  • Kepemilikan dana – dana pada asuransi Syariah adalah milik bersama & perusahaan asuransi hanya bertindak sebagai pengelola dana saja
  • Pembagian keuntungan – keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan terkait dengan dana asuransi Syariah , akan dibagikan kepada semua peserta asuransi tersebut
  • Kewajiban Zakat – mewajibkan pesertanya untuk membayar zakat yang jumlahnya akan disesuaikan dengan besarnya keuntungan
  • Klaim & layanan – satu polis asuransi digunakan untuk semua/beberapa anggota keluarga dan asuransi syariah juga memungkinkan untuk bisa melakukan double claim
  • Pengawasan – pengawasan dilakukan oleh DSN MUI dalam bentuk Dewan Pengawas Syariah (DPS) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
  • Instrumen investasi – asuransi Syariah berinvestasi pada sektor yang berprinsip syariah dan terhindar Maysir, Riba, Gharar.
  • Dana hangus – dana hangus/tidak terpakai dapat diambil*, tergantung pada jenis asuransi

Asuransi Salam Anugerah Keluarga

Menyambut tingginya peminat asuransi syariah, Sun Life Indonesia menghadirkan asuransi syariah terbaru. Asuransi Sun Life Indonesia tersebut bernama Asuransi Salam Anugerah Keluarga. Asuransi dari PT. Sun Life Financial Indonesia ini hadir sebagai solusi perlindungan dan perencanaan keluarga secara menyeluruh.

Baca   Melawan Penyakit Diabetes dan Pre-diabetes dengan #LiveHealthierLives

Kenapa menyeluruh? Karena dalam asuransi ini, seusai dengan karakteristik asuransi Syariah, satu polis asuransi dapat memberikan perlindungan untuk sekeluarga, yaitu pasangan suami istri, beserta 2 orang anak.

Melindungi Keluarga dengan Asuransi Syariah Terbaru Sun Life Indonesia
Courtesy of Sun Life Indonesia

Jadi cukup cocok jika mencari asuransi yang dapat melindungi satu keluarga kecil sekaligus. Kalau di asuransi konvensional kan kadang polisnya harus satu-satu, nah ini lebih praktis. Asal usia masuk (Ulang Tahun Terakhir) adalah sebagai berikut :

Pemilik Polis/Peserta Pertama      : 18 – 60 tahun
Peserta Kedua                                   : 30 hari – 65 tahun
Peserta Anak                                     : 30 hari – 17 tahun

Terdapat Tambahan Asuransi Kesehatan

Asuransi Salam Anugerah Keluarga dilengkapi asuransi tambahan kesehatan kelas dunia Sun Medical Platinum Syariah dengan manfaat limit booster hingga Rp40 miliar masing-masing untuk seluruh anggota keluarga hingga maksimal 6 Peserta

Jadi selain asuransi jiwa, ternyata ada asuransi kesehatan juga yang semuanya memberikan manfaat perlindungan yang maksimal. Terdapat 7 asuransi tambahan lainnya yang dapat dipilih untuk memaksimalkan perlindungan. Lumayan lengkap yaa asuransi syariah terbaru dari Sun Life ini!

Melindungi Keluarga dengan Asuransi Syariah Terbaru Sun Life Indonesia
Courtesy of Pixabay

Masa Asuransi

Masa asuransi ini adalah selama 88 tahun dengan masa pembayaran kontribusi adalah selama masa asuransi. Kontribusi tahunan juga minimal sebesar Rp. 9.000.000,- yang dapat dibayarkan secara tahunan, semesteran, kuartalan dan juga bulanan.

Kalau dihiitung sih, per orangnya (jika yang dilindungi 4 orang) hanya butuh minimal Rp. 2.250.000,-/tahun. Atau setara dengan minimal Rp. 187.000,- per bulan!  Seperti iuran Rp. 6.500,- saja per harinya untuk mendapatkan berbagai manfaat dan juga proteksi yang ditawarkan oleh Asuransi Salam Anugerah Keluarga. Termasuk kontribusi yang terjangkau yaa dengan perlindungan yang menyeluruh.

Melindungi Keluarga dengan Asuransi Syariah Terbaru Sun Life Indonesia
Courtesy of Pixabay

Kita juga diberikan kesempatan untuk bersedekah jariyah dengan melalui wakaf. Insya Allah semakin berkah yaa dana yang digunakan, karena membantu yang lain juga 😊

Jelas sekali asuransi Syariah terbaru dari Sun Life Indonesia ini dapat menjadi alternative cara melindungi keluarga, terutama di masa yang agak goyah seperti saat ini. Jadi sudahkah kalian memikirkan rencana untuk proteksi diri dan keluarga? Yuk share di kolom komentar di bawah ini.

RELATED POST

22 Comments

  1. untuk klaim apabila terjadi sesuatu mudah tidak ya? takut dipersulit sih

  2. Hallo mba dila, seneng deh baca tulisannya sangat jelas dan semakin paham tentang asuransi syariah.. memang ya asuransi ini penting banget untuk jaman sekarang, karena bagaimanapun juga masa depan kita yang atur.. jadi mau masa depan seperti apa.. dan punya asuransi wajib banget menurut aku

  3. Alhamdulillah jadi banyak terbantu dengan asuransi saat ayahanda sakit ya Mbak. Sebagai manusia kita hanya bisa berencana, mempersiapkan semuanya jauh sebelum terjadi memang keharusan. Termasuk proteksi diri dan keluarga melalui asuransi

  4. Sebelumnya aku gak kefikiran mau punya asuransi sih karna mainsetnya “gaboleh/gamau sakit” salah sih memang.
    Makanya sekarang² ini kefikiran mau pakai asuransi, ditambah lagi tahun depan akan tambah personil

  5. Asuransi emang penting banget. Aku juga tersadar sejak menikah kalo kami wajib punya asuransi apalagi aku skrg juga kerja di perusahaan asuransi. Alhamdulillah risiko hidup bisa berkurang

  6. rinrin says:

    aku jg mulai sadar nih pentingnya asuransi tapi masih nimbang2 dan cari2, makasih kak referensi buat aku nih hehe

  7. Asuransi syariah memang harus diperhatikan banget masalah akad di awalnya. Jadi terbantu ya kalau ada kejadian gak diinginkan terjadi, apalagi masalah kesehatan. Kita gak pernah tahu..

  8. Aku pecinta asuransi syariah mba, karena sistemnya lebih fair, jelas dan oke. Temen-temenku yang non muslim aja banyak loh yang pilihnya asuransi syariah. Hari gini emang perlu banget sih yaa.

  9. Helena says:

    Wait, premi Rp. 2.250.000,-/tahun ini untuk 4 orang (2 dewasa, 2 anak)?
    Kalau UP-nya berapa ya untuk premi segini?

  10. Banyak ketentuan yang harus dipenuhi memang ya, untuk bisa disebut sebagai asuransi syariah. Dari penjelasan di atas, Sunlife sudah mempelajari betul tampaknya agar tidak ada aspek yang terlewat, jadi nasabah juga bisa lebih tenang. Aku belum ambil yang syariah ini sih, walaupun ada produk Sunlife yang aku ikutan sebelumnya.

  11. Fenni Bungsu says:

    Hadirnya asuransi dengan sistem syariah dari SunLife menjadi pilihan untuk masyarakat. Sebab dapat dikatakan memiliki asuransi memang perlu untuk proteksi diri kita alias sih tabungan juga ya untuk masa depan

  12. Memang butuh proteksi untuk keluarga tercinta ya , jangan sampai keadaan sedang darurat semakin terasa berat karena kita tidak siap dan tidak ada bantuan kerabat agak repot ya mba

  13. Proteksi kesehatan memang penting banget, kalau tiba-tiba jatuh sakit jadi gak perlu kelabakan atau takut bertobat ya

  14. Dengar cerita mbak saat bapak sakit terbantu dgn asuransi jd sadar manfaatnya banyak ya dgn join asuransi. Apalagi kita tdk tau masa depan akan seperti apa jadi asuransi berfungsi sbg proteksi di masa depan.

  15. Kalau udah syariah itu rasanya adem dan tentrem ya mba, beda aja ama yang biasanya
    sunlife keren banget proteksinya

  16. Oh sekarang bisa minim 6 ya, kirain 4.
    Asuransi emang mau gak mau udah jd semacam pengeluaran penting untuk sekeluarga ya krn utk berjaga2 kalau misal ada apa2, walaupun amit2 gak minta juga aamiin
    Semoga saja sehat2 selalu. Aku jg kalau milih asuransi maunya berbasis syariah.

  17. Rencana proteksi sih sudah sejak lama. Tapi kalau untuk asuransi ini aku masih belum juga. Masih bingung mau pake yang mana yang sesuai dengan kebutuhan aku dan keluarga.

  18. Alhamdulillah yaa kalo skrg udah ada asurnsi syariah gini kak, jadi biar lebih lega aja gitu proteksi diri dan keluarga, apalagi di masa pandemi kayak gini yaa

  19. ah terimakasih banyak mba, ini detail banget informasinya, terutama yang perbedaan asuransi syariah dengan yang konvensional.

  20. Wah asik dong ya ini sekarang Sun Life ada yang syariahnya, pasti jadi pilihan para ibu nih. Soalnya sekarang asuransi itu tetap perlu menurutku dan orang pasti pengen yang syariah untuk muslim ya.

  21. memang perlu perencanaan yang tepat ya termasuk memilih asuransi, biar tetap aman meski di masa pandemi gini, kita gak bisa tebak apa yg di depan sana huhuu

  22. terimakasih mba penjelasannya, smeoga bisa menjdi informasi tambahan dan pertimbangan buat teman-teman yang sedang mencari produk asuransiaa, dankeeeee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.